cover
Filter by Year

Analysis
Articles
616
Articles
STUDI PERANAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP DAN INTENSI KEWIRAUSAHAAN DI SENTRA INDUSTRI PRODUK ROTI DAN KUE RUNGKUT LOR, SURABAYA

Christanti, Anita

Agora Vol 4 (2016): Vol 4, No 1 (2016) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.471 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik program pelatihan kewirausahaan dan untuk mengetahui peranan dari program pelatihan kewirausahaan terhadap pembentukan sikap dan intensi kewirausahaan diantara wirausahawan di Kampung Kue. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur dan teknik penentuan narasumber yang digunakan adalah snowball. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber.Karakteristik program pelatihan kewirausahaan pada umumnya dilihat dari empat dimensi yaitu desain pelatihan, metode penyajian, konten dan kurikulum, dan layanan yang diberikan setelah pelatihan. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik program pelatihan kewirausahaan meliputi (1)desain pelatihan berupa tujuan dari program pelatihan kewirausahaan membangun pengetahuan dan keterampilan secara eksplisit dalam persiapan untuk memulai suatu usaha dengan target peserta adalah anggota paguyuban Kampung Kue, anggota binaan Disperindag dan pelaku UMKM lainnya; (2)metode penyajian meliputi pelatih program pelatihan adalah chef dan narasumber yang dianggap memiliki potensi untuk memberikan pelatihan, pelatihan dilakukan dengan cara tatap muka secara langsung dengan ukuran kelas, durasi dan intensi yang bervariasi; (3)konten yang diberikan bersifat konseptual berupa manajemen yang berhubungan dengan pengelolahan usaha dan praktikal berupa resep kue; (4)layanan yang diberikan setelah pelatihan berupa mentoring dan coaching. Program pelatihan kewirausahaan memberi dampak positif terhadap pembentukkan sikap kewirausahaan berupa pola pikir, kemampuan dan status kewirausahaan. Program pelatihan kewirausahaan juga berperan dalam membentuk intensi kewirausahaan berupa timbulnya keinginan diantara para peserta program pelatihan untuk memulai dan mengembangkan bisnis serta melihat peluang usaha lain yang bisa dijalankan

MODEL BISNIS PADA CV FANG YANG WOOD MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS

Nyoto, Verlin Febrin

Agora Vol 4 (2016): Vol 4, No 1 (2016) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.848 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan mendesain model bisnis baru dengan Business Model Canvas pada CV Fang Yang Wood yang bergerak di industri pengolahan kayu. Evaluasi akan dilakukan disetiap elemen Business Model Canvas yang terdiri dari customer segments, value propositions, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships, dan cost structure. Setiap elemen akan dianalisis menggunakan SWOT dan Blue Ocean Strategy. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara semi terstruktur. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa perusahaan, CV Fang Yang Wood dapat mengembangkan sembilan elemen lebih lanjut. Seperti pada elemen customer segments, perusahaan dapat melakukan ekspor jika dapat meningkatkan elemen value propositions, customer relationships, dan channels. Selain itu perusahaan dapat mengembangkan proses pengolahan limbah lebih lanjut agar menghasilkan revenue streams baru, hal ini akan mempengaruhi elemen key activities, key resources, dan key partneships. Semua pengembangan ini pastinya akan berdampak pada cost structure perusahaan.

FORMULASI STRATEGI BERSAING PADA CV. BERKAT

Agatha, Shannen Cornelia

Agora Vol 4 (2016): Vol 4, No 1 (2016) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.282 KB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk memformulasikan strategi bersaing untuk perusahaan penggilingan gabah guna menghadapi persaingan yang terjadi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus. Penelitian ini menganalisis faktor lingkungan internal berdasarkan Resource Based View (RBV) yang menghasilkan intangible assets berupa reputasi perusahaan yang dinilai penting, otoritas perusahaan yang tersentralisasi, nilai kejujuran yang dianut oleh perusahaan dan pengetahuan tacid yang dimiliki karyawan serta tangible assets. Untuk analisis faktor lingkungan eksternal menggunakan Porter’s Five Forces yaitu hambatan masuknya pesaing baru yang tinggi, ancaman produk pengganti yang rendah, kekuatan tawar-menawar pembeli yang cukup tinggi, kekuatan tawar-menawar pemasok yang rendah, persaingan dengan pesaing yang sudah ada yang tinggi. Untuk perumusan strategi bersaing, digunakan matriks SWOT yang menghasilkan delapan alternatif strategi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa strategi yang disarankan untuk CV. Berkat adalah dengan melakukan market development, market penetration dan product development.

PROSES SUKSESI PT. PRADIPTA PERKASA MAKMUR, GRESIK

Sutjianto, Agnes

Agora Vol 4 (2016): Vol 4, No 1 (2016) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (54.915 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses suksesi yang dilakukan oleh PT. Pradipta Perkasa Makmur. Suksesi pada PT. Pradipta Perkasa Makmur sedang dilakukan dari generasi pertama kepada generasi kedua. Penulis membahas proses suksesi yang terjadi pada PT. Pradipta Perkasa Makmur dengan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Untuk menguji keabsahan data, penulis menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil temuan menyatakan bahwa PT. Pradipta Perkasa Makmur telah menjalani proses suksesi yang meliputi tahap persiapan, melakukan penilaian, mengembangkan profil suksesor, dan membuat perencanaan. Sedangkan proses implementasi dan evaluasi yang sesungguhnya akan dilakukan dalam waktu dekat.

ANALISIS PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PT BUANA MEGAH SENTOSA PERKASA SURABAYA, JAWA TIMUR

Onggo, Jessica

Agora Vol 4 (2016): Vol 4, No 1 (2016) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.698 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan prinsip-prinsip GCG pada PT Buana Megah Sentosa Perkasa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian ini adalah perusahaan telah menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) yaitu Transparansi, Akuntabilitas, Tanggung Jawab, Kemandirian, Kewajaran dan Kesetaraan. Akan tetapi pada prinsip transparansi, perusahaan kurang transparan dalam berkomunikasi sehingga terdapat informasi yang tidak valid.

ANALISIS REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN PADA PERUSAHAAN BIHUN CAHAYA TIGA TUNGGAL

Halim, William Santosa

Agora Vol 4 (2016): Vol 4, No 1 (2016) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.22 KB)

Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang ini, perkembangan dan persaingan industri berlangsung secara ketat. Sumber daya manusia menjadi salah satu faktor penting dalam pekembangan perusahaan oleh karena itu perusahaan harus memperhatikan proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa proses perekrutan dan seleksi sumber daya manusia pada Perusahaan Bihun Cahaya Tiga Tunggal. Pemilik, kepala personalia dan karyawan perusahaan merupakan informan dalam penelitian ini. Untuk mendeskripsikan proses tersebut dilakukan wawancara semi terstruktur kepada informan. Dari proses wawancara tersebut akan dibuat deskripsi serta analisa kedua proses tersebut. Dari hasil analisa yang didapat, proses perekrutan karyawan yang terjadi di perusahaan melalui media internet, media massa seperti koran dan referensi karyawan yang ada di perusahaan. Setelah direkrut, karyawan akan diseleksi dengan menggunakan dua metode yaitu metode wawancara dan tes tertulis. Setelah diterima bekerja di perusahaan, karyawan akan dilatih dengan menggunakan metode pelatihan sambil bekerja.

FORMULASI STRATEGI BISNIS PADA PT. DUTA WARU KENCANA DENGAN PENDEKATAN SWOT ANALYSIS

Gunawan, Henry

Agora Vol 4 (2016): Vol 4, No 1 (2016) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.721 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis pada PT. Duta Waru Kencana dengan pendekatan SWOT Analysis di Waru. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kualitatif dengan wawancara terhadap pihak internal PT. Duta Waru Kencana. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji reliabilitas data.Penjabaran lingkungan internal menggunakan analisis divisi antar perusahaan yaitu pemasaran, keuangan, produksi, dan sistem informasi manajemen. Analisis lingkungan eksternal menggunakan Porter Five Forces dan lingkungan jauh yang terdiri dari ekonomi, sosial, teknologi, dan ekologi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan matrik SWOT yang nantinya dapat merumuskan beberapa alternatif strategi bagi perusahaan. Akhirnya strategi pengembangan bisnis disusun berdasarkan strategi generik porter. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan bisnis yang paling tepat bagi perusahaan adalah strategi kepemimpinan berbiaya rendah.

ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA PORTER’S FIVE FORCES PADA CV CITRA JAYA

Chriselda, Chriselda

Agora Vol 4 (2016): Vol 4, No 1 (2016) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.128 KB)

Abstract

Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan industri furniture, jumlah perusahaan yang berada dalam industri ini pun turut mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu perusahaan perlu untuk menganalisis faktor-faktor yang berperan bagi perusahaan dalam mempertahankan eksistensinya di industri. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis faktor lingkungan eksternal terhadap keberlangsungan perusahaan dan kemampuan perusahaan untuk bersaing di dalam industrinya. Melalui hal ini, perusahaan juga dapat melihat aspek yang merupakan peluang dan ancaman bagi perusahaan. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan metode penelitian berupa studi kasus. Metode pengumpulan data diperoleh dari data primer dan sekunder. Data primer melalui hasil wawancara peneliti dengan narasumber penelitian sedangkan data sekunder berupa data kearsipan, dokumen, laporan, literatur dan artikel. terhadap data yang telah diperoleh akan dilakukan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian melalui Porter’s five forces diketahui bahwa tingkat rivalitas di antara pesaing, kekuatan tawar-menawar pemasok dan ancaman produk subitusi dan komplemen tergolong tinggi, ancaman pendatang baru tergolong sedang dan kekuatan tawar-menawar pembeli tergolong rendah. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan External Factor Evaluation Matrix diperoleh bahwa respon perusahaan terhadap peluang dan ancaman berada di atas rata-rata.

ANALISIS LIMA KEKUATAN PORTER PADA PT BORNEO MEMBANGUN

Sulistio, Ferly

Agora Vol 4 (2016): Vol 4, No 1 (2016) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.022 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan industri PT Borneo Membangun berdasarkan lima kekuatan Porter dengan bantuan five forces scorecard dan mengevaluasi kemampuan PT Borneo Membangun dalam menghadapi peluang dan ancaman berdasarkan matriks External Factor Evaluation (EFE). Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara. Penentuan narasumber wawancara menggunakan teknik purposive sampling. Data yang didapat kemudian diuji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian tentang lima kekuatan Porter, saat ini PT Borneo Membangun memiliki ancaman pendatang baru rendah, ancaman produk substitusi yang rendah, kekuatan tawar-menawar pembeli sedang, kekuatan tawar-menawar pemasok tinggi, dan persaingan di dalam industri tinggi. Dari hasil penelitian tentang matriks EFE, saat ini PT Borneo Membangun memiliki nilai total 2,81 yang berarti respon perusahaan berada di atas rata-rata.

GAYA KEPEMIMPINAN KEN DI PIPE AND BARREL SURABAYA

Santoso, Maria Cindy

Agora Vol 4 (2016): Vol 4, No 1 (2016) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.67 KB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan gaya kepemimpinan yang diterapkan Ken di Pipe and Barrel Surabaya. Ken adalah pemenang ketiga Masterchef Indonesia season dua, sebelum Ken mengikuti Masterchef Indonesia Ken sudah memiliki pengalaman bekerja di restoran dan setelah mengikuti Masterchef Indonesia Ken mendirikan restoran. Ken bertindak sebagai pemilik dan pemimpin di Pipe and Barrel Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan Ken di Pipe and Barrel lebih mengarah ke gaya kepemimpinan partisipatif di lihat dari ciri-ciri gaya kepemimpinan seperti: wewenang, keputusan dan kebijakan, filsafat pemimpin, pandangan pemimpin, kepe-mimpinan dan manajemen. Namun untuk ciri-ciri gaya kepe-mimpinan pengarahan bawahan, Ken menerapkan gaya kepe-mimpinan delegatif.