OIKONOMIA - Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
ISSN : -     EISSN : -
Articles
86
Articles
PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN INDUSTRI GENTENG SHT DI DESA GIWANGRETNO KECAMATAN SRUWENG KABUPATEN KEBUMEN

Hidayati, Nur Wahyu ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )

OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin terhadap produktivitas kerja karyawan. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi dan disiplin secara bersama-sama terhadap produktivitas kerja karyawan industri genteng SHT di Desa Giwangretno Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 24 orang. Berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel yang dikembangkan Isaac dan Michael dengan menggunakan taraf kesalahan 5% maka dapat diketahui sampel dalam penelitian ini sebanyak 23 orang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode angket (kuesioner) dan metode interview (wawancara). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi berada pada kategori tinggi yaitu 43,50%, variabel disiplin berada pada kategori tinggi sebesar 100%, dan variabel produktivitas kerja berada pada kategori tinggi sebesar 100%. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa motivasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja sebesar 96,20% (rx1y = 0,962 ; sig < 0,05). Disiplin  mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja sebesar 97,40% (rx2y = 0,974 ;sig < 0,05), dan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi dan disiplin secara bersama-sama terhadap produktivitas kerja sebesar 96% dengan F= 241,359 dan sig 0,000 < 0,05, harga R2 = 0,960. Persamaan regresi ganda Y= -10,540+0,672 X1+0,721X2 dengan demikian hipotesis dapat diterima. Kata Kunci : Motivasi, Disiplin, Produktivitas Kerja

PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA SMP NEGRI 30 PURWOREJO

Nurdiana, Dwi ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )

OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk :  “mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan  belajar dan perhatian orang tua  baik secara parsial  ataupun simultan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 30 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi ini sebanyak 183 siswa, sampel mengacu pada tabel krejcie dengan taraf kesalahan 5% diperoleh sebanyak 123 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan  analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kedisiplinan  belajar pada kategori baik (41,5%), perhatian orang tua pada kategori sangat baik (39%), dan prestasi belajar IPS pada kategori cukup baik (62,6%). Dari hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) variabel kedisiplinan belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi  belajar siswa (r=0,399,t=4,766; sig.0,000<0,05). (2) variabel perhatian orang tua memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi  belajar  siswa (r=0,233, t =2,625; sig.0,010<0,05), (3) variabel kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa, (R=0,445, F= 14,835; sig. 0,000< 0,05) dan besarnya pengaruh 19,8% (R²=0,198) dan sisanya 80,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 58,033 + 0,371 X1 + 0,193 X2. Kata kunci :  Kedisiplinan Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi belajar.

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM BIDANG EKONOMI KELAS X.8 DI SMA NEGERI 1 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Aditia, Putri ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )

OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas X8 SMA Negeri 1 Purworejo pada pokok bahasan Kebijakan Pemerintah Dalam Bidang Ekonomi dengan pembelajaran kooperatif model make a match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan dengan uji hipotesis deskriptip kualitatif dan dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Prosedur pelaksanaan tindakan sesuai dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan pada siklus I dan II. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi, paparan dan penyimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Ekonomi siswa mengalami peningkatan, pra siklus diperoleh 17 siswa mencapai KKM (≥78), nilai rata-rata 74,06 dan ketuntasan belajar 53,12%,  siklus I diperoleh 20 siswa telah mencapai KKM, nilai rata-rata 79,03 dan ketuntasan belajar 62,50%, dan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan dengan 32 siswa mencapai KKM, nilai rata-rata 87,66 dan ketuntasan belajar 100%. Kata Kunci : hasil belajar, pembelajaran kooperatif, model make a match

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Fitriani, Fitriani ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )

OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan metode pembelajaran dan fasilitas belajar  secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran  2012/2013, Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 101 siswa. Sampel diambil 78 siswa dengan teknik random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran  berada pada kategori cukup dengan persentase 46,15%, fasilitas belajar dinyatakan kurang dengan persentase 32,05%, dan prestasi belajar dinyatakan baik dengan persentase 43,59%. Dari analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel penggunaan metode pembelajaran dan fasilitas belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, R sebesar 0,650 (F = 27,470; sig. 0,000<0,05) koefisien determinasi (R2) sebesar 0,423 yang berati bahwa pengaruh penggunaan metode pembelajaran dan fasilitas belajar  secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 42,25% dan sisanya 57,75% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan Regresi Y= 29,650+ 0,739X1 + 0,743X2. Variabel penggunaan metode pembelajaran  memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar thitung 4,686; sig. 0,000<0,05 dan besar pengaruh sebesar 22,66%. Variabel fasilitas belajar  memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar thitung 5,935; sig. 0,000<0,05 dan besar pengaruh sebesar 31,92%. Kata Kunci: Pembelajaran, Fasilitas, Belajar, Prestasi

PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 PURWOREJO

Ackadiyah, Siti ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )

OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : “Mengatahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo”.Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel krejcie dengan tingkat kesalahan 5% dari populasi 90 siswa diambil sampel 72 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.Berdasarkan analisi deskriptif menunjukan bahwa status sosial ekonomi orang tua berada pada kategori cukup sebesar 41,67% dan motivasi belajar siswa berada pada kategori kurang sebesar 41,67%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukan bahwa status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 2 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 (dengan R sebesar 0,430 , t = 3,983, sig = 0,000 < 0,05) maka hipotesis diterima. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,185. Sehingga besarnya sumbangan variabel status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa adalah 18,5% dan 81,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Status Ekonomi, Motivasi Belajar

PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI TSM SMK N 8 PURWOREJO

Rahnawati, Enda Dian ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )

OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI TSM SMK N 8 Purworejo. Adapun hipotesis dalam penelitian ini ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI TSM SMK N 8 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TSM SMK N 8 Purworejo yang berjumlah 63 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 55 siswa, ditentukan berdasarkan tabel Isaac and Michael dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random atau sampel acak. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pola asuh orang tua pada kategori baik sebesar 38,19%, kategori cukup 49,09%, kategori kurang baik 12,72% dan kategori tidak baik sebesar 0%. Dan kemandirian belajar menunjukkan pada kategori tinggi sebesar 23,64%, kategori cukup 50,91%, kategori kurang 18,18% dan kategori rendah sebesar 7,27%. Dari hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa pola asuh orang tua memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar (r = 0,985 ; sig. 0,000 < 0,05, r2 = 0,970 ) sehingga pola asuh orang tua memberi pengaruh terhadap kemandirian belajar sebesar 97 %. Ini berarti hipotesis diterima yang artinya adanya pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI TSM SMK N 8 Purworejo. Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian Belajar

PENGARUH BELAJAR KELOMPOK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 PURWOREJO

Putriana, Suci ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )

OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara belajar kelompok dan motivasi belajar siswa secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Purworejo. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel krejcie dengan tingkat kesalahan 5% dari populasi 90 siswa diambil sampel 72 siswa. Pengambilan sampel menggunakan random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif  menunjukkan bahwa belajar kelompok berada pada kategori cukup sebesar 51%, motivasi belajar siswa berada pada kategori cukup sebesar 60%, dan prestasi belajar siswa berada pada kategori baik sebesar 80%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa  belajar kelompok secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 13,25% (rx1y =0,364 ; thitung=3,244; sig < 0,05). Motivasi belajar siswa secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 7,02% (rx2y=0,265 ; thitung=2,287; sig < 0,05). Variabel belajar kelompok dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan  terhadap prestasi belajar siswa sebesar 19,60% (R=0,443; F = 8,435 sig < 0,05) dengan demikian hipotesis diterima. Kata Kunci : Belajar Kelompok, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

PENGARUH INTELEGENSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 PURWOREJO

Sunarti, Sunarti ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )

OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya pengaruh intelegensi terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 6 Purworejo tahun ajaran 2012/2013, (2) ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 6 Purworejo tahun ajaran 2012/2013, (3) ada tidaknya pengaruh intelegensi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 6 Purworejo tahun ajaran 2012/2013. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel krejcie dengan tingkat kesalahan 5% dari populasi  95 siswa diambil 75 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis data secara kuantitatif dilakakukan dengan menggunakan program komputer SPSS 16.0 For Windows. Hasil analisis deskriptif, menunjukkan bahwa intelegensi pada kategori di atas rata-rata (cerdas) yakni sebesar 57,33%, motivasi belajar siswa termasuk pada kategori cukup sebesar 66,67%, dan prestasi belajar siswa berada pada kategori baik sebesar 56,00%. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) variabel intelegensi secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 15,52% (rx1y = 0,394 ; sig <0,05 ; thitung =3,640 > ttabel = 1,980 ). (2) variabel motivasi belajar siswa secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar sebesar 10,69% (rx2y = 0,327 ; sig <0,05 ; thitung = 2,932 > ttabel = 1,980). Hasil analisis regresi ganda diperoleh koefisien regresi (R) =0,487 dengan Fhitung =11,171 > Ftabel = 0,227 ; sig 0,000 < 0,05 dan koefisien determinasi (R2) =0,237. Besarnya pengaruh intelegensi dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa sebesar 23,70%, sedangkan sisanya yaitu 76,30% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Persamaan regresi Y = 31,144 + 0.378 X1 + 0,134 X2,.   Kata Kunci : Intelegensi, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KP-RI “GUYUB RUKUN” DI KECAMATAN PURWOREJO

Sugiarti, Sugiarti ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )

OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota KP-RI “Guyub Rukun” di kecamatan Purworejo, 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota KP-RI “Guyub Rukun” di Kecamatan Purworejo. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 207 anggota yang aktif mengajar di SD, berdasarkan tabel krecjie penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan taraf kesalahan 5% adalah 131 anggota. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis data secara kuantitatif dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for Windows dengan regresi sederhana. Dari hasil analisis deskriptif menunjukkan tingkat kualitas pelayanan pada kategori tinggi yaitu 71%, loyalitas anggota berada pada kategori 72%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan secara positif dan signfikan mempengaruhi loyalitas anggota dengan t = 4,597 sig 0,000. Hasil analisis regresi linier sederhana, diperoleh koefisien regresi (R) 0,375 dan R2 0,141 besarnya pengaruh  kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota   sebesar 14,10%  dan 85,90% dipengaruhi oleh faktor lain. Persamaan regresi Y = 21,977 + 0,376X dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.   Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Loyalitas Anggota

PENGARUH SIKAP BELAJAR, FASILITAS, KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA MAN PURWOREJO

Wulansari, Diah ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )

OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara sikap belajar, fasilitas dan kinerja guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa MAN Purworejo, (2) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara antara sikap belajar, fasilitas dan kinerja guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa MAN Purworejo. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 96 siswa, dengan menggunakan tabel Krejcie dengan taraf kesalahan 5% maka didapat sampel sebanyak 75 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan analisis dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sikap belajar berada pada kategori baik yaitu 42,7%, fasilitas pada kategori baik yaitu 45,3%, kinerja guru pada kategori cukup baik yaitu 49,3%, dan prestasi belajar ekonomi pada kategori cukup baik yaitu 56%. Dari hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) sikap belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi thitung 2,753; sig. 0,007<0,05 dan besar pengaruh sebesar 9,6%, (2) fasilitas memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi thitung 2,669; sig. 0,009<0,05 dan besar pengaruh sebesar 9,1%, (3) kinerja guru memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi thitung 2,559; sig. 0,013<0,05 dan besar pengaruh sebesar 8,4%, (4) sikap belajar, fasilitas dan kinerja guru secara simultan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi, Fhitung=6,689; sig. 0,000<0,05 dan besar pengaruh sebesar 18,7% dan sisanya 81,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y= 93,959 + 0,290X1 + 0,266X2 + 0,265X3 Kata Kunci: sikap belajar, fasilitas, kinerja guru, prestasi belajar