cover
Contact Name
Hasrian Rudi Setiawan
Contact Email
hasrianrudi@umsu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
intiqad@umsu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM "INTIQAD"
ISSN : 19799950     EISSN : 25980033     DOI : -
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, published by the Faculty of Islamic Religion, University of Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan, Indonesia, which includes articles on the scientific research field of Islamic studies and Islamic education, Islamic law, and Islamic economics. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam accepts manuscripts in the field of research includes scientific fields relevant to: Islamic studies, Islamic education, Islamic law and Islamic economics. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam published Twice a year in June and December.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 10, No 1 (2018)" : 10 Documents clear
Hubungan Persepsi Sifat Amanah Terhadap Pelaksanaan Ujian Yang Jujur Pada Siswa Kelas VII MTs Swasta Jamiyah Mahmudiyah Muchtar, Muhizar
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 10, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.382 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v10i1.1928

Abstract

Kejujuran wajib dibina dengan sebaik-baiknya. Salah satu usahanya adalah dengan melalui meneladani sifat Rasulullah Saw. Dari observasi sementara peneliti melihat kurangnya sifat amanah di siswa kelas VII MTs Swasta Jamiyah Mahmudiyah karena ada yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) sehingga apa yang diamanahkan oleh guru untuk mengerjakan pekerjaan rumah tidak dikerjakan sesuai amanah guru mereka. Usaha seperti itu seharusnya biasa dilakukan guru supaya peserta didik mau mengulang pelajaran di rumah dengan diadakannya tetapi kenyataannya siswa tidak melaksanakannya. Untuk mewujudkan persepsi sifat amanah salah satu faktor yang sangat penting adalah dalam pelaksanaan ujian yang jujur. Pelaksanaan ujian jangan sekali-kali melakukan kecurangan, tetapi percayalah kepada kemampuan diri sendiri. 
Pengaruh Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Pada BMT El-Munawar Medan Haryati, Isra; Fitria, Suci
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 10, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.798 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v10i1.1924

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Pada BMT El-Munawar Medan. Masalah dalam penelitian ini adalah kinerja karyawan kurang optimal disebabkan kemampuan kerja karyawan kurang maksimal dan motivasi kerja karyawan menurun dalam melaksanakan pekerjaannya. Penelitian ini menggunakan metode Teknik analisis data menggunakan uji kualitas data, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, uji regresi sederhana, uji hipotesis, uji parsial t hitung (uji t), uji determinasi, dengan jumlah sampel sebanyak 15 responden yang ditentukan dengan teknik non probability sampling sebagai penentu jumlah responden yang ditujukan untuk BMT El-Munawar Medan, dimana metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket.            Hasil penelitian menunjukkan bahwa burnout berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Hal ini dibuktikan dengan ditolaknya hipotesis H0 melalui pengujian hipotesis dimana terdapat nilai t hitung (34,264) > t tabel (2,160), dengan nilai sig 0,000 < 0,05 menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji Determinasi Nilai R Square 0,989 atau 98,9% menunjukkan sekitar 98,9% variabel kinerja karyawan (Y) dipengaruhi oleh burnout (X). Sementara sisanya sebesar 1,1% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka penulis menarik kesimpulan dalam penelitian ini variabel burnout mempunyai pengaruh positif sebesar 0,989 atau 98,9% terhadap kinerja karyawan pada BMT El-Munawar Medan.
Bay Al-Salam dan Bay Al-Istisna (Kajian Terhadap Produk Perekonomian Islam) Hasanah, Uswah
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 10, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.631 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v10i1.1929

Abstract

Bentuk-bentuk pokok dalam akad jual beli yang telah dibahas oleh para ulama fiqh muamalah terbilang cukup banyak. Jumlahnya bisa mencapai belasan bahkan sampai puluhan. Sungguhpun demikian, dari sekian banyak itu, ada tiga jenis jual beli yang telah dikembangkan sebagai sandaran pokok dalam pembiayaan modal kerja dan investasi dalam perbankan syariah yaitu murabahah, as-salam, dan al-istishna. Dengan semakin berkembangnya pembahasan tentang ekonomi Islam tuntutan untuk menggunakan transaksi yang praktis dan sesuai dengan syariah Islam pun terus meningkat. Bay’ al-salam dan Bay’al-istihsna’  merupakan akad jual beli yang terjadi ketika sesorang menginginkan suatu barang dengan karakteristik tertentu untuk membelinya, sedangkan barang tersebut belum ada saat terjadi akad. Walaupun demikian kedua akad ini  banyak diminati dengan pertimbangan akad dan barangnya jelas, walaupun dengan cara pemesanan baik pada bay’al-salam mapun bay’al-istishna’ melalui  pola pembayaran secara tunai ataupun dengan cicilan  dengan kriteria dan persyaratan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Kedua akad ini juga merupakan jawaban dari permasalahan hukum bagaimana ketika seseorang melakukan muamalah melalui media internet yang para pihak tidak ada dalam satu majlis. Indikasi ini menunjukkan bila akad-akad dalam muamalah Islam mampu menjawab perkembangan zaman kontemporer.
Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Medan Arif Hidayat, Muhammad
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam Vol 10, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.647 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v10i1.1925

Abstract

Penelitian ini menggunakan teknik gabungan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk melihat suatu variabel yaitu pengelolaan kelas pada pemahaman dan Hasil belajar siswa sebagai variabel yang menyertai variabel pengelolaan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII1 dan VII2 di MTs Negeri 2 Medan sebanyak 40 orang siswa pada kelas eksperimen dan 40 orang siswa pada kelas kontrol, maka peneliti memperoleh kesimpulan sebagai berikut; 1) Siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan pengelolaan kelas menunjukan pemahaman Quran Hadis secara signifikan lebih baik di bandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara biasa. Hal ini terlihat dari skor rata-rata pemahaman Quran Hadis di kedua kelas, walaupun keduanya dalam kualifikasi sedang; 2) Hasil Belajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan pengelolaan kelas menunjukan secara signifikan lebih baik di bandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara biasa. Hal ini terlihat dari rata-rata kemampuan Hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan pengelolaan kelas berada pada kualifikasi sedang, sedangkan rata-rata kemampuan Hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran biasa berada pada kualifikasi kurang; 3) Terdapat korelasi yang positif antara pemahaman Quran Hadis dengan kemampuan Hasil belajar siswa. Pada kelas kelompok eksperimen di peroleh hasil bahwa korelasi pemahaman Quran Hadis terhadap kemampuan Hasil belajar siswa lebih besar di bandingkan dengan kelas kelompok kontrol.
Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral dan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Pembiasaan Di Ra. Al-Hikmah Masitah, Widya; Rudi Setiawan, Hasrian
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam Vol 10, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.395 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v10i1.1930

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas peneliti yaitu kelompok B RA Al Hikmah jalan Kebun Kopi GG. Sapta Kecamatan Patumbak dengan jumlah anak sebanyak 17 anak dengan 7 anak laki-laki dan 8 anak Perempuan.Teknik analisis data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan melalui 3 siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan ketentuan ketuntasan minimal anak BSH dan ketuntasan anak maksimal BSB maka dapat dirata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus 32,33% selanjutnya siklus 1 rata-ratanya adalah 51,66%, pada siklus 2 terjadi peningkatan dengan rata-rata 78,33%, selanjutnya pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 88,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa dengan melakukan latihan dan pembiasaan maka moral dan social emosional anak dapat meningkat.
Strategi Bank BRI Syariah Dalam Menangani Kredit Bermasalah Di BRI Syaraiah KC. Medan Wahyuni Lubis, Arnida; Sholeh Shahfithrah, M.
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 10, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.066 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v10i1.1920

Abstract

Bank syariah adalah salah satu bentuk dari perbankan nasional yang mendasarkan operasionalnya pada syariat (hukum) Islam. Strategi adalah rencana yang di satukan, menyeluruh dan terpadu yang mengaitkan keunggulan strategi perusahaan dengan tantangan lingkungan dan di rancang untuk memastikan bahwa tujuan utama perusahaan dapat di capai melalui pelaksanaan yang tepat oleh perusahaan. Kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga. 
Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Atasan-Bawahan dan Persepsi Terhadap Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kepuasan Kerja Guru SMA Muhammadiyah 2 Tanjung Sari Medan ,, Mavianti
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 10, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.226 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v10i1.1926

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal atasan bawahan dan persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (a). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal atasan bawahan dengan kepuasan kerja Guru SMA Muhammadiyah 2 Tanjung Sari Medan, (b). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja Guru SMA Muhammadiyah 2 Tanjung Sari Medan, (c). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal atasan bawahan dan persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru SMA Muhammadiyah 2 Tanjung Sari Medan. 
Ekonomi Islam: Solusi Terhadap Masalah Sosial-Ekonomi Maharani, Dewi
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 10, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.269 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v10i1.1921

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menemukan beberapa solusi dalam masalah sosial-ekonomi. Ini berfokus pada konsep ekonomi Islam. Sejarah menunjukkan bahwa sistem ekonomi Islam sangat efektif untuk memulihkan berbagai jenis masalah sosial ekonomi, karena diimplementasikan sesuai Alquran dan Hadis. Jika ekonomi Islam di implementasikan dengan baik dan benar, banyak masalah sosial ekonomi yang penting dapat diantisipasi. Karena ekonomi Islam dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga setiap masalah sosial ekonomi tidak akan sesuai jika ekonomi Islam diimplementasikan dengan baik dan benar.
Dampak Pola Asuh Terhadap Perilaku Agresif Remaja Di Lingkungan X Kel Suka Maju Kec Medan Johor Nasution, Mawaddah; Maini Sitepu, Juli
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam Vol 10, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.273 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v10i1.1927

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak dari pola asuh yang diterapkan orangtua terhadap perilaku agresif remaja yang berada di lingkungan X Kel Suka Maju Kec Medan Johor, sehingga akan mendapatkan gambaran dan data pola asuh seperti yang selama ini diterapkan orangtua, sehingga anak menampilkan perilaku agresif. Untuk melihat bagaimana dampak pola asuh yang diterapkan orangtua terhadap perilaku agresif pada remaja yang berada di lingkungan X kel Suka Maju kec Medan Johor, digunakan metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam terhadap subjek. Teknik ini digunakan untuk mendapatkan hasil dan gambaran yang lebih jelas mengenai pola asuh yang diterapkan orangtua yang menimbulkan perilaku agresif pada anak. Subjek dalam hal ini adalah orangtua yang memiliki anak remaja dengan peilaku agresif.
Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus FKIP UMSU Haryati, Feri; Wulan Sari, Ambar
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 10, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.091 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v10i1.1922

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh pendekatan open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan soft skill mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester satu pendidikan matematika UMSU tahun ajaran 2017/2018, dengan menggunakan dua kelas yang telah ditentukan. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan open ended, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian, angket soft skill, lembar observasi dan pedoman interview. Kesimpulan diambil berdasarkan hasil pengolahan dan analasis data menggunakan uji T-test dengan bantuan program Microsoft Excel dan program SPSS 17. Hasil yang  diperoleh bahwa  kemampuan pemecahan masalah matematis dan soft skill mahasiswa lebih baik dari kelas konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan open ended berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan soft skill mahasiswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10