cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Agora
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 703 Documents
DAMPAK INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN (STUDI KASUS PADA PELUNCURAN PRODUK BARU DALAM INDUSTRI ROKOK) Irawan, Billy Rubianto
Agora Vol 3, No 1 (2015): Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Industri rokok di Indonesia memiliki pasar yang luas karena pasar rokok di Indonesia merupakan yang terbesar ketiga di Asia. Dalam industri dengan pasar yang luas dan penuh persaingan, salah satu solusi untuk terus bertahan di pasar adalah dengan melakukan inovasi, subjek dari penelitian ini adalah PT.123, yaitu salah satu dari tiga perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar dampak yang ditimbulkan oleh Inovasi produk yang dilakukan oleh PT.123 melalui produk  X, dengan menggunakan indikator penjualan dan pangsa pasar, penelitian dilakukan pada wilayah Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan sekunder, pengumpulan data untuk analisa menggunakan media wawancara, dan hasil wawancara kemudian diuji menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk yang dilakukan oleh PT.123 melalui produk X memberikan dampak yang cukup berpengaruh terhadap penjualan, namun secara pangsa pasar tidak memberikan dampak yang besar.
ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA PERUSAHAAN KOTAK KARTON GELOMBANG MENGGUNAKAN PORTERS FIVE FORCES ANALYSIS Samantha, Daniel
Agora Vol 3, No 1 (2015): Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Persaingan bisnis di era globalisasi saat ini semakin ketat. Bertambahnya perusahaan-perusahaan dengan berbagai produk atau jasa yang ditawarkan menye­babkan perusahaan berusaha untuk memenangkan persaingan dengan cara menerapkan strategi berasing. Strategi bersaing yang digunakan sangat menentukan keberhasilan pencapaian target yang diinginkan oleh perusahaan. Penelitian dilakukan pada perusahaan kotak karton gelombang untuk mengetahui strategi bersaing pada perusahaan tersebut serta merumuskan strategi bersaing alternartif yang dapat digunakan. Metode penelitian yang digu­na­kan adalah kualitatif deskriptif. Keabsahan data dari penelitian ini diuji menggunakan triangulasi data. Pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa strategi bersaing yang telah tepat digunakan oleh perusahaan kotak karton gelombang dalam menghadapi persaingan pada industri kotak karton gelombang. Strategi bersaing alternatif dari strategi generik juga dirumuskan oleh penulis untuk mengoptimalkan strategi bersaing yang sedang diterapkan perusahaan.
KEPEMIMPINAN KREATIF CV.GOLDY PRIME Antony, Axel
Agora Vol 3, No 1 (2015): Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

- Indonesia adalah salah satu negara yang tergolong memiliki pangsa pasar yang besar dengan kemudahan masuknya suatu produk di Indonesia memberikan dampak persaingan yang semakin ketat sehingga perusahaan yang dapat bertahan adalah perusahaan yang bisa menerima segala gangguan dari para pesaing. Oleh sebab itu ide kreatif harus terus dikembangkan agar dapat terus melangkah lebih maju dan terus mendorong pertumbuhan kinerja perusahaan baik dari dalam maupun luar. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah CV. Goldy Prime, yaitu salah satu perusahaan distributor yang berada di surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kepemimpinan kreatif pada CV. Goldy Prime. Metodologi penelitian yang di gunakan adalah kualitatif, sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan sekunder, pengumpulan data untuk analisa menggunakan  wawancara, dan hasil wawancara kemudian diuji menggunakan tringgulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dampak dari kepemimpinan kreatif dapat membawa pengaruh baik terhadap situasi dan kondisi perusahaan
EVALUASI STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PENGGILINGAN GABAH PADA UD. JAYA MAKMUR DI JEMBER Putri, Chyntia Yolanda
Agora Vol 3, No 1 (2015): Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi yang diterapkan usaha penggilingan gabah di UD. Jaya Makmur. Penelitian ini menarik karena beras merupakan makanan pokok atau kebutuhan pangan utama dari masyarakat di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur. Penentuan informan wawancara menggunakan teknik purposive sampling. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber. Evaluasi strategi pengembangan bisnis menggunakan SERVO analysis dan Blue Ocean Strategy. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa UD. Jaya Makmur menggunakan strategi low cost leadership. Sedangkan berdasarkan SERVO analysis, terdapat beberapa elemen yang masih belum sesuai. Namun UD. Jaya Makmur dapat bertahan dalam persaingan usaha dengan menggunakan strategi low cost leadership.
EVALUASI STRATEGI BISNIS PADA UD LUCKYSTAR DENGAN SERVO ANALYSIS Jesseline, Jesseline
Agora Vol 3, No 1 (2015): Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi bisnis pada UD Luckystar. Pengevaluasian strategi bisnis tidak hanya pada strategi tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan, namun juga pengimplementasian strategi tersebut pada perusahaan. Pengevaluasian menggunakan SERVO Analysis,  yang terdiri dari strategy, environment, reosurces, value dan organization, adalah sebuah alat yang digunakan untuk menganalisa strategi. SERVO analysis dipilih, karena memiliki variabel yang sesuai dalam menganalisa strategi bisnis UD Luckystar. Dan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, UD Luckystar menggunakan differentiation strategy, yang berfokus pada keunikan dan design yang berbeda dari pesaing. Hasil analisa menyatakan bahwa strategi dan pengimplementasian yang digunakan UD Luckystar sudah benar dan sesuai. Namun beberapa hambatan seperti resources dan organization menghambat UD Luckystar dalam mengembangkan perusahaannya.
STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PENGOLAHAN LOGAM PADA PT. BHIRAWA STEEL DI SURABAYA prasetyo, denny
Agora Vol 3, No 1 (2015): Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Perumusan strategi diperlukan karena persaingan bisnis yang semakin meningkat, sehingga perusahaan mendapatkan tantangan dalam meraih keunggulan bersaing. Dengan melakukan perumusan strategi pengembangan bisnis, maka dapat dilakukan penyusunan dan merumuskan alternatif-alternatif strategi mana yang paling sesuai digunakan perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan melakukan analisa lingkungan internal dan eksternal PT Bhirawa Steel di Surabaya dan memformulasikan strategi pengembangan bisnisnya.Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Obyek penelitian yang akan diteliti adalah strategi pengembangan bisnis pengolahan logam pada PT Bhirawa Steel di Surabaya. Penentuan informan yang digunakan dalam penelitian berasal dari sumber internal yang ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif, sedangkan proses pengumpulan datanya adalah wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.Analisis lingkungan internal menunjukkan bahwa PT Bhirawa Steel memiliki kelemahan yaitu program pelatihan dan pengembangan belum terencana dan tersusun secara sistematis serta staf pemasaran yang masih belum maksimal karena tidak memiliki pengalaman di industri pengolahan logam. Analisis terhadap kondisi lingkungan eksternal menunjukkan bahwa persaingan yang ketat dan kemampuan pesaing di atas perusahaan. Pembeli memiliki posisi daya tawar karena kedudukannya yang penting bagi perusahaan dan tidak ada biaya peralihan bagi pembeli yang akan pindah ke pesaing. Strategi pengembangan bisnis yang disarankan untuk PT Bhirawa Steel di Surabaya dalam industri pengolahan logam adalah pengembangan produk dan pengembangan pasar.
ANALISA DESKRIPTIF INOVASI PADA RON’S LABORATORY SURABAYA Wijaya, Marcellina
Agora Vol 3, No 1 (2015): Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan inovasi produk pada Ron’s Laboratory dan untuk melihat ada atau tidaknya inovasi proses pada Ron’s Laboratory. Inovasi produk dilihat dari tahapan-tahapan pengembangan produk mulai dari pemunculan ide, penyaringan ide, analisa bisnis, pengembangan, pengujian, dan yang terakhir komersialisasi. Untuk mengetahui ada tidaknya inovasi proses dapat dilihat dari supply chain manufacture yang berawal dari supplier, manufacture, warehouse, distribution, retail hingga sampai pada consumer. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Metode penelitian yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan yang dilalui pada inovasi produk adalah munculnya ide yang berasal dari tren. Kemudian ide-ide yang ada dipilih berdasarkan perayaan hari tertentu. Langkah selanjutnya memprediksi dampak finansial dan dari ide yang ada diubah menjadi produk nyata. Selanjutnya produk diuji dengan membagikan sample produk kepada konsumen dan setelah mendapat respon positif produk akan dijual. Untuk hasil penelitian pada inovasi proses, Ron’s Laboratory sudah melakukan inovasi proses. 
EVALUASI STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA PT MANUNGGAL SUKO JAYA SURABAYA Sutrisno, Cynthia Leonita
Agora Vol 3, No 1 (2015): Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengembangan bisnis, mengevaluasi strategi pengembangan bisnis menggunakan analisis SERVO, dan mengidentifikasi tercapainya konsep fit dalam strategi pengembangan bisnis PT Manunggal Suko Jaya.Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif.Objek penelitian adalah strategi pengembangan bisnis dan evaluasi strategi pengembangan bisnis PT Manunggal Suko Jaya.Informan penelitian adalah sumber internal yang ditentukan melaluipurposive sampling terhadap manajemen puncak, kemudian dilanjutkan dengan teknik sampling bola salju.Jenis data penelitian adalah data kualitatif, yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen.Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, sedangkan analisa data menggunakan analisis data kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) PT Manunggal Suko Jaya menggunakan strategi pengembangan bisnis berupa strategi intensif dan strategi fokus Porter; (2) strategi pengembangan bisnis perusahaan saat ini masih relevan atau fit dalam mengembangkan bisnis; dan (3) perusahaan perlu melakukan perbaikan untuk meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan strategi pengembangan bisnis ideal, melalui penambahan jumlah karyawan produksi, peningkatan kompetensi dan kinerja karyawan pemasaran, serta periklanan produk melalui media yang trendi.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DENGAN KEPUASAN KARYAWAN SEBAGAI MEDIATOR PADA PT YOUNG MULTI SARANA Tabitha, Jerly
Agora Vol 3 (2015): Vol 3, No 2 (2015) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Gaya kepemimpinan merupakan keterampilan dalam bersikap dan berperilaku yang diterapkan oleh seorang pemimpin. Gaya kepemimpinan yang sesuai dengan harapan karyawan akan membuat karyawan tersebut merasa nyaman dan senang dalam berkerja yang berujung pada kepuasan kerja. Meningkatnya kepuasan kerja karyawan di perusahaan diharapkan akan membentuk mental karyawan dengan tingkat partisipasi yang tinggi yang disebut dengan komitmen organisasional. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah gaya kepemimpinan dapat mempengaruhi kepuasan kerja karyawan yang pada akhirnya juga akan meningkatkan komitmen organisasional karyawan di PT. Young Multi Sarana. Sampel yang digunakan berjumlah 93 orang karyawan PT. Young Multi Sarana di Surabaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah partial least square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan kerja sebagai mediator terhadap komitmen organisasional. Selain itu juga kepuasan kerja ditemukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional.
PENGARUH PENERAPAN PRINSIP – PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR Alvin, Kho
Agora Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Bisnis masa kini sangat erat kaitannya dengan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance), khususnya dalam perusahaan keluarga (Family Business). Penerapan Good Corporate Governance (GCG) memiliki implikasi manajerial yang kuat dalam memperkokoh perusahaan. Di sisi lain, kinerja karyawan, loyalitas karyawan dan  turnover karyawan adalah beberapa aspek yang menjadi pusat kajian tentang Organizational Citizenship Behavior (OCB). Implementasi prinsip-prinsip GCG dan implikasi manajerialnya terhadap OCB membuka peluang kajian yang sangat luas.   Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan penggalian data melalui wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini adalah sebuah perusahaan makanan beku (frozen food) di Jawa Timur. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa prinsip – prinsip GCG memiliki implikasi manajerial terhadap OCB karyawan.

Page 1 of 71 | Total Record : 703