cover
Contact Name
Azuar Juliandi
Contact Email
azuarumsu@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jmanbis.umsu@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS
ISSN : 16937619     EISSN : 25804170     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, published by the Departement Management, Faculty of Economics and Business, University of Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan, North Sumatra, Indonesia, which includes articles on the scientific research field of Management Sciences, includes the results of scientific research original, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis accepts manuscripts in the field of research includes scientific fields relevant to: Human Resource Management, Marketing Management, Financial Management, Strategic Management, Organizational Behavior, Business and Entrepreneurship, the relevant Sector Management Science.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 16, No 2 (2015): Oktober - Maret" : 8 Documents clear
PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN BATUBARA DI INDONESIA Putri, Linzzy Pratami
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 16, No 2 (2015): Oktober - Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.216 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v16i2.955

Abstract

Hasil uji signifikan simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel Return OnAsset (ROA) dan Return On Equity (ROE) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap harga saham. Hal ini dapat dilihat dari hasil SPSS yang menunjukkan nilai signifikan yang lebih besar dari α (0,111 > 0,05). Hasil uji signifikan individual (uji t) menunjukkan bahwa Return On Asset (ROA) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham, sedangkan pada Return On Equity (ROE)  tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham dimana tingkat signifikannya lebih besar dari 0,05.    Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa secara bersama-sama ReturnOnAsset (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham yang mana kontribusinya terlihat lemah. Karena nilai R-Square sebesar 0,112 atau sebesar 11,2 %.Kata Kunci : Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), HargaSaham
PENGARUH PROMOSI DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. SINAR SOSRO MEDAN Sanjaya, Surya
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 16, No 2 (2015): Oktober - Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.748 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v16i2.961

Abstract

Hasil analisa dengan alat bantu statistic program SPPS Vers.16. Diperoleh hasil persamaan regresi linier berganda adalah Y = a+ b1X1  +b2X2 (Y =  5,584 + 0,523 + 0,312 ). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil variabel promosi (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) dengan Thitung> Ttabel ( 3,578> 1,664) dan variabel merek (X2) Thitung> Ttabel ( 1,979 > 1,664) maka H0  ditolak dan Ha diterima,sehingga ada pengaruh signifikan antara promosi dan merek terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan pengaruh variabel promosi (X1) dan merek (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) adalah (Fhitung19,617>Ftabel  2,72). Dan uji koefisien determinasi dengan nilai R Square adalah 0,338 atau 33,8% sisanya sebesar 66,2% merupakan konstribusi dari variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Promosi , Merek , dan Keputusan Pembelian 
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. RAJAWALI NUSINDO MEDAN Mujiatun, Siti
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 16, No 2 (2015): Oktober - Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jimb.v16i2.957

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dari pengujian pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan terlihat bahwa sig (2 tailed) antara kepuasan kerja dan kinerja karyawan adalah sebesar 0,480 dan >α0,05 maka dinyatakan kepuasan kerja berpengaruh tidak signifikan positif terhadap kinerja karyawan. Dari pengujian pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan terlihat bahwa sig (2 tailed) antara kepuasan kerja dan kinerja karyawan adalah sebesar 0,277 dan >α0,05 maka dinyatakan motivasi kerja berpengaruh tidak signifikan positif terhadap kinerja karyawan. Dari pengujian pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan terlihat tidak ada variabel kepuasan kerja dan motivasi kerja yang berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja, maka dinyatakan kepuasan kerja dan motivasi kerja secara bersamaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerjaKata kunci: Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja
PENGARUH KUALITASPELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN HANDPHONE SAMSUNG Arianty, Nel
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 16, No 2 (2015): Oktober - Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.091 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v16i2.958

Abstract

The approach used in this research is associative which is one type of explanation which is a research study that aims to determine the relationship between two or more variables. This research was conducted at the University of North Sumatra Muhammadiyah location at Jl. Muchtar Captain Basri Medan. In this case the study population are all consumers of Android-based Samsung mobile phone users with no measurable amount. The sample in this study 100 consumer Samsung Android-based mobile phone users. Based on the research results it can be concluded service quality affects customer satisfaction samsung mobile phones. Product quality to customer satisfaction samsung mobile phones. From the calculation, that the quality of product and service quality affects customer satisfaction. The most dominant variable effect on customer satisfaction is the variable quality of service.Keywords: Service Quality, Product Quality and Customer Satisfaction. 
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SURAT KABAR PADA PT. SUARA BARISAN HIJAU HARIAN ORBIT MEDAN Lubis, Akrim Ashal
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 16, No 2 (2015): Oktober - Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.01 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v16i2.949

Abstract

Hasil korelasi sederhana diketahui bahwa ada pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada PT. Suara Barisan Hijau harian Orbit Medan dimana r hitung sebesar 0,332, sedangkan kualitas produk juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian PT. Suara Barisan Hijau harian Orbit Medan dimana r hitung 0,409. Dari uji F diperoleh 5,296 dengan sig 0,008< α0,05, menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti harga (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada taraf α0,05. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh (R-Square) adalah 0,184 atau 18,40%, menunjukkan sekitar 18,40% variabel keputusan pembelian (Y) dapat dijelaskan oleh variabel harga (X1) dan kualitas produk (X2). Atau secara praktis dapat dikatakan bahwa kontribusi harga (X1) dan kualitas produk (X2) terhadap variabel Y (keputusan pembelian) adalah 18,40%. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Harga, KualitasProdukdanKeputusanPembelian
PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA PT. PELABUHAN INDONESIA I (PERSERO) CABANG BELAWAN Siswadi, Yudi
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 16, No 2 (2015): Oktober - Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jimb.v16i2.959

Abstract

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa motivasi berprestasi tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja. Hal ini dapat dilihat dari thitung< ttabel yaitu 1,354 < 1,997, dan thitung berada didaerah penerimaan Ho sehingga Ho diterima (Ha ditolak). Lingkungan kerja menunjukan ada pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja dapat dilihat dari thitung> ttabel yaitu 5,005 > 1,997, dan thitung berada didaerah penolakan Ho sehingga Ho ditolak (Ha diterima), serta secara simultan motivasi berprestasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja, hal ini dapat dilihat dari fhitung> ftabel yaitu 17,033 > 3,136. Selanjutnya koefisien determinasi yang diukur dengan menggunakan R square yaitu sebesar 0,351 (35,1%).Kata kunci  : Motivasi Berprestasi, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja
ANALISIS PELAKSANAAN PROMOTION MIX DAN PENGARUHNYA TERHADAP KUALITAS DAYA SAING USAHA (STUDI KASUS UMKM BERBASIS INDUSTRI KREATIF BINAAN PT. TELKOM CDC AREA MEDAN) Nasruddin, Nasruddin; Agustina, Ika
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 16, No 2 (2015): Oktober - Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.116 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v16i2.956

Abstract

The results showed that, Advertising is the most frequently promotional device used by creative industries. From 30 creative Industries, there were 26 (86.67%) who used advertising to promote their products. Moreover, advertising also has the most dominant influence on the quality of the creative industrys competitiveness. Partially, among the five types of existing promotion mix; advertising, personal selling and sales promotion are promotion mix that significantly affect the quality of the creative industrys competitiveness. they are proven to improve productivity, profitability and broad market coverage of the creative industries. Meanwhile, public relations and direct marketing do not affectpositevely on the quality of the creative industry competitivenessKata Kunci: Promotion Mix, Daya Saing, Industri Kreatif 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PASAR VALUTA ASING PADA MATA KULIAH EKONOMI INTERNASIONAL 2 (STUDI MAHASISWA SEMESTER 5 JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN FAKULTAS EKONOMI UMSU) Rahayu, Sri Endang; Febriaty, Hastina
JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS Vol 16, No 2 (2015): Oktober - Maret
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.173 KB) | DOI: 10.30596/jimb.v16i2.998

Abstract

Berdasarkan hasil tes, terdapat peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap materi pasar valuta asing dalam setiap siklusnya. Nilai rata-rata pada siklus I untuk semester 5/A/IESP mencapai 76,95 dan pada siklus II yaitu 93,37. Ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 63,05% dan pada siklus II yaitu 100%. Peningkatan pemahaman diikuti juga oleh aktivitas mahasiswa yang meningkat. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pemahaman mahasiswa meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran CTL paada mahasiswa semester 5 jurusan ekonomi pembangunan fakultas ekonomi UMSU. Peneliti menyarankan agar dosen menggunakan model pembelajarn CTL ini dalam pembelajaran materi kuliah pasar valuta asing pada mata kuliah ekonomi internasional 2 dan dosen harus sungguh-sungguh membimbing mahasiswanya dalam pembelajaran. Kata kunci : Pemahaman materi pasar valuta asing, Contextual Teaching                          and Learning

Page 1 of 1 | Total Record : 8