cover
Contact Name
Azuar Juliandi
Contact Email
azuarumsu@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jmanbis.umsu@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS
ISSN : 16937619     EISSN : 25804170     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, published by the Departement Management, Faculty of Economics and Business, University of Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan, North Sumatra, Indonesia, which includes articles on the scientific research field of Management Sciences, includes the results of scientific research original, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis accepts manuscripts in the field of research includes scientific fields relevant to: Human Resource Management, Marketing Management, Financial Management, Strategic Management, Organizational Behavior, Business and Entrepreneurship, the relevant Sector Management Science.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 17, No 2 (2016): Oktober - Maret" : 7 Documents clear
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Ira Widya Utama Unit Usaha Driving Range SBCC Mutholib, Mutholib
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 17, No 2 (2016): Oktober - Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.497 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v17i2.997

Abstract

Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai R Square sebesar 0,306. Hal ini menunjukkan kualitas pelayanan dan harga mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 30,6% dan sisanya  69,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Hal ini juga dapat dilihat dari Fhitung > Ftabel (21,394 > 3,090) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05.Kata Kunci : Kualitas pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan.
Ketertarikan Masyarakat Terhadap Bisnis Ritel Di Kota Medan Siregar, Achiruddin
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 17, No 2 (2016): Oktober - Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.557 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v17i2.933

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ketertrikan masyarakat berbelanja di pasar modern atau bisnis ritel di Kota Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan assosiatif. Variabel di gunakan dalam penelitian ini meliputi pasar modern dan pasar tradisional. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berbelanja di pasar modern di Kota Medan, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 170 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan asosiatif dan analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel ketertarikan atau minat beli masyarakat pada pasar modern atau bisnis ritel, dimana hampir 70% masyarakat tertarik untuk berbelanja di pasar modern dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dan sisanya 30% lagi berbelanja di pasar tradisional.Kata Kunci : Bisnis ritel, minat beli masyarakat
Pengaruh Perputaran Persediaan Dan Perputaran Piutang Terhadap Likuiditas Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Priode 2010-2013 Siregar, Qahfi Romula
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 17, No 2 (2016): Oktober - Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.689 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v17i2.1000

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variable perputaran persediaan dan perputaran piutang terhadap likuiditas baik secara parsial maupun simultan pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia priode 2010-2013.  Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia priode 2010-2013 yang berjumlah 12 perusahaan. Sampel penelitian ini di tentukan dengan cara purposive sample. Jenis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data skunder. Analisis data menggunkan analisis regresi berganda menggunakan SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable perputaran persediaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap likuiditas, perputaran piutang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap likuiditas, dan perputaran persediaan dan perputaran piutang secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap Likuiditas.Kata kunci : Perputaran Persediaan, Perputaran Piutang, Likuiditas
Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Think–Pair–Share (TPS) Dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Matematika Di Smpn I Tanjung Morawa Iswiwiyanti, Ade
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 17, No 2 (2016): Oktober - Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.88 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v17i2.934

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) mempunyai perbedaan dari pembelajaran Numbered Kepala Kooperatif ini Together (NHT), di mana didapatkan 1 = 83,00 dengan SD x 1 = 8754 untuk kelas eksperimen 1 sementara itu pada 2 kelas eksperimen didapat 2 = 80.889 oleh SD x 2 = 7672. Data hasil analisis ini menunjukkan t komputasi t tabel (0.348 1.670). Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan antara hasil siswa  yang diajarkan oleh model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan siswa yang belajar   dengan model pembelajaran Numbered Kepala Kooperatif ini Together (NHT) pada materi pelajaran matematika di SMPN I Tanjung MorawaKata Kunci :Model Pembelajaran,Kooperatif Think Pair Share,Numbered Together
Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pasar Valuta Asing Pada Mata Kuliah Ekonomi Internasional 2 (Studi Mahasiswa Semester 5 Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi UMSU) Rahayu, Sri Endang; Febriaty, Hastina
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 17, No 2 (2016): Oktober - Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.817 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v17i2.960

Abstract

Based on the test results, there is increasing student’s understanding of the material implementation of IS-LM model in each cycle. The average value in the first cycle for the fourth semester / A / IESP reached 76.16 and the second cycle is 91.88. Mastery learning in the first cycle is 57.1% and the second cycle is 98.22%. The average value in the first cycle for fourth semester / B / IESP reached 76.25 and the second cycle is 97.95. Mastery learning in the first cycle is 54.5% and the second cycle is 97.73%. Increased understanding of the students followed by increased activity.The conclusion of this study is the students understanding increased with applied learning model CTL in the 4th semester student majoring in economics faculty UMSU economic development. Researchers suggest that professors use in the CTL learning model learning course material application of IS-LM model in macroeconomic 2 courses and lecturers should earnestly to guide students in learning.Keywords :      Understanding of material application IS-LM model, Contextual Teaching and Learning
Analisis Strategi Kemudahan Pelayanan Dan Akurasi Ppob Terhadap Kinerja Payment Point Online Banking (PPOB) Pada Pelanggan Pt Perusahaan Gas Negara Aditi, Bunga
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 17, No 2 (2016): Oktober - Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.574 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v17i2.995

Abstract

Metode dalam penelitian ini dengan pendekatan survey, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif Eksplanatory.Metode pengumpulan data dilakukan dengandaftar pertanyaandan studi dokumentasi. Metode analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan Kemudahan pelayanan dan Akurasi PPOB secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan kinerja PPOB pada pelanggan PT Perusahaan Gas Negara.Kemudahan pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan kinerja PPOB, Akurasi PPOB secara parsial berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan kinerja PPOB. Hasil penelitian menunjukkan Akurasi PPOB yang dominan dalam meningkatkan kinerja PPOB pada pelanggan PT Perusahaan Gas Negara.Nilai koefisien determinasi (R square) menunjukkan bahwa kemampuan. Kemudahan pelayanan dan Akurasi PPOB dapat menjelaskan variasi cukup kuat dalam meningkatkan kinerja PPOB pada pelanggan PT Perusahaan Gas Negara. Kata Kunci : Pelayanan, Akurasi PPOB, Kinerja Payment
Pengaruh Receivable Turn Over Dan Debt To Asset Ratio (DAR ) Terhadap Return On Asset (ROA) Pada Perusahaan Pertanian Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Kamal, M Basri
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 17, No 2 (2016): Oktober - Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.577 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v17i2.996

Abstract

Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa Receivable Turnover dan Debt to Asset Ratio secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). Sedangkan secara simultan penelitian ini membuktikan bahwa Rceivable Turnover dan Debt to Asset Ratio berpengaruh tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROA) pada perusahaan Pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013.Kata Kunci     : Return on Asset, Receivable Turnover , Debt to Asset Ratio.

Page 1 of 1 | Total Record : 7