cover
Filter by Year
Jurnal Ekonomi MODERNISASI
Jurnal Ekonomi Modernisasi is a peer-reviewed journal that disseminates research in the fields of management and accounting. The journal publishes issues every February, June and October. It covers a large variety of topics of management and accounting as a medium for practitioners, academics, independent researchers to publish articles that contribute to the development of science. The journal is published fully open acccessed. Jurnal Ekonomi Modernisasi was firstly published in printed version in 2005 (ISSN 0216-373X), but since 2016, the journal has been published online (ISSN 2502-4078). It is published by the Economics and Business Faculty, Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia.
Articles
290
Articles
‚Äč
Penguasaan Teknologi Informasi sebagai Pemoderasi Kecenderungan Wajib Pajak Menggunakan E-Filing

Chusaeni, Bella Fadhilah, Oktaviani, Rachmawati Meita

Jurnal Ekonomi MODERNISASI Vol 14 No 1 (2018): Februari
Publisher : Economics and Business Faculty, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.165 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi kemanfaatan, kemudahan penggunaan, penguasaan teknologi terhadap kecenderungan Wajib Pajak Menggunakan E-Filing. Penelitian ini bersumber pada Technology Acceptance Model yang dikembangkan oleh Davis (1993). Populasi penelitian ini adalah seluruh wajib pajak orang pribadi di kota Semarang. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 120 responden dengan teknik random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah model regresi moderasi dengan uji selisih mutlak. Hasil penelitian ini mengkonfirmasi beberapa penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa persepsi kemanfaatan, persepsi kegunaan dan penguasaan teknologi informasi secara parsial mempengaruhi kecenderungan wajib pajak untuk menggunakan e-filing. Adapun penguasaan teknologi informasi tidak dapat memoderasi hubungan persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan secara parsial terhadap kecenderungan menggunakan e-filing. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa kemanfaatan teknologi memiliki keterbatasan jika kemampuan wajib pajak menggunakan teknologi tersebut juga terbatas.  

Pyramid of Structure, Pengungkapan Transaksi Pihak Berelasi, dan Tata Kelola Perusahan : Indikasi Ekspropriasi

Malawat, Fadli Fendi, Sutrisno, Sutrisno, Subekti, Imam

Jurnal Ekonomi MODERNISASI Vol 14 No 1 (2018): Februari
Publisher : Economics and Business Faculty, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.011 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemilikan perusahaan berpola pyramid of structure, dan tingkat pengungkapan  transaksi pihak berelasi terhadap tindakan ekspropriasi, dengan tata kelola perusahaan sebagai variabel pemoderasi. Teknik analisis regresi berjenjang digunakan untuk menguji hipotesis yang dikembangkan dalam penelitian ini. Populasi penelitian  adalah  industri sektor manufaktur yang  terdaftar  di  Bursa  Efek Indonesia  (BEI)  selama  tahun 2014-2016, dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian gagal membuktikan pengaruh kepemilikan perusahaan berpola pyramid of structure, dan pengungkapan transaksi pihak berelasi terhadap tindakan ekspropriasi. Lebih lanjut, penelitian ini membuktikan bahwa peran tata kelola perusahaan dapat meningkatkan tingkat pengungkapan transaksi pihak berelasi, namun belum mampu mengurangi tindakan ekspropriasi yang disebabkan karena adanya kepemilikan pyramid of structure. Penelitian ini berkontribusi pada teori agensi tipe II yang menjelaskan konflik kepentingan antara pemegang saham pengendali dan non-pengendali, serta masalah ketidaksimetrian informasi, yang dapat diminimalisasi dengan peran tata kelola perusahan.  

Determinan Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Industri Kreatif

Anjaningrum, Widiya Dewi, Sidi, Agus Purnomo

Jurnal Ekonomi MODERNISASI Vol 14 No 1 (2018): Februari
Publisher : Economics and Business Faculty, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.225 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, inovasi dan kreatifitas produk terhadap kinerja industri kreatif untuk mencapai keunggulan bersaing. Penelitian ini merupakan field research pada para pelaku industri kreatif yang tergabung dalam Malang Creative Fusion (MCF). Sampel dipilih secara non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling yaitu pelaku industri kreatif yang bersedia menjadi responden dan dapat memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan dalam penelitian berjumlah 133 responden. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar, inovasi dan kreatifitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja industri kreatif untuk mencapai keunggulan bersaing. Adapun implikasi manajerial hasil penelitian ini adalah bahwa untuk mencapai keunggulan bersaing dalam lingkungan yang sangat kompetitif, para pelaku industri kreatif seharusnya meningkatkan kinerja industri dengan cara mengoptimalkan orientasi pasar, tidak hanya berfokus pada kemampuan produksi, tetapi juga melihat kemauan pelanggan, kondisi pesaing, koordinasi lintas fungsi internal industri dan memikirkan dampak baik bagi konsumen maupun lingkungan. Pelaku industri kreatif seharusnya berusaha menemukan produk kreatif yang baru, unik dan orisinil, atau minimal mengembangkan produk yang sudah ada, berupaya agar produk memiliki karakter tersendiri, kualitas dan daya tarik yang tinggi.

Re-evaluating Multifactor Leadership Questionnaire Construct: A Validation Study in the Pharmaceutical Sector of Punjab, Pakistan Context

Imam, Talha, Tyasari, Irma, Pahi, Munwar Hussain

Jurnal Ekonomi MODERNISASI Vol 13 No 3 (2017): Oktober
Publisher : Economics and Business Faculty, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.338 KB)

Abstract

Penelitian mengekplorasi psychometric kepemimpinan multifaktor (MLQ) sektor farmasi di Pakistan. Data dikumpulkan dari 370 karyawan yang bekerja di perusahaan farmasi di wilayah Lahore, Punjab, Pakistan. Teknik analisis data menggunakan Smart-PLS 2.0 M3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua gaya kepemimpinan di MLQ cukup relevan sesuai dengan konteks Pakistan. Hasil lebih lanjut mengungkapkan bahwa masing-masing gaya kepemimpinan menunjukkan reliabilitas konsistensi internal yang optimal, validitas konvergen dan validitas diskriminan. Berdasarkan hasil studi saat ini, sangat disarankan bahwa penggunaan instrumen MLQ akan sangat berguna untuk mengukur gaya kepemimpinan di Pakistan, khususnya di sektor farmasi.

Green Awareness, Brand Image dan Niat Pembelian

Alamsyah, Doni Purnama, Hadiyanti, Dian

Jurnal Ekonomi MODERNISASI Vol 13 No 3 (2017): Oktober
Publisher : Economics and Business Faculty, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.434 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui faktor-faktor yang menentukan niat pembelian produk ramah lingkungan dengan mempertimbangkan faktor green awareness dan brand image melalui pengujian kausalitas dan mediasi. Penelitian dilakukan di salah satu perusahaan yang memproduksi produk ramah lingkungan yaitu Pronaturlite. Jumlah responden sebanyak 705 konsumen di Kota Bandung dan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur melalui SmartPLS. Hasil penelitian ini mengkonfirmasi hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa green awareness dan brand image berpengaruh terhadap niat pembelian serta green awareness berpengaruh terhadap brand image. Selain itu, brand image dapat memediasi hubungan green awareness dan niat pembelian. Penelitian ini mempunyai implikasi bahwa perusahaan yang memproduksi green product disarankan untuk mengendalikan green awareness dan brand image agar niat pembelian konsumen meningkat.

Resiliensi Organisasi dan Kinerja Organisasi: Peran Kepemimpinan Resilien sebagai Mediator

Suryaningtyas, Dianawati, Wilujeng, Sri

Jurnal Ekonomi MODERNISASI Vol 13 No 3 (2017): Oktober
Publisher : Economics and Business Faculty, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.84 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh resiliensi organisasi terhadap kinerja organisasi baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepemimpinan resilien. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan analisis jalur untuk menguji pengaruh antar variabel. Hasil penelitian ditemukan bahwa resiliensi organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi, namun berpengaruh signifikan melalui kepemimpinan resilien. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa responden cenderung menggunakan resiliensi organisasi strategik. Hal ini menunjukkan bahwa organisasi telah mencapai tingkat kedewasaan yang tinggi, yaitu dalam menghadapi krisis, organisasi mampu bertahan hidup bahkan menjadi kuat dan berkembang (bounce forward). Temuan pada penelitian ini bahwa resiliensi organisasi dapat ditingkatkan dengan menggunakan kepemimpinan resilien.

Faktor-Faktor yang Menentukan Kepuasan Kerja Pegawai

Kurniawan, Muhammad, Hendri, Edduar

Jurnal Ekonomi MODERNISASI Vol 13 No 3 (2017): Oktober
Publisher : Economics and Business Faculty, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.024 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja di perusahaan daerah. Berdasarkan latar belakang masalah, teori dan penelitian terdahulu maka faktorfaktor tersebut adalah lingkungan kerja, budaya organisasi dan motivasi kerja. Penelitian dilakukan di Perusahaan Daerah Prodexim Provinsi Sumatera Selatan. Jumlah responden adalah seluruh pegawai sebanyak 70 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap motivasi kerja, budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja dan motivasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja di Perusahaan Daerah Prodexim Provinsi Sumatera Selatan. Motivasi kerja tidak dapat berperan menjadi variabel mediasi antara variabel lingkungan kerja dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja. Implikasi hasil penelitian bahwa kepuasan kerja pegawai di perusahaan daerah dapat ditingkatkan melalui peningkatan lingkungan kerja dan budaya organisasi.

Penggunaan Organizational Culture Assesment Instrument pada Organisasi Non Formal

Idris, Ahmad

Jurnal Ekonomi MODERNISASI Vol 13 No 2 (2017): Juni
Publisher : Economics and Business Faculty, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (604.799 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi anggota paguyuban atas budaya organisasi saat ini dan harapan anggota paguyuban budaya organisasi 3 tahun mendatang. Penelitian dilakukan pada Paguyuban Kios Selomangleng Kelurahan Sukorame, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan human instrument dan teknik pengumpulan data participant observation, serta mengimplementasikan metode organizational culture assessment instrument (OCAI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi anggota Paguyuban Kios Selomangleng saat ini berada pada situasi adhocracy yaitu budaya organisasi yang menuntut inovasi dan inisiatif yang dapat meningkatkan kewirausahaan dan kreativitas. Adapun harapan anggota paguyuban untuk 3 tahun mendatang adalah budaya market yaitu suatu kondisi anggota organisasi menginginkan budaya pasar yang kompetitif untuk meningkatkan produktivitas serta keuntungan

Peran Komitmen Organisasi dalam Memediasi Motivasi, Lingkungan Kerja, Kesejahteraan, dan Kepemimpinan Partisipatif terhadap Kinerja

Arnomo, Ilham

Jurnal Ekonomi MODERNISASI Vol 13 No 2 (2017): Juni
Publisher : Economics and Business Faculty, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.971 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung motivasi, lingkungan kerja, kesejahteraan dan kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja. Penelitian dilakukan di Perpustakaan Universitas Airlangga, teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Jumlah responden sebanyak 72 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat hipotesis yang ditolak yaitu pengaruh langsung lingkungan kerja terhadap kinerja, pengaruh tidak langsung lingkungan kerja terhadap kinerja melalui komitmen organisasi serta pengaruh langsung kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja dan pengaruh tidak langsung kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja melalui komitmen organisasi. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan kerja dan kepemimpinan partisipatif masih belum dapat mendorong staf perpustakaan untuk berkomitmen terhadap organisasi, sehingga staf perpustakaan masih belum dapat memberikan kontribusi kinerja yang optimal.

Pembelajaran Organisasi UKM untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing

A.S, Fathor, Arief, Mohammad

Jurnal Ekonomi MODERNISASI Vol 13 No 2 (2017): Juni
Publisher : Economics and Business Faculty, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.153 KB)

Abstract

Tujuan penulisan artikel untuk menyusun kerangka konseptual pembelajaran organisasi bagi UMKM dalam rangka meningkatkan keunggulan bersaing. Pengetahuan individu dalam organisasi merupakan kunci sukses dalam pembelajaran organisasi. Penerapan pembelajaran organisasi dapat digunakan untuk mengembangkan organisasi melalui penentuan desain organisasi. Organisasi dalam tahap pembelajaran sebaiknya diarahkan pada desain organisasi organik karena mendorong individu untuk menunjukkan perilaku inovatif, peningkatan efisiensi, perubahan yang efektif serta sesuai diterapkan pada lingkungan yang tidak pasti. Hal ini dapat menciptakan keunggulan bersaing bagi UMKM.

Issues
All Issue Vol 14 No 1 (2018): Februari Vol 13 No 3 (2017): Oktober Vol 13 No 2 (2017): Juni Vol 13 No 1 (2017): Februari Vol 12 No 3 (2016): Oktober Vol 12 No 2 (2016): Juni Vol 12 No 1 (2016): Februari Vol 11 No 3 (2015): Oktober Vol 11 No 2 (2015): Juni Vol 11 No 1 (2015): Februari Vol 10 No 3 (2014): Oktober Vol 10 No 2 (2014): Juni Vol 10 No 1 (2014): Februari Vol 9, No 3 (2013): Oktober Vol 9, No 2 (2013): Juni Vol 9, No 1 (2013): Februari Vol 9 No 3 (2013): Oktober Vol 9 No 2 (2013): Juni Vol 9 No 1 (2013): Februari Vol 8, No 3 (2012): Oktober Vol 8, No 2 (2012): Juni Vol 8, No 1 (2012): Februari Vol 8 No 3 (2012): Oktober Vol 8 No 2 (2012): Juni Vol 8 No 1 (2012): Februari Vol 7, No 3 (2011): Oktober Vol 7, No 2 (2011): Juni Vol 7, No 1 (2011): Februari Vol 7 No 3 (2011): Oktober Vol 7 No 2 (2011): Juni Vol 7 No 1 (2011): Februari Vol 6, No 3 (2010): Oktober Vol 6, No 2 (2010): Juni Vol 6, No 1 (2010): Februari Vol 6 No 3 (2010): Oktober Vol 6 No 2 (2010): Juni Vol 6 No 1 (2010): Februari Vol 5, No 3 (2009): Oktober Vol 5, No 2 (2009): Juni Vol 5, No 1 (2009): Februari Vol 5 No 3 (2009): Oktober Vol 5 No 2 (2009): Juni Vol 5 No 1 (2009): Februari Vol 4, No 3 (2008): Oktober Vol 4, No 2 (2008): Juni Vol 4, No 1 (2008): Februari Vol 4 No 3 (2008): Oktober Vol 4 No 2 (2008): Juni Vol 4 No 1 (2008): Februari Vol 3 No 3 (2007): Oktober Vol 3 No 2 (2007): Juni Vol 3 No 1 (2007): Februari Vol 2 No 3 (2006): Oktober Vol 2 No 2 (2006): Juni Vol 2 No 1 (2006): Februari Vol 1 No 3 (2005): Oktober Vol 1 No 2 (2005): Juni Vol 1 No 1 (2005): Februari