cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra
ISSN : 18299342     EISSN : 25493183     DOI : -
Core Subject : Education,
Lingua, provides a forum for the full range of scholarly study of the language and literature. Embracing the field of language and literature broadly defined, the editors warmly welcome articles and research reports addressing linguistics and literature.
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue " Vol 11, No 2 (2015): July 2015" : 18 Documents clear
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT UNTUK MENEMUKAN IDE POKOK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MEMBACA FLEKSIBEL DAN METODE THINK, PAIR, AND SHARE Pratama, Hangga Aria Adhi; Yuniawan, Tommi
Lingua Vol 11, No 2 (2015): July 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok pada siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Gemuh. Hal ini karena siswa kurang tertarik dan kesulitan dalam membaca cepat, dan kesulitan menemukan ide pokok tiap paragraf. Selain itu, guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan strategi membaca fleksibel dan metode think, pair, and share dalam pembelajaran membaca cepat untuk menemukan ide pokok ini. Hasil penelitian menggunakan strategi dan metode pembelajaran tersebut menunjukkan adanya peningkatan pada proses pembelajaran membaca cepat. Pada siklus I hasil nilai mencapai 74,6 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,6 meningkat 6,0 atau sebesar 8,04%. Peningkatan keterampilan membaca cepat ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih positif.The problem that is raised in this study is the lack of students skiil in class VII H of SMP 1 Gemuh Kendal in speed reading. That  is because they are not interested in speed reading and difficulty to find main idea in each paragraph. On the other hand, the teacher still uses usual lecturing methode so that the students feel bored. Minimalize those lack, the writer used flexsible reading strategy and think, pair, share method in speed reading teaching. The result of research using strategy and method learning shows the impovement on speed reading learning process. In the cycle I the result is 74,6 than improves in cycle II become 80,6. So it rises for  about 6,0 or 8,04%. The improvement in speed reading also followed by the improvement of the student’s positive attitude.
PEMBENTUKAN REPUTASI CALON PRESIDEN 2014 DALAM BERITA DI MEDIA MASSA ONLINE : KAJIAN WACANA KRITIS Hariyani, Hariyani; Mardikantoro, Hari Bakti
Lingua Vol 11, No 2 (2015): July 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberpihakan media massa online dalam memuat berita sehingga membentuk reputasi kedua calon presiden 2014. Keberpihakan dalam membentuk reputasi pada berita di media massa online diwujudkan melalui tiga dimensi Faicrlough, yakni representasi, discourse practice, dan sociocultural practice. Data dalam penelitian ini dijaring dengan menggunakan pustaka dan metode simak. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah metode padan dan metode analisis wacana kritis model Fairclough. Penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa representasi wacana yang dimunculkan olehdetikNews.com,Kompas.com, dan VIVAnews.commemiliki kriteria yang sedikit berbeda. Namun ketiganya sama-sama melilih kata maupun kalimat sebagai bentuk fokus berita. Kata atau kalimat yang dimunculkan menunjukkan keberpihakan media terhadap calon preseiden; Tataran discourse practice, media detikNews.com dan Kompas.comcenderung berpihak kepada kubu Jokowi, keberpihakan ini terlihat dari pengemasan berita-berita yang dimunculkan kedua media tersebut. VIVAnews.com menunjukkan keberpihakan terhadap kubu Prabowo. Keberpihakan ditunjukkan dari berita-berita yang dimuat, yakni berita-berita yang muncul dominan tentang Prabowo-Hatta dan beberapa tentang Jokowi-JK tetapi VIVAnews.com memberikan kesan negatif; Tataran sociocultural practice, pembentukan reputasi calon presiden terlihat dari munculnya berita yang mengasosiasikan calon presiden dengan mantan presiden Soekarno dan Soeharto.This study aims to describe the online mass media bias in the news load so as to form a reputation both 2014 presidential candidates partisanship in shaping the reputation of the online news media Fairclough realized through a three-dimensional, ie, representation, discourse practice, and sociocultural practice. The data were captured using libraries and methods refer to. The method used in the analysis of the data is equivalent method and the method of critical discourse analysis Fairclough models. This study resulted in the following conclusions. First, discourse representation raised by detikNews.com, Kompas.com, and VIVAnews.com have slightly different criteria. But all three are equally melilih words or sentences as a form of news focus. Words or phrases that appear indicate media bias against candidates preseiden. Second, the level of discourse In practice, detikNews.com media and pro Kompas.com Jokowi camp, partisanship is evident from the packaging news raised both media. VIVAnews.com show partiality against Prabowo camp. Alignments shown on the news that was published, the news emerged dominant on Prabowo-Hatta and some of Jokowi-JK but VIVAnews.com leave a negative impression. Third, the level of sociocultural In practice, the formation of a presidential candidates reputation can be seen from the emergence of news that associate with the presidential candidates former president Sukarno and Suharto.
PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI SISWA SMP Puspitaningrum, Karlina Ayu; Suseno, Suseno
Lingua Vol 11, No 2 (2015): July 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Buku pengayaan terutama untuk menyusun teks cerita pendek sangat kurang. Berdasarkan hasil analisis terhadap kebutuhan, buku pengayaan menyusun teks cerpen yang diinginkan siswa dan guru yaitu, 1) buku yang didesain menarik dan berwarna cerah, 2) buku pengayaan dilengkapi dengan tahapan menyusun teks cerpen agar memudahkan siswa untuk menyusun dan mengembangkan keterampilan menyusun teks cerpen, 3) materi disajikan dengan menarik dan jelas serta terintegrasi nilai kearifan lokal, 4) buku pengayaan menyusun teks cerpen menggunakan ragam bahasa santai dan komunikatif, dan 5) grafika buku dibuat dengan desain menarik, dengan ketebalan buku yang disesuaikan dengan siswa SMP. Metode research and development dalam penelitian ini didesain dengan mengacu pada teori Borg and Gall dengan sedikit penyesuaian sesuai konteks penelitian. Hasil penelitian dan pengembangan ini dapat disajikan seperti berikut: Penilaian terhadap prototipe buku pengayaan menyusun teks cerita pendek berbasis kearifan lokal bagi siswa SMP yang diberikan oleh guru dan ahli, yaitu (1) aspek materi/isi buku memeroleh rata-rata nilai 85,15 dengan kategori baik, (2) aspek penyajian memeroleh rata-rata nilai 87,81 dengan kategori baik, (3) aspek bahasa memeroleh rata-rata nilai 87,50 dengan kategori baik, dan (4) aspek grafika memeroleh rata-rata nilai 88,24 dengan kategori baik. Berdasarkan penilaian ahli dan guru, buku pengayaan menyusun teks cerpen berbasis kearifan lokal sudah layak dan digunakan sebagai buku pelengkap dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan menambah pengetahuan siswa terhadap kegiatan menyusun teks cerpen dan nilai-nilai kearifan lokal. The enrichment book especially to compose the short stories is very less. Based on the analysis of the needs, the enrichment book compose the shost story text that students and teachers desired are, 1) a book designed attractive and brightly colored, 2) enrichment book fitted up with the steps of composing short story to make easier the students to compose and develop the skills to compose the short stories text, 3) the material is presented with interesting and clear as well as integrated value of local wisdom, 4) enrichment book compose short story text using the relaxed and communicative variety of language, and 5) graphics of the book made with attractive design, the thickness of the book is according to the junior high school students. The methods of research and development in this research was designed with reference to the Borg and Galls theory with a little adjustment in the context of research. The results of this research and development can be presented as : Assessment of the prototype of the enrichment book compose short story text based on local wisdom for junior high school studends given by teachers and experts,they are (1) the material aspects/content of the book gets an average score 85,15 with good category (2) the presentation aspects gets an average score 87,81 with good category (3 )as the language aspect gets an average score 87,50 with good category (4) obtain graphic gets an average score 88,24. Based on experts and teachers assessment, the enrichment book compose short story text based on local wisdom is feasible and used as a complementary book for learning Bahasa Indonesia and increase the studendts knowledge of the activities of composing short story text and values of local wisdom.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DESKRIPTIF MELALUI TEKNIK KALIMAT MENGALIR DENGAN MEDIA GAMBAR Muazinzah, Dian; Mulyani, Mimi
Lingua Vol 11, No 2 (2015): July 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks tanggapan deskriptif, mendeskripsikan perubahan sikap spiritual, mendeskripsikan perubahan sikap sosial, mendeskripsikan peningkatan pengetahuan peserta didik,dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks tanggapan deskriptif melalui teknik kalimat mengalir dengan media gambar pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Kalinyamatan Jepara. Proses pembelajaran dilaksanakan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada tes pengetahuan prasiklus sebesar 62,97. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 66,81 atau dalam kategori cukup baik dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 82,81 atau dalam kategori baik. Hasil penelitian tes keterampilan pada prasiklus sebesar 66,5 atau dalam kategori cukup baik. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 77,2 dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 84,3. Peningkatan menulis teks tanggapan deskriptif juga diikuti dengan perubahan sikap belajar peserta didik ke arah yang lebih baik selama proses pembelajaran menulis teks tanggapan deskriptif melalui teknik kalimat mengalir dengan media gambar.The purpose of this study is to describe the process of learning to write descriptive text responses, describes the spiritual attitude change, describing change social attitudes, describing an increased knowledge of learners, and describe the improvement of writing skills through the technique of descriptive text responses sentences flow with media images on students of class VIIC SMP Negeri 1 Kalinyamatan Jepara. The learning process is carried out through two cycles, the first cycle and second cycle. The results of this study showed that the average value of the class on the knowledge test pre-cycle at 62.97. In the first cycle increased by 66.81 or in a category quite well and the second cycle increased by 82.81 or more in both categories. The results of research on skills tests pre-cycle 66.5 or category quite well. In the first cycle increased by 77.2 and the second cycle increased again by 84.3. Improved writing descriptive text responses are also accompanied by changes in attitudes towards learners learn better during the process of learning to write descriptive text responses through techniques sentences flow with media images.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENANGKAP MAKNA TERTULIS TEKS EKSPLANASI SOSIOKULTURAL BERMUATAN PENDIDIKAN MORAL DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC METODE SQ4R Jayaningtyas, Rina; Haryadi, Haryadi
Lingua Vol 11, No 2 (2015): July 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Upaya meningkatkan keterampilan menangkap makna tertulis teks eksplanasi peserta didik kelas VII E SMP Negeri 5 Semarang yaitu menggunakan teks eksplanasi sosiokultural bermuatan pendidikan moral dan pendekatan scientific metode SQ4R. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi proses pembelajaran, perubahan sikap religius, perubahan sikap sosial, dan peningkatan keterampilan menangkap makna tertulis teks eksplanasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan secara signifikan. Berdasarkan hasil observasi proses, peserta didik mengalami peningkatan keantusiasan. Hasil tes keterampilan prasiklus sebesar 65,99 dengan persentase ketuntasan 6,25%, meningkat pada siklus I menjadi 79,67 atau 50% dengan hasil portofolio 81,41 atau 68,75%. Pada siklus II hasil tes 88,92 dan nilai portofolio 89,97 dengan ketuntasan 100%. Peningkatan proses pembelajaran dan keterampilan menangkap makna tertulis teks eksplanasi ini juga diikuti perubahan sikap religius dan sosial peserta didik ke arah yang lebih positif.Efforts to improve the skills of catching the written meaning of explanation text class VII-E SMP Negeri Semarang 5 that uses sociocultural explanation text charged moral education and scientific approach with SQ4R method. This study aims to describe the learning process, student’s religious attitude changes, student’s social attitude changes, and improving the skills to grasp the written meaning of explanation text. This study uses classroom action research. The result showed significant improvement. Based on the observation of the process, the students increased enthusiasm. Prasiklus skills test results at 65.99 with the percentage of completeness of 6.25%, an increase in the first cycle to 79.67 or 50% of the portfolio returns 81.41, or 68.75%. In the second cycle test results of 88.92 and 89.97 for a portfolio with 100% completeness. Improved learning process and skills grasp the written meaning of explanation text also followed by changes in religious attitudes and social attitudes of students to a more positive direction.
PENGEMBANGAN BUKU POP UP TIGA DIMENSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI Wahyudi, Fery Ahmad; Doyin, Mukh
Lingua Vol 11, No 2 (2015): July 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan media pembelajaran buku pop up dalam menulis puisi siswa SDN Negeri 1 Grabag, SDN Negeri 1 Secang, dan SDN Negeri 2 Secang. Pengembangan ini merupakan jenis Research and Development (R&D) yang terdiri atas lima tahap, yaitu survey pendahuluan, awal pengembangan prototipe, validasi desain, desain produk, dan perbaikan desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dapat mengetahui kebutuhan pengembangan buku pop up tiga dimensi sebagai media pembelajaran menulis puisi di SD, mengetahui prinsip pengembangan pop up tiga dimensi sebagai media pembelajaran menulis puisi di SD, mengetahui prototipe mengenai produk pengembangan pop up  tiga dimensi sebagai media pembelajaran menulis puisi di SD, dan perbaikan produk buku pop up tiga dimensi sebagai media pembelajaran menulis puisi di SD. Simpulan penelitian pengembangan yang dilakukan peneliti adalah menciptakan suatu media pembelajaran yang inovatif dan kreatif serta karakter media pembelajaran dapat menciptakan suasana yang imajinatif dan partisipatif bagi siswa.The purpose of this study is to recognize the development of learning media which is “pop up” book in writing poeetry for students of SDN 1 Grabag, SDN 1 Secang, and SDN 2 Secang. This development is classified into Research and Development (R&D) which is done through five stages, they are introductory survey, prototype development, design validation, product design, and design improvement. The result of this studi shows that Research and Development (R&D) can explain the necessity of developing 3D pop up bookas a learning media in writing poetry, can also explain the principles of developing 3D pop up book as a learning media in writing poetry and show the prototype about 3D pop up development product as a learning media in writing poetry. The conclusion of this study is creating an interesting and creative media and learning material characters could make an imaginative seeting and could rise the students participation.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN STRATEGI LIPIRTUP MELALUI MEDIA REALITY SHOW “MY TRIP MY ADVENTURE” Yulianti, Riska Anisa; Sumartini, Sumartini
Lingua Vol 11, No 2 (2015): July 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerpen dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa setelah menulis cerpen menggunakan strategi Lipirtup melalui media reality show “My Trip My Adventure” pada siswa kelas X-D MA PPKP Darul Ma’la Winong. Proses pembelajaran dilaksanakan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 67,5 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87 atau dalam kategori sangat baik. Pada siklus I dan siklus II meningkat sebesar 14,5 atau 21,5%. Peningkatan menulis cerpen juga diikuti dengan perubahan sikap belajar siswa yang lebih baik selama proses pembelajaran menulis cerpen menggunakan strategi Lipirtup melalui media reality show “My Trip My Adventure”.The purpose of this research is to describe the improvement of writing ability in short story and describe the transition of students attitude after writing in short story by using Lipirtup strategy through reality show “My Trip My Adventure” media at the X-D class of MA PPKP Darul Ma’la Winong. This research is conducted in two cycles, these are cycle I and cycle II. Every cycle includes planning, action, observation an reflection. The instrument of this research are test and non test. The technique of data analysis in this research uses quantitative and qualitative technique. The result of this research shows that the average score in cycle I is 67,5 in sufficient category and in cycle II shows the improvement around 87 in very good category. In cycle I and cycle II shows the improvement around 14,5 or 21, 5%. Improving writing ability in short story is also followed by the transition of students attitude in study that more better in teaching and learning process of writing short sory by using Lipirtup strategy through reality show “My Trip My Adventure” media.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN METODE SQ3R Setiowati, Fita; Istanti, Wati
Lingua Vol 11, No 2 (2015): July 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal, keterampilan menceritakan kembali cerita anak peserta didik kelas VII H SMP Negeri 16 Semarang masih rendah.Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap inti cerita.Solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah penggunaan metode SQ3R dan cerita anak yang bermuatan pendidikan karakter.Penelitian dilakukan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II,tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Proses pembelajaran menceritakan kembali cerita anak pada peserta didik kelas VII H SMP Negeri 16 Semarang mengalami perubahan yang cukup baik. Nilai rata-rata peserta didik pada siklus I sebesar 70,85masuk dalam kategori cukup.Pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai yang mencapai batas ketuntasan dengan rata-rata sebesar 80,78dan masuk dalam ketegori baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,93. Setelah peserta didik menggunakan metode SQ3R dan cerita anak bermuatan pendidikan karakter untuk menceritakan kembali cerita anak terjadi perubahan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik.Based on the first observations results, the children’s retelling story skill of students of class VII H SMP Negeri 16 Semarang is low. This is due to lack of students understanding to the story contents. The right solution to solve the problems is by using SQ3R method and children’s stories with character education. The study was conducted in two cycles, the first cycle and the second cycle, each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The learning process of children retelling story in the VII H grade students of SMP Negeri 16 Semarang changed quite good. The of students’ average value in the first cycle is 70,75 which is categorized enough. Then, in the second cycle the average value was increase which reached the limit of completeness with an average of  80,78and in good category. This shows an enhancement from the first cycle to the second cycle by 9,93. After the learners used SQ3R method and children’s stories with character education to retelling the children story, their behavior changed into better.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENANGKAP MAKNA TEKS CERITA PENDEK SECARA LISAN MELALUI MEDIA PAPERCRAFT DAN TEKNIK URAI KEJADIAN Huda, Tika Fitri Nurul; Pristiwati, Rahayu
Lingua Vol 11, No 2 (2015): July 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penerapan media papercraft dan teknik urai kejadian pada pembelajaran menangkap makna teks cerita pendek, mengetahui perubahan sikap religius peserta didik, mengetahui perubahan sikap sosial peserta didik, dan memaparkan peningkatan hasil tes keterampilan menangkap makna teks cerita pendek peserta didik. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menangkap makna teks cerita pendek secara lisan kelas VIIC SMP Negeri 9 Semarang. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Dari hasil penelitian, diketahui adanya peningkatan persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh peserta didik dalam menangkap makna teks cerita pendek secara lisan. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal aspek sikap religius 85%, meningkat menjadi 92%. Berikutnya persentase aspek sosial pada siklus I seperti teliti 85% meningkat menjadi 92%, kreatif 65% meningkat menjadi 96%, percaya diri 65% meningkat menjadi 97%, tanggung jawab 75% meningkat menjadi 95%. Aspek terakhir yang dijadikan pedoman dalam peningkatan persentase kelas adalah aspek ketrampilan. Aspek ketrampilan siklus I sebesar 69% dan mengalami peningkatan mencapai 100% pada siklus II.The purpose of this research is to explain function by papercraft and tragedy technics on in grasping the meaning of the text short stories, to explain changes of religious attitude, to explain changes of social attitude, and to describe increasing of final skill aspect. The subjects were the skills to grasp the meaning of text short stories orally VIIC class Semarang SMP Negeri 9. Collecting data using a test technique and nontes. From the research, it is known to an increase in the percentage obtained by classical completeness learners in grasping the meaning of the text short stories orally. In the first cycle percentage classical completeness aspect of religious attitudes 85%, increased to 92%. Next percentage of social aspects in the first cycle as closely 85% increased to 92%, increasing to 65% creative 96%, 65% confidence increased to 97%, 75% responsibility increased to 95%. Aspects of knowledge also increased from the first cycle to the second cycle of 71% increased to 100%. The last aspect is used as guidelines in increasing the percentage of the class is the skill aspect. Aspects skills first cycle of 69% and an increase to 100% in the second cycle.
PENGEMBANGAN BUKU POP UP TIGA DIMENSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI Wahyudi, Fery Ahmad; Doyin, Mukh
Lingua Vol 11, No 2 (2015): July 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan media pembelajaran buku pop up dalam menulis puisi siswa SDN Negeri 1 Grabag, SDN Negeri 1 Secang, dan SDN Negeri 2 Secang. Pengembangan ini merupakan jenis Research and Development (R&D) yang terdiri atas lima tahap, yaitu survey pendahuluan, awal pengembangan prototipe, validasi desain, desain produk, dan perbaikan desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dapat mengetahui kebutuhan pengembangan buku pop up tiga dimensi sebagai media pembelajaran menulis puisi di SD, mengetahui prinsip pengembangan pop up tiga dimensi sebagai media pembelajaran menulis puisi di SD, mengetahui prototipe mengenai produk pengembangan pop up tiga dimensi sebagai media pembelajaran menulis puisi di SD, dan perbaikan produk buku pop up tiga dimensi sebagai media pembelajaran menulis puisi di SD. Simpulan penelitian pengembangan yang dilakukan peneliti adalah menciptakan suatu media pembelajaran yang inovatif dan kreatif serta karakter media pembelajaran dapat menciptakan suasana yang imajinatif dan partisipatif bagi siswa.The purpose of this study is to recognize the development of learning media which is pop up book in writing poeetry for students of SDN 1 Grabag, SDN 1 Secang, and SDN 2 Secang. This development is classified into Research and Development (R&D) which is done through five stages, they are introductory survey, prototype development, design validation, product design, and design improvement. The result of this studi shows that Research and Development (R&D) can explain the necessity of developing 3D pop up bookas a learning media in writing poetry, can also explain the principles of developing 3D pop up book as a learning media in writing poetry and show the prototype about 3D pop up development product as a learning media in writing poetry. The conclusion of this study is creating an interesting and creative media and learning material characters could make an imaginative seeting and could rise the students participation.

Page 1 of 2 | Total Record : 18