cover
Filter by Year
Articles
60
Articles
GELIAT INOVASI PENDIDIKAN ISLAM (SEKOLAHISASI PESANTREN DAN PESANTRENISASI SEKOLAH DI PONDOK PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG)

Chotimah, Chusnul ( IAIN Tulungagung )

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 18, No 1 (2018)
Publisher : IAIN Tulungagung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.605 KB)

Abstract

ABSTRACT Boarding school faces several challenges in order to maintain its existence, one of which is the usefulness of students in the community, and competition with non pesantren output. However, the boarding school also innovations in the form of public school founded in boarding schools so that students or graduates of the boarding school has a graduate diploma equivalent to non pesantren. In addition, the function of the public schools as well as improving the quality of output boarding. In addition, efforts to require students to stay in the boarding school is also important, because schools are a good place to inheritance traditions. So it is expected such learners on boarding school resulted in the formation of strong Islamic character on self-learners. Keyword: Islamic Education, Pesantren, School

UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN SPIRITUAL (Studi Multi Kasus di MAN 3 Kediri dan SMAN 6 Kediri)

Hadi, Yusuf Dwi ( Politeknik Kediri )

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 18, No 1 (2018)
Publisher : IAIN Tulungagung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.189 KB)

Abstract

ABSTRAK Selama ini dunia pendidikan lebih menitikberatkan pada pengembangan kecerdasan intelektual semata. Dengan anggapan bahwa, kecerdasan intelektual seseorang menjadi kunci sukses di masa yang akan datang. Kecenderungan yang demikian sudah mulai berubah, para pendidik kini semakin sadar bahwa di samping kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan spiritual pun perlu ditanamkan pada para peserta didik. Hal ini sebagaimana amanah undang-undang yang mengatakan bahwa pendidikan bukan hanya menjadikan manusia cerdas intelektual, melainkan juga bertujuan untuk untuk menjadikan peserta didik memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian dan akhlak mulia. Tulisan ini menunjukan signifikansi peran dan upaya para guru dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual peserta didik di MAN 3 Kediri dan SMA 6 Kediri. Kata Kunci: Guru PAI, Kecerdasan Sipritual, Peserta Didik

POLITIK PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA ERA REFORMASI (KAJIAN HISTORIS KURIKULUM)

Baderun, * ( STIT Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar )

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 18, No 1 (2018)
Publisher : IAIN Tulungagung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.389 KB)

Abstract

ABSTRAK Politik (policy) dan pendidikan (education) merupakan dua hal penting dalam sistem sosial di suatu negara. Keduanya memiliki hubungan yang sangat erat dalam kaitannya menunjukkan identitas suatu bangsa. Hubungan yang erat ini bisa dilihat dalam kebijakan pemerintah terhadap pendidikan. Sejarah telah mencatat, bahwa rezim mempunyai identitas khusus untuk mewarnai setiap imperiumnya, tak terkecuali dalam dunia pendidikan itu sendiri. Indonesia sebagai suatu bangsa tak terlepas bagaimana sejarah yang telah membentuknya, termasuk sejarah perkembangan Pendidikan Nasional ataupun Pendidikan Islamnya. Secara garis besar, periodisasi sejarah Pendidikan Nasional berangkat dari masa penjajahan Kolonial, penjajahan Jepang, masa Kemerdekaan, Orde lama, Orde baru, Reformasi, dan sekarang era globalisasi. Kata Kunci: Pendidikan Nasional, Kurikulum, Reformasi.

PERENCANAAN MUTU SEKOLAH SEBAGAI DASAR MANAJEMEN STRATEGIK DALAM BIDANG PENDIDIKAN

Tanzeh, Ahmad ( IAIN Tulungagung )

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 18, No 1 (2018)
Publisher : IAIN Tulungagung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.14 KB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan memiliki tujuan, salah satunya untuk membentuk potensi-potensi manusia secara berimbang, optimal, dan terintegrasi. maka pendidikan harus mengutamakan nilai-nilai manusiawi, membangun manusia yang mampu membangun dirinya dan masyarakatnya. Untuk mencapai hal tersebut, Melaui perencanaan pendidikan diharapkan pendidikan mampu memberikan kesempatan untuk mengembangkan segala potensi peserta didik seoptimal mungkin. Perencanaan pendidikan menempati posisi strategis dalam keseluruhan perkembangan pendidikan. Perencanaan pendidikan memberikan kejelasan arah dalam usaha proses penyelenggaraan pendidikan. Dengan kejelasan arah ini manajemen usaha pendidikan akan dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien. Dalam rangka peningkatan mutu sekolah berorientasi kepada kebutuhan/harapan pelanggan, maka layanan pendidikan suatu lembaga haruslah memperhatikan kebutuhan dan harapan pelanggan. Kepuasan dan kebanggaan dari pelanggan sebagai penerima manfaat layanan pendidikan harus menjadi acuan bagi program peningkatan mutu layanan pendidikan. Kata Kunci: Mutu sekolah, Manajemen Strategik, Perencanaan.

ANALISIS DESKRIPTIF PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN IAIN TULUNGAGUNG

Rafikasari, Elok Fitriani ( IAIN Tulungagung ) , Rohman, Khabibur ( IAIN Tulungagung )

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 18, No 1 (2018)
Publisher : IAIN Tulungagung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.094 KB)

Abstract

ABSTRAK Sebagai perguruan tinggi yang mengalami perkembangan secara signifikan pasca alih status dari STAIN menjadi IAIN, IAIN Tulungagung melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas. Salah satunya adalah peningkatan kualitas perpustakaan. Salah satu parameter keberhasilan layanan perpustakaan adalah intensitas kunjungan dan frekuensi peminjaman koleksi perpustakaan. Penting untuk melakukan analisis terhadap pengunjung perpustakaan sebagai bahan evaluasi perkembangan perpustakaan. Penelitian ini akan menyuguhkan analisis dekkriptif pengunjung perpustakaan IAIN Tulungagung untuk mengetahui fluktuasi jumlah pengunjung secara umum dan berdasarkan jenis keanggotaannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengunjung perpustakaan didominasi oleh anggota dengan jenis keanggotaan mahasiswa dan pascasarjana. Kata Kunci: Pengunjung, Perpustakaan, IAIN Tulungagung

PERBANDINGAN PENGARUH PENERAPAN METODE SQ3R DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Maftucha, * ( Pascasarjana UIN Malang )

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 18, No 1 (2018)
Publisher : IAIN Tulungagung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.363 KB)

Abstract

Pada dasarnya kegiatan membaca dilakukan agar tercipta suatu pemahaman terhadap isi yang terkandung dalam bacaan. Namun pada kenyataannya, tidak semua pembaca mampu memahamai apa yang sedang dan telah dibacanya. Hal demikian banyak terjadi, terutama pada para siswa sekolah dasar yang umumnya belum memiliki pemahaman yang kuat terhadap apa yang dibacanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh metode SQ3R dan metode konvensional terhadap proses pembelajaran dan kemampuan memahami bacaan pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar SDIT Al-Rahbini Gondanglegi, Magelang. Peneitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimental dan desain penelitian eksperimen ini menggunakan yaitu prestest–postest  control group design, yakni eksperimen yang dilakukan dalam satu kelas untuk mengukur peningkatan setelah menggunakan metode SQ3R. Kata Kunci: Metode SQ3R, Proses Pembelajaran, Kemampuan Memahami Bacaan.

PENGEMBANGAN KURIKULUM KEWIRAUSAHAAN MENGGUNAKAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN NIAT WIRAUSAHA SISWA SMA NEGERI KOTA SURAKARTA

Triyono, Bambang ( Universitas Sebelas Maret )

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 18, No 1 (2018)
Publisher : IAIN Tulungagung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.649 KB)

Abstract

ABSTRACT The aims of this study are; (1) Generate the required learning and entrepreneurial craft lessons vocational high schools in  Surakarta; (2) Develop information systems and e-commerce technology as a learning tool craft and vocational secondary school entrepreneurship in Surakarta; (3) Test try information system and e-commerce technology as a learning tool and entrepreneurial craft is applied in vocational high schools in Surakarta. (4) Knowing intention student after using information systems and e-commerce technology as a learning tool craft and vocational secondary school entrepreneurship in Surakarta. This study uses research and development methodology. The population of the study is teachers entrepreneurship craft and Vocational High School students in Surakarta. The data analysis technique used in this study is Structural Equation Modeling (SEM). The sampling of this study used was the quota. To meet the assumptions of sample adequacy in SEM analysis, the sample size in this study is 125 respndens. Keywords: E-Commerce, The Craft, Entrepreneurial Learning

UPAYA TERAPIS DALAM MENANAMKAN AKHLAK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ABK (ANAK LAMBAT BELAJAR/SLOW LEARNING) DI WISHING KIDS KOTA BLITAR

Meilza, Norista ( SLB-B YPLB Blitar ) , Khoiriyah, Binti ( SLB-B YPLB Blitar )

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 18, No 1 (2018)
Publisher : IAIN Tulungagung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.01 KB)

Abstract

ABSTRAK Keadaan anak yang mengalami gangguan intelektual, gangguan fisik, autistic dan hiperaktif banyak dikeluhkan oleh orang tua, guru, maupun masyarakat. Hal ini karena persepsi sebagian orang tua, guru maupun masyarakat terhadap keberadaan anak-anak tersebut kurang utuh. Terutama anak-anak berkebutuhan khusus sering dipandang parsial, bahwa anak-anak dengan kondisi semacam itu potensinya tidak akan dapat dikembangkan secara optimal. Padahal apabila kondisi atau jenis gangguan yang dialami telah terdiagnosa secara awal, tidak menutup kemungkinan anak dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Terapis memegang peranan penting dalam membantu peserta didik dalam mewujudkan harapan bangsa tidak hanya pada perkembangan akademik tetapi juga non akademik. Guru sebagai panduan dalam usaha memahami konsep dan pertimbangan dalam menyampaikan ilmu pengetahuan harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, sehingga dalam menyampaikan ilmu pengetahuan kepada anak didik bisa diterima dengan mudah. Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Akhlak, Terapis.

IMPLEMENTASI KOMPETENSI GURU DALAM MENDESAIN DAN MELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU PADA KTSP DAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

Arif, Moh. ( IAIN Tulungagung )

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 15, No 2 (2015)
Publisher : IAIN Tulungagung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.009 KB)

Abstract

The ability of teachers in designing learning becomes one factor in the successful implementation of integrated learning MIN tunggangri, based on the formulation of the problem as follows: 1) How is the competence of teachers in Designing Integrated learning at MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung? 2) What are the factors that affect the competence of teachers in the process pembelajaranTerpadupada SBC and Curriculum 2013 in MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung? And, 3) How is the implementation of teacher competence in Designing and implementing the learning process and curriculum SBC Terpadupada 13 at MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung? Based on the formulation of the problem above, the results showed the following 1) the ability of teachers in designing integrated learning at MIN Tunggangri researchers found as follows, 2) the ability of teachers to design learning has been going well, it is based on educational qualifications and participation in the development of teacher competence in designing integrated learning both in the curriculum system of 2006 (SBC) or curriculum in 2013 which is currently in terapakan and the factors or problems faced by teachers in MIN Tunggangri in designing and implementing the thematic learning according to the curriculum in 2013 are limited facilities and infrastructure, availability of books teachers and students and most teachers have not been S2 even if the educational background S2 not be a mandatory requirement for teachers at level MIN/SD, but according to the headmaster very teacher at MIN Tunggangri always encouraged to improve their competence either seacara academic or non-academic one with proceed to S2. Keywords: Teacher Competences, Design, Integrated Learning, Curriculum 2013

PERUBAHAN STATUS PERGURUAN TINGGI ISLAM (Studi Kasus IAIN Tulungagung)

Sulistyorini, Sulistyorini ( IAIN Tulungagung )

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan Vol 15, No 2 (2015)
Publisher : IAIN Tulungagung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.037 KB)

Abstract

The abilities of an institution, including an university, to accept, respond and adapt to a change becomes an important aspect to be survive. By having those abilities, it can be seen that some university cannot only be survive but also greatly develop, forexample IAIN Tulungagung. However, some universities still cannot show their progress. In other words, the change of their status does not lead them to significantly develop. The study is intended to explore deeply about the organization status change of an Islamic university ( A Case Study at IAIN Tulungagung). The focus of the study refers to the following two aspects, they are (a) how is the process of organization change at IAIN Tulungagung?, and (b) how is the model of management employed at IAIN Tulungagung after its organization change? Keywords: Organization Status Change, Islamic University, IAIN Tulungagung