cover
Contact Name
Hasrian Rudi Setiawan
Contact Email
hasrianrudi@umsu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
intiqad@umsu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM "INTIQAD"
ISSN : 19799950     EISSN : 25980033     DOI : -
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, published by the Faculty of Islamic Religion, University of Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan, Indonesia, which includes articles on the scientific research field of Islamic studies and Islamic education, Islamic law, and Islamic economics. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam accepts manuscripts in the field of research includes scientific fields relevant to: Islamic studies, Islamic education, Islamic law and Islamic economics. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam published Twice a year in June and December.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 9, No 1 (2017)" : 9 Documents clear
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017 Rudi Setiawan, Hasrian; Masitah, Widya
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam Vol 9, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.903 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v9i1.1081

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan jangka panjang yaitu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa serta mempengaruhi pola pikir mahasiswa agar senang belajar secara berkelompok, yang diharapkan dapat menumbuhkan sikap sosial, rasa percaya diri, menumbuhkan semangat, berfikir kreatif dan inovatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah yaitu: 1). Melakukan persiapan terhadap penelitian yang akan dilaksanakan; 2). Merencanakan tindakan yang akan dilakukan selama proses penelitian; 3). Melaksanakan tindakan di kelas sekaligus melakukan observasi atau pengamatan langsung; 4). Refleksi. Adapun hasil penelitian ini secara umum, yaitu: Pertama, Hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester II Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif group investigation, yaitu hasil belajar mahasiswa pada pra tindaan hanya 10 orang mahasiswa yang mendapat nilai tuntas atau mencapai 41.67%. Sedangkan pada siklus I hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan dibandingkan dengan kegiatan pra tindakan, yaitu mencapai 22 orang mahasiswa yang mendapat nilai tuntas atau mencapai 91,67%. Kedua, Motivasi mahasiswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif group investigation di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menunjukkan kondisi positif dan menggembirakan, yang sebelumnya pada kegitan pra tindakan menunjukkan motivasi belajar siswa, yaitu 66.67%, sedangkan pada siklus kedua mengalami peningkatan, yaitu: 81.88%Key words: Motivasi, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation
Peran Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Istiqlal Deli Serdang Tahun Ajaran 2016-2017 Masitah, Widya; Rudi Setiawan, Hasrian
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 9, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.838 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v9i1.1087

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilakukan di SDIT Daarul Istiqlal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan  hasil  belajar  siswa  antara  siswa  yang  sebelum masuk sekolah dasar tidak mengikuti pendidikan anak usia dini dengan siswa  yang  sebelum  masuk  sekolah  dasar  mengikuti  pendidikan  anak usia dini dan melihat perbedaan  hasil  belajar  agama  islam  antara  siswa  yang sebelum memasuki sekolah dasar tidak mengikuti pendidikan anak usia dini, siswa yang sebelum memasuki sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Taman Kanak-Kanak dengan siswa yang sebelum masuk sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Raudhatul Athfal. Pengumpulan data melalui nilai ujian. Pengujian yang dilakukan dengan menggunakan Uji t . Jika dilihat hasil belajar siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran agama islam terbukti bahwa ada  perbedaan  hasil  belajar  agama  islam  antara  siswa  yang sebelum memasuki sekolah dasar tidak mengikuti pendidikan anak usia dini, siswa yang sebelum memasuki sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Taman Kanak-Kanak dengan siswa yang sebelum masuk sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Raudhatul Athfal. Hal ini terlihat dari perbedaan hasi belajar yang signifikan pada mata pelajaran praktek islam seperti praktek sholat, tahsin qur’an dan tahfiz qur’an. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan Jika Sig < α = 0.05 : H1 diterimaa atau Ho diterima. Hasil perhitungan Praktek sholat 0,025 < 0.05. Hasil perhitungan Tahfis 0.001 < 0.05. Hasil perhitungan Tahsin 0.009 < 0.05.  Kata Kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Hasil Belajar, SDITKorespondensi : FAI Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara                           Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 03 Medan
PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP COPING STRESS PADA MAHASISWA FAI UMSU Maini Sitepu, Juli; Nasution, Mawaddah
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 9, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.102 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v9i1.1082

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh konsep diri terhadap coping stress pada mahasiswa FAI UMSU khususnya semester terakhir. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode deskriftif dengan studi korelasi dan menggunakan skala likert untuk mengukur konsep diri dan coping stress mahasiswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan skala Likert. Data yang dieroleh akan dianalisis menggunakan perhitungan korelasi product momen, regresi sederhana dari variabel bebas atas variabel terikat yang dilakukan dengan menggunakan fasilitas program SPSS (Statistic Program for Social Science) for Windows 15. Dari hasil penelitian yag telah dilakukan memperoleh hasil bahwasaya konsep diri berperan positif terhadap coping stress. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki konsep diri yang positif mampu membuat strategi coping yang tepat dalam mengatasi permasalahannya sehingga mahasiswa dapat bertahan terhadap stres.  Kata Kunci : Konsep diri, Coping stress
Konsep Kepemimpinan dan Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Sistem Pendidikan Muhammadiyah (Studi Kasus SMP Muhammadiyah 1 Medan) ,, Aulia
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 9, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.228 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v9i1.1078

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk: mengetahui konsep kepemimpinan dan pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah, serta sistem pendidikan di SMP 1 Muhammadiyah Medan. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan  metode wawancara dan observasi. Agar data tersebut dapat dipercaya (valid), maka dilakukan pengujian keabsahan data. Langkah terakhir adalah melakukan analisis data, dengan tiga cara: (1) mereduksi data, dengan membuang data yang tidak diperlukan (2) menyajikan data yang sesuai dengan dan menghubungkan antara data yang satu dengan lainnya, sehingga memberikan informasi yang utuh pada permasalahan yang dibicarakan (3) menginterpretasi data tersebut menganalisisnya, dan menyimpulkannya. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh informasi bahwa,  konsep kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah dengan memajukan sekolah secara internal dan eksternal, menjalin komunikasi yang baik dengan guru atau pegawai, menanggapi kesulitan yang dihadapi oleh guru dengan melimpahkan kepada ahlinya, menasehati guru atau pegawai yang melanggar peraturan, memberikan penghargaan kepada guru atau pegawai yang berprestasi, mengadakan dan melibatkan guru dan pegawai ketika rapat, menjadi penentu keputusan, menyampaikan visi, misi dan tujuan sekolah, meningkatkan kemampuan manajerialnya melalui informasi dan pelatihan, memberdayakan penggunaan fasilitas sekolah, menanamkan akhlak al-karimah di sekolah, memberikan motivasi dan meningkatkan kinerja guru, merekrut dan menempatkan guru atau pegawai berdasarkan profesionalitas dan akhlaknya, mengevaluasi kinerja pegawai, khususnya guru, serta yang terakhir ikut berkontribusi terhadap pencapaian prestasi siswa. Adapun pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dapat dilihat dari nilai PKG sebagian guru yaitu, sudah berada pada level amat baik, begitu juga dengan nilai rata-rata keseluruhan guru, sedangkan yang terendah hanya dua orang saja yang berpredikat baik. Kepemimpinan kepala sekolah dalam sistem pendidikan berada di bawah pengawasan dan bertanggung jawab kepada suatu lembaga yang disebut Dikdasmen. Key Word: Konsep Kepemimpinan, Pelaksanaan Supervisi Akademik, Sistem Pendidikan Muhammadiyah
Perbedaan Sikap Terhadap Aksi Pornografi Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Mahasiswa FAI UMSU Nasution, Mawaddah; Maini Sitepu, Juli
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 9, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (61.485 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v9i1.1083

Abstract

ABSTRAKPornografi memang belakangan ini sangat menyita perhatian banyak khalayak, terkhusus lagi di kalangan remaja. Remaja saat ini dapat dengan mudah mengakses berbagai hal yang berhubungan dengan aksi pornografi, dan masih banyak lagi aksi pornografi lainnya yang bisa dilihat di lingkungan sekitar. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan sikap terhadap aksi pornografi jika ditinjau dari jenis kelaminnya. Penelitian ini ingin melihat sejauh mana perbedaan antara remaja laki-laki dan remaja perempuan dalam menyikapi aksi pornografi yang ada di masyarakat. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, dengan menggunakan tes atau skala tentang sikap. Dari penelitian yang telah dilakukan maka di dapat hasil perhitungan nilai rata-rata hipotetik dan empirik bahwa laki-laki memiliki SB/SD 8,607, mean hipotetik 50, mean empiric 60,72. Sedangkan perempuan memiliki SB/SD 5,304, mean hipotetik 50, mean empiric 67,54. Maka dari hasil tersebut diketahui bahwa perempuan lebih memiliki sikap positif terhadap aksi pornografi dibandingkan dengan laki-laki. Kata kunci : sikap, aksi pornografi
Penerapan Kejujuran Dan Tanggung Jawab Dalam Etika Bisnis Syariah Pada Wirausaha Muslim Di Kecamatan Medan Marelan Maharani, Dewi
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 9, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (76.718 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v9i1.1079

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui para wirausahawan di Kecamatan Medan Marelan telah menerapkan kejujuran dan tanggung jawab dalam etika bisnis syariah dalam kegiatan bisnisnya. Wirausaha muslim menjalankan usahanya sesuai syari’at Islam. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara observasi dan wawancara langsung pada wirausaha muslim di Kecamatan Medan Marelan. Untuk mencapai hasil penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimana peneliti terlibat langsung secara aktif menemui, mengamati, serta mewawancarai partisipan guna mengungkap kejujuran dan tangung jawab dalam etika bisnis berbasis syariah pada wirausaha muslim yang ada di Kecamatan Medan Marelan. Kata kunci: Etika Bisnis berbasis syariah, wirausaha muslim.
Analisis Pengaruh Non Performing Loan, Dana Pihak Ketiga, Terhadap Pembiayaan Akad Mudharabah di Bank Syariah Pradesyah, Riyan
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 9, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.454 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v9i1.1085

Abstract

ABSTRAK            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Non Performing Finance, dan Dana Pihak Ketiga terhadap pemberian pembiayaan mudharabah. Sampel yang digunakan adalah NPF, DPK dan Mudharabah, dari bulan januari 2012 sampai Desember 2015. Pendekatan penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi berganda, dengan menggunakan SPSS. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada alpha 5%, penulis menyimpulkan bahwa hasil analisis pengaruh Non Performing Loan, dan Dana Pihak Ketiga, terhadap pembiayaan akad Mudharabah di Bank Syariah, secara bersamaan berepengaruh dengan tingkat alpha 5% dan nilai palue nya adalah 0,00. Sedangkan secara tunggal, variabel Non Performing Finance sebesar 0,570 atau 5,70%. Dan variabel Dana Pihak Ketiga berpengaruh sebesar 0,413 atau 4,13%. Itu berarti, NPF mempunyai pengaruh secara dominan terhadap pembiayaan mudharabah.Kata Kunci : Non Performing Finance (NPF), Dana Pihak Ketiga (DPK), Pembiayaan Mudharabah.
Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Muhamammadiyah 1 Medan ., Dianto
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 9, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.898 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v9i1.1080

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan dan bertujuan untuk mengetahui: 1) Keteladanan guru pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. 2) Keteladanan guru pendidikan agama Islam dalam membina kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. 3) Keteladanan guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. 4) Pandangan dan pendapat siswa tentang keteladanan guru pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Pada umumnya alasan menggunakan metode kualititif karena permasalahan belum jelas, dinamis, dan penuh makna sehingga tidak mungkin data pada situasi sosial tersebut di jaring dengan metode penelitian kuantitatif. subyek dalam penelitian ini adalah empat guru pendidikan agama Islam yaitu guru mata pelajaran Alquran Hadist, Akidah Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil penelitian menemukan bahwa keteladanan guru sebagai orangtua di madrasah sangat berpengaruh dalam mendidik siswa agar bisa menjadi generasi yang beriman, bermoral dan berpendidikan. Guru pendidikan agama Islam sudah mempunyai sikap sopan santun, kedisplinan, berprestasi dan nilai-nilai ketaqwaan kepada Allah. Kemudian guru Agama Islam di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan juga mempunyai sifat kesabaran, wibawa, bersahabat, kerja keras, dan bertanggung jawab. Upaya guru di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan dalam menanamkan minat belajar dan kedispilinan siswa diawali dari guru itu sendiri sebagai suri tauladan bagi siswa, mulai dari kesabaran dan kesungguhan dalam mengajar. 
Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Media dan Sumber Belajar TK/RA dengan Metode Demonstrasi di Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal FAI UMSU 2016-2017 Harfiani, Rizka
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 9, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.553 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v9i1.1086

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, dengan menggunakan metode demonstrasi dalam merancang, membuat dan menggunakan alat permainan edukatif (APE) bagi anak Raudhatul Athfal (RA)/Taman Kanak-Kanak (TK), yang dapat langsung diaplikasikan dalam proses pembelajaran. APE bagi anak RA/TK merupakan salah satu materi dalam mata kuliah Media dan Sumber Belajar RA/TK. Penguasaan terhadap materi APE bagi anak RA/TK sangat diperlukan, agar mahasiswa sebagai calon guru RA/TK memiliki kompetensi professional di bidang pendidikan anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah yaitu: 1). Melakukan persiapan terhadap penelitian yang akan dilaksanakan; 2). Merencanakan tindakan yang akan dilakukan selama proses penelitian; 3). Melaksanakan tindakan di kelas sekaligus melakukan observasi atau pengamatan langsung; 4). Refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara 2016-2017 semester IIIA yang berjumlah 20 orang. Adapun hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa semester IIIA PGRA FAI UMSU pada mata kuliah Media dan Sumber Belajar TK/RA materi Alat Permainan Edukatif bagi anak TK/RA dengan menggunakan metode demonstrasi mengalami peningkatan, yaitu pada pra siklus hanya 8 orang mahasiswa yang mendapat nilai tuntas atau mencapai 40%, dan pada siklus I hasil belajar mengalami peningkatan yaitu mencapai 70%, sedangkan pada siklus II mencapai 19 orang mahasiswa yang mendapat nilai tuntas atau mencapai 95%.   Keywords:  Hasil Belajar, APE, Metode Demonstrasi

Page 1 of 1 | Total Record : 9