cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Lentera Pendidikan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 2 (2017)" : 10 Documents clear
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU Tahir, Abd. Wahid
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i9

Abstract

Abstrak:Implementasi Manajemen madrasah mengandung dua aspek kajian, pertama kaji­an dalam dataran konsep suatu pendekatan dalam menjalankan usaha khusus­nya pada segmen pendidikan yang berupaya memaksimalkan daya saing melalui pe­nyempurnaan secara terus-menerus atas produk, manusia, proses, dan ling­ku­ngan organisasi atau lembaga, dan kedua kajian mencakup cara penyampaiannya, yang mencakup pada sepuluh karakteristik dari yaitu berfokus pada pelanggan (in­ternal dan eksternal); berobsesi tinggi pada kualitas; menggunakan pen­de­ka­tan ilmiah; menyempurnakan kualitas secara berkesinambungan; pendidikan dan pe­latihan; menerapkan kebebasan yang terkendali; memiliki kesatuan tujuan; ser­ta melibatkan dan memberdayakan pendidik dan peserta didik. Kedua aspek ter­sebut harus menjadi kesatuan yang utuh sehingga usaha dalam mencapai tujuan dapat diperoleh secara optimal.Abstract:Implementation Madrasah based management contains the meaning of appli­ca­tion management in madrasah to improve the quality of education. The main are­as in madrasah that can adopt the principles of quality management are: Applica­ti­on of quality management to improve administrative function in managing mad­rasah; Integrating Madrasah based management in Madrasah curriculum; Using madrasah-based management in the learning process, especially the pro­cess of learning in the classroom. The presence of madrasah based management re­sults in a change in conventional management. Improving the quality of edu­ca­tion centered on improving the quality of madarsah.
EFEKTIVITAS PELATIHAN ADVERSITY QUOTIENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA Hasan, Nabilah Panandrang; Dewi, Eva Meizara Puspita; Ridfah, Ahmad
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i2

Abstract

Abstrak:Motivasi berprestasi adalah dorongan yang dapat menggerakkan individu untuk ber­­tingkah-laku mencapai suatu prestasi atau suatu kesuksesan sebagai tujuan yang diharapkan. Salah satu metode yang digunakan dalam meningkatkan mo­ti­vasi berprestasi adalah pelatihan adversity quotient. Penelitian ini bertujuan untuk me­nguji efektivitas pelatihan adversity quotient dalam meningkatkan motivasi ber­prestasi siswa SMK X di Kota Makassar. Materi pelatihan yang diberikan adalah kon­sep diri, apa itu adversity quotient, konsep ABCDE dan CORE, problem solving dan analisis SWOT, tipe adversity quotient, serta aku bisa. Responden penelitian di­pilih menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan eksperimen meng­gu­na­kan one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini berjumlah 15 orang. Pe­nelitian ini menggunakan skala motivasi berprestasi yang didasarkan pada teori Mc Clelland dengan reliabilitas 0,820. Penelitian ini menggunakan teknik ana­lisis data Wilcoxon Signed Rank Test yang kemudian diolah dengan SPSS version 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan adversity quotient efek­tif dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMK X di Kota Makassar, de­ngan signifikansi sebesar 0,005.Abstract:Achievement motivation is the drive that can move the individual to behave to achieve an achievement or a success as an expected goal. One of the methods used in improving achievement motivation is adversity quotient training. This study aims to test the effectiveness of adversity quotient training in improving the achievement motivation of students of SMK X in Makassar City. The training materials provided are self-concept, what is adversity quotient, ABCDE and CORE concept, problem solving and SWOT analysis, adversity quotient type, and I can. The respondents were chosen by using purposive sampling technique. The experimental design uses one group pre-test post-test design. Subjects of this study were 15 students. This research uses achievement motivation scale based on Mc Clelland theory with reliability 0,820. This study uses Wilcoxon Signed Rank Test data analysis techniques which is then processed with SPSS version 20. The results of this study indicate that training adversity quotient is effective in im­proving student achievement motivation at SMK X Makassar at 0.005 level of significance.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 SUNGGUMINASA Thahir, Asriani
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i5

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses dan hasil penerapan model pem­be­lajaran berbasis proyek dalam pembelajaran menulis teks eksposisi peserta di­dik kelas X SMA Negeri 2 Sungguminasa. Jenis penelitian adalah penelitian eks­pe­rimen dengan desain true eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Nege­ri 2 Sungguminasa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik ke­las X yang berjumlah 239 orang. Teknik penentuan sampel yaitu propor­tional ran­dom sampling dan sampel yang terpilih sebanyak 70 orang. Instrumen be­ru­pa ran­cangan penelitian dan pedoman menulis teks eksposisi. Teknik pengum­pulan da­ta yaitu teknik tes tertulis. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan meng­gunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian me­nun­jukkan dengan Uji hipotesis menggunakan analisis inferensial jenis uji-t in­dependen dan diperoleh nilai t sebesar 14,293 dengan derajat kebebasan 68 dan p-value (2 tailed) = 0,000. Karena nilai p-value < 0,05 atau 0,000 < 0,05 atau t hitung 14,293 > t tabel 2,04 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima dan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis pro­­yek efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi peserta di­dik kelas X SMA Negeri 2 Sungguminasa.Abstract:This study aims to examine the process and the results of the implementation of project-based learning model in learning writing expository text of students class X of SMA Negeri 2 Sungguminasa. The type of research is experimental research. The research design is true experiment. This research was conducted in SMA Negeri 2 Sungguminasa. The population in this study is all students of class X which amounted to 239 people. The technique sampling used in this research was propotional random sampling and the selected sample is 70 students. Instruments used in this research were research planning exposition texts writing guidelines. Data collection techniques are written test techniques. The collected data is then analyzed by using descriptive statistics and inferential statistics. The results showed by hypothesis test using inferential analysis of independent t-test type and obtained t value equals to 14,293 with degree of freedom 68 and p-value (2 tailed) = 0,000. Since the p-value <0,05 or 0,000 <0,05 or t value 14,293> t table 2.04, the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (H1) is accepted and it can be concluded that the application of project-based learning model is effective to be applied in learning writing expository text of students class X of SMA Negeri 2 Sungguminasa.
PROFESIONALISME GURU SD / MI Nursalim, Nursalim
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i10

Abstract

Abstrak:Guru harus memiliki empat kompetensi dasar yaitu; kompetensi pedagogik, kom­petensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Kompetensi profesional guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah yaitu: 1) Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, 2) menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu, 3) mengembangkan materi membelajaran yang diampu secara kreatif, 4) mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, 5) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Profesionalisme guru dapat ditingkat. Upaya-uapaya yang dapat dilakukan dalam meningakatkan prafesionalisme guru yaitu: 1) membaca buku-buku tentang pendidikan, 2) membaca dan menulis karya ilmiah, 3) mengikuti berita aktual dari media pemberitaan, 4) mengikuti pelatihan, 5) mengikuti KKG, 6) melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan 6) berpartisipasi aktif dalam organisasi profesional.Abstract:Teachers must have four basic competencies namely; pedagogical competence, personality com- petence, social competence and professional competence. Professional competence of teachers of Primary School / primary islamic school includes 1) Mastering the materials, structure, concept, and scientific mindset that support the subjects being taught, 2) mastering the competency standard and basic competency of the subjects being taught, 3) developing the material being taught creatively, 4) develop professionalism in sustainably by doing reflective actions, 5) utilizing information and communication technology to communicate and develop themselves. Teacher professionalism can be leveled. Efforts that can be done in improving teacher profesionalism are: 1) reading books about education, 2) reading and writing scientific papers, 3) following the actual news from news media, 4) joining training, 5) following Teacher Working Group, 6) conducting Classroom Action Research (CAR), and 6) participating actively in professional organizations.
BUKU PAKET PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR: Tinjauan terhadap Problematika Pemanfaatannya di Kota Gorontalo Mustafa, Muhammad Sadli
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i3

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seputar problematika pemanfaatan bu­ku Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar di Kota Gorontalo dengan meng­gunakan metode penelitian kualitatif. Dua sekolah dasar negeri yang dija­di­kan sebagai sasaran penelitian ini dipilih secara purposive terdiri atas satu seko­lah yang terkategori sebagai sekolah unggulan atau berprestasi, dan satu sekolah yang tidak terkategori unggulan atau berprestasi di Kota Gorontalo. Data dikum­pulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian me­nunjukkan bahwa ketersediaan buku PAI masih sangat terbatas terutama un­tuk pegangan peserta didik baik kurikulum 2013 (K. 13) maupun Kurikulum Ting­­kat Satuan Pendidikan (KTSP). Mekanisme pemanfaatan buku PAI ma­sih menggunakan cara klasik yakni dengan metode ceramah dan diskusi ke­lom­pok ser­ta dengan memanfaatkan kelas dan mushalla dalam prak­ti­kum. Ken­­dala lain­nya yang dihadapi khususnya oleh peserta didik dari sisi ma­te­ri ada­lah kesulitan mereka (khususnya kelas 1) pada materi yang menggunakan ba­hasa Arab pada K.13. Sementara tenaga pendidik (guru PAI) masih kesulitan da­lam me­nerapkan K.13 karena belum ada sosialisasi K.13 khusus untuk mata pe­lajaran PAI SD.Abstract:This study aims to reveal about the problematic use of Islamic Education (PAI) book in elementary school in Gorontalo city by using qualitative research method. Two of state primary schools targeted for this study were chosen purposively con­sis­ting of one school categorized as a pre-eminent school or achievement, and one unscientific or outstanding school in the city of Gorontalo. Data were collec­ted through observation, interview, and documentation techniques. The results in­dicate that the availability of PAI books is still very limited, especially for grip learners both curriculum 2013 (K. 13) and Education Unit Level Curriculum (KTSP). Mecha­nism of utilization of book of PAI still use classical way that is by lecture method and group discussion and by utilizing class and mushalla in doing practicum. Obstacles encountered especially by learners from the material side are their dif­ficulties (especially class 1) on materials that use Arabic in K.13. Educators (PAI teachers) are also still difficult in applying K.13 because there is no socialization K.13 specifically for subjects PAI SD.
HUBUNGAN KEMAMPUAN MERANCANG PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN KINERJA PRAKTIK MENGAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI Rapi, Muh.; Ali, Ahmad
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i6

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk; mengetahui gambaran kemampuan merancang pe­rangkat pembelajaran, gambaran kinerja praktik mengajar mahasiswa, dan hu­bu­ngan antara kemampuan merancang perangkat pembelajaran dengan praktik me­ngajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Pendidikan Biologi yang melaksanakan prak­tik pengalaman lapangan di Madrasah Aliyah (MA) Madani Paopao Ka­bu­pa­ten Gowa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Responden pe­nelitian sebanyak 10 mahasiswa Pendidikan Biologi. Jika dilihat dari tujuan pe­ne­litian, maka penelitian ini bersifat evaluatif. Instrumen yang digunakan me­ngum­pulkan data adalah skala penilaian dan lembar observasi. Teknik analisis da­ta menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial Korelasi Pearson Pro­duct Moment. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan mahasiswa me­ran­cang perangkat pembelajaran dalam kategori baik, 2) kinerja praktik mengajar dalam kategori baik, 3) hubungan antara kemampuan merancang perangkat pem­belajaran dengan kinerja praktik mengajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Bio­logi di Madrasah Aliyah (MA) Madani Paopao Kabupaten Gowa dalam ka­te­gori kuat.Abstract:This research aims to know the description of the ability to design learning tools, des­crip­tion of the performance of the teaching practice of students, and the re­la­tion­ship between the ability of designing learning tools with the teaching practice of the students of the Biology education Department  who conducted teaching prac­tice in Madrasah Aliyah (MA) Madani Paopao Gowa Regency.  This research is a correlational research. Research respondents are 10 students of Biology Edu­ca­tion department. This  research, is evaluative. The instruments used to collect data are assessment scale and observation sheet. Data analysis techniques use des­criptive statistics and inferential statistics Pearson Product Moment Corre­lation. The results showed that  1) the ability of students to design learning tools are  in good category, 2) the performance of teaching practice are in good ca­tegory, 3) the relationship between the ability of designing learning tools with the performance of teaching practice of Biology Education department students at Madrasah Aliyah (MA) Madani Paopao Gowa Regency are in strong category.
PROFESIONALITAS KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH DDI PACONGANG PINRANG Hermanto, Hermanto
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i7

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pro­­fesionalitas kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan pada Mad­ra­sah Tsanawiah DDI Pacongang Pinrang. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah: unsur pimpinan, tenaga kependidikan, dan siswa. Metode dan instrumen penelitian yang digunakan: teknik observasi, wawancara/interview, dan ang­ket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pendidikan di Madrasah Tsa­nawiyah DDI Pacongang Pinrang adalah sebagai berikut: 1) manajemen madrasah, 2) anggaran pendidikan yang memadai, 3) optimalisasi kerjasama antara pihak madrasah dengan orangtua siswa. Hambatan yang dihadapi dan solusinya dalam peningkatan kualitas pendidikan di Madrasah Tsanawiyah DDI Pacongang Pinran adalah: 1) rendahnya kualitas sarana fisik, 2) rendahnya kualitas guru, 3) rendahnya kesejahteraan guru, 4) rendahnya prestasi siswa,Abstract:The purpose of this research is to know the professionality of the head master of madrasah Tsanawiah DDI Pacongang Pinrang in improving the quality of education. The subjects of research were: school leaders, education personnel, and students. Methods and research instruments used: observation, interviews, and questionnaire. The result of the research showed that the factors that influence the quality of education in Madrasah Tsanawiyah DDI Pacongang Pinrang were as follows: 1) madrasah management, 2) adequate education budget, 3) good cooperation between madrasah with parents. The obstacles faced in improving the quality of education in Madrasah Tsanawiyah DDI Pacongang Pinran were: 1) the low quality of physical facilities, 2) the low quality of teachers, 3) the low of teachers welfare, 4) the low achievement of the students.
PENGARUH PENGONDISIAN GELOMBANG OTAK ZONA ALFA PADA APERSEPSI PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA MAN 3 MAKASSAR Fatma, Andi Nurul; Damopolii, Muljono; Afiif, Ahmad
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i1

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas pengondisian gelombang otak zona alfa pada apersepsi pembelajaran, mengetahui gambaran motivasi be­lajar Biologi siswa, dan mengetahui pengaruh pengondisian gelombang otak zo­na alfa pada apersepsi pembelajaran terhadap motivasi belajar Biologi siswa kelas XI IPA MAN 3 Makassar. Penelitian ini termasuk penelitian Pre Experiment De­sign (Desain Eksperimen Lemah). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 3 Makassar tahun pelajaran 2015/2016, yang terdiri atas 4 ke­las dengan jumlah siswa 105 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik pur­posive sampling yang memungkinkan menetapkan sampel dua kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Ins­tru­men penelitian yang digunakan adalah lembar observasi pengondisian gelom­bang otak zona alfa dan skala motivasi belajar siswa model Likert. Teknik analisis da­ta yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif dan statistik inferen­sial. Hasil penelitian dan analisis data terkait realitas pelaksanaan pengon­disian gelombang otak zona alfa pada apersepsi pembelajaran siswa di kelas eksperimen ada­lah sebesar 100% sesuai pengamatan observer. Gambaran motivasi belajar Bio­logi siswa kelas eksperimen berkategori sangat tinggi sebesar 83,36% dan ka­tegori tinggi sebesar 13,63%. Sedangkan motivasi belajar Biologi siswa kelas kon­trol terdiri atas kategori sangat tinggi sebesar 52,00%, tinggi 32,00%, dan kategori ren­dah 16,00%. Secara keseluruhan menunjukkan bahwa motivasi belajar Biologi siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t dua sampel independen diperoleh nilai -2,06 > t’ > 2,06, di mana t’ = 3,45 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengondisian gelombang otak zona alfa pada apersepsi pembelajaran terhadap motivasi belajar Biologi siswa.Abstract:The purpose of this research is to know the alpha brain wave conditioning on learning apperception, to know the description of learning motivation of biology of students, and to know the effect of alpha brain wave conditioning on learning apperception on learning motivation of students of science class XI IPA MAN 3 Makassar. This research was Pre Experimental Design. The population of this research was all students of class XI IPA MAN 3 Makassar academic year 2015/2016, consisting of 4 classes with 105 students. Determination of sample using purposive sampling technique that allows to set sample of two classes, that was class XI IPA 1 as control class and class XI IPA 2 as experiment class. The research instrument used was observation sheet of alpha brain wave alpha and student motivation scale of Likert model. Data analysis techniques used were descriptive statistics and inferential statistics. The results of research and data analysis related to the the implementation of alpha brain wave convergence on the apperception of student learning in the experimental class was 100% based on the observer observation. Biology motivation description of students of ex­peri­men­tal class was categorized very high by 83.36% and high category of 13.63%. While the motivation to learn Biology control class students consisted of very high category of 52.00%, high 32.00%, and low category 16.00%. Overall showed that the motivation to learn Biology of experiment class students was higher than control class. The result of hypothesis test by using t test of two independent samples obtained value -2.06> t > 2.06, where t = 3.45. Tehrefore, it can be con­cluded that there was an influence of alpha brain wave conditioning on learning apperception to learning motivation Biology students.
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK Mustamin, St. Hasmiah
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i8

Abstract

Abstrak:Salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada matematisasi pe­nga­la­man sehari-hari dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari ada­lah pembelajaran matematika realistik. Pembelajaran mate­ma­tika dengan pen­dekatan realistik adalah pendekatan pembelajaran yang menggunakan ma­sa­lah sehari-hari sebagai sumber inspirasidalam pembentukan konsep dan me­ng­ap­­likasikan konsep-konsep tersebut atau bisa dikatakan suatu pembelajaran ma­tematika yang berdasarkan pada hal-hal nyata atau real bagi siswa dan mengacu pa­da konstruktivis sosial. Pengembangan pembelajaran matematika dengan pen­dekatan realistik meru­­pakan salah satu usaha meningkatkan kemampuan siswa me­ma­ha­mi matematika dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mene­mu­­kan kembali dan merekonstruksi konsep-konsep matematika, sehingga siswa mem­punyai pengertian kuat tentang konsep-konsep matematika. Usaha-usaha ini dilakukan sehubungan dengan adanya perbedaan antara ‘materi’ yang dicita-ci­takan oleh kurikulum tertulis (intended curriculum) dengan ‘materi yang di­ajar­kan’ (implemented curriculum), serta perbedaan antara ‘materi yang diajarkan’ de­ngan materi yang ‘dipelajari siswa’ (realized curriculum). Pembelajaran matematika de­ngan pendekatan realistik mem­­beri­kan kesempatan kepada siswa untuk menemukan kem­bali dan mere­kon­struksi konsep-konsep matematika, sehingga siswa mempunyai pe­ngertian kuat tentang konsep-konsep matematika.Abstract:One of the mathematical learning that is oriented to the mathematization of every­day experiences and applying mathematics in everyday life is realistic ma­the­matics instruction. The mathematics instruction with realistic approach is an instructional ap­proach that uses daily problems as a source of inspiration in the formation of con­cepts and apply the concepts or can be said a mathematics instruction based on the real things that refers to the social constructivist. The development of instructional mathematics with a realistic approach is one effort to improve students abi­lity for understanding mathematics and provide opportunities for students to reconstruct mathematical concepts, so students have a strong un­ders­tanding of the mathematical concepts. These efforts are made in relation to the dif­ference between the material aspired by written curriculum (the intended cur­riculum) and taught material (implemented curriculum), and the difference bet­ween taught material and students learned material (realized curriculum). Ma­the­matical learning with a realistic approach enables students to rediscover and re­construct mathematical concepts, so that students have a strong understanding of mathematical concepts.
PENERAPAN METODE MUHADATSAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHARAH KALAM PESERTA DIDIK Nur, Hastang
Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Vol 20, No 2 (2017)
Publisher : Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/lp.2017v20n2i4

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 10