cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal)
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
KONSELI is a journal published by the Tarbiyah Faculty, Raden Intan State Islamic University of Lampung, INDONESIA. KONSELI published twice a year. KONSELI receives articles about The Counseling Education, Guidance and Counseling and Psychology. It is intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal warmly welcomes contributions from scholars of related disciplines.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 2 (2017): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal)" : 8 Documents clear
Hubungan Bersyukur dengan Kesejahteraan Subjektif pada Orang Tua yang Memiliki Anak Tunagrahita di SLB Negeri 2 Kota Padang Murisal, Murisal; Hasanah, Trisna
KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 4, No 2 (2017): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal)
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/kons.v4i2.2176

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara bersyukur dengan kesejahteraan subjektif pada orang tua yang memiliki anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Padang. Alat ukur dalam penelitian ini adalah berupa skala psikologi yang mengungkap aspek-aspek penelitian berupa aitem- aitem pernyataan. Data dikumpulkan dengan menggunakan dua skala, yaitu skala bersyukur dan skala kesejahteraan subjekif. Skala bersyukur dirujuk dari teori Al- Ghazali yang operasionalisasinya berdasarkan tafsir dari ayat-ayat mengenai syukur. Sedangkan skala kesejahteraan subjektif dirujuk dari teori diener yang menyatakan bahwa kesejahteraan subjektif terdiri dari dua dimensi, yaitu afektif dan kognitif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Padang yang berjumlah 83 orang. Teknik   pengambilan   data   dalam penelitian ini adalah menggunakan simple random sampling yang berarti bahwa setiap subjek memiliki peluang yang sama untuk dipilih. Hasil analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan antara bersyukur dengan kesejahteraan subjektif pada orang tua yang memiliki anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Padang. Koefisien korelasi dari hasil analisis data adalah sebesar 0,156 (rxy= 0,516 p<0,05). Deskripsi umum dari data penelitian menunjukkan bahwa tingkat bersyukur orang tua anak tunagrahita termasuk ke dalam kriteria tinggi dengan persentase sebesar 56% dan tingginya kesejahteraan subjektif orang tua anak tunagrahita sebesar 62%. Hal ini berarti bahwa orang tua anak tunagrahita mampu bersemangat dalam mendidik anaknya dan menerima keadaan   anaknya   dengan   lapang   dada.
Nilai-Nilai Karakter pada Anak Dalam Permainan Tradisionan dan Moderen Irman, Irman
KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 4, No 2 (2017): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal)
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/kons.v4i2.2192

Abstract

Bermain memiliki nilai-nilai karakter bagi kehidupan anak. Secara spesifik permainan dapat dibagi menjadi dua, yaitu permainan tradisional dilakukan oleh anak-anak yang tinggal di pedesaan dan permainan moderen dilakukan anak-anak yang tinggal di perkotaan. Untuk menggali nilai-nilai karakter pada permainan peneliti menggunakan pendekatan kualitatif.  Hasil penelitian menemukan, (1) Permainan tradisional pada umumnya menggunakan alat permainan yang bersifat alamiah dan tempat permainan dilakukan di alam terbuka, sedangkan permainan moderen menggunakan alat elektronik,  dan pada umumnya dilakukan di ruangan tertutup, (2) permainan tradisional dan permainan moderen memiliki nilai-nilai karakter pada aspek kognitif, sosial, emosi dan identitas, dan (3) permainan tradisional menonjolkan nilai-nilai karakter sosial, sedangkan permainan moderen menonjolkan nilai-nilai karakter individual. Hasil penelitian dapat dipergunakan oleh pendidik, khususnya konselor di sekolah untuk menjadikan permainan sebagai teknik dalam konseling dalam membentuk karakter siswa.
Program Bimbingan untuk Meningkatkan Kecakapan Self Direction Mahasiswa El Fiah, Rifda
KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 4, No 2 (2017): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal)
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/kons.v4i2.2226

Abstract

Penelitian ini bermuara pada terbentuk program bimbingan kecakapan pengarahan diri dan strategi bimbingan akademik yang dilakukan dosen penasehat akademik dalam membantu mahasiswa mengembangkan kecakapan pengarahan diri agar nantinya mereka dapat melakukan pembelajaran dan perkuliahan di kampus secara efektif, sehingga perguruan tinggi dapat menghasilkan  lulusan yang berprestasi dan bermutu serta senantiasa dapat mengembangkan dirinya sesuai dengan tuntutan profesi, perubahan masyarakat, dan dinamika kehidupan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, yang bertujuan untuk menjelaskan suatu situasi secara sistematik atau menjelaskan bidang tertentu yang menjadi pusat perhatian peneliti secara faktual dan teliti, yaitu dimensi-dimensi kecakapan pengarahan diri yang perlu dimiliki mahasiswa agar dapat menjalani proses perkuliahan dan pembelajaran yang efektif di kampus UIN Raden Intan Lampung. Responden penelitian melibatkan 20 orang dosen dan 130 orang mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lebih dari 50 % mahasiswa masik memiliki kecakapan pengarahan diri yang rendah. Oleh sebab itu, dosen diharapkan memiliki memiliki dan menguasai materi bimbingan, mampu menumbuhkan dan mengembangkan rasa percaya diri mahasiswa, mampu melakukan komunikasi yang efektif dan penuh empati dengan mahasiswa, serta selalu memotivasi mahasiswa, dan mengembangkan sikap positif, inovatif dan terbuka dengan mahasiswa.
Pembinaan Masyarakat Islam Melalui Pendekatan Dzikir dan Pikir Studi Pada Majlis Ta’lim Ar-Rahman RT 17 Desa Way Huwi Kecamatan Jatiagung Lampung Selatan AD, Yahya
KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 4, No 2 (2017): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal)
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/kons.v4i2.2231

Abstract

Berdasarkan hasil survei nasional BNPT Nopember 2017, potensi radikalisme di Provinsi Lampung mencapai 58,38%.  Kian hari kian  marak terjadi tindak kekerasan, baik di lingkungan rumah tangga maupun masyarakat, baik dalam skala kecil atau komunitas tertentu, maupun skala besar seperti antar kampung, antar desa, bahkan antar kecamatan yang melibatkan elemen suku mapun agama. Majlis Ta’lim Ar-Rahman dalam pembinaan terhadap masyarakat di RT. 17 Desa Way Huwi Kecamatan Jatiagung Lampung Selatan menarik untuk diteliti, karena sistem pembinaan yang dilakukan menggabungkan antara pengembangan pikir dan dzikir. Pengembangan aspek pikir melalui pengkajian materi-materi keislaman secara sitematis menurut ruanglingkupnya, kemudian diaplikasinya melalui amaliah dzikir dengan metode tasawuf-tarekat. Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pembinaan yang diterapkan dan seperti apa gambaran pengalaman religius yang dialami oleh anggota atau jama’ahnya maka penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu-ilmu keislaman dan psikologi, terutama psikologi Islami (psikologi sufi), dengan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan wawancara secara mendalam disertai observasi partisipan dapat disimpulkan bahwa pembinaan melalui pendekatan dzikir dan pikir mampu mengembangkan masyarakat menuju transformasi religius.
Efektivitas Pelatihan Motivasi untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Pekerja Outsourcing Sebagai Cleaning Service di UIN Imam Bonjol Padang Winbaktianur, Winbaktianur; Putri, Nadya Ulfa Risya
KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 4, No 2 (2017): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal)
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/kons.v4i2.2145

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui motivasi kerja pekerja outsourcing sebelum diberi pelatihan motivasi, mengetahui motivasi kerja pekerja outsourcing sesudah diberi pelatihan motivasi. Kemudian mengetahui adakah pengaruh pelatihan motivasi untuk meningkatkan motivasi kerja dan mengetahui kelancaran pelatihan motivasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen murni, dengan desain penelitian pretest- posttest control group design. Subjek penelitian adalah pekerja outsourcing sebagai cleaning service di UIN Imam Bonjol Padang berjumlah 30 orang. Subjek dipilih berdasarkan randomisasi yang diukur menggunakan skala motivasi kerja, yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Masing-masing kelompok berjumlah 15 orang. Kelompok eksperimen diberikan treatment berupa pelatihan motivasi, sementara kelompok kontrol tidak. Berdasarkan hasil pretest, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan motivasi kerja kategori sedang. Pada hasil posttest, kelompok eksperimen mengalami peningkatan setelah diberikan treatment. Sementara kelompok kontrol yang tidak diberi treatment tidak terdapat peningkatan, bahkan penurunan motivasi kerja. Hasil penelitian membuktikan pemberian treatment berupa pelatihan motivasi berpengaruh terhadap peningkatan motivasi kerja pada pekerja outsourcing sebagai cleaning service di UIN Imam Bonjol Padang. Kuisioner pelaksanaan pelatihan membuktikan bahwa pelatihan motivasi berlangsung lancar bagi peserta.
Dukungan Ekologi Berbasis Perkembangan Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Sosial Anak Maharani, Laila
KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 4, No 2 (2017): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal)
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/kons.v4i2.2402

Abstract

Keterampilan sosial pada anak merupakan dasar untuk hidup berintraksi dengan orang lain. Oleh sebab itu diperlukan suatu model dukungan ekologis berbasis perkembangan sosial untuk meningkatkan kemampuan keterampilan sosial anak. Dengan ekologi perkembangan, berbagai potensi yang ada pada anak dapat difasilitasi, sebab ekologi perkembangan anak merupakan segenap lingkungan yang memungkinkan anak memperoleh fasilitas dan stimulus yang tepat, sehingga terjadilah proses belajar secara sehat.  Penelitian dilaksanakan di TK Ar Rahman Bandar Lampung, pada  Juli-desember 2017.  Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelompok B TK Ar Rahman sebagai objek utama penelitian dan guru sebagai objek sekunder atau pengguna model. penelitian  ini penulis hanya membatasi pada tahap pertama yaitu studi pendahuluan yang berupa analisis kebutuhan selanjutnya akan dilakukan penelitian lanjutan dengan mengembangkan model pembelajarannya
Efektivitas Pelatihan Motivasi untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Pekerja Outsourcing Sebagai Cleaning Service di UIN Imam Bonjol Padang Winbaktianur, Winbaktianur; Putri, Nadya Ulfa Risya
KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 4, No 2 (2017): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal)
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/kons.v4i2.2145

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui motivasi kerja pekerja outsourcing sebelum diberi pelatihan motivasi, mengetahui motivasi kerja pekerja outsourcing sesudah diberi pelatihan motivasi. Kemudian mengetahui adakah pengaruh pelatihan motivasi untuk meningkatkan motivasi kerja dan mengetahui kelancaran pelatihan motivasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen murni, dengan desain penelitian pretest- posttest control group design. Subjek penelitian adalah pekerja outsourcing sebagai cleaning service di UIN Imam Bonjol Padang berjumlah 30 orang. Subjek dipilih berdasarkan randomisasi yang diukur menggunakan skala motivasi kerja, yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Masing-masing kelompok berjumlah 15 orang. Kelompok eksperimen diberikan treatment berupa pelatihan motivasi, sementara kelompok kontrol tidak. Berdasarkan hasil pretest, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan motivasi kerja kategori sedang. Pada hasil posttest, kelompok eksperimen mengalami peningkatan setelah diberikan treatment. Sementara kelompok kontrol yang tidak diberi treatment tidak terdapat peningkatan, bahkan penurunan motivasi kerja. Hasil penelitian membuktikan pemberian treatment berupa pelatihan motivasi berpengaruh terhadap peningkatan motivasi kerja pada pekerja outsourcing sebagai cleaning service di UIN Imam Bonjol Padang. Kuisioner pelaksanaan pelatihan membuktikan bahwa pelatihan motivasi berlangsung lancar bagi peserta.
Hubungan Bersyukur dengan Kesejahteraan Subjektif pada Orang Tua yang Memiliki Anak Tunagrahita di SLB Negeri 2 Kota Padang Murisal, Murisal; Hasanah, Trisna
KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 4, No 2 (2017): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal)
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/kons.v4i2.2176

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara bersyukur dengan kesejahteraan subjektif pada orang tua yang memiliki anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Padang. Alat ukur dalam penelitian ini adalah berupa skala psikologi yang mengungkap aspek-aspek penelitian berupa aitem- aitem pernyataan. Data dikumpulkan dengan menggunakan dua skala, yaitu skala bersyukur dan skala kesejahteraan subjekif. Skala bersyukur dirujuk dari teori Al- Ghazali yang operasionalisasinya berdasarkan tafsir dari ayat-ayat mengenai syukur. Sedangkan skala kesejahteraan subjektif dirujuk dari teori diener yang menyatakan bahwa kesejahteraan subjektif terdiri dari dua dimensi, yaitu afektif dan kognitif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Padang yang berjumlah 83 orang. Teknik   pengambilan   data   dalam penelitian ini adalah menggunakan simple random sampling yang berarti bahwa setiap subjek memiliki peluang yang sama untuk dipilih. Hasil analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan antara bersyukur dengan kesejahteraan subjektif pada orang tua yang memiliki anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Padang. Koefisien korelasi dari hasil analisis data adalah sebesar 0,156 (rxy= 0,516 p<0,05). Deskripsi umum dari data penelitian menunjukkan bahwa tingkat bersyukur orang tua anak tunagrahita termasuk ke dalam kriteria tinggi dengan persentase sebesar 56% dan tingginya kesejahteraan subjektif orang tua anak tunagrahita sebesar 62%. Hal ini berarti bahwa orang tua anak tunagrahita mampu bersemangat dalam mendidik anaknya dan menerima keadaan   anaknya   dengan   lapang   dada.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 1 (2019): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 6, No 1 (2019): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 5, No 2 (2018): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 5, No 1 (2018): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 5, No 2 (2018): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 5, No 1 (2018): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 4, No 2 (2017): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 4, No 1 (2017): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 4, No 2 (2017): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 4, No 1 (2017): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 3, No 2 (2016): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 3, No 1 (2016): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 3, No 2 (2016): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 3, No 2 (2016): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2016): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 3, No 1 (2016): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2015): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 2, No 1 (2015): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 2, No 2 (2015): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 2, No 1 (2015): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 2, No 1 (2015): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 1, No 1 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 1, No 2 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 1, No 2 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2014): Bimbingan Konseling Islam Vol 1, No 1 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 1, No 1 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2014): Bimbingan Konseling Islam Vol 1, No 1 (2011): (Juni) More Issue