cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2012)" : 7 Documents clear
PENGARUH KEMAMPUAN KERJA, KOMUNIKASI, KEKOMPAKKAN TIM KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN INSPEKTORAT ACEH Amri, Khairul
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan kerja, komunikasi, kekompakkan tim kerja dan kepemimpinan terhadap kualitas Laporan Hasil Pemeriksaan Inspektorat Aceh. Sampel penelitian sebanyak 99 orang pegawai yang diambil dengan metode sensus. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan peralatan statistik regresi linier berganda.Penelitian ini menemukan bahwa umumnya pegawai Inspektorat Aceh memiliki penilaian yang baik terhadap kualitas Laporan Hasil Pemeriksaan yang dihasilkan instansi tersebut. Mereka juga memiliki penilaian yang baik terhadap kemampuan kerja, komunikasi, kekompakkan tim kerja dan kepemimpinan yang diperankan oleh atasan/ketua tim audit. Keempat variabel tersebut berpengaruh positif terhadap kualitas Laporan Hasil Pemeriksaan yang dihasilkan Inspektorat Aceh. Variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kualitas Laporan Hasil Pemeriksaan adalah kepemimpinan, kemudian menyusul kekompakkan tim kerja pada urutan kedua.Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas Laporan Hasil Pemeriksaan Inspektorat Aceh dipengaruhi secara nyata oleh kemampuan kerja pegawai, komunikasi diantara sesama pegawai, kekompakkan tim kerja dan penilaian pegawai terhadap kepemimpinan yang diperankan oleh atasan/ketua tim audit. Karena itu, Kepala Inspektorat Aceh dipandang perlu untuk meningkatkan kemampuan kerja pegawainya, memelihara kelancaran komunikasi dan kekompakkan tim kerja dikalangan pegawai/tim kerja dan mempertahankan kepemimpinan yang sudah dianggap baik oleh pegawai secara umum. Kata Kunci :   Kualitas Laporan Hasil Pemeriksaan, Kemampuan Kerja, Komunikasi, Kekompakkan Tim Kerja dan Kepemimpinan.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS BINA MARGA DAN CIPTA KARYA PROVINSI ACEH Ariyanto, Agus -; -, Mariani
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurang adanya peranan kepemimpinan dalam menciptakan komunikasi yang harmonis serta memberikan pembinaan pegawai, akan menyebabkan tingkat kinerja pegawai rendah. Demikian halnya dengan kurangnya motivasi pegawai seperti tidak disiplin masuk kerja, malas-malasan dalam bekerja akan menyebabkan kinerja pegawai rendah, sehingga penulis tertarik untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai pada dinas bina marga dan cipta karya provinsi aceh.Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Aceh. Penelitian dilaksanakan di di jalan jendral sudirman no.I Banda Aceh. Objek penelitian adalah data primer mengenai faktor Gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai di Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Aceh. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 60 responden. Alat ukur yang digunakan adalah dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menghasilkan persamaan sebagai berikut: Y = 1.321 + 0.493X1 + 0.052X2.Koefisien korelasi (R) = 0,534/53,4% menggambarkan bahwa derajat hubungan antara gaya kepemimpinan, dan motivasi terhadap tingkat kinerja pegawai pada Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Aceh mempunyai hubungan erat. Koefisien determinan (R2) sebesar 28.5% menunjukkan tingkat kinerja pegawai terhadap gaya kepemimpinan dan motivasi. Berarti 71.5% tingkat kinerja pegawai dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Motivasi, kinerja pegawai
PENGARUH HUBUNGAN ANTAR INDIVIDU DAN PEMANTAUAN DIRI TERHADAP KINERJA KARYAWAN KANWIL PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) BANDA ACEH -, Nadiya; Ferliana, Nelwita
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to determine the effect of interpersonal relation and self monitoring toward employee performance of Kanwil PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) in Banda Aceh. This research conducting in the certain conditions the relationship between individual  is difficult to connecting among employees (peer). Likewise self monitoring were often miss communication to each other between employees.Sample of 80 employees of the bank were taken by the convenience sampling method. Data collection using questioner, and then the data were analyzed using multiple linear regression. The results found that the simultaneously and partially positive impact on the employee performance of Kanwil PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) in Banda Aceh. Relation between the performance of Bank employees with the ability of the interpersonal relation and self monitoring closely pertained, which is shown by koefisien corralation ® is 0.732 or 73.20 percen.. Statistical using the F test and T test showed that both simultaneously, and the partial correlation between individual ability and self monitoring is a significant (real) on employee performance of Kanwil PT Bank Rakyat Indonesia. So that Ha  hypothesis is accepted and the other way Ho hypothesis is rejected. Therefore the leadership of the institutions must improve the capacity of employees to build relationship in the lead employees work environment and educate employees to be able and willing to make their own monitoring, this providing a direct and undirect effect with working performance will going better in accordance with the company vision and mission. Keywords: the effect of interpersonal relation,  self monitoring toward employee performance, PT Bank Rakyat Indonesia 
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN TERHADAP KEPUASAN LEMBAGA PENYIARAN PADA KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH ACEH (Studi Pada Lembaga Penyiaran Wilayah Layanan Banda Aceh) Firdaus, Said; -, Zuraidah; Rafiq, Febyola
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebelum menyelenggarakan kegiatannya lembaga penyiaran wajib memperoleh izin penyelenggaraan penyiaran. Izin dimaksud diberikan oleh Negara melalui Komisi Penyiaran Indonesia berdasarkan minat, kepentingan dan mampu menjaga kepentingan umum dengan memperoleh masukan dan hasil evaluasi dengar pendapat anatara pemohon dengan komisi penyiaran Indonesia, rekomendasi kelayakan penyelenggaraan penyiaran, hasil kesepakatan dalam forum rapat bersama yang diadakan khusus untuk perizinan serta izin alokasi dan penggunaan spektrum frekwensi.                Berbagai tahapan proses perizinan yang harus dilalui oleh sebuah lemabaga penyiaran tersebut tidak satu tahappun dikenakan biaya kecuali pada saat lembaga penyiaran tersebut sudah selesai dan diterbitkannya Izin Penyelenggaraan Penyiaran dengan membayar Biaya Hak Penggunaan Frekwensi dan Biaya Izin Penyelenggaraan Penyiaran yang besarannya sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku.  Hal ini jelas memberikan kewenangan kepada Komisi Penyiaran Indonesia sebagai Lembaga yang bertanggungjawab dan diberikan kewenangan yang penuh dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang melakukan permohonan pendirian lembaga penyiaran. Sebagai Lembaga  Negara yang mengemban amanah Undang-undang, dalam pelaksanaan kewenangannya, lembaga ini juga diberikan kebijakan-kebijakan sesuai dengan kepentingan masyarakat guna menjamin pelayan yang baik.              Dalam upaya mencari tingkat kepuasan Lemabaga Penyiaran terhadap  Pelayanan yang diberikan oleh Komisi Penyiaran guna memproses Izin Penyelenggaraan Penyiaran, penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran daftar quisioner kepada objek penelitian yang terdiri dari berbagai jenis lembaga penyiaran yang ada diwilayah layanan siaran Kota Banada Aceh yang telah melakukan proses permohonan Izin Penyelenggaraan Penyiaran pada Kantor Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Aceh.  Selanjutnya informasi yang didapat memlalui quisioner akan dilakukan cross-chek dengan berbagai peraturan yang berlaku  agar didapatkan informasi yang valid untuk menyusun suatu sistem  konsep dan hubungan serta jalinan teoritik prinsip-prinsip tingkat kepuasan yang berlaku secara umum.  Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Perizinan, Kepuasan  Lembaga Penyiaran, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Aceh 
PENERAPAN STRATEGIC MANAGEMENT PADA PEMERINTAHAN DI INDONESIA -, Aliamin
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan Strategic Management (SM) di sektor publik, terutama pemerintahan tidak mungkin ditunda lagi. Memang terdapat perbedaan penerapan SM pada organisasi bisnis dengan publik, terutama dalam size dan complexity yang dihadapi. Republik Indonesia, meskipun relatif sudah lama merdeka, belum menampakkan bentuk penerapan SM modern. Perlu diadopsi dengan negara maju yang telah menerapkan MS modern, seperti AS, Inggris, Australia, atau New Zealand. Untuk memperoleh performance MS modern, salah satu cara yang dilakukan adalah pemanfaatan IT dan mengambil konsep Whittaker dengan President,s Management Agenda (PMA)  yang telah masuk dalam konstitusi GPRA Amerika Serikat. Keywords: Strategic Management (SM), Pemerintahan Indonesia  
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN EMAS (STUDI PADA MASYARAKAT DESA BATOH KECAMATAN LUENG BATA BANDA ACEH) Murad, Suryani; Husna, Asmaul
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Emas adalah harta atau aset kekayaan yang hampir semua masyarakat memilikinya, pembelian emas bukan hanya dilakukan oleh orang yang mempunyai banyak uang, tetapi emas juga dibeli oleh masyarakat umumnya sebagai perhiasan.Penelitian ini bersifat empiris, dimana yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor perilaku konsumen dalam pembelian emas (studi pada masyarakat Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh).Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Desa Batoh dan yang menjadi objek penelitian adalah masyarakat yang menggunakan emas di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh. Penarikan sampel dilakukan dengan metode “convinance” terhadap 90 responden yang sering menggunakan emas di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh.Hasil penelitian dengan menggunakan uji Thitungternyata faktor budaya, faktor sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pembelian emas di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh., sementara faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pembelian emas di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh. Dengan menggunakan uji F­hitungmenunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi, psikologis berpengaruh signifikan (positif) terhadap perilaku konsumen dalam pembelian emas di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh. Keywords : Perilaku Konsumen, Pembelian. Emas
PENGHENTIAN PREMATUR ATAS PROSEDUR AUDIT DAN FAKTOR –FAKTOR YANG MEMPENGARUHI (Studi Empiris Pada Auditor di Kantor Akuntan Publik Semarang dan Yogyakarta ) Wulandari, Tri Retno; Hikmah, Siti Nor
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Vol 2, No 2 (2012)
Publisher : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objectives of this research is to test the effect of time pressure, audit risk, materiality, review procedure and quality control, self esteem on premature sign off of audit procedure. This analyze with used the logistic regression is α=5%.  The result of this research indicates that there is a priority sequence of discontinued audit procedure in time pressure conditions. The audit procedure which is often omitted is understanding businesss client and the audit procedure which is seldom omitted is physical examination. The logistic regression shows that audit risk, review procedure and quality control have an effect on prematurly signed off  of audit procedure. But time pressure, materiality, self esteem  have not an effect on prematurly signed off  of audit procedure. Keywords : Premature Sign off of Audit Procedure, Time Pressure, Audit Risk, Materialitas, Review Procedure and Quality Control , Self Esteem 

Page 1 of 1 | Total Record : 7