cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Inspirasi Pendidikan
ISSN : 25489127     EISSN : 25489135     DOI : -
Core Subject : Education,
The Jurnal Inspirasi Pendidikan is a publication that contains the results of critical research and studies in the fields of education and teaching. Published twice in one year by the Association of Educators of Universitas Kanjuruhan Malang. This journal is expected to be the medium of publication of the results of qualified scientific research as well as scientific disclaimers in the fields of education and teaching.
Arjuna Subject : -
Articles 200 Documents
PENERAPANPEMBELAJARAN KOOPERATIF KOLABORASI MODEL QUIZ-QUIZ TRADE DANTEAM GAME TOURNAMENTUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR, KEAKTIFAN BELAJAR DAN SELF ESTEEM Afian, Affan
Jurnal Inspirasi Vol 3, No 1 (2013): Januari 2013
Publisher : Jurnal Inspirasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.882 KB)

Abstract

Quiz-quiz trade dan team game tournamen juga merupakan jenis pembelajaran kooperatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang dengan jumlah mahasiswa 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) penerapan pembelajaran kolaborasi ini secara keseluruhan telah berjalan dengan baik;(2) penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model quiz-quiz trade dan team game tournament dapat meningkatkatkan hasil belajar, hal ini terlihat pada peningkatan rata-rata gainscore pada penelitian awal sebesar 32,05, penelitian siklus I sebesar 54,41 dan penelitian siklus II sebesar 58,97; (3) Penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model quiz-quiz trade dan team game tournament dapat meningkatkan keaktifan belajar, hal ini terlihat pada nilai rata-rata (range 3-15) keaktifan belajar penelitian awal adalah 8,79, penelitian siklus I adalah 13,85 dan siklus II adalah 14,44; (4) Penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model  quiz-quiz trade dan team game tournament dapat meningkatkan self esteem, hasil peningkatan ini terlihat pada rata-rata  (range 1-5) self esteem awal adalah 2,91 dan self esteem akhir adalah 4,852. Hasil uji perbedaan dari self esteem awal dengan self esteem akhir adalah 0,000 kesimpulannya adalah ada perbedaan yang signifikan. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif; hasil belajar; keaktifan belajar; self esteem.
Kecenderungan Tematis Karya Oka Rusmini Sebagai Kajian Responsif Gender Dalam Prosa Fiksi Indonesia Sarmidi, Gatot
Jurnal Inspirasi Vol 3, No 2 (2013): Agustus 2013
Publisher : Jurnal Inspirasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.543 KB)

Abstract

Abstrak: Responsif gender merupakan sebuah kajian dan kebijakan gender. Kebijakan dan kajian itu bersifat multidisipliner. Salah satu permasalahannya terepresentasikan dalam teks sastra. Terkait dengan itu,  tulisan ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan kecenderungan tematis novel-novel yang dihasilkan oleh Oka Rusmini sebagai penulis yang berlatar budaya Bali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan penafsiran secara hermeneutik. Selanjutnya, tulisan ini berisi sajian  hasil penelitian terhadap tiga novel karya Oka Rusmini yang secara khusus memiliki kecenderungan tematis tentang perempuan Bali yang keberadaannya dihadapkan pada barbagai persoalan yang perlu direspon dan disikapi untuk mewujudkan konstruksi budaya yang responsif gender di tengah kehidupan budaya patriarki. Kata kunci :    kecenderungan teamatis, responsive gender, novel karya OkaRusmini  Abstrak: Responsif gender merupakan sebuah kajian dan kebijakan gender. Kebijakan dan kajian itu bersifat multidisipliner. Salah satu permasalahannya terepresentasikan dalam teks sastra. Terkait dengan itu,  tulisan ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan kecenderungan tematis novel-novel yang dihasilkan oleh Oka Rusmini sebagai penulis yang berlatar budaya Bali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan penafsiran secara hermeneutik. Selanjutnya, tulisan ini berisi sajian  hasil penelitian terhadap tiga novel karya Oka Rusmini yang secara khusus memiliki kecenderungan tematis tentang perempuan Bali yang keberadaannya dihadapkan pada barbagai persoalan yang perlu direspon dan disikapi untuk mewujudkan konstruksi budaya yang responsif gender di tengah kehidupan budaya patriarki. Kata kunci :    kecenderungan teamatis, responsive gender, novel karya Oka   Rusmini
Model Pembelajaran Content-Familiarity Approach Pada Matakuliah “Reading Comprehension” Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Mahasiswa & Irene Trisisca Rus, Dwi Fita Heriyawati
Jurnal Inspirasi Vol 4, No 1 (2014): Januari 2014
Publisher : Jurnal Inspirasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.168 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan penguasaan memahami teks bacaan pada mahasiswa jurusan bahasa Inggris semester empat dengan menggunakan content familiarity. Dengan penerapan content familiarity dalam matakuliah membaca mempunyai kelebihan-kelebihan antara lain bisa menambah variasi pembelajaran, secara tidak langsung menguji pembelajaran siswa, mempertinggi atau meningkatkan rasa percaya diri siswa karena siswa merasa tidak tertekan, memotivasi siswa untuk belajar namun dengan suasana yang rileks, dan menawarkan waktu istirahat sejenak dari suasana pembelajaran yang kaku namun tetap dalam materi, serta memberi kemudahan pada mahasiswa untuk memahami isi bacaan. Kata Kunci : content familiarity, teks bacaan
PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMBANTU MAHASISWA OFF C 2010 DALAM MEMBUKTIKAN TEOREMA PADA GEOMETRI EUCLID PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG Zaini & Nur Farida, Zaini & Nur Farida
Jurnal Inspirasi Vol 3, No 1 (2013): Januari 2013
Publisher : Jurnal Inspirasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.455 KB)

Abstract

Kegiatan perkuliahan merupakan aktivitas kontruksi pengetahuan yang dilakukan oleh mahasiswa. Hasil pengamatan awal dalam kegiatan tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam membuktikan teorema. Kendala yang ditemukan nampak pada prosedur pembuktian sebagai pencitraan alur berfikir mahasiswa dalam mengolah data belum tertata dengan baik. Oleh sebab itu, perlu adanya bimbingan sehingga kontruksi dalam pembuktian teorema dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan kondisi ini, maka penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Data yang diperlukan meliputi data hasil bimbingan, hasil observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dengan rata-rata 29,25% dengan hasil pengamatan berada pada kategori cukup, baik, dan sangat baik. Kata kunci : Penemuan terbimbing, Membuktikan teorema, Geometri Euclid
Kajian Motivasi Belajar Mandiri Siswa Melalui Pembinaan dan Pendampingan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Kimia pada Siswa SMA Kurniawati, Maris
Jurnal Inspirasi Vol 4, No 1 (2014): Januari 2014
Publisher : Jurnal Inspirasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.389 KB)

Abstract

masa depan Indonesia sangat memerlukan kemampuan kompetitif dan kreatif di kalangan pelajar untuk bersaing secara sehat dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu program kegiatan yang mendukung upaya mengarahkan kemampuan kompetitif dan kreativitas siswa pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah  pembinaan dan pendampingan tentang Olimpiade Sains Nasional khususnya bidang Kimia terhadap siswa Sekolah Menengah Atas calon peserta Olimpiade Sains Nasional bidang Kimia  di SMAN 3 Malang. Tujuan pembinaan dan pendampingan adalah meningkatkan motivasi belajar mandiri di kalangan siswa SMA khususnya calon peserta Olimpiade Sains Nasional bidang Kimia. Pelaksanaan pembinaan dan pendampingan dilakukan dengan tiga tahapan, tahap pertama merupakan tahap persiapan, tahap kedua merupakan tahapan pembinaan dan pendampingan dalam bentuk pelatihan pemahaman dan penyelesaian soal-soal OSN Kimia dan tahap yang terakhir adalah tahap evaluasi. Berdasarkan hasil kegiatan dapat diidentifikasi mengenai tingkat pemahaman setiap peserta pembinaan adalah memahami dan mampu menyelesaikan minimal 80% soal-soal OSN Kimia dengan benar. Dari hasil seleksi OSN Kimia ternyata 1 orang dari SMAN 3 Malang lolos hingga tingkat Nasional. Kata Kunci: Motivasi, Pembinaan dan Pendampingan, OSN
Kontruksi Pembuktian Teorema pada Matakuliah Geometri Euclid Melalui Aktivitas Think Pair Share & Mufidah, Zaini
Jurnal Inspirasi Vol 4, No 1 (2014): Januari 2014
Publisher : Jurnal Inspirasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.888 KB)

Abstract

Proofing of the theorem requires logical thinking process and informatics analyses on the data used to deriving a conclusion. In these cases, each individual has different Level of Actual Development (LAD), Level of Potential Development (LPD) and Zone of Proximal Development (ZPD). Vygotsky said “all higher psychological processes are originally social processes, share between people, particularly between children and adult“. The aim of this research is to describe theorem proof construction using think pair share activity. The result show, on the think step, the level of potential development in student can proof theorems at 1, 4, 5, 6, 7, 14, 15, 16, and 17. Think code B1, B2, B5, B6, B7, B8, and B10 in second theorem. Think code C2, C3, C4, C5, and C6 in third theorem. Think code H3 in eighth theorem. Think code K6 (as conclusion) in tenth theorem. Think code K2, K4, K5, and K6 in 11th theorem. Think code M7 in 12th theorem, the conclusion at 13th theorem. Think code T8, T9, and T10 in 18th theorem achieved yet. In pair step LPD and ZPD with scaffolding can help student to achieve think code theorem. Keywords: construction, theorem, think pair share
Transfer Negatif Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 8 Tahun Yang Berbahasa Ibu Bahasa Jawa Yunita, Lusia Selly
Jurnal Inspirasi Vol 3, No 2 (2013): Agustus 2013
Publisher : Jurnal Inspirasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.302 KB)

Abstract

performa bahasa Indonesia bagi anak usia 8 tahun atau pelajar kelas II Sekolah Dasar bersifat khas, karena itu bahasa anak pada usia ini dapat dipahami sebagai bahasa antara (interlanguage). Terkait dengan itu, tulisan ini berisi paparan tentang kasus bahasa yang menjadi kekhasan pada anak yang memiliki bahasa lebih dari satu (dwibahasa) dan berstatus pelajar bahasa. Dalam hal ini, fokus penelitian ini berusaha mendeskripsikan transfer negatif pemerolehan bahasa Indonesia bagi subjek penelitian yang berbahasa ibu bahasa  Jawa. Kata kunci :    transfer negatif, pemerolehan bahasa Indonesia, anak usia 8 tahun,bahasa ibu, bahasa Jawa
PENGARUH KEPEMIMPINAN SITUASIONAL DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU (STUDI PADA GURU SMK DI KOTA MALANG) Sulistyo, Sulistyo
Jurnal Inspirasi Vol 3, No 1 (2013): Januari 2013
Publisher : Jurnal Inspirasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.411 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan situasional dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru di SMKN Kota Malang. Data dalam penelitian adalah data primer yang dikumpulkan dengan questioner kepada responden secara acak. Untuk menguji besarnya pengaruh digunakan alat analisa regresi log linier berganda dengan menggunakan uji t dan uji f. Variabel terikat (dependent) dalam penelitian ini adalah kinerja guru (Y) sedangkan variable bebas (Independen) adalah kepemimpinan situasional (X1), motivasi berprestasi (X2). Dari hasil persamaan regresi log linier berganda menunjukkan bahwa kepemimpinan situasional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, sedangkan motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru. Hasil uji F (Uji secara serentak) menunjukkan bahwa kepemimpinan situasional dan motivasi motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan dengan taraf signifikan 5% terhadap kinerja guru. Hasil pengujian Ajusted R2 sebesar 52,5 menunjukkan bahwa perubahan yang terjadi pada kinerja guru 52,5% benar dipengaruhi oleh kepemimpinan situasional dan motivasi motivasi berprestasi, sedangkan sisanya 47,5% adalah perubahan yang disebabkan variabel yang tidak dimasukkan dalam model penelitian. Kata kunci : Pengaruh kepemimpinan situasional, Motivasi berprestasi
Penerapan C&C Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Akademik Mahasiswa FKIP Bahasa Inggris Universitas Kanjuruhan dalam Matakuliah Reading Comprehension Muhaji, Uun
Jurnal Inspirasi Vol 4, No 1 (2014): Januari 2014
Publisher : Jurnal Inspirasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.048 KB)

Abstract

The objective of this research is to improve students’ motivation and achievement in Reading Comprehension class through C&C Learning. Combining cooperative and competitive activities in Reading Comprehension course was really helpful in creating more joyful learning. The students were enthusiastic to comprehend the texts because they were going to use them in a competition among their groups. They became more active and showed more interest in the course. There had been an atmosphere of enjoyment and enthusiasm in the class since they experienced the combination of cooperative and competitive activities for the Reading Comprehension course. The result showed that the class was dynamic and alive, thus students’ motivation was increased. Furthermore, students’ achievement wasalso significantly improved.  Kata Kunci: C&C Learning, CAR,  Reading Comprehension
Pengembangan Bahan Ajar Geografi SMA/MA Kelas XII pada Kompetensi Dasar Pola Keruangan Desa dan Kota dengan Model DICK and CAREY Ni’matullah, Onik Farida Ni’matullah
Jurnal Inspirasi Vol 3, No 2 (2013): Agustus 2013
Publisher : Jurnal Inspirasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.113 KB)

Abstract

Orientasi penyediaan buku teks di berbagai sekolah di Indonesia saat ini, terutama buku teks Geografi, hanya difokuskan pada segi kuantitas. Fakta menunjukkan bahwa penyediaan buku penunjang pembelajaran Geografi di sekolah hanya mempertimbangkan segi proporsi jumlah siswa dengan jumlah buku yang tersedia. Dari segi kualitas, masih banyak materi pada buku pelajaran Geografi yang sebenarnya menunjukan kelemahan yang mendasar: pertama, teks Geografi ”mengabaikan” aspek kebenaran bahasa, fakta/data, konsep, generalisasi, kebenaran penyajian gambar. Hasil validasi pada ahli materi pelajaran, bahan ajar berada dalam kategori baik (71%). Hasil uji coba pada ahli rancangan pembelajaran, bahan ajar berada dalam kategori baik (71%). Hasil uji coba ahli bahasa berada dalam kategori sangat baik (91%), tetapi masih ada beberapa kesalahan pengetikan dan pemenggalan kata. Hasil uji coba lapangan pada siswa, bahan ajar berada dalam kategori baik (80%), sedangkan hasil uji coba lapangan pada guru, bahan ajar berada dalam kategori baik (82%). Pengembangan selanjutnya disarankan, yaitu: (a) pengembangan bahan ajar Geografi tidak terbatas hanya pada kelas XII semester dua pada kompetensi dasar menganalisis pola keruangan desa dan kota. Untuk menghasilkan produk bahan ajar secara utuh sebaiknya dikembangkan untuk dua semester (semester satu dan semester dua), (b) uji coba bahan ajar ini terbatas di Kota Malang. Untuk menghasilkan bahan ajar yang berlaku secara nasional sebaiknya dilakukan uji coba lapangan dengan mengambil sampel yang diperluas di wilayah Indonesia. Kata Kunci: bahan ajar Geografi.

Page 1 of 20 | Total Record : 200