cover
Contact Name
Hasrian Rudi Setiawan
Contact Email
hasrianrudi@umsu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
intiqad@umsu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM "INTIQAD"
ISSN : 19799950     EISSN : 25980033     DOI : -
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, published by the Faculty of Islamic Religion, University of Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan, Indonesia, which includes articles on the scientific research field of Islamic studies and Islamic education, Islamic law, and Islamic economics. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam accepts manuscripts in the field of research includes scientific fields relevant to: Islamic studies, Islamic education, Islamic law and Islamic economics. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam published Twice a year in June and December.
Arjuna Subject : -
Articles 73 Documents
Hubungan Kebiasaan Membaca Al-Qur’an dengan Pembentukan Karakter Agama Islam Siswa Kelas Xi Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 9, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.747 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v9i2.1382

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan membaca al-qur’an dengan pembentukan karakter agama islam siswa kelas XI MAN 2 Model Medan. Adapun populasi dalam penelitian ini meliputi sebagian siswa MAN 2 Model Medan Terpilihnya kelas XI sebagai populasi penelitian dikarenakan siswa kelas XI sudah masuk pada kategori remaja sehingga memiliki nalar yang sudah dapat diarahkan dengan baik. Penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian ekperimen semu (quasi experiment). Desain yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tiga tahapan,yaitu: (1) Tahap penyusunan perangkat pembelajaran dan instrument penelitian, (2) Tahap uji coba perangkat pembelajaran dan instrument penelitian, (3) Tahap pelaksanaan eksperiment. Setiap tahapan dirancang sedemikian sehingga diperoleh data yang valid sesuai dengan karakteristik variabel sesuai dengan tujuan penelitian.Sampel penelitian yang dipilih adalah 42 siswa kelas XI IPA 1 MAN 2 Model Medan secara acak (random sampling). Tahap pemilihan secara acak dimungkinkan karena informasi dari kepala sekolah dan guru kelas pendistribusian siswa pada setiap kelas merata secara heterogen. Hasil utama dari penelitian ini adalah: (1) Kebiasaan membaca Al-Qur’an berkonstribusi positif dan meyakinkan terhadap siswa kelas XI MAN 2 Model Medan dan dikategorikan  sangat baik. 42 (100 %). (2) Pembentukan karakter agama Islam siswa kelas XI MAN 2 Model Medan sudah dikategorikan adalah sangat baik. 41 (97,6 %). (3) Kebiasaan membaca Al-Qur’an berkontribusi positif dan meyakinkan terhadap pembentukan karakter agama Islam siswa kelas XI MAN 2 Model Medan sudah dikategorikan sebagian besar adalah baik dengan tingkat siknifikan yang sedang atau cukup. (4) Proses kebiasaan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI MAN 2 Model Medan semakin membaik setelah diterapkannya sistem membaca ayat Al-Qur’an diawal dan diakhir pembelajaran. Dari yang kurang lancar menjadi lebih lancar, kurang memahami makhraj menjadi lebih memahami. (5) Proses pembentukan karakter siswa kelas XI MAN 2 Model Medan menjadi lebih baik setelah setelah mereka gemar membaca Al-Qur’an. Dari yang tadinya malas mengerjakan tugas menjadi lebih rajin.  Keywords: Membaca Al-Quran dan Pembentukan Karakter.
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017 Rudi Setiawan, Hasrian; Masitah, Widya
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam Vol 9, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.903 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v9i1.1081

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan jangka panjang yaitu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa serta mempengaruhi pola pikir mahasiswa agar senang belajar secara berkelompok, yang diharapkan dapat menumbuhkan sikap sosial, rasa percaya diri, menumbuhkan semangat, berfikir kreatif dan inovatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah yaitu: 1). Melakukan persiapan terhadap penelitian yang akan dilaksanakan; 2). Merencanakan tindakan yang akan dilakukan selama proses penelitian; 3). Melaksanakan tindakan di kelas sekaligus melakukan observasi atau pengamatan langsung; 4). Refleksi. Adapun hasil penelitian ini secara umum, yaitu: Pertama, Hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester II Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif group investigation, yaitu hasil belajar mahasiswa pada pra tindaan hanya 10 orang mahasiswa yang mendapat nilai tuntas atau mencapai 41.67%. Sedangkan pada siklus I hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan dibandingkan dengan kegiatan pra tindakan, yaitu mencapai 22 orang mahasiswa yang mendapat nilai tuntas atau mencapai 91,67%. Kedua, Motivasi mahasiswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif group investigation di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menunjukkan kondisi positif dan menggembirakan, yang sebelumnya pada kegitan pra tindakan menunjukkan motivasi belajar siswa, yaitu 66.67%, sedangkan pada siklus kedua mengalami peningkatan, yaitu: 81.88%Key words: Motivasi, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation
Implementasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif dan Aspek Afektif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Semester III Kelas A Pagi Program Studi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Ut Hayati, Isra
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 8, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.193 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v8i2.727

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan aspek kognitif mahasiswa yang diukur melalui hasil  belajar mahasiswa dan aspek afektif mahasiswa materi Akuntansi Keuangan Semester III A Kelas Pagi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Lima tahapan pembelajaran model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS )terdiri dari aspek partisipasi, aspek penilaian/penentuan sikap, aspek organisasi, aspek pembentukanpola hidupHasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan aspek kognitif mahasiswa dan aspek afektif mahasiswa Semester III A Kelas Pagi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mata kuliah Akuntansi Keuangan. Pada siklus I terdiri dari lima tahapan aspek afektif mahasiswa yaitu aspek penerimaan nilai rata-rataobservasi  sebesar 95; aspek partisipasi nilai rata-ratanya sebesar 93,5; aspek penilaian/penentuan sikap nilai rata-ratanya sebesar 97; aspek organisasi nilai rata-ratanya sebesar 95; aspek pembentukanpola hidup nilai rata-ratanya sebesar 96,5. Aspek kognitif yang diukur melalui hasil belajar menunjukkan peningkatan hasil belajar mencapai 93,18% dari pra tindakan. Kata Kunci: Learning Cycle, refleksi.Korespondensi: FAI Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 03 Medan
Hubungan Persepsi Sifat Amanah Terhadap Pelaksanaan Ujian Yang Jujur Pada Siswa Kelas VII MTs Swasta Jamiyah Mahmudiyah Muchtar, Muhizar
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 10, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.382 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v10i1.1928

Abstract

Kejujuran wajib dibina dengan sebaik-baiknya. Salah satu usahanya adalah dengan melalui meneladani sifat Rasulullah Saw. Dari observasi sementara peneliti melihat kurangnya sifat amanah di siswa kelas VII MTs Swasta Jamiyah Mahmudiyah karena ada yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) sehingga apa yang diamanahkan oleh guru untuk mengerjakan pekerjaan rumah tidak dikerjakan sesuai amanah guru mereka. Usaha seperti itu seharusnya biasa dilakukan guru supaya peserta didik mau mengulang pelajaran di rumah dengan diadakannya tetapi kenyataannya siswa tidak melaksanakannya. Untuk mewujudkan persepsi sifat amanah salah satu faktor yang sangat penting adalah dalam pelaksanaan ujian yang jujur. Pelaksanaan ujian jangan sekali-kali melakukan kecurangan, tetapi percayalah kepada kemampuan diri sendiri. 
PENINGKATKAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MAZE PADA ANAK DI RA SABARIYAH KELURAHAN HARJOSARI II KECAMATAN MEDAN AMPLAS Masitah, Widya; Wahyuni, Sri
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 9, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (84.689 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v9i2.1387

Abstract

AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas peneliti yaitu kelompok B RA Sabariyah Kelurahan Harjosari II dengan jumlah anak sebanyak 17 anak dengan 10 anak laki-laki dan 7 anak Perempuan.Teknik analisis data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan melalui 3 siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visual spasial anak dapat ditingkatkan dengan menggunakan media bermain maze pada RA Sabariyah Kelurahan Harjosari II Kecamatan Medan Amplas Tahuan ajaran 2015/2017, hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian pada setiap siklus; prasiklus visual spasial anak sangat rendah yaitu hasil persentase rata-rata sebesar 26,5%, pada siklus 1 hasil persentase rata-rata sebesar 41%, pada siklus 2 hasil persentase rata-rata sebesar 57,5% dan pada siklus 3 rata-rata sebesar 85%. Keywords         : Visual spasial, bermain mazeKorespondensi : FAI Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 03 Medan    
Peran Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Istiqlal Deli Serdang Tahun Ajaran 2016-2017 Masitah, Widya; Rudi Setiawan, Hasrian
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 9, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.838 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v9i1.1087

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilakukan di SDIT Daarul Istiqlal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan  hasil  belajar  siswa  antara  siswa  yang  sebelum masuk sekolah dasar tidak mengikuti pendidikan anak usia dini dengan siswa  yang  sebelum  masuk  sekolah  dasar  mengikuti  pendidikan  anak usia dini dan melihat perbedaan  hasil  belajar  agama  islam  antara  siswa  yang sebelum memasuki sekolah dasar tidak mengikuti pendidikan anak usia dini, siswa yang sebelum memasuki sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Taman Kanak-Kanak dengan siswa yang sebelum masuk sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Raudhatul Athfal. Pengumpulan data melalui nilai ujian. Pengujian yang dilakukan dengan menggunakan Uji t . Jika dilihat hasil belajar siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran agama islam terbukti bahwa ada  perbedaan  hasil  belajar  agama  islam  antara  siswa  yang sebelum memasuki sekolah dasar tidak mengikuti pendidikan anak usia dini, siswa yang sebelum memasuki sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Taman Kanak-Kanak dengan siswa yang sebelum masuk sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Raudhatul Athfal. Hal ini terlihat dari perbedaan hasi belajar yang signifikan pada mata pelajaran praktek islam seperti praktek sholat, tahsin qur’an dan tahfiz qur’an. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan Jika Sig < α = 0.05 : H1 diterimaa atau Ho diterima. Hasil perhitungan Praktek sholat 0,025 < 0.05. Hasil perhitungan Tahfis 0.001 < 0.05. Hasil perhitungan Tahsin 0.009 < 0.05.  Kata Kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Hasil Belajar, SDITKorespondensi : FAI Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara                           Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 03 Medan
Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelompok B RA Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang Masitah, Widya; Hastuti, Juli
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 8, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.44 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v8i2.733

Abstract

Penelitian yang dilakukan di RA Saidi Turi ini menggunakan PTK dengan melihat sampel dari kelompok B Di RA Saidi Turi, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tanya jawab, diskusi serta dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Teknis analisis data dengan meneliti setiap aspek kegiatan penelitian pada waktu dilaksanakan penelitian serta dianalisa secara baik, Hasil penelitian bahwa ada peningkatan kemampuan bahasa anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media audio visual dari kondisi awal yang hanya 9 anak (43%) meningkat di siklus pertama menjadi 13anak (66%) dan di siklus yang kedua mencapai 17 anak (85%). Maka dapat disimpulkan kemampuan bahasa anak dapat meningkat melalui metode bercerita dengan media audio visual di Kelompok B RA Saidi Turi.Kata Kunci : Kemampuan Bahasa, Metode Bercerita, Media Audio VisualKorespondensi : FAI Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara                           Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 03 Medan
Ilmu Falak dan Perannya dalam Beberapa Cabang Fikih Rakhmadi, Arwin Juli
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 8, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.66 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v8i2.29

Abstract

Ilmu Falak sebagai cabang ilmu pengetahuan tua senantiasa dikaji manusia sepanjang zaman. Di zaman silam ilmu ini dikenal dengan banyak penamaan seperti hayah, nujum, ahkam an-nujum, tanjim, dan lain-lain. Di era Islam ilmu ini berkembang dengan berbagai elaborasi dan akselerasi ilmiah hingga melahirkan temuan-temuan terkini nan teruji serta berguna dalam menentukan waktu-waktu ibadah. Puncak kecemerlangan Ilmu Falak dalam Islam mulai terjadi pada era Abbasiyyah, tepatnya pemerintahan Jafar al Mansur. Kala itu, Ilmu Falak berada pada posisi istimewa, Ilmu Falak saat itu tidak hanya dipelajari dan dilihat dalam perspektif keperluan praktis ibadah saja, namun lebih dari itu, ilmu ini lebih dikembangkan sebagai pondasi dasar terhadap perkembangan sains modern seperti observasi benda-benda angkasa, pelayaran, pertanian, kemiliteran, pemetaan, dan lain-lain.Dalam khazanah fikih Islam, nuansa Ilmu Falak tidak bisa lepas dalam pembahasan waktu-waktu shalat, arah kiblat dan penentuan puasa dan hari raya dengan segala perdebatannya. Penentuan waktu-waktu ibadah dengan bantuan Ilmu Falak di era modern tidak dipungkiri lagi fungsi dan manfaatnya. Banyak persoalan teknis ibadah yang tidak bisa diselesaikan dengan fikih an sich, melainkan dibutuhkan sumbangsih Ilmu Falak. 
Pengaruh Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Pada BMT El-Munawar Medan Haryati, Isra; Fitria, Suci
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 10, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.798 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v10i1.1924

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Pada BMT El-Munawar Medan. Masalah dalam penelitian ini adalah kinerja karyawan kurang optimal disebabkan kemampuan kerja karyawan kurang maksimal dan motivasi kerja karyawan menurun dalam melaksanakan pekerjaannya. Penelitian ini menggunakan metode Teknik analisis data menggunakan uji kualitas data, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, uji regresi sederhana, uji hipotesis, uji parsial t hitung (uji t), uji determinasi, dengan jumlah sampel sebanyak 15 responden yang ditentukan dengan teknik non probability sampling sebagai penentu jumlah responden yang ditujukan untuk BMT El-Munawar Medan, dimana metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket.            Hasil penelitian menunjukkan bahwa burnout berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Hal ini dibuktikan dengan ditolaknya hipotesis H0 melalui pengujian hipotesis dimana terdapat nilai t hitung (34,264) > t tabel (2,160), dengan nilai sig 0,000 < 0,05 menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji Determinasi Nilai R Square 0,989 atau 98,9% menunjukkan sekitar 98,9% variabel kinerja karyawan (Y) dipengaruhi oleh burnout (X). Sementara sisanya sebesar 1,1% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka penulis menarik kesimpulan dalam penelitian ini variabel burnout mempunyai pengaruh positif sebesar 0,989 atau 98,9% terhadap kinerja karyawan pada BMT El-Munawar Medan.
AHMAD SYAFII MAARIF: KAJIAN SOSIAL-INTELEKTUAL DAN MODEL GAGASAN KEISLAMANNYA Qorib, Muhammad
INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM Vol 9, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.344 KB) | DOI: 10.30596/intiqad.v9i2.1383

Abstract

Abstrak Salah satu tokoh pemikiran Islam di Indonesia yang turut serta menciptakan dinamika pemikiran Islam adalah Ahmad Syafii Maarif. Lahir dari kultur Minang yang kaya dengan berbagai kearifan dan kental nuansa keislaman membuat Syafii Maarif akrab dengan ajaran Islam. Situasi sosial tersebut memberikan pengaruh besar terhadap bangunan intelektual Syafii maarif selanjutnya. Meskipun lahir dari keluarga yang sangat sederhana, namun ia memiliki kemauan yang cukup keras untuk terus belajar hingga ke fase pendidikan yang paling tinggi. Tradisi merantau yang telah mendarahdaging bagi masyarakat Minang mengantarkan Syafii Maarif meninggalkan kampung halaman untuk menimba ilmu dan pengalaman di berbagai tempat, sampai pada akhirnya ia terdampar di Ohio Athens dan Chicago Amerika Serikat ketika menyelesaikan program master dan doktornya. Pemikiran keislaman Syafii Maarif ditandai oleh Alquran sebagai kerangka berpikir dan sejarah sebagai analisisnya. Dua hal itu menjadi ciri khas model berpikir Syafii Maarif. Keywords: Islam, Sumpur Kudus, Alquran, Sejarah, Titik-Titik Kisar