cover
Filter by Year
AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, registered in p-ISSN: 2086-6186 and e-ISSN: 2580-2453, is a peer-reviewed journal of original research and writing on Islamic education management and education management in general. The biannual journal, regularly issued in June and December, aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education and plays an important role in promoting the process that accumulates knowledge, values, and skills. Scientific manuscripts dealing with contemporary education management topics are openly welcome and highly appreciated. The journal calls for research articles, reviews, and scientific commentaries related to the following topics: 1. Education Administration, 2. Education Management, 3. Education Accounting Management, 4. Education Marketing Management, 5. Education and Curriculum, 6. Philosophy of Education, and 7. Educational Approaches.
Articles
71
Articles
KONTRIBUSI PSIKOLOGI ORANGTUA MURID DALAM PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: STUDI ANALISIS LAYANAN SDIT BAITUL JANNAH

Utama, Esen Pramudya

AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 8, No 1 (2018): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Lembaga pendidikan dan orang tua memiliki peran penting dalam meningkatkan kecerdasan anak-anak. Sekolah adalah tempat kedua bagi anak-anak untuk mendapatkan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan. Sekolah yang bagus dan sesuai dengan karakter anak akan mampu membimbing anak-anak menuju masa depan yang lebih baik. Ada banyak faktor yang mempengaruhi persepsi orang tua memilih sekolah yang terdiri dari faktor internal orangtua, internal sekolah atau lingkungan. Penulis ingin melihat faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua dalam memilih sekolah berdasarkan indikator internal sekolah. Indikator internal sekolah yang dipertanyakan meliputi: ketepatan, kecermatan dan kecepatan pelayanan, kemampuan dalam menghadapi permasalahan yang timbul, kesediaan dan keterbukaan menerima setiap keluhan, bertanggung jawab atas kualitas produk dan kebijakan penetapan harga yang sesuai, bertangung jawab atas pendidikan agama dan keselamatan, kemudahan dalam memberikan dan menyajikan berbagai informasi, memberikan perhatian khusus kepada anak didik, dan fasilitas serta tata ruang. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana orang tua memilih sekolah untuk anak-anak mereka, terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di SDIT Baitul Jannah dengan deskriptif kualitatif menggunakan quisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan masyarakat terhadap lembaga pendidikan Islam secara umum telah mengalami dinamika. Sekolah-sekolah Islam sekarang diasumsikan menjadi tren bagi masyarakat perkotaan dan komunitas kelas menengah atas. Keberadaan sekolah-sekolah Islam dengan sistem sekolah siang penuh adalah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat perkotaan yang sibuk dan cemas dengan pendidikan agama anak-anak mereka.

ENTREPRENEURSHIP EDUCATION OF COMMUNITIY EMPOWERMENT IN BUKIT BARISAN SELATAN NATIONAL PARK: A Case Study in Kubu Perahu Village West Lampung

Roni, May

AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 8, No 1 (2018): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This study aims to find out the process and result of entrepreneurship education of community empowerment in Kubu Perahu Village. This is a kind of descriptive-qualitative research focusing on the processes described in four dimensions,namely: Access to Information, Inclusion & Participation, Accountability and LocalOrganization Capacity and the results divided into two indicators, namely: IndirectIndicator of Empowerment and Direct Indicator of Empowerment. The result of theresearch shows that the process of educational empowerment inCommunity entrepreneurship carried out by the BBSNP Center and the KubuPerahu Village community has still not yet optimal. In addition the resultsof educational empowerment of entrepreneurship in the community in Kubu PerahuVillage that have not achieved success. Community empowerment and communitywelfare are still not felt as a whole. The need for improvement of cooperationbetween the Balai Besar TNBBS and the Kubu Perahu Village Community inrelation to education empowerment community entrepreneurship is mainlyrequired. The community must also think critically, creatively and innovatively inutilizing the potencies and opportunities relatedto community entrepreneurship empowerment.

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PONDOK PESANTREN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT: Studi Kasus Pemberdayaan Santri Pondok Pesantren Nurul Ulum Munjungan

Nurhadi, Imam

AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 8, No 1 (2018): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pondok Pesantren memiliki basis sosial yang jelas, karena keberadaannya menyatu dengan masyarakat. Pada umumnya, pesantren hidup dari, oleh, dan untuk masyarakat. Hal ini menuntut adanya peran dan fungsi pondok pesantren yang sejalan dengan situasi dan kondisi masyarakat, bangsa, dan negara yang terus berkembang. Dan sebagian yang lain sebagai suatu komunitas, pesantren dapat berperan menjadi penggerak bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penggumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisifasif, dan dokumentasi. Teknik analisisdata meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekkan ke absahan temuan dilakukan dengan derajat kepercayaan (crebelity), keteralihan (transferabily), keberngantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Informan peneliti yaitu Pengasuh, pengurus/ustadz, santri, alumni dan beberapa masyarakat.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pemberdayaan Masyrakat Dalam Bidang dalam bidang Keagamaan Pondok Pesantren Nurul Ulum mempunyai beberapa kegitan yaitu: Asosiasi Santri  At-Taufiq. (2) Pemberdayaan Dalam Bidang Pendidikan.Dalam bidang pendidikan ini, Pondok Pesantren Nurul Ulum Munjungan telah mewujutkan peranya pada masyarakat sekitar yaitu membangun sekolah formal berupa TK dan SD (3) Pemberdayaan Dalam Bidang sosial. Sebagimana yang telah dipaparkan dalam bab sebelumnya bahwa pemberdayaan sosial ini telah melakukan: Membagun masjid 3 Masjid, pemberian modal dan lapangan pekerjaan kepada orang yang membutuhkan, penghijauan lingkungan yaitu penanaman pohon.

PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MTS SE- KOTA BANDAR LAMPUNG

Hadiati, Eti

AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 8, No 1 (2018): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Teachers’ performance is one of the factors that is necessary to organize theexcellent education and learning. Teachers’ performance improvement effortis influenced by many factors, including discipline of work. The problem isdiscipline of work is not be a culture of school academic. The method used inthis research was a quantitative method with survey approach and thelocation of this reserch is at MTs around Bandar Lampung with 82 personsof respondences chosen as the sample. Research result shows that disciplineof work has a positive effect and significant to teachers’ performance of theMts around Bandar Lampung. 

MANAJEMEN STRES DALAM PERSPEKTIF TASAWUF

Sugianto, Sugianto

AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 8, No 1 (2018): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kemampuan menyesuaikan diri dan mengontrol emosi dalam menyikapi berbagai problema kehidupan menjadikan manusia rentan pada gangguan mental seperti stres, cemas dan gelisah. Kemajuan sains dan teknologi pada masyarakat modern dan munculnya pemahaman the death of god membuat manusia semakin jauh dari transedental keagamaan dan lingkungan sosial sehingga menggangap dirinya adalah real creator. Berlandaskan pada akal sebagai dewa penyelamat bagi dirinya menjadikan dirinya termasuk dalam kategori orang yang mengalami gangguan kesehatan mental (neurose dan pcychose).Ajaran sufistik dalam memberikan solusi adalah dengan konsep takhalli, tahalli dan tajalli menjadi aspirin bagi jiwa manusia. Melalui dzikir dan wirid yang diberikan oleh seorang mursyid arif billah sehingga dzikir tersebut dapat memberi manfaat dan dapat menerangi batinnya, dari qolb yang ghoflah (kondisi hati yang lalai, yaitu tidak mengingat Alloh), intibah  (hati yang telah bangun dari tidurnya atau lalai), yahdoh (hati yang sadar), hudur (hati yang hadir, yaitu hadirnya hati ketika berdzikir), muroqobah (mengawasi, memperhatikan gerak gerik hati, yaitu hati yang sudah mampu memperhatikan siapa yang memperhatikannya), musyahadah(menyaksikan), muwajahah (bertemu), iman taqlid, iman ilmu, iman iyan, iman haq, iman hakekat dan pada puncaknya menjadi manusia sempurna atau insan kamil. Sehingga manusia dapat mengenal hakikat diri seorang hamba yang harus rela dan cinta pada ketentuan dari yang Maha Kuasa.

SENSE OF PLACE AND SOCIAL ANXIETY RELATIONS OF NEW COMERS OF RADEN INTAN STATE ISLAMIC UNIVERSITY, LAMPUNG

Jatmiko, Agus

AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 8, No 1 (2018): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Migration is a form of migration that can be seen in several regions in Indonesia. Wandering not only occurs in finding work but also in students who will continue their education in college. Migrant students will experience situations that are different from life in their place of origin, for example differences in culture, language and communication. As social beings we cannot be separated from interaction, where in this interaction a special feeling will be formed that is received by humans produced from a place with various elements in it, including those who live in it, this special feeling is called the sense of place . In interacting not all individuals feel safe and comfortable, but there are also those who have feelings of anxiety, fear, or worry about the surrounding environment, ­­­­ anxiety or concern related to social situations is called social anxiety. This study uses quantitative research methods with the subject of 90 students from Tarbiyah and Teaching Faculty of Lampung State Islamic University as chosen by using the sample technique, namely purposive sampling. Data collection uses a questionnaire about the variable sense of place and social anxiety variables . Hypothesis testing in this study uses Product Moment correlation analysis . The conclusion of the study is that there is a relationship between the sense of place and social anxiety on students from the Tarbiyah Faculty of Education and Teacher Training at the State Islamic University Raden Intan Lampung.

ANALISIS YURIDIS TENTANG PENDIRIAN YAYASAN PENDIDIKAN SETELAH BERLAKUNYA UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2004 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2001 TENTANG YAYASAN

Handayani, Desi

AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 8, No 1 (2018): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Jenis penelitian ini adalah normatif bersifat deskriptif dengan pendekatan undang-undang. Data yang digunakan adalah data sekunder yang terdiri dari: Pertama, bahan hukum primer,dan bahan hukum sekunder. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan Persepsi dan pengetahuan masyarakat (pengurus yayasan) atas keberadaan Undangundang Yayasan belum berbanding lurus dengan pengetahuannya atas substansi yang dirubah. UU Nomor 28 Tahun 2004 Tentang Perubahan Atas UU Nomor 16 Tahun 2001 tentang yayasan menyatakan bahwa setiap yayasan adalah sebuah badan hukum yang mengikuti prosedur dan mekanisme yang sudah diatur dalam undang-undang dimaksud. Salah satunya adalah mewajibkan setiap yayasan untuk mendaftar dan menyesuaikan anggaran dasarnya sekaligus mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM. Sehingga kapasitasnya dapat dianggap sebagai badan hukum dan sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban terhadap publik. Konsekuensinya adalah setiap yayasan pendidikan dan atau melalui notaris yang membuat akta pendiriannya harus menyesuaikan anggaran dasarnya sesuai dengan ketentuan UU Yayasan. Hal inilah tentunya yang harus dipahami oleh setiap satuan penyelengga pendidikan.

DAMPAK PENAYANGAN FILM REMAJA DI TELEVISI TERHADAP AKHLAK REMAJA DI KELURAHAN WAY DADI BARU SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG

Budiman, Haris

AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 8, No 1 (2018): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Sering kita saksikan penayangan film remaja di televisi akhir-akhir ini di dalamnya banyak mengandung unsur adegan kekerasan,  pornografi  dan tata cara pergaulan yang kurang mendidik bagi kaum remaja,  terutama pada acara yang ditayangkan stasiun televisi swasta. Penayangana film-film tersebut dapat membawa dampak yang sangat besar terhadap akhlak para pemirsa televisi terutama bagi kaum remaja, karena ingatan mereka pada hal-hal yang menarik dan disukainya dalam film tersebut dapat menimbulkan kesan yang mendalam dalam jiwanya. Dengan kesan yang mendalam dan  tertanam dalam jiwanya mereka berusaha untuk melakukan dan meniru hal-hal yang mereka anggap menarik seperti apa yang para bintang idolanya lakukan dalam adegan film tersebut. Dengan memperhatikan fenomena tersebut sehingga peneliti ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana dampak penayangan film remaja di televisi terhadap akhlak remaja di Kelurahan Way Dadi Sukarame Kota Bandar Lampung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode   pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, interview dan dokumentasi, dan metode teknik sampling. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Kelurahan Way Dadi Baru Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung dengan jumlah populasi sebanyak 230 orang dan sampelnya berjumlah 71 orang remaja yang tersebar dari beberapa Rukun Tetangga (RT) di lingkungan  kelurahan tersebut. Setelah data diolah, diedit, diklasifikasi dan diinterpretasi, maka  dapat diambil suatu kesimpulan bahwa dampak dari penayangan film remaja yang ditayangkan oleh stasiun televisi swasta terutama yang di dalamnya terdapat adegan kekerasan, pornografi dan lainnya tersebut dapat mempengaruhi akhlak para remaja seperti suka berkelahi, suka begadang sampai larut malam dan perilaku peniruan mulai dari cara berpakaian, tren rambut yang dicat,  cara berbicara yang cuek dan lain sebagainya.

IMPELEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Hartoni, Hartoni

AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 8, No 1 (2018): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Sarana dan prasarana pendidikan adalah salah satu dari beberapa sumber daya yang penting dalam kemajuan suatu lembaga. Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mendiskripsikan implementasi manajemen sarana prasarana di SMK, 2) Untuk mendeskripsikan proses manajemen sarana dan prasarana di SMK. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, penelitian yang data-datanya berupa kata-kata yang berasal dari wawancara, catatan laporan, dokumen yang didalamnya mengutamakan untuk pendiskripsian. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa, implementasi manajemen sarana prasarana di SMK dilakukan secara optimal dan proses manajemen sarana prasarana pendidikan di SMK dilaksanakan secara berurutan, dimulai dari perencanaan pengadaan, pengadaan, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan agar selalu dalam kondisi rapih, tertib dan teratur.

IMPLEMENTATION OF STUDENT MANAGEMENT AT MA MAARIF 04 KALIREJO LAMPUNG TENGAH

Hasanah, Uswatun

AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM Vol 8, No 1 (2018): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This study discusses the students management of activity programs at  MA Maarif 04 Kalirejo, central Lampung. Data collection was done by using interview, observation and documentation. This is  a kind of a field research by using descriptive-qualitative approach. Sources of research data included representatives of the madrasa vice principal of student affairs, teachers and administrative staff. The result shows that the management implementation of students in MA Maarif 04 Kalirejo, Central Lampung has been carried out well. This can be seen from the existing indicators regarding student management, namely: analysis of the needs of students, recruitment of students including formation of the committee, formulating registration requirements, dissemination of information, providing form registration, registration and registration, selection of students, orientation, grouping of students, coaching and development of students including  discipline of students, extra curricular activities, guidance and counseling, special services, recording and reporting, as well as graduates and alumni.