cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra
ISSN : 18299342     EISSN : 25493183     DOI : -
Core Subject : Education,
Lingua, provides a forum for the full range of scholarly study of the language and literature. Embracing the field of language and literature broadly defined, the editors warmly welcome articles and research reports addressing linguistics and literature.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue " Vol 12, No 1 (2016): January 2016" : 20 Documents clear
ANALISIS STRUKTUR FISIK DALAM PANTUN DAN BUDAYA ADAT ISTIADAT TATA CARA PERKAWINAN KABUPATEN SAMBAS KARYA HAMDAN SIMAD DAN MUHANNI ABDUR Agustina, Rini; Amelia, Dea
Lingua Vol 12, No 1 (2016): January 2016
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur fisik pantun yang terdapat dalam Pantun dan Budaya Adat Istiadat Tata Cara Perkawinan Kabupaten Sambas karya Hamdan Simad dan Muhanni Abdur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu buku Pantun dan Budaya Adat Istiadat Tata Cara Perkawinan Kabupaten Sambas karya Hamdan Simad dan Muhanni Abdur. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kajian isi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa struktur fisik dalam pantun dan budaya adat istiadat tata cara perkawinan Kabupaten Sambas karya Hamdan Simad dan Muhanni Abdur meliputi: diksi, terdiri dari makna denotasi dan konotasi; pengimajian, terdiri 3 imaji; kata konkret, ditemukan kata-kata yang memberikan arti secara keseluruhan kepada pembaca; bahasa figuratif, terdiri dari 3 majas.This study aimed to describe the physical structure of a pantun that is contained in the pantun and the cultural customs of marriage etiquette from Regency of Sambas created by Hamdan Simad and Muhanni Abdur. This study uses descriptive method with a form of qualitative research. The source of the data in this study is the book of Pantun dan Budaya Adat Istiadat Tata Cara Perkawinan Kabupaten Sambas created by Hamdan Simad and Muhanni Abdur. Data analysis techniques in this research are the study of the contents The study concluded that the physical structure of the pantun and the cultural customs of marriage etiquette from Regency of Sambas created by Hamdan Simad and Muhanni Abdur include: diction, made up of the meaning of denotation and connotation; imagining, comprising 3 images; concrete words, found the words that give an overall sense to the reader; figurative language, consisting of 3 figure of speech
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF DENGAN MEDIA GAMBAR SERI YANG BERMUATAN NILAI KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENULIS PARAGRAF PESERTA DIDIK KELAS III Lestari, Retno Dwi; Mulyani, Mimi; Subyantoro, Subyantoro
Lingua Vol 12, No 1 (2016): January 2016
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan menulis paragraf peserta didik belum mendapatkan hasil yang maksimal. Guru masih kesulitan dalam mengajarkan menulis paragraf, sedangkan peserta didik kesulitan dalam memunculkan ide atau gagasan dan kurang menguasai keterampilan mikrobahasa. Penanaman nilai karakter pada peserta didik juga perlu dilakukan sejak dini. Oleh karena itu, model pembelajaran induktif dikembangkan dalam pembelajaran menulis paragraf dengan media gambar seri yang bermuatan nilai-nilai karakter. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kebutuhan pengembangan, prinsip-prinsip pengembangan, desain, dan keefektifan model pembelajaran induktif dengan media gambar seri yang bermuatan nilai karakter untuk meningkatkan kompetensi menulis paragraf peserta didik kelas III SD. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) dari Borg and Gall (Sugiono 2009:298), kemudian disesuaikan dengan kebutuhan penelitian, yang meliputi tiga langkah, yaitu (1) studi pendahuluan dan awal pengembangan, (2) pengembangan, dan (3) pengujian/validasi. Dalam pengembangan model pembelajaran, produk yang dibutuhkan yaitu produk yang dikembangkan dengan menarik dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Selain itu, penilaian diberikan oleh dosen ahli dan guru dengan perolehan nilai rata-rata berkategori baik, serta efektif digunakan dalam pembelajaran.Paragraphs writing skills of students has not gotten maximum results yet. Teachers still has difficulties in teaching paragraphs writing, whereas students has difficulties in generating ideas or concepts and less skills in microlanguage mastery. Planting the value of the character on the learners also needs to be done early. Therefore, inductive learning model is developed in learning to write paragraphs with the help of the media image series which contains character values. The problem in this research is how the needs of the development of model, principles of model, design model, and effectiveness of inductive learning model with the media image series which contains character values to improve the competence of class III SD students in writing paragraphs. The design of this research is Research and Development (R&D) by Borg and Gall (Sugiyono 2009:298), then adapted to the needs of research, which includes three stages, namely (1) a preliminary survey, (2) development, and (3)test expert/ validation. In the development of model of teaching, the required product is a product developed with attractive packaging and adjusted to the learners. In addition, the assessment given by expert lecturers and teachers with an average value acquisition categorized as well, and effective to use in learning.
PENGARUH POLA ASUH PERMISIF TERHADAP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA NOVEL MENDUNG TAK BERMALAM KARYA ABU UMAR BASYIER: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA Purwaningrum, Lestari; S, Nas Haryati
Lingua Vol 12, No 1 (2016): January 2016
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pola asuh yang diterapkan orang tua Nafiah, pengaruh pola asuh tersebut terhadap kepribadian Nafiah,serta pengaruh kepribadian terhadap mekanisme pertahanan diri pada konflik yang terjadi. Pendekatan penelitian ini adalah psikologi sastra dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orangtua Nafiah merupakan pola asuh tipe permisif yang membentuk kepribadian anak menjadi manja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua Nafiah merupakan pola asuh permisif sehingga membentuk kepribadian Nafiah menjadi pribadi yang pantang menderita, suka mendominasi, lemahnya rasa sosial, takut bersaing dengan orang lain, kekanak-kanakan, egois, sulit dikendalikan, sulit mengendalikan diri sendiri, mudah terpuruk, keras kepala, selalu menyalahkan keadaan, dan penakut. Pribadi yang demikian turut mempengaruhi Nafiah dalam melakukan mekanisme pertahanan seperti pemindahan objek, penahanan diri, penolakan, represi, reaksi agresi, intelekualitas, fiksasi, dan pembentukan reaksi ketika mengalami kecemasan.The purpose of this research is to describe about the type of permissive parenting style which is applyed by Nafiah’s parents, the influence of permissive parenting style to Nafiah’s personality, and the influence of personality to self-defence mecanism when conflict happens. Approach method of this research is using psychology of literary with descriptive qualitative methode. Result suggest that parenting style which Nafiah’s parents do is a type of permissive parenting style that makes children have spoiled personality. Result suggest that parenting style which Nafiah’s parents do is a type of permissive parenting style that shape Nafiah’s personality to become person that abstain from suffering, domineering, weak sense of social responsibility, fear of competing with others, childish, selfish, unruly, hard to control herself, easily collapsed, stubborn, always blame the circumstances, and a coward. Such personality also influence Nafiah in her conduct of defense mechanisms such as object removal, restraint, denial, repression, aggression reaction, intellect, fixation, and the formation of the reaction when experiencing anxiety.
PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MOTIVATIF YANG BERBANTUAN AUDIO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK YANG BERBASIS PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN Sudiyati, Sudiyati; Rustono, Rustono; Supriyanto, Teguh
Lingua Vol 12, No 1 (2016): January 2016
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian berfokus pada pengembangan buku panduan motivatif berbantuan audio dalam pembelajaran menulis cerita pendek berbasis pendidikan kewirausahaan. Tujuan penelitianuntuk mendapatkanbuku panduanyang valid kemudian diharapkan memperoleh pembelajaran yang efektif. Penelitian merupakan penelitian R&Dyang dikembangkan Borg dan Gall, Populasi penelitian ini; siswa SMA di kota Semarang kelas XI semester I Tahun Pelajaran 2014/2015. Variabel penelitian meliputi buku panduan motivatif, audio, dan keterampilan menulis cerita pendek. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan metode tes, dokumentasi, pengamatan dan angket. Teknik analisis data meliputi analisis angket kebutuhan siswa dan guru, dan analisis data akhir. Angket kebutuhan siswa dan guru menjadi acuan pembuatan buku panduan tersebut sehingga validator memberikan penilaian dengan interval 4,00 sampai dengan 4,50 sehingga buku panduan motivatif dan audio dikatakanvalid. Berdasarkan 30 responden menghasilkan nilai t hitung6,62 dan pada taraf signifikan 5% dan n = 30 diperoleh t tabel = 1,68 yang berarti bahwa t hitung lebih dari t tabel sehingga menunjukkan ha diterima. Buku panduan motivatif berbantuan audio bermuatan kewirausahaan efektif dalam mengembangkan keterampilan menulis cerpen. Proporsi siswa yang mencapai KKM lebih dari 80% sehingga tuntas secara klasikal. Saran pengembangan lebih lanjut buku tersebut untuk mengembangkan kemampuan berbicara siswa.This study focuses on the development of motivational guide-book with audio media for learning how to write short stories based on entrepreneurship education. The aim of the research is to obtain a valid guide-book that can be used for effective learning. The Research is R&D research developed by Borg and Gall. The study population was high-school students in Semarang City grade X Semester 1 Academic year 2014/2015. The research variables include motivational guide-book, audio media, and short-story writing skills. While data collection techniques were the methods of testing, documentation, observation and questionnaire. Data analysis techniques include questionnaire analysis students’ and teacher’s needs, and the final data analysis (test for normality, homogeneity test and t-test). The questionnaire of students’and teachers’needs becomes a reference in making this guide-book and the validators gave scores between 4.00 to 4.50 so the motivational guide-book with audio media is supposed to be valid and the short-story writing skill of the students will be better. As the proportion of students which classically achieved KKM is more than 80%, so the learning is effective. Further research is expected to develop the guide book, not only to improve the skill of writing short stories, but also the skills of speaking
KEMAMPUAN MENULIS DRAMA BERBAHASA INGGRIS BERBASIS CERITA DAERAH DALAM MELESTARIKAN KEARIFAN LOKAL PADA MAHASISWA SEMESTER 7 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS PGRI SEMARANG Kustantinah, Indri; Karima, Rr. Festi Himatu; Wahyuni, Sri
Lingua Vol 12, No 1 (2016): January 2016
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis drama bahasa Inggris berdasarkan cerita lokal dan kearifan lokal dapat dilestarikan dengan menggunakan drama bahasa Inggris berdasarkan cerita lokal dari mahasiswa semester 7 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa semester 7 dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang dalam menulis drama berbahasa Inggris adalah bagus. Kedua, ada tiga unsur kearifan lokal yang ditemukan pada drama berbahasa Inggris yang ditulis mahasiswa, yaitu pengakuan tindakan, perilaku, dan pengaruh sumber daya geografis dan alam.This research was conducted in order to convey the ability of writing English drama based on local story and how local wisdom can be preserved by using English drama based on local story by the 7th semester students of the English Education Department of IKIP PGRI Semarang. The method used in this research is descriptive quantitative. The result is average students’ writing skills is 73%. It can be concluded that the ability of the 7th semester student of English Education Department IKIP PGRI Semarang in a writing English drama is good. Second, there are three elements of local wisdom found on students’ English drama, namely recognition of actions, behaviors, and the influence of geographical and natural resources.
EMOSI ADAM DALAM NOVEL FANTASI HANTU GAME ONLINE KARYA FAKHRI VIOLINIST: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA Haribowo, Ahmad Puthut Wijanarko
Lingua Vol 12, No 1 (2016): January 2016
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jenis-jenis emosi adam dan bagaimana cara mengendalikan emosi, khususnya bagi anak. dalam penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra dan metode deskriptif kualitatif. Analisis data penelitian dengan cara mengklasifikasi macam-macam emosi dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan orang tua, Adam maupun lingkungan sekitar untuk mengotrol emosi Adam, dalam novel fantasi Hantu Game Online. Hasil penelitian ini adalah (1) jenisjenis emosi yang dialami Adam dalam novel Hantu Game Online karya Fakhri Violinist ada enam emosi di antaranya adalah emosi gembira, marah, jijik, takut, kaget, dan kesedihan dan (2) upaya yang dilakukan tokoh utama dalam menghadapi emosi dalam novel fantasi Hantu Game Online karya Fakhri Violinist meliputi tiga upaya, yaitu orang tua mengontrol emosi anak, anak mengendalikan emosi diri dan peran lingkungan sekitar membantu proses perkembangan emosi.Purpose of this study was to determine the types of Adam’s emotions and how to control emotions, especially for children. This study use the psychological of literary approach and descriptive qualitative method. Analysis of experimental data by means of classifying the various emotions of Adam and describing the efforts of Adam’s parents and the environment to control the emotions of Adam, in fantasy novel Hantu Game Online. The results of this study are (1) six emotions of Adams in fantasy novel Hantu Game Online by Fakhri Violinist which is happiness, disgust, afraid, surprise, and sadness. (2) the 3 efforts of Adam’s parents and the environment to control the emotions of Adam which is parents control children emotions, children self control, and the role of surrounding environment to support the development of emotions
PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA INDAH GEGURITAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 39 SEMARANG Sabrina, Firda Rokhmatika Melly; Edy Nugroho, Yusro
Lingua Vol 12, No 1 (2016): January 2016
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to explain the difference between the results of reading geguritan by control class and by experimental class using model of explicit instruction in VII grade students at SMPN 39 Semarang. Design of this research is true experimental design using posttest-only control design form. Research data collection techniques including observation, testing, and interviews to students. Data analysis techniques is the description of qualitative and quantitative data, analysis of prerequisite test (homogeneity test), and hypothesis test using IBM SPSS Statistics 20 program.The research results are (1) The average value of the experimental class is 81.25, while the control class the average score was 68.96. Different test results obtained t = -6.639 and sig. (2-tailed) of 0.000, due to different test significance level of less than 0.05, it can be concluded there are significant differences in learning outcomes geguritan reading skills between the experimental class and control class. (2) Learning with the learning model of explicit instruction more effective than learning without the use of model explicit instruction. (3) Learning with the learning model of explicit instruction more fun and easily understood by students rather than learning that is done without the use of model explicit instruction. (4) The behavior of the students in the experimental class is more active, while the control class tend to be passive.Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perbedaan hasil membaca indah geguritan antara kelas kontrol dengan kelas experimen melalui model explicit instruction siswa kelas VII di SMP Negeri 39 Semarang.Desain penelitian ini adalah true experimental design dengan menggunakan bentuk posttest-only control design.Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan wawancara kepada siswa. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data kualitatif dan kuantitatif, uji prasyarat analisis (uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji-t) menggunakan program IBM SPSS Statistics 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran explicit instruction dalam membaca indah geguritan siswa kelas VIII SMP Negeri 39 Semarang lebih efektif, baik dari hasil pembelajaran maupun proses pembelajaran, secara rinci dijelaskan sebagai berikut. (1) Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,25, sedangkan kelas kontrol nilai rata-ratanya adalah 68,96. Hasil uji beda diperoleh t = -6,639 dan sig.(2-tailed) sebesar 0,000, karena tingkat signifikasi uji beda kurang dari 0,05, maka dapat disimpulkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar keterampilan membaca indah geguritan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Pembelajaran dengan model pembelajaran explicit instruction lebih efektif untuk pembelajaran membaca indah geguritan daripada pembelajaran yang dilakukan tanpa menggunakan model explicit instruction. (3) Pembelajaran dengan model pembelajaran explicit instruction lebih menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa daripada pembelajaran yang dilakukan tanpa menggunakan model explicit instruction. (4) Perilaku siswa pada kelas eksperimen lebih aktif, sedangkan kelas kontrol cenderung pasif.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TANGGAPAN DESKRIPTIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING (TALKING CHIPS) DENGAN MEDIA FOTO PADA PESERTA DIDIK KELAS VII D SMP NEGERI 01 UNGARAN Faozan, Nur Akhlami; Wagiran, Wagiran
Lingua Vol 12, No 1 (2016): January 2016
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses pembelajaran menulis tanggapan deskriptif, kemampuan menulis tanggapan deskriptif, dan perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menulis tanggapan deskriptif menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing (talking chips) melalui media foto. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu proses tindakan siklus I dan siklus II. Hasil tes siklus I diperoleh nilai rata-rata 71,26 dan siklus II diperoleh nilai rata-rata 77,23. Penelitian ini dapat digunakan dalam pembelajaran menulis tanggapan deskriptif.The purpose of this study is for describe the process of learning to write a descriptive response, ability in writing a descriptive response and the change of student behavior after they have followed the learning to write descriptive response using cooperative learning kancing gemerincing type (talking chips) model, with photo as media. This research is a classroom action research (CAR) and implemented in two cycles, namely the cycle I and cycle II. The test result I obtained average value of 71,26 and cycle II obtained average value of 77,23. This research can be used in the learning to write descriptive response.
NILA-NILAI ISLAMI DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBBURAKHMAN EL SHIRAZY Sunardi, Ahmad
Lingua Vol 12, No 1 (2016): January 2016
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karya sastra merupakan media komunikasi antara pengarang dan pembaca yang pesannya mempunyai nilai yang dapat menghegemoni pemikiran dan pola hidup masyarakat. Nilai-nilai dalam karya sastra seyogyanya menyiratkan nilai luhur yang dapat memperkokoh karakter bangsa. Nilai-nilai tersebut adalah nilai religius dan karya sastra religius yang fenomenal adalah novel Ayat-ayat Cinta karya Habibburakhman El Shirazy. Hasil kajian novel AAC, nilai religius merupakan nilai yang paling dominan. Nilai religius berisi nilai-nilai islami yang selaras dengan rukun Iman dan rukun Islam. Nilai islami dalam teks novel AAC mempunyai kebermanfaatan dalam rangka memperkokoh karakter bangsa untuk bertakwa kepada Allah Swt. dan mencontoh kehidupan nabi Muhammad Saw. Nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan substansi Nilai/Karakter yang ada pada SKL SMA/MA/SMLB ditemukan dalam novel AAC yaitu (1) Iman dan Taqwa, (2) disiplin, (3) tanggung jawab, dan (4) jujur. Pemanfaatan nilai karakter dalam novel AAC dapat dilakukan dalam kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik meliputi kegiatan; a) mengamati; b) menanya; c) mengumpulkan informasi; d) mengasosiasi; dan e) mengkomunikasikan sesuai dengan pendekatan yang ada dalam kurikulum 2013. Saran untuk pembaca dan sastrawan hendaknya nilai islami yang terkandung dalam novel ACC bisa dijadikan inspirasi, dijadikan konservasi nilai budaya dan teladan dalam kehidupan untuk memperkokoh karakter bangsa.Literary work is communication between authors and readers which message contains values that capable to hegemonize thought and lifestyle of the people. The values of literary works should strengthen the characters of the nation. This values is the religious value and novel Ayat-ayat Cinta is phenomenal religious literature work created by Habibburakhman El Shirazy. Review result of the novel AAC, religious values is most dominant value. Religious values contains islamic values that is consistent with the pillars of the Islamic faith and the pillars of Islam. Islamic values in the novel AAC are beneficial in strengthening the character of the nation’s piety to Allah. and modeled on the life of the prophet Muhammad Saw. The value of character education in accordance with the existing value in the SKL SMA/ MA/ SMLB found in the novel AAC namely (1) Iman and Taqwa, (2) discipline, (3) responsibility, (4) honesty. Exploitization the value of the characters in the novel AAC can be done in learning activity with a scientific approach including; a) observing; b) asking; c) collecting information; d) associating; e) communicating that appropriate with curriculum in 2013.Suggestions for readers and writers should use Islamic values from novel ACC as inspiration, as conservation of cultural values and exemplary in life to strengthen the character of the nation.
KEEFEKTIFAN MODEL SHOW NOT TELL DAN MIND MAP PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERDASARKAN MINAT PESERTA DIDIK KELAS X SMK Sokhipah, Wiwit Lili; Mardikantoro, Hari Bakti
Lingua Vol 12, No 1 (2016): January 2016
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana keefektifan penggunaan model show not tell pada pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi berdasarkan minat peserta didik SMK Kelas X, (2) bagaimana keefektifan penggunaan model mind map pada pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi berdasarkan minat peserta didik SMK kelas X, (3) bagaimana keefektifan interaksi show not tell dan mind map pada pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi berdasarkan minat peserta didik SMK kelas X. Simpulan penelitian ini adalah (1) Show Not tell efektif digunakan dalam membelajarkan menulis teks eksposisi bagi peserta didik yang memiliki minat tinggi. (2) Mind Map efektif digunakan dalam membelajarkan menulis teks eksposisi bagi peserta didik yang memiliki minat rendah. (3) Model Show Not Tell lebih efektif digunakan dalam membelajarkan menulis teks eksposisi bagi peserta didik yang memiliki minat tinggi, sedangkan model Mind Map efektif digunakan dalam membelajarkan teks eksposisi pagi peserta didik yang memiliki minat rendah.Problems of this research are (1) how is the effectiveness of using Show Not Tell model in the learning of writing exposition text based on students’ interest at the tenth grade of vocational school, (2) how is the effectiveness of using Mind Mapping model in the learning of writing exposition text based on students’ interest at the tenth grade of vocational school, (3) how is the effectiveness of the interaction in Show Not Tell and Mind Mapping model in the learning of writing exposition text based on students’ interest at the tenth grade of vocational school. The conclusions of this research are (1) Show Not Tell is more effective to use in the learning of writing exposition text for students who have high interest;(2) Mind Mapping is more effective to use in the learning of writing exposition text for students who have low interest; (3) Show Not Tell is more effective than Mind Mapping model in the interaction of the learning of writing exposition text based on students’ interest.

Page 1 of 2 | Total Record : 20