Jurnal Algoritma
ISSN : 14123622     EISSN : 23027339
Jurnal Algoritma merupakan media publikasi hasil penelitian dosen maupun mahasiswa dalam kajian bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi, dan Rekayasa Perangkat Lunak.
Articles 261 Documents
Perancangan Sistem Pakar untuk Pembagian Waris Menurut Hukum Islam (Fara’id) Setiawan, Ridwan; Fatimah, Dini Destiani Siti; Slamet, Cepy
Jurnal Algoritma Vol 9 (2012): Jurnal Algoritma
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Garut

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.327 KB)

Abstract

Merancang sistem pakar untuk pembagian waris menurut hukum Islam (fara’id). Sistem pakar ini diharapkan dapat membantu memecahkan permasalahan dalam menghitung harta waris yang didasarkan pada hukum Islam. Harta waris (tirkah) haruslah berupa nilai uang dan bukan barang, apabila yang ditinggalkan barang maka sebaiknya di konversikan dahulu kepada nilai uang. Apabila ada wasiat, maka wasiat tidak boleh lebih dari 1/3 (sepertiga) jumlah harta(tirkah) yang ditinggalkan.Pada sistem yang yang dirancang akan dijelaskan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan waris Islam, baik itu definisi waris, dalil-dalil waris, para ahli waris beserta bagian dan syaratnya, permasalahan dalam waris Islam, dan pembagian waris. Dalam pembagian waris akan dibagi kepada empat langkah, yang pertama ditanyakan adalah jumlah harta, kedua akan ditanyakan hak-hak yang harus dipenuhi, ketiga akan ditanyakan para ahli waris, dan keempat akan ditampilkan hasil dari perhitungan.
Perancangan Program Aplikasi Penggajian Petugas Pemutusan Dan Penyambungan Listrik Di PT Abadi 123 Ramdani, Yogi Cahya; Retnadi, Eko; Kurniawati, Rina
Jurnal Algoritma Vol 9 (2012): Jurnal Algoritma
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Garut

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (979.151 KB)

Abstract

Sistem penggajian yang  sedang berjalan di PT. Abadi 123 sekarang ini belum efektif dan masih menggunakan arsip sebagai media penyimpanannya sehingga dalam menghitung tunjangan, bonus, pajak, potongan asuransi, menghitung gaji pegawai yang statusnya koordinator lapangan dan pegawai kontrak sulit dilakukan dan menyita waktu yang cukup lama, sehingga dapat memperlambat dalam pemberian gaji dan pembuatan laporan.Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu diterapkannya sistem penggajian berbasis komputer yang dapat membantu dalam proses pemberian gaji terhadap pegawai yaitu dengan dibuatkannya program aplikasi penggajian. Metodologi yang digunakan dalam perancangan program aplikasi ini mengadopsi metodologi waterfall, adapun hasil yang didapat dari perancangan program aplikasi penggajian ini antara lain memudahkan bagian keuangan dalam mengelola data pegawai, penghitungan bukti penagihan (tul-01), penghitungan data pelunasan, perhitungan gaji, dan proses pembuatan laporan, selain itu juga program aplikasi ini dapat mempermudah dalam menghitung gaji pegawai yang statusnya koordinator lapangan dan pegawai kontrak, serta akan mempermudah dalam menghitung tunjangan, bonus, pajak dan potongan asuransi.
Pembangunan Aplikasi Sistem Pakar untuk Diagnosis Penyakit Tanaman Padi Sofa, Rika; Fatimah, Dini Destiani Siti; Susanto, Ate
Jurnal Algoritma Vol 9 (2012): Jurnal Algoritma
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Garut

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.716 KB)

Abstract

Tanaman padi yang dapat diserang berbagia macam penyakit, penyakit tersebut dapt diketahui dari gejala-gejala yang ditimbulkannya. Akan tetapi untuk mengetahui secara tepat jenis dari penyakit yang menyerang padi tersebut diperlukan seorang pakar/ ahli di bidang pertanian khususnya tanaman padi.oleh karena itu pendiagnosisan terhadap penyakit pada tanaman padi harus dilakukan secepat dan seakurat mungkin, dikarenakan penyakit pada tanaman tersebut dapat dengan cepat menyerang serta menyebar keseluruhan. Dalam hal ini peran seorang expert atau pakar sangat diandalkan untuk mendiagnosis dan menentukan jenis penyakit serta memberikan cara pengendalian guna mendapatkan solusinya. Sistem pakar ini diharapkan dapat membantu memecahkan permasalahan dalam mendiagnosis penyakit tanaman padi, yang didasarkan pada gejala-gejala yang ditemukan di lapangan yang dapat dijadikan sebagai alat bantu (tool) bagi seorang ahli pertanian yang betugas sebagai penyuluh khususnya di bidang produksi tanaman pangan khususnya seksi hama dan penyakit padi.
Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Siak) Pada Bagian Pendaftaran Pindah Datang Penduduk Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut Slamet, Doni; Retnadi, Eko; Partono, Partono
Jurnal Algoritma Vol 9 (2012): Jurnal Algoritma
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Garut

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (916.7 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sistem informasi administrasi kependudukan pada bagian pendaftaran pindah datang penduduk. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi ini menggunakan Siklus Hidup Pengembangan Sistem (SDLC).  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan sistem informasi administrasi kependudukan pada bagian pendaftaran pindah datang penduduk ini dapat membantu bagian pendaftaran dan pendataan penduduk dalam mengelola data penduduk pindah, penduduk datang dan proses pembuatan laporan-laporan. Selain itu sistem informasi ini juga dapat dengan mudah menghasilkan laporan-laporan mengenai informasi jumlah penduduk datang pindah perbulan atau pertahun dengan akurat, tepat, relevan dan sesuai yang diharapkan.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM DI KUD MANDIRI BAYONGBONG Anggraeni, Nova; Retnadi, Eko; Kurniawati, Rina
Jurnal Algoritma Vol 9 (2012): Jurnal Algoritma
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Garut

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (753.619 KB)

Abstract

Tujuan dari perancangan sistem informasi simpan pinjam di KUD Mandiri Bayongbong adalah menyediakan sistem simpan pinjam yang terkomputerisasi. Metodologi yang digunakan dalam perancangan sistem informasi ini adalah Siklus Hidup Pengembagan Sistem (SDLC).  Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan sistem informasi Simpan Pinjam dapat memberikan solusi kecepatan, ketepatan dan keakuratan dalam melaksanakan pengolahan data simpan pinjam agar mendapat hasil yang optimal.
Aplikasi Sistem Pakar Deteksi Dini Pada Penyakit Tuberkulosis Widiastuti, Wenny; Fatimah, Dini Destiani Siti; Damiri, Dhami Johar
Jurnal Algoritma Vol 9 (2012): Jurnal Algoritma
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Garut

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.963 KB)

Abstract

Sistem pakar merupakan salah satu bagian dari kecerdasan buatan yang akhir-akhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sistem ini dirancang untuk dapat menirukan keahlian seorang pakar dalam menjawab pertanyaan dan menyelesaikan suatu permasalahan khususnya dibidang kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi sistem pakar untuk melakukan deteksi dini penyakit TBC yang dapat digunakan untuk membantu dokter memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya yang ditimbulkan penyakit Tuberkulosis dengan metode forward chaining. Perancangan aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemograman Borland Delphi Versi 10 dan database Microsoft Access 2003. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat melakukan konsultasi dengan sistem layaknya berkonsultasi dengan seorang pakar untuk mendeteksi gejala yang terjadi pada pengguna serta menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi.
Pengembangan Sistem Remote Access Jaringan Berbasis Client Server Nurjaman, Yoga; Damiri, Dhami Johar; Susanto, Ate
Jurnal Algoritma Vol 9 (2012): Jurnal Algoritma
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Garut

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2959.713 KB)

Abstract

Penerapan jaringan komputer pada laboratorium jaringan komputer membutuhkan sistem manajemen jaringan, fungsi manajemen jaringan menggunakan sistem remote access ialah sebagai aplikasi manajemen sebuah jaringan agar bisa memonitor dan mengontrol suatu jaringan dari lokasi tertentu pada jaringan berbasis client server, Tujuan penelitian adalah membuat aplikasi sistem remote access untuk mengontrol beberapa client yang sedang aktif didalam jaringan dan melengkapi fungsi manajemen jaringan komputer lokal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode RSJK (Rekayasa Sistem Jaringan Komputer) untuk analisis rekayasa sistem jaringan Lokal dan Pengembangan perangkat lunak menggunakan metode The Linear Sequential untuk perancangan antar muka remote acces. Rancangan jaringan komputer lokal berbentuk client server dengan topologi star. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat lunak yang dikembangkan ini dapat membantu mempermudah administrator jaringan melakukan pemantauan terhadap penggunaan komputer dengan memanfaatkan jaringan, Stabilitas aktifitas yang terjadi pada jaringan  bisa terpantau oleh Administrator server (Tutor) meskipun jumlah tutor terbatas sehingga proses evaluasi praktikum bisa terpantau tanpa langsung menemui secara langsung ke tempat komputer client, Manfaat jaringan komputer seperti resource sharing, efektif dan efisien dan hingga menekan biaya operasional menjadi alasan penting dalam munculnya teknologi jaringan oleh karena itu agar pemanfaatan teknologi jaringan komputer bisa maksimal maka penting sekali menerapkan sistem manajemen jaringan bagi seorang administrator pada jaringan lingkup LAN atau lingkup jaringan besar  agar setiap kesalahan dalam rekayasa sistem jaringan bisa terhindari seminimal mungkin.
Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Asma Rachmawati, Rachmawati; Damiri, Dhami Johar; Susanto, Ate
Jurnal Algoritma Vol 9 (2012): Jurnal Algoritma
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Garut

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.381 KB)

Abstract

Sistem pakar merupakan salah satu cabang kecerdasan buatan yang mempelajari bagaimana mengadopsi cara seorang pakar berpikir dan bernalar dalam menyelesaikan suatu permasalahnan, dan membuat suatu keputusan maupun mengambil kesimpulan dari sejumlah fakta yang ada. Sampai saat ini sudah ada beberapa hasil perkembangan sistem pakar dalam berbagai bidang sesuai dengan kepakaran seseorang. Pada penelitian ini akan dirancang suatu aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosis penyakit asma. Pengembangan aplikasi sistem pakar diagnosis penyakit asma merupakan salah satu pengaplikasian sistem yang terkomputerisasi dalam bidang kedokteran.Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah sistem berbasis pengetahuan kedokteran dalam mendiagnosis penyakit asma yang dapat ditampilkan dalam perangkat lunak aplikasi berbasis sistem pakar. Sehingga dapat mempermudah proses penyuluhan kepada masyarakat awam untuk mengetahui deteksi dini gejala penyakit asma dan solusi atau pengobatan yang bisa dilakukan secara mandiri. Penalaran aplikasi sistem pakar ini menggunakan teknik inferensi runut maju (forward chaining). Dimana pada forward chaining ini dimulai dengan informasi awal (gejala awal) dan bergerak maju untuk mencocokkan informasi selanjutnya sampai menemukan informasi yang sesuai dengan kaidah, lalu akan menyimpulkan berupa keterangan jenis penyakit dan solusi.Dalam pengembangan sistem pakar, akan digunakan pendekatan konvensional dengan metodologi Expert System Development Life Cycle (ESDLC) dari Durkin (1994). Hasil dari penelitian adalah perangkat lunak aplikasi sistem pakar diagnosis penyakit asma memiliki fasilitas yang dapat membantu tenaga penyuluh dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk mengetahui deteksi dini gejala penyakit asma, berdasarkan  atas jenis penyakit asma yang menyerang serta solusi atau cara pengobatan yang bisa dilakukan secara mandiri.
Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif Company Profile Generic (Studi Kasus CV. Ganetic) Firdaus, Septiana; Damiri, Dhami Johar; Tresnawati, Dewi
Jurnal Algoritma Vol 9 (2012): Jurnal Algoritma
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Garut

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.814 KB)

Abstract

Perancangan multimedia interaltif company profile generic merupakan sebuah media penyampaian informasi secara visual dengan animasi yang menarik sehingga menambah daya tarik calon client untuk memelajarinya tentang pengenalan sebuah perusahaan. Perancangan ini diharapkan menjadi sebuah solusi untuk mengenalkan kepada dunia luar mengenai profil organisasi/ perusahaan/ instansi swasta/ pemerintahan tentang pelayanan yang dilakukan, riset produk, produk yang telah dibuat maupun jasa yang telah diberikan dengan cara interaktif yang mudah diserap dan di ingat mengenai profile tersebut. Multimedia Interaktif yang dibuat menggunakan metodologi pengembangan multimedia versi Sutopo-Luther merupakan aplikasi generic dimana pengguna bisa merubah konten sesuai dengan kebutuhan baik merubah teks, menu, logo, background, gambar mapupun video maka aplikasi ini bisa di gunakan ulang oleh perusahaan - perusahaan lainnya.
Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Geogerafis Sumber Daya Air Dan Perairan Sanjaya, Indra; Damiri, Dhami Johar; Susanto, Ate
Jurnal Algoritma Vol 9 (2012): Jurnal Algoritma
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Garut

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.418 KB)

Abstract

Kecamatan Singajaya memiliki jumlah Daerah Aliran Sungai (DAS) paling banyak. Menurut data dari Dinas SDAP Kabupaen Garut, Kecamatan Singajaya memiliki sumber daya air yang dapat dikembangkan, yaitu dengan memilikinya 16 DAS dan 3 titik mata air dengan debet rata-rata 7.73 L/detik. Sub Bagian Bidang Energi dan Ketenagalistrikan Dinas SDAP Kabupaten Garut masih kesulitan mencari informasi letak potensi geografis yang strategis untuk dikembangkan, orang-orang dari instansi atau lembaga terkait yang melakukan survei ke lapangan belum semua data terintegrasi. Maka dibutuhkan suatu pemetaan untuk mengetahui di mana letak strategis sumber daya air yang berpotensi untuk diberdayakan dan dimanfaatkan yaitu dengan dirancangnya Sistem Informasi Geografis (SIG) Sumber Daya Air (SDA) di Kecamatan Singajaya Kabupaten Garut.Metodologi yang digunakan dalam perancangan Sistem Informasi Geografis ini mengadopsi metodologi System Development Live Cycle (SDLC), adapun hasil yang didapat dari pembuatan aplikasi SIG SDA ini antara lain dengan dibentuknnya pemetaan dalam bentuk SIG yang menggunakan data spasial serta non-spasial yang dilengkapi dengan representasi bentuk peta 3 Dimensi.

Page 1 of 27 | Total Record : 261