cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
ISSN : 24606324     EISSN : 25796461     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara is an open access journal and published twice a year in January & July that contains research result where never published.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara" : 10 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN NGADIREJO KOTA KEDIRI Wiguna, Frans Aditia; Damayanti, Susi
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (849.683 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v3i2.11787

Abstract

Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi. Untuk mencapai tujuan tersebut, Peneliti menggunakan teknik eksperimen dengan menggunakan desain eksperimen pretest-postest control group design dengan menggunakan perlakuan berupa model pembelajaran berbasis masalah. Selanjutnya data-data akan dianalisis dengan teknik analisis komparasi t-tes. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Adanya perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa antara yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional dibuktikan pada tabel perolehan Mean 79,66 (kelompok eksperimen) > 70,31 (kelompok kontrol) serta hasil uji tes sebesar 5,564  berdasarkan df 68 t hitung pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,00 dengan demikian kedudukan t-tes 5,564 > t-tabel 2,00 (α=0,05). Dapat disimpulkan bahwa probabilitas kesalahan dalam penelitian ini masih di bawah 0,05 dengan tingginya harga t-hitung sebesar 5,564 memiliki taraf signifikansi 0,000 yang ternyata kedudukannya masih jauh berada di bawah nilai α=0,05. Dengan demikian penelitian ini berhasil menolak H0 pada taraf signifikansi 5%. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa H1 terbukti benar. Disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ngadirejo Kota Kediri.
TINDAK KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR Widodo, Wahyu; Rozhana, Kardiana Metha
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.878 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v3i2.11785

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bentuk tindak komunikasi pembelajaran di kelas dan pemaknaan siswa terhadap tindak komunikasi pembelajaran terhadap tindak komunikasi verbal, non-verbal, interpersonal, kelompok, dan publik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi fenomenologi. Hasil penelitian yaitu ungkapan pikiran dan perasaan siswa terhadap komunikasi verbal yaitu mudah memahami materi dan berani bertanya. Ungkapan pikiran dan perasaan siswa terhadap komunikasi non verbal yaitu merasa takut saat guru berbicara dengan intonasi tinggi, namun siswa merasa senang dan merasa disayangi dengan sentuhan guru. Ungkapan pikiran dan perasaan siswa terhadap komunikasi interpersonal yaitu perasaan senang saat guru menanyakan kabar, keadaan diri, kesehatan, perayaan ulang tahun, dan perhatian saat mengalami bullying. Ungkapan pikiran dan perasaan siswa terhadap komunikasi kelompok yaitu perasaan senang ketika belajar kelompok, perasaan leluasa berdiskusi dan menanyakan tugas secara pribadi kepada guru dan disiplin saat pengelompokan siswa yang suka ramai di kelas untuk dinasehati guru. Ungkapan pikiran dan perasaan siswa terhadap komunikasi publik yaitu mudah memahami materi pelajaran dan perasaan senang ketika disisipkan humor dalam metode ceramah.
PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI KAWANGKOAN KECAMATAN KALAWAT Sobon, Kosmas; Lumowa, Sofly Junike
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.207 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v3i2.11788

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sains di kelas lima SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas lima SD Negeri Kawangkoan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 72,50% dengan kriteria aktif dan pada siklus II sebesar 76,15% dengan kriteria aktif; (2) ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,43% dan siklus kedua 100%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mata pelajaran sains, yaitu: aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas lima SD Negeri Kawangkoan.
EFEKTIFITAS MEDIA BECAK DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA SD/MI Widiana, Galuh Tisna; Ulum, Maufuzul; Nurrrohmah, Triya; Arobi, Achmad Zainul Hasan
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.497 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v3i2.11781

Abstract

Media “Becak” adalah suatu media visual tiga dimensi yang dapat mengkonkritkan pemahaman siswa terhadap materi pencangkokan. Karena dalam media becak siswa dapat melihat dan terlibat langsung dengan medianya, dan siswa lebih mudah untuk memahami materi mencangkok karena materi yang praktis dan harus divisualisasikan serta butuh praktek dalam pembelajarannya. Tujuan digunakan media seperti ini agar siswa mampu menerapan  media becak (belajar cangkok) dalam pembelajaran IPA guna meningkatkan ketrampilan berfikir kritis siswa SD/MI, metode yang digunakan yaitu eksperimental, variabel penelitian serta menggunakan pre test dan post test.  Metode di atas digunakan untuk mengetahui pemahaman dari masing-masing siswa bagaimana cara mereka mengaplikasikan media tersebut dengan benar. Jadi dengan menggunakan media yang konkrit dan siswa terlibat langsung maka pembelajaran mereka menjadi berkesan serta pemahamanya akan terpupuk sendiri dengan cara mereka ikut serta dalam proses pembelajaranya.
PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA BERBASIS BUDAYA JAWA TIMUR DENGAN MODEL PAKEM UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Wicaksono, Antonius Alam; Bariska, Hanif Fikri
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.555 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v3i2.11786

Abstract

 A common purpose in this research is to develop text book of Indonesian language based culture East Java with PAKEM model to improve study results students class 4 primary school. As for a special purpose of this research is: (1) described the process develop text book Indonesian language based culture East Java with PAKEM model to improve study results students class 4 elementary school (2) described the quality of the text book of Indonesian language based culture East Java with PAKEM model. This research including the kind of research of development by design 4D model. Development standard covering specific stage, design, and development. The result of developing shows that the development of covering standard definition stage with the results in the form of a map learning needs; the stage design with the results of the draft a text book; and phase of development by teaching design the final text book. The quality of the text book that have been developed are considered to be of the components in the teaching material, the appearance of, language, and graphic. Each of the components won a high percentage 97,9%, 100%, 96,4%, and 93,8% .The acquisition observations in the class IV on the activities of teachers  is 92.5 % and results of learning outcome increased by 18 point. Keywords: text book, PAKEM model, learning outcome
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PGSD UN PGRI KEDIRI DENGAN MODUL BERBASIS KONFLIK KOGNITIF PADA MATERI MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA SD Rachmawati, Linda; Mukmin, Bagus Amirul
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.908 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v3i2.11782

Abstract

Pada perkuliahan Pembelajaran IPA SD ditemukan berbagai persoalan terkait dengan hasil belajar mahasiswa yang masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata mahasiswa sebesar 69 dan jika ditinjau dari persentase ketuntasan klasikal, hasil belajar mahasiswa sebesar 38%. Hal tersebut dikarenakan pemahaman mahasiswa terkait penyusunan perangkat pembelajaran masih kurang. Faktor lain yang memengaruhi adalah cara mengajar dosen yang kurang tepat. Pembelajaran yang diterapkan selama ini berpusat pada guru, sehingga siswa lebih pasif dan kurang terlibat dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar mata kuliah pembelajaran IPA SD pada mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 kelas A program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan rata-rata hasil belajar mahasiswa dari kegiatan pra siklus sebesar 69, pada siklus I sebesar 73, dan pada siklus II meningkat menjadi 83. Untuk persentase ketuntasan klasikal hasil belajar mahasiswa juga mengalami peningkatan dari kegitan prasiklus sebesar 38%, pada siklus I menjadi 59%, dan pada siklus II mencapai 87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis konflik kognitif dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pembelajaran IPA SD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nusantara PGRI Kediri
MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD KREATIF KECAMATAN KARANGAN KABUPATEN TRENGGALEK Yusmita, Eries Norma
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.308 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v3i2.11778

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pelaksanaan pendidikan karakter di SD Kreatif kecamatan Karangan kabupaten Trenggalek. Pendekatan yang yang digunakan penelitian ini pendekatan kualitatif dan Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian ini difokuskan pada kasus perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hambatan pelaksanaan pendidikan karakter di SD Kreatif.  Pendidikan karakter yang direncanakan dan diterapkan oleh SD Kreatif ada 3, yaitu pendidikan karakter kedisiplinan, kejujuran, dan religius. Pendidikan karakter yang diterapkan di SD Kreatif tidak hanya dilaksanakan dalam proses pembelajaran, melainkan juga dilaksanakan diluar proses pembelajaran. Pendidik tidak hanya meminta peserta didiknya untuk melatih dan menanamkan pendidikan karakter dalam dirinya. Pendidik juga memberi contoh perilaku yang sesuai dengan pendidikan karakter yang telah direncanakan dan diterapkan pada SD Kreatif.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN MANGKUJAYAN I KABUPATEN PONOROGO Kusumawati, Naniek
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.787 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v3i2.11789

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN Mangkujayan I, diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas V masih bersifat konvensional, sehingga kurang mengembangkan pola pikir dan kreatifitas siswa. Terdapat beberapa guru khususnya pada mata pelajaran IPA kelas V dalam mengajar hanya menggunakan metode ceramah dan siswa hanya mendengarkan, mencatat serta menghafalkan materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA kelas V dengan menggunakan model pembelajaran SAVI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), prosedur penelitian yang digunakan berupa siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan  refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kognitif dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen soal dan lembar observasi. Analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil persentase rata-rata pada siklus I yaitu 65% yang artinya ada 13 dari 20 siswa yang tuntas. Terjadi peningkatan pada siklus yang ke II yaitu 90% yang artinya ada 18 dari 20 siswa yang tuntas dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Mangkujayan I
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO Wulandari, Fitria
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.226 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v3i2.11780

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan mahasiswa S1 PGSD Universitas Muhammadiah Sidoarjo yang rendah dalam mengembangkan pemahamannya terhadap konsep IPA. Mahasiswa masih kesulitan pada saat memahami materi konsep dasar IPA. Adapun rata-rata nilai UTS mahasiswa sebesar 64,57. Hal tersebut masih kurang dari nilai 65. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain terhadap pemahaman konsep IPA Mahasiswa PGSD.  Berdasarkan tujuan tersebut maka penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif ekperimen. Peneliti menggunakan statistik deskriptif dengan jenis metode ekperimen yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Instrument yang digunakan peneliti yaitu lembar tes pemahaman konsep IPA. Untuk menguji hipotesis dan menjawab rumusan masalah teknik analisis data yang digunakan yaitu uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Predict-Observe-Explain berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA mahasiswa PGSD. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata sebelum mendapatkan perlakuan dengan memberikan soal pretest sebesar 66,28. Selanjutnya setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaan Predict-Observe-Explain mahasiswa PGSD menyelesaikan soal Posttest dengan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 83,14. Kemudian nilai rata-rata tersebut digunakan untuk pengetahui besar pengaruh model pembelajaan Predict-Observe-Explain terhadap pemahaman konsep IPA mahasiswa PGSD. Dari hasil nilai N-Gain menunjukkan bahwa pengaruhnya sebesar 0,49 dengan kriteria sedang.
PERBEDAAN METODE SCRAMBLE DENGAN METODE WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI PARTS OF HUMAN BODY Desa, Putri Emma Kurnia; Rosnaningsih, Asih; Nurjaman, Iman
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.096 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v3i2.11784

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris dalam dua kelas, yaitu kelas pertama adalah kelas eksperimen I diberi perlakuan menggunakan metode scramble dan kelas eksperimen II diberi perlakuan menggunakan metode word square. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe quasi eksperiment. Pada penelitian ini teknik pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan pengambilan sampel secara keseluruhan. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas III di SDIT At-Taufiq Kota Tangerang yaitu 26 siswa kelas III A dan 26 siswa kelas III B. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes objektif berbentuk isian singkat. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji-t didapat bahwa thitung>ttabel (3,1 > 2,011) pada taraf signifikan α = 0,05. Rata-rata nilai kelas eksperimen I  menggunakan metode scramble sebesar 69,58 dan rata-rata nilai kelas eksperimen II menggunakan metode word square sebesar 78,2. Sehingga metode pembelajaran word square lebih baik dari pada metode scramble

Page 1 of 1 | Total Record : 10