cover
Contact Name
Yuli Widiyono, M.Pd.
Contact Email
widiyono34@yahoo.co.id
Phone
8157906804
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jln. K. H. A. Dahlan No. 3 Purworejo, Jawa Tengah 54111
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa
ISSN : 23030631     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ADITYA adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media publikasi hasil karya ilmiah. Terbit dua kali setahun tiap bulan November dan Mei. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, budayawan, ahli sastra maupun praktisi pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 413 Documents
BENTUK DAN FUNGSI KESENIAN OJROT-OJROT DI DESA KARANGDUWUR KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN Rahmawati, Ari
ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Vol 3, No 5 (2013): ADITYA
Publisher : Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.421 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Bentuk kesenian Ojrot-ojrot di Desa Karangduwur, (2) Mendeskripsikan fungsi kesenian Ojrot-ojrot dalam konteks kehidupan seniman di Desa Karangduwur dan (3) Mendeskripsikan fungsi kesenian Ojrot-ojrot dalam konteks kehidupan sosial masyarakat di Desa Karangduwur Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah kelompok pemain musik Ojrot-ojrot, adapun objek yang dikaji adalah bentuk dan fungsi kesenian Ojrot-ojrot. Tempat penelitian dilakukan di desa Karangduwur Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Pelaksanaan penelitian dilakukan dari bulan Maret sampai September.Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah penulis sendiri yang bertindak sebagai participant observer. Proses pemeriksaan keabsahan data adalah dengan triangulasi. Terkait dengan penelitian ini, proses analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui proses 1. Reduksi data, 2. Sajian data, dan 3. Menarik kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) Bentuk penyajian kesenian dari pra pementasan, pementasan, dan pasca pementasa. (2) Fungsi kesenian Ojrot-ojrot dalam konteks kehidupan seniman digunakan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan hidup, sebagai sarana untuk meningkatkan prestis, sebagai sarana untuk memenuhi kepuasan batin. (3) Fungsi kesenian Ojrot-ojrot dalam konteks kehidupan sosial masyarakat di Desa Karangduwur sebagai sarana untuk hiburan, sebagai pengikat solidaritas kelompok masyarakat, dan sebagai media komunikasi masa.   Kata kunci: bentuk, fungsi, Ojrot-ojrot
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS GEGURITAN DENGAN NATURAL APPROACH PADA SISWA KELAS VIIC SMPN 1 SAPURAN TAHUN AJARAN 2012/2013 Solichah, Hidayati
ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Vol 3, No 6 (2013): ADITYA
Publisher : Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.506 KB)

Abstract

  ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) penerapan Natural Approach pada siswa kelas VIIC SMP N 1 Sapuran; (2) peningkatan kemampuan hasil belajar siswa kelas VIIC SMP N 1 Sapuran setelah menggunakan  Natural Approach. Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP N 1 Sapuran. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis geguritan kelas VIIC SMP N 1 Sapuran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian menulis geguritan dan lembar pengamatan siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penggunaan  Natural Approach dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil tes kemampuan siswa pada setiap siklusnya. Hal ini terlihat dari hasil observasi, pada tahap pra siklus siswa yang mempunyai perhatian baik sebanyak 7 siswa atau sebesar 19,44 %, siklus I sebanyak 26 siswa atau sebesar 72,22 %, dan pada siklus II sebanyak  36 siswa atau sebesar 99,99 %. Hasil tes kemampuan siswa juga meningkat. Hal ini terlihat pada hasil tes siswa pada tahap pra siklus yang kurang dari KKM sebanyak 5 atau sebesar 13,89% dan yang lebih dari KKM sebanyak 31 siswa atau sebesar 86,11% dengan nilai rata-rata 68, pada siklus I yang nilainya cukup sebanyak 8 siswa atau 22,22% dan yang nilainya baik 28 Siswa atau 77,77% dengan nilai rata-rata 77, dan pada siklus II yang nilainya cukup hanya 1 siswa atau 2,78% dan yang nilainya baik sebanyak 35 siswa atau sebesar 97,22% dengan nilai  rata-rata 82.   Kata Kunci: menulis, geguritan, natural approach
SOSIOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM ROMAN KADURAKAN ING NGISOR DRINGU KARYA SUPARTO BRATA Setiaji, Agus
ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Vol 3, No 3 (2013): ADITYA
Publisher : Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.933 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Sosiologi Sastra  yang terkandung dalam Roman Kadurakan ing Kidul Dringu Karya Suparto Brata; (2)Nilai-nilai Pendidikan Moral dan Budi Pekerti yang terkandung Roman Kadurakan ing Kidul Dringu Karya Suparta Broto. Teori yang dijadikan dasar analisis skripsi ini adalah teori Nyoman Kutha Ratna(2013), Wijaya Heru Santosa, dan  Sri Wahyuningtyas, (2009). Subjek dalam penelitian ini adalah Roman Kadurakan ing Kidul Dringu Karya Suparto Brata. Objek penelitian adalah Sosiologi Sastra, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti  yang terdapat dalam Roman Kadurakan ing Kidul Dringu Karya Suparto Brata. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa teks novel Roman Kadurakan ing Kidul Dringu Karya Suparto Brata. Metode yang digunakan sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik catat. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan kartu pengumpul data, buku-buku dan media lain yang mendukung. Kemudian analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis konten (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sosiologi sastra yang sejalan dengan Roman Kadurakan ing Kidul Dringu Karya Suparto Brata meliputi. kekerabatan terdapat 4 indikator, perekonomian terdapat 2 indikator, politik terdapat 2 indikator, pendidikan terdapat 3 indikator, kepercayaan terdapat 2 indikator, pendidikan moral terdapat 11 indikator lan budi pekerti terdapat 3 indikator.   Kata Kunci: Sosiologi Sastra, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti, Roman
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PACELATHON MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS X AP SMK MUHAMMADIYAH KROYA Puspitasari, Fitriana Eka
ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Vol 3, No 4 (2013): ADITYA
Publisher : Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.2 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) langkah – langkah pembelajaran berbicara pacelathon melalui metode sosiodrama pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah Kroya; (2) peningkatan kemampuan pacelathon menggunakan metode sosiodrama pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah Kroya. Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP SMK Muhammadiyah Kroya. Objek penelitian ini adalah kemampuan berbicara pacelathon pada  kelas X AP SMK Muhammadiyah Kroya. Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian berbicara pacelathon dan lembar pengamatan siswa. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penggunaan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil tes kemampuan siswa pada setiap siklusnya. Hal ini terlihat pada hasil tes nilai rata-rata kelas pada tahap pra siklus sebesar 64,4, pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 77,12, dan pada siklus II menjadi 87,48. Dan pada kategori ketuntasan nilai pada kegiatan prasiklus mencapai 16% atau sebanyak 3 siswa, mengalami peningkatan ketuntasan menjadi 80% atau sebanyak 20 siswa pada siklus I, kategori ketuntasan siswa pada siklus II kembali meningkat menjadi 96% atau 24 siswa.   Kata Kunci: keterampilan berbicara, metode sosiodrama  
KAJIAN NILAI PENDIDIKAN MORAL PADA KUMPULAN GEGURITAN MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT TERBITAN TAHUN 2012 DAN RELEVANSINYA DENGAN KEHIDUPAN SEKARANG Irma, Ade
ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Vol 3, No 5 (2013): ADITYA
Publisher : Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.85 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan moral pada kumpulan geguritan majalah Panjebar Semangat, (2) mendeskripsikan relevansi nilai pendidikan moral pada kumpulan geguritan majalah Panjebar Semangat dengan kehidupan sekarang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah kumpulan geguritan. Objek penelitian ini adalah nilai pendidikan moral dan relevansinya dengan kehidupan sekarang. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, teknik catat dan terjemahan bebas. Instrumen penelitian menggunakan kartu pencatat data. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif menggunakan content analysis (analisis isi). Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) nilai pendidikan moral pada kumpulan geguritan majalah Panjebar Semangat memiliki empat jenis, yakni (a) nilai pendidikaan moral hubungan manusia dengan Tuhan yang meliputi: memohon kepada Tuhan dan bertobat kepada Tuhan; (b) nilai pendidikan moral hubungan manusia dengan sesama manusia yang meliputi: tidak berjanji palsu, bersikap hati-hati, tidak mengumbar hawa nafsu, menepati janji, nasihat menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, dapat dipercaya, tidak bertindak korupsi, bersikap sabar, dan menjaga kesetiaan dalam bersahabat; (c) nilai pendidikan moral hubungan manusia dengan diri sendiri yang meliputi: tidak mudah putus asa, bersikap bijak dalam bercinta, bersikap ikhlas (d) nilai moral hubungan manusia dengan lingkungan yang meliputi: mencintai budaya. (2) Relevansi nilai pendidikan moral pada kumpulan geguritan majalah Panjebar Semangat sebagian ada yang masih relevan dan juga ada yang tidak relevan dengan kehidupan sekarang.   Kata kunci : nilai pendidikan dan moral, geguritan
KAJIAN STILISTIKA DALAM SERAT PAMORING KAWULA GUSTI KARYA RADEN NGABEHI RANGGAWARSITA Kurniasih, Novita
ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Vol 3, No 6 (2013): ADITYA
Publisher : Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.685 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diksi dan gaya bahasa dalam Serat Pamoring Kawula Gusti karya Raden Ngabehi Ranggawarsita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini yaitu diksi dan gaya bahasa dalam Serat Pamoring Kawula Gusti karya Raden Ngabehi Ranggawarsita. Sumber data penelitian ini yaitu Serat Pamoring Kawula Gusti karya Raden Ngabehi Ranggawarsita. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik dokumen. Instrumen dalam penelitian ini adalah penulis sendiri dibantu dengan alat tulis dan kartu pencatat data. Teknik analisis data menggunakan analisis isi atau content analysis. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa dalam Serat Pamoring Kawula Gusti ditemukan diksi dan gaya bahasa. Diksi yang ditemukan antara lain dasa nama dan purwakanthi. Gaya bahasa yang ditemukan dalam Serat Pamoring Kawula Gusti karya Raden Ngabehi Ranggawarsita adalah gaya bahasa hiperbola dan metafora.   Kata kunci: stilistika, serat pamoring kawula gusti
PENGGUNAAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM PEMBENTUKAN PERCAKAPAN BERBAHASA JAWA DI MEDIA JEJARING SOSIAL FACEBOOK Bekti Wiyati, Nur Choiroh
ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Vol 3, No 6 (2013): ADITYA
Publisher : Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.177 KB)

Abstract

  ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) menginventariskan bentuk PKS sebagai penaatan dan pelanggaran pada percakapan facebook, (2) mendeskripsikan fungsi tuturan yang berlaku dalam penggunaan maupun pelanggaran PKS pada percakapan facebook tersebut. Sumber data berupa data tuturan-tuturan yang diperoleh dari facebooker yang menjadi teman penulis (Bekty AaNdraw Thauchoi) dan bukan privacy account. Data yang diambil merupakan percakapan yang terbentuk oleh status (penutur) dan komentar (mitra tutur). Pengambilan data berlangsung selama tiga bulan. Instrumen data merupakan peneliti itu sendiri dan kartu data. Analisis data menggunakan metode padan translasional dan referensial dalam bentuk deskripsi verbal dengan teknik informal. Hasil penelitian analisis deskriptif menunjukkan bahwa inventarisasi penggunaan PKS terdiri dari penaatan dan pematuhan maksim Grice yang diperoleh 4 bentuk utama dengan maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim hubungan, maksim cara dan 11 bentuk kombinasinya. Fungsi tuturan dalam pembentukan percakapan facebook ditemukan ada 5 macam fungsi tuturan dengan sub fungsinya masing-masing, yaitu fungsi deklarasi, representatif, ekspresif, dan direktif.     Kata kunci: maksim, bahasa Jawa, facebook
NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM SERAT WASITADARMA Wandan Sari, Mutiara
ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Vol 3, No 6 (2013): ADITYA
Publisher : Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.046 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) deskripsi Serat Wasitadarma; (2) transliterasi Serat Wasitadarma; (3) nilai moral yang ada pada Serat Wasitadarma; dan (4) relevansi Serat Wasitadarma terhadap kehidupan sekarang. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu dekskriptif kualitatif dengan metode teknik pustaka dan pendekatan filologi. Sumber data penelitian ini adalah Serat Wasitadarma yang disimpan di museum Sonobudoyo Yogyakarta dengan nomor kodeks PB A.262, data penelitian ini berupa syair tembang macapat. Tempat penelitian yaitu Museum Sonobudoyo Yogyakarta bagian perpustakaan, waktu penelitian 9 bulan. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan kartu data. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka dan teknik pencatatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan metode penyajian data informal. Penelitian ini membahas deskripsi naskah Serat Wasitadarma, transliterasi naskah Serat Wasitadarma, nilai pendidikan moral dalam Serat Wasitadarma, dan Relevansinya terhadap kehidupan sekarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam naskah Serat Wasitadarma mengandung nilai moral, yaitu nasihat seorang bapak kepada putrinya. Transliterasi naskah Serat Wasitadarma menggunkan transliterasi ortografis. Nilai pendidikan moral yang terdapat dalam SW adalah: 1) moralitas hubungan manusia dengan Tuhan yaitu, percaya bahwa Tuhan maha adil; dan 2) moralitas hubungan manusia dengan sesama manusia, yaitu a) moralitas hubungan orang tua terhadap anak, meliputi: menasehati anak agar menjadi anak yang baik hati; perilaku seorang istri yang baik meliputi: patuh/ berbakti kepada suami, tidak boleh marah dan membuat suami bersedih, dan memiliki tatakrama yang baik. Relevansi terhadap kehidupan sekarang meliputi: 1) orang tua menasihati anak agar menjadi anak yang baik; 2) seorang istri harus patuh kepada suaminya; dan 3) seseorang harus memiliki kasih sayang yang besar terhadap sesama. Kata Kunci : nilai moral, Serat Wasitadarma, relevansi  
PENINGKATAN KETERAMPILAN SESORAH MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XIIPS SMA PGRI 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Hekmahtiyar, Avid Hawastuthi
ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Vol 3, No 6 (2013): ADITYA
Publisher : Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.217 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan media audio visual, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan hasil belajar siswa setelah menggunakan media audio visual. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitaf dan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalahsiswa Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Kebumen tahun pelajaran 2011/2012. Objek penelitian ini langkah-langkah pembelajaran keterampilan sesorah  melalui media video pidato pada siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Kebumen tahun pelajaran 2011/2012; pengaruh penggunaan media audio visual dalam pembelajaran sesorah terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Kebumen; dan  peningkatan kemampuan berpidato siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Kebumen. Teknik pengumpulan data melalui observasi kelas, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Instrumen penelitian menggunakan dafrtar penilaian praktik bersesorah, dan alat tulis. Dalam teknik analisis data digunakan kuantitaf dan metode kualitatif. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Hasil penelitian diketahui bahwa: bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil tes kemampuan siswa pada setiap siklusnya. sebanyak 6 siswa atau sebesar 20%, siklus I sebanya 73%. Siswa dengan keaktifan baik pada pra siklus sebanyak 5 siswa atau sebesar 17%, pada siklus I dan siklus II siswa atau 37%, dan pada siklus II sebanyak 20 siswa atau sebesar 67%. Hasil tes kemampuan siswa juga meningkat. Hal ini terlihat pada hasil tes siswa pada tahap pra siklus aspek pelafalan 3,3 kemudian pada siklus I sebesar 3,7 dan pada siklus II sebesar 4,2. Kemudian aspek kelancaran pada tahap pr siklus sebesar 3,2 dan pada tahap siklus I sebesar 3,8 serta pada tahap siklus II sebesar 42. Aspek gaya pada taha pra siklus adalah 2,7; pada tahap siklus I sebesar 3,2 dan pada tahap siklus II sebesar 3,8.     Kata kunci : keterampilan sesorah, media audio visual
GUGON TUHON SEPUTAR MASA KEHAMILAN DI DESA KARANGSEMBUNG KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP Dinasti, Ayu Candra
ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Vol 3, No 1 (2013): ADITYA
Publisher : Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.055 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk gugon tuhon seputar masa kehamilan di Desa Karangsembung Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap; (2) makna dan fungsi gugon tuhon seputar masa kehamilan di Desa Karangsembung Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap; dan (3) persepsi masyarakat Desa Karangsembung Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kebudayaan. Objek penelitian ini adalah ibu-ibu hamil, dukun bayi, sesepuh desa, warga masyarakat Desa Karangsembung. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, rekaman dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga bentuk gugon tuhon yang ditemukan peneliti, antara lain (1) larangan dan anjuran dalam bentuk makanan; (2) larangan dan anjuran dalam bentuk perilaku; (3) larangan dan anjuran dalam bentuk waktu. Makna yang terkandung dalam gugon tuhon seputar masa kehamilan adalah makna gramatikal dan makna kultural, sedangkan fungsi yang terdapat dalam gugon tuhon seputar masa kehamilan adalah fungsi sebagai pengatur etika, moralitas, dan sopan santun, sebagai pengatur kesehatan, sebagai pengatur kebersihan. Persepsi atau tanggapan masyarakat Desa Karangsembung terhadap keberadaan tradisi lisan berupa gugon tuhon seputar masa kehamilan dipengaruhi oleh tiga faktor, antara lain faktor usia, faktor pendidikan, dan yang terakhir adalah faktor keturunan.     Kata kunci: gugon tuhon, seputar masa kehamilan  

Page 1 of 42 | Total Record : 413