Jurnal Administrasi Bisnis
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : -     EISSN : -
Articles 2,279 Documents
PENGARUH KUALITAS KEHIDUPAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Malang) Nugraheni, Annisa Rizki
Jurnal Administrasi Bisnis Vol 58, No 1 (2018): MEI
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to know the influence between the variables in this study. The influence are the quality of work life towards the performance of employee. This research use explanatory research using quantitative approach. The sample used 35 respondents that are all employees of PT TASPEN (Persero) Malang. Data collection methods are using questionnaire and documentation. The data analysis used in this research is a descriptive statistic analysis and inferential analysis consisting of simple linear regression analysis and t-test. The influence of the quality of work life towards the employees performance based on the t-test results the quality of working life variable (X) gained significance < (alpha) 0.05 so employee variable at PT Taspen (Persero) Malang has a significant quality of work life effect on employees performance. Based on the description analysis in this study shows that the average of answer items are the majority of the quality of working life variable was very agree with the grand mean value of 4.38. This means employees at PT Taspen (Persero) Malang has the quality of work life. Keywords: Quality of Work Life, Employee Performance АBSTRАK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel-variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Pengaruh yang akan diketahui tersebut antara lain, pengaruh kualitas kehidupan kerja terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatory reaserch dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 35 responden yaitu seluruh karyawan PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistic deskriptif dan analisis inferensial yang terdiri dari analisis regresi linier sederhana dan uji t. Pengaruh Kualitas kehidupan kerja terhadap Kinerja karyawan berdasarkan hasil uji t variabel kualitas kehidupan kerja (X) diperoleh signifikansi < (alpha) 0,05 sehingga variabel kinerja karyawan pada PT. Taspen (Persero) Malang memiliki kualitas kehidupan kerja yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Kata kunci: Kualitas Kehidupan Kerja, Kinerja Karyawan  
PENERAPAN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN (Studi Pada PT PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Dinoyo) Asiseh, Fatmawati; Kertahadi, .; Riyadi, .
Jurnal Administrasi Bisnis Vol 1, No 1 (2013): April
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.638 KB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan penerapan Sistem Informasi Customer Relationship Managemnet (CRM) pada perusahaan dipandang sebagai dukungan teknologi dan konsep bisnis yang digunakan untuk menjalankan proses bisnisnya melalui interaksi-interaksi dengan pelanggan. Interaksi yang terjadi antara pelanggan dengan perusahaan bukan hanya melalui pelayanan saja, akan tetapi juga dapat melalui penjualan dan pemasaran. Selain itu, penerapan Sistem Informasi CRM yang didukung oleh sistem informasi dan infrastruktur teknologi sebagai penunjang keberhasilannya. Secara garis besar penerapan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) dapat memberikan peningkatan pelayanan kepada pelanggan melalui perkembangan-perkembangan yang ada, seperti adanya standarisasi pola Customer Service Representative (CSR), pelayanan one stop service, pemanfaatan sistem infomasi, dan perkembangan waktu pelayanan disebabkan efisiensi waktu melalui banyaknya otomatisasi proses layanan.   Kata kunci : Sistem Informasi Customer Relationship Managemnet (CRM), pelayanan  
ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI AKTIVA TETAP UNTUK MELAKUKAN EKSPANSI EKSPOR BAGI UMKM Sulaiman, Herbowo; Saifi, Muhammad; Azizah, Devi Farah
Jurnal Administrasi Bisnis Vol 1, No 1 (2013): April
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.963 KB)

Abstract

Penelitian tujuan kelayakan investasi adalah untuk mengetahui dan menganalisis investasi penambahan aktiva tetap oleh CV. Iswara layak atau tidak untuk dijalankan jika ditinjau dari aspek pasar, aspek internal bisnis, dan aspek risiko. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian aspek pasar, aspek internal bisnis dan aspek risiko layak dijalankan. Aspek keuangan layak dengan penilaian Average Rate of Return (ARR), hasil perhitungan ARR 47,50% > 16,63% Cost of Capital (CoC). Payback Period, 2 tahun 11 bulan 17 hari < 5 tahun masa investasi. Net Present Value, (NPV>0) yaitu sebesar Rp. 273.858.461. Internal Rate of Return, 24,05 % > 16,63% CoC. Profitability index, PI sebesar 1,1926 (PI>1).   Kata kunci : Kelayakan Investasi, Average Rate of Return (AVR)
ANALISIS CAPITAL BUDGETING SEBAGAI SALAH SATU ALAT UNTUK MENGUKUR KELAYAKAN INVESTASI Ratri, Anandhayu Mahatma; Dzulkirom, Moch.; Husaini, Achmad
Jurnal Administrasi Bisnis Vol 1, No 1 (2013): April
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.228 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan rencana investasi yang akan dillaksanakan oleh PT. Wahana Makmur Bersama dengan menggunakan metode capital budgeting. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode analisis deskriptif dan pendekatan studi kasus. Penelitian yang dilakukan pada PT. Wahana Makmur Bersama menunjukkan hasil bahwa rencana investasi yang akan dilakukan layak untuk dilaksanakan dan dapat meningkatkan penghasilan yang lebih baik. Pada penggunaan metode ARR diperoleh hasil 96,17%, telah melewati tingkat keuntungan yang diharapkan oleh perusahaan. Pada penggunaan metode payback period diketahui bahwa periode pengembaliannya lebih singkat daripada umur ekonomis aktiva yang akan dibeli, yaitu 1 tahun 3 bulan 7 hari. Pada penggunaan metode NPV diketahui bahwa rencana investasi tersebut menghasilkan PV Net Cash Flow yang lebih besar dari PV Initial Investment, yaitu sebesar Rp 4.365.452.378. Pada penggunaan metode B/C ratio diperoleh hasil 5,25, dan melalui metode IRR diperoleh hasil 87,78%, lebih besar dari tingkat pengembalian yang diinginkan perusahaan (9,72%). Analisis risiko menunjukkan bahwa NPV certain cash inflow positif, sebesar Rp 3.271.527.055, lebih besar dari PV Initial Investment.   Kata kunci : Capital Budgeting, Analisis Risiko, Kelayakan Investasi, Keputusan Investasi
PENGARUH KUALITAS SISTEM, INFORMASI DAN PELAYANAN SIAKAD TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA Wahyudi, Riza; Astuti, Endang Siti; Riyadi, .
Jurnal Administrasi Bisnis Vol 1, No 1 (2013): April
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.195 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan model yang mengacu pada The Update D&M IS Success Model. Variabel yang diangkat dalam penelitian ini meliputi kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, dan kepuasan mahasiswa. Metode penelitian menggunakan eksplanatory research. Lokasi penelitian di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Dengan objek penelitian pengguna SIAKAD yaitu mahasiswa. Sampel 89 mahasiswa dari jumlah populasi 843, pengambilan besaran sampel menggunakan rumus Slovin, dengan instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu regresi linier berganda. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu : yang pertama faktor kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan mahasiswa. Hipotesis yang kedua faktor-faktor kualitas sistem berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Hipotesis yang ketiga faktor-faktor kualitas informasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Hipotesis yang keempat faktor-faktor kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh hipotesis yang diusulkan diterima. Kata Kunci : The Update D&M IS Success Model, Regresi Liner Berganda, Simultan, Parsial, Kepuasan Mahasiswa
PENGARUH INSENTIF TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA Rochmat, Kurnia Budi; Hamid, Djamhur; Hakam, Mochammad Soe’oed
Jurnal Administrasi Bisnis Vol 1, No 1 (2013): April
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.843 KB)

Abstract

Insentif merupakan suatu alat motivasi untuk meningkatkan kinerja karyawan. Dengan diberikannya insentif diharapkan karyawan termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi untuk mendapatkan hasil yang optimal yang akhirnya dapat berpengaruh pada kinerja karyawan. Jika pemberian insentif tepat maka kinerja karyawan akan meningkat, sebaliknya jika pemberian insentif tidak tepat maka kinerja karyawan tidak akan sebaik yang diharapkan. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa variabel insentif materiil mempunyai pengaruh langsung yang signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai koefisien path sebesar 0,278 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,157. Variabel insentif non materiil mempunyai pengaruh langsung yang signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai koefisien path sebesar 0,265 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,145. Variabel motivasi kerja mempunyai pengaruh yang signifikan dengan nilai koefisien path sebesar 0,348 terhadap variabel kinerja karyawan. Variabel insentif materiil berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja sebesar 0,452 dan variabel insentif non materiil berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja sebesar 0,418. Ternyata pengaruh langsung insentif materiil dan insentif non materiil terhadap kinerja karyawan lebih kecil dibandingkan pengaruh totalnya. Maka variabel intervening dapat memperkuat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa insentif materiil dan insentif non materiil mempunyai pengaruh langsung terhadap motivasi kerja dan kinerja karyawan, serta pengaruh tidak langsung terhadap kinerja karyawan.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN Gantara, Gery; Kumadji, Srikandi; Yulianto, Edy
Jurnal Administrasi Bisnis Vol 1, No 1 (2013): April
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.672 KB)

Abstract

Dunia bisnis seluler dewasa ini diwarnai oleh persaingan yang ketat dimana perusahaan seluler harus siap bersaing dengan perusahaan lain untuk mempertahankan pangsa pasar dan meningkatkan kegiatan usahanya. Kualitas layanan yang semakin baik merupakan faktor yang berharga dalam dunia jasa seluler karena menjadi faktor terpenting dalam menentukan kepuasan pelanggan. Perusahaan juga perlu memahami nilai yang diinginkan oleh pelanggan, sehingga perusahaan bisa memberikan suatu nilai sesuai dengan apa yang dibutuhkan pelanggannya, agar mereka mau membeli produk yang ditawarkan. Hal ini disebut sebagai perceived value (persepsi nilai) dari pelanggan. Terpenuhi atau tidaknya harapan atas nilai (value expectation) ini pada akhirnya akan mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan.  Dampak dari loyalitas pelanggan sendiri akan mendongkrak volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara variabel kualitas layanan, perceived value, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan pada pengguna kartu seluler IM3 mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Ada empat variabel yang digunakan dalam penelitian ini, seperti: kualitas layanan dan perceived value sebagai variabel bebas, kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi, sedangkan loyalitas pelanggan sebagai variabel terikat. Metode pengambilan sampel penelitian adalah probability sampling dari 100 pelanggan. Total sampel telah memenuhi persyaratan untuk menggunakan analisis jalur (path analysis). Beberapa temuan dari penelitian ini adalah loyalitas dapat dipertahankan jika diimpelementasikan dengan kualitas layanan yang lebih baik. Kualitas layanan yang baik akan memberikan perceived value yang baik dan memberikan kepuasan pelanggan. Memperbaiki perceived value juga akan akan memberikan kepuasan pelanggan, tetapi perceived value tidak signifikan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.   Kata kunci: Kualitas Layanan, Perceived Value, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan  
ANALISIS RASIO KEUANGAN PERBANKAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN BANK Ramadaniar, Buyung; Topowijono, .; Husaini, Achmad
Jurnal Administrasi Bisnis Vol 1, No 1 (2013): April
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.852 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rasio keuangan PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. pada tahun 2009- 2011 dan mengetahui kinerja keuangan PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. pada tahun 2009- 2011 ditinjau dari aspek rasio-rasio keuangan perbankan. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 memiliki kinerja keuangan yang baik dilihat dari rasio likuiditas, rentabilitas dan solvabilitas. Oleh karena itu PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. dapat meningkatkan kesehatan keuangannya dan meningkatkan kinerjanya secara maksimal.   Kata kunci: Rasio keuangan, Kinerja keuangan
ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS (Studi Pada Penjualan Speedy PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kandatel Malang) Krisnawati, Any; Suhadak, .; Topowijono, .
Jurnal Administrasi Bisnis Vol 1, No 1 (2013): April
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.296 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas serta mengetahui sistem pengendalian intern yang diterapkan pada sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kandatel Malang.Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang menggambarkan dan menjelaskan suatu masalah secara sistematis dan faktual sehingga dengan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan objek yang di teliti. Dalam hal ini penelitian dimaksudkan untuk mendeskripsikan sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas dan sistem pengendalian intern yang diterapkan di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kandatel Malang.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas telah mencerminkan adanya sistem pengendalian intern yang baik, meskipun masih terdapat beberapa kelemahan, yaitu dokumen yang digunakan masih ada yang menggunakan sistem manual.Saran yang dapat diberikan peneliti adalah dokumen yang digunakan sebaiknya menggunakan sistem online agar lebih praktis dan efisien.   Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Penjualan, Penerimaan Kas, Sistem pengendalian Intern  
EVALUASI PENGENDALIAN INTERN DALAM PELAKSANAAN SISTEM DAN PROSEDUR PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS (Studi Pada Perusahaan Daerah, BPR Bank Daerah Kota Madiun) Ningsih, Irmalia Ayu; Topowijono, .; Sudjana, Nengah
Jurnal Administrasi Bisnis Vol 1, No 1 (2013): April
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.649 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengendalian intern dalam pelaksanaan sistem dan prosedur penerimaan kas dari Deposito Berjangka dan pengeluaran kas dari Kredit Modal Kerja untuk wiraswasta. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif melalui prosedur deskiriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah pengendalian intern penerimaan kas dari Deposito Berjangka dan pengeluaran kas dari Kredit Modal Kerja untuk wiraswasta sudah baik dan sesuai dengan teori pengendalian intern atas penerimaan dan pengeluaran kas. Namun masih sedikit ada kekurangan pada struktur organisasi serta pada formulir slip setoran Deposito dan formulir slip Kwitansi dan slip  Tanda Terima Agunan. PD. BPR Bank Daerah Kota Madiun perlu memperbaiki struktur organisasinya dengan menambahkan Satuan Kerja Audit Intern (SKAI). PD. BPR Bank Daerah Kota Madiun hendaknya merekrut karyawan untuk mengisi kekosongan pada Bagian Pengawasan, Seksi Pengawasan Keuangan, Seksi Pengawasan Perkreditan, dan Seksi Rumah Tangga. Formulir yang terkait dengan penerimaan kas dari Deposito Berjangka dan pengeluaran kas dari Kredit Modal Kerja untuk wiraswasta juga perlu sedikit diperbaiki.   Kata Kunci: Pengendalian Intern, Sistem dan Prosedur Penerimaan Kas, Sistem dan Prosedur Pengeluaran Kas

Page 1 of 228 | Total Record : 2279


Filter by Year

2013 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 72, No 2 (2019): JULI Vol 72, No 1 (2019): JULI Vol 71, No 1 (2019): JUNI Vol 70, No 1 (2019): MEI Vol 69, No 1 (2019): APRIL Vol 68, No 1 (2019): MARET Vol 67, No 1 (2019): FEBRUARI Vol 66, No 1 (2019): JANUARI Vol 65, No 1 (2018): DESEMBER Vol 64, No 2 (2018): NOVEMBER Vol 64, No 1 (2018): NOVEMBER Vol 63, No 1 (2018): OKTOBER Vol 62, No 2 (2018): SEPTEMBER Vol 62, No 1 (2018): SEPTEMBER Vol 61, No 4 (2018): AGUSTUS Vol 61, No 3 (2018): AGUSTUS Vol 61, No 2 (2018): AGUSTUS Vol 61, No 1 (2018): AGUSTUS Vol 60, No 3 (2018): JULI Vol 60, No 2 (2018): JULI Vol 60, No 1 (2018): JULI Vol 59, No 1 (2018): JUNI Vol 58, No 2 (2018): MEI Vol 58, No 1 (2018): MEI Vol 57, No 2 (2018): APRIL Vol 57, No 1 (2018): APRIL Vol 56, No 1 (2018): MARET Vol 55, No 3 (2018): FEBRUARI Vol 55, No 2 (2018): FEBRUARI Vol 47, No 2 (2017): JUNI Vol 47, No 1 (2017): JUNI Vol 46, No 2 (2017): MEI Vol 46, No 1 (2017): MEI Vol 45, No 1 (2017): APRIL Vol 44, No 1 (2017): MARET Vol 43, No 2 (2017): FEBRUARI Vol 43, No 1 (2017): FEBRUARI Vol 42, No 2 (2017): JANUARI Vol 42, No 1 (2017): JANUARI Vol 41, No 1 (2016): DESEMBER Vol 40, No 2 (2016): NOVEMBER Vol 40, No 1 (2016): NOVEMBER Vol 39, No 2 (2016): OKTOBER Vol 39, No 1 (2016): OKTOBER Vol 38, No 2 (2016): SEPTEMBER Vol 38, No 1 (2016): SEPTEMBER Vol 37, No 2 (2016): AGUSTUS Vol 37, No 1 (2016): AGUSTUS Vol 36, No 1 (2016): JULI Vol 35, No 2 (2016): JUNI Vol 35, No 1 (2016): JUNI Vol 34, No 1 (2016): MEI Vol 33, No 2 (2016): APRIL Vol 33, No 1 (2016): APRIL Vol 32, No 2 (2016): MARET Vol 32, No 1 (2016): MARET Vol 31, No 1 (2016): FEBRUARI Vol 30, No 1 (2016): JANUARI Vol 3, No 1 (2015): MARET Vol 29, No 1 (2015): DESEMBER Vol 28, No 2 (2015): NOVEMBER Vol 28, No 1 (2015): NOVEMBER Vol 27, No 2 (2015): OKTOBER Vol 27, No 1 (2015): OKTOBER Vol 26, No 2 (2015): SEPTEMBER Vol 26, No 1 (2015): SEPTEMBER Vol 25, No 2 (2015): AGUSTUS Vol 25, No 1 (2015): AGUSTUS Vol 24, No 2 (2015): JULI Vol 24, No 1 (2015): JULI Vol 23, No 2 (2015): JUNI Vol 23, No 1 (2015): JUNI Vol 22, No 2 (2015): MEI Vol 22, No 1 (2015): MEI Vol 21, No 2 (2015): APRIL Vol 21, No 1 (2015): APRIL Vol 20, No 1 (2015): MARET Vol 2, No 2 (2015): FEBRUARI Vol 2, No 1 (2015): FEBRUARI Vol 19, No 1 (2015): FEBRUARI Vol 18, No 1 (2015): JANUARI Vol 1, No 2 (2015): JANUARI Vol 1, No 1 (2015) Vol 9, No 2 (2014): APRIL Vol 9, No 1 (2014): APRIL Vol 8, No 2 (2014): MARET Vol 8, No 1 (2014): FEBRUARI Vol 7, No 2 (2014): JANUARI Vol 7, No 1 (2014): JANUARI Vol 17, No 2 (2014): DESEMBER Vol 17, No 1 (2014): DESEMBER Vol 16, No 1 (2014): NOVEMBER Vol 15, No 2 (2014): OKTOBER Vol 15, No 1 (2014): OKTOBER Vol 14, No 2 (2014): SEPTEMBER Vol 14, No 1 (2014): SEPTEMBER Vol 13, No 2 (2014): AGUSTUS Vol 13, No 1 (2014): AGUSTUS Vol 12, No 2 (2014): JULI Vol 12, No 1 (2014): JULI Vol 11, No 1 (2014): JUNI Vol 10, No 1 (2014): MEI Vol 6, No 2 (2013): DESEMBER Vol 6, No 1 (2013): November Vol 5, No 2 (2013): OKTOBER Vol 5, No 1 (2013): SEPTEMBER Vol 4, No 2 (2013): SEPTEMBER Vol 4, No 1 (2013): AGUSTUS Vol 3, No 2 (2013): JULI Vol 3, No 1 (2013): JUNI Vol 2, No 2 (2013): JUNI Vol 2, No 1 (2013): MEI Vol 1, No 2 (2013): APRIL Vol 1, No 1 (2013): April More Issue