cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra
ISSN : 18299342     EISSN : 25493183     DOI : -
Lingua, provides a forum for the full range of scholarly study of the language and literature. Embracing the field of language and literature broadly defined, the editors warmly welcome articles and research reports addressing linguistics and literature.
Articles 20 Documents
Search results for , issue " Vol 11, No 1 (2015): January 2015" : 20 Documents clear
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF TEKS BIOGRAFI DENGAN MODEL INKUIRI TERPIMPIN BERPASANGAN DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS VII SMP Wulan, Dyah Nawang; Zulaeha, Ida; Haryadi, Haryadi
Lingua Vol 11, No 1 (2015): January 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kemampuan membaca intensif teks biografi siswa dengan model inkuiri terpimpin berpasangan pada siswa kelas VII SMP; (2) mendeskripsikan kemampuan membaca intensif teks biografi siswa dengan model cooperative integrated reading and composition pada siswa kelas VII SMP; dan (3) mengetahui keefektifan pembelajaran membaca intensif teks biografi antara menggunakan model inkuiri terpimpin berpasangan dan cooperative integrated reading and composition  pada siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Pada kelas eksperimen satu menggunakan model inkuiri terpimpin berpasangan dan pada kelas eksperimen dua menggunakan model cooperative integrated reading and composition. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran inkuiri terpimpin berpasangan lebih efektif dibanding dengan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition pada pembelajaran membaca intensif teks biografi.This study aims to: (1) deskription  skill intensive reading text biography student  with a pair of guided inquiry model in class VII student; (2) deskription skill intensive reading text biography student with a model of cooperative integrated reading and composition students of class VII SMP; and (3) determine the effectiveness of teaching intensive reading text biography of using guided inquiry model pairs and cooperative integrated reading and composition students of class VII SMP. This study was an experimental study. In one experiment class using pairwise guided inquiry model and the experimental class in half using a model cooperative integrated reading and composition. The results showed pairs guided inquiry learning model is more effective than learning model cooperative integrated reading and composition on a learning intensive reading text biography.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIPA BERMUATAN BUDAYA JAWA BAGI PENUTUR ASING TINGKAT PEMULA Prasetiyo, Andika Eko
Lingua Vol 11, No 1 (2015): January 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan karakteristik kebutuhan bahan ajar BIPA bermuatan budaya Jawa bagi penutur asing tingkat pemula menurut persepsi penutur asing dan pengajar BIPA, (2) mengembangkan bahan ajar BIPA bermuatan budaya Jawa bagi penutur asing tingkat pemula, (3) mendeskripsikan penilaian bahan ajar BIPA bermuatan budaya Jawa bagi penutur asing tingkat pemula. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dilakukan dengan lima tahap. Setelah penelitian dilaksanakan, diperoleh hasil analisis kebutuhan menurut persepsi penutur asing dan pengajar BIPA dengan karakteristik bahan ajar BIPA yaitu menggunakan ragam bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan keterbacaan penutur asing tingkat pemula, mampu memotivasi, memiliki teknik latihan empat aspek berbahasa, serta latihan tata bahasa pada setiap babnya. Berdasarkan hasil penilaian, bahan ajar BIPA bermuatan budaya Jawa bagi penutur asing tingkat pemula dinilai sudah layak digunakan, meskipun masih perlu dilakukan perbaikan pada beberapa bagian. Sebagai sebuah produk pengembangan, produk bahan ajar BIPA yang dikembangkan berpotensi untuk memenuhi kebutuhan penutur asing tingkat pemula dan pengajar BIPA terhadap bahan ajar BIPA yang bermuatan budaya Jawa.The purpose of this research are (1) to describe the characteristics neededin BIPA materials based on Javanese culture for foreign speakers beginner level, (2) to develop BIPA materials based on Javanese culture for foreign speakers beginner level, (3) to describe the assessment of BIPA materials based on Javanese culture for foreign speakers beginner level. This study uses Research and Development (R & D) approach performed with five stages. After the research was carried out, the results of analysis needed by foreign speakers and BIPAteachers with the characteristics of BIPA materials, that is a book with language that is easily understood and in accordance with the legibility with foreign speakers beginner level, able to motivate, has exercises in  four aspects of language and exercises of grammar in each chapter. Based on the result of assessment, BIPA materials based on Javanese culture is considered to be fit for use, although it still needs to revize in some parts. As a product development, developed BIPA materials product has the potential to meet the needs of foreign speakers beginner level and teachers toward the BIPA materials based on Javanese culture.
PENGEMBANGAN SINEMATISASI CERITA PENDEK BERMUATAN BUDAYA LOKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN CERITA PENDEK DI SMK Syahputraaji, Eka Fitri; Mulyono, Mulyono
Lingua Vol 11, No 1 (2015): January 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Maju dan berkembangnya teknologi harus dimanfaatkan dengan baik dalam dunia pendidikan tanpa menghilangkan kekayaan budaya lokal. Salah satu wujud pemanfaatan tersebut adalah dengan mengembangkan media yang termasuk dalam kategori modern yang dipadukan dengan budaya lokal. Penelitian ini dilakukan guna mengembangkan media pembeljaran untuk membantu peserta didik dan pendidik dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan mengarah pada proses menyeleksi, memfokuskan, menyederhanakan, mentransformasikan data, dan merespon data mentah yang ada di lapangan. Penilian rata-rata ahli terhadap desain media yang dibuat sebesar 79,9 dengan kategori baik. Penelitian ini telah menghasilkan sebuah sinematisasi cerita pendek bermuatan budaya lokal berjudul “antara simbok dan mama”. Beberapa perbaikan dilakukan sesuai saran ahli, antara lain; perbaikan cover dan wadah VCD, perbaikan pemain, perbaikan ilustrasi musik.Technological advanced and development must be put to good use in education without losing the richness of local cultures. One form of such utilization is to develop media that are included in the category of modern, combined with the local culture. This research was conducted to develop learning media to assist learners and educators in the learning process. Data analysis techniques used lead to the process of selecting, focusing, simplifying, transforming data, and responding to the raw data in the field. Expertsscored the media design made 79.9 with good categories. This research has produced a cinematization of short story with local cultural contententitled "between simbok and mama". Several improvements were made on the advice of experts, they are; VCD cover and container repair, repair the player, repair musical illustration.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN METODE IMAJINATIF DAN MEDIA LAGU Andriati, Ida; Sumartini, Sumartini
Lingua Vol 11, No 1 (2015): January 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Roudlotus Saidiyyah Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran menyusun teks cerita pendek, meningkatkan keterampilan siswa dalam menyusun teks cerita pendek, dan mengubah perilaku yang mencakup sikap religi dan sikap sosial siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini dilakukan dengan menqggunakan metode imajinatif dan media lagu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode imajinatif dan media lagu dapat digunakan meningkatkan keterampilan siswa menyusun teks cerita pendek. Keefektifan penggunaan metode dan media ini diketahui dari peningkatan nilai rata-rata yang dicapai siswa dalam menyusun teks cerita pendek. Nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 1,86 dengan kategori cukup berpredikat C. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,37 atau 34,25% menjadi 3,23 dengan kategori baik berpredikat B+. Peningkatan tersebut juga diikuti perubahan sikap religi dan sikap sosial ke arah yang lebih baik selama proses pembelajaran. Respon siswa terhadap pembelajaran menyusun teks cerita pendek menggunakan metode imajinatif dan media lagu sangat baik. This research belonged to classroom action research which was carried out in SMP Roudlotus Saidiyyah Semareang. This research aimed to recognize the quality of the learning process in arranging short stories text, increase the students behavior in religion and social manners be better. This research was carried out using imaginative method and song media. The result of the study showed that imaginative method and song media could be used to increase the students skill in arranging short stories text. This method and media was effective, seen by the increase of the average scor reached by the students in arranging short stories text. The average score of the students in cycle I was 1,86 and ranked C. There was improvement as big as 1,37 or 34,25% in cycle II and the score became 3,33 ranked B+. The enchancement was also followed by the better change of the students behavior in religion and social manners during the learning process. The respond of the students through the learning was also good. 
KEEFEKTIFAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTUN YANG BERMUATAN CINTA LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Wardhani, Ernita Eka; Sulistyaningrum, Septina
Lingua Vol 11, No 1 (2015): January 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini menentukan keefektifan keterampilan menulis poster dengan menggunakan media kartun yang bermuatan cinta lingkungan dan membuktikan apakah media kartun yang bermuatan cinta lingkungan lebih efektif digunakan pada pembelajaran menulis poster atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melakukan kajian terhadap dua kelompok yang berbeda, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian ini menggunakan tipe non-equivalent control group design. Kelompok eksperimen menggunakan media kartun yang bermuatan cinta lingkungan, sedangkan kelompok kontrol melakukan pembelajaran tanpa menggunakan media kartun yang bermuatan cinta lingkungan. Temuan penelitian ini adalah adanya peningkatan rata-rata nilai siswa pada kelompok eksperimen 63,78 untuk tes awal menjadi 75,12 untuk tes akhir dengan peningkatan sebesar 1,87%, sedangkan pada kelompok kontrol 62,06 untuk tes awal menjadi 72,5 untuk tes akhir dengan peningkatan sebesar 1,78%. Hal tersebut bermakna kelompok eksperimen lebih efektif dibanding kelompok kontrol.The purpose of this study determines the effectivenessof learning to write using the media cartoon poster-laden love of the environment and prove whether love-laden cartoon media environment more effectively used in the teaching of writing poster or not. This study is an experimental study reviewing two different groups, namely the experimental group and the control group. This study design using type of non-equivalent control group design. The experimental group used the cartoon medium-laden love of the environment, while the control group do the learning without the use of media-laden cartoon love the environment. The findings of this study was the increase in the average value of the students in the experimental group 63,78 to 76,12 for the initial test become final test. With increase of 1,87%, whereas in the control group to test the initial 62,06 to 72,5 for the final test with an increase of 1,78%. It is significantly more effective experimental group than the control group.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BERTEMA ORANG TERCINTA MENGGUNAKAN METODE PARTISIPATORI DENGAN MEDIA BURSA KATA PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 9 PURWOKERTO Budiastuti, Rosi Dwi; Istanti, Wati
Lingua Vol 11, No 1 (2015): January 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Purwokerto masih rendah dan perlu ditingkatkan. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh belum mencapai batas nilai kriteria ketuntasan minimal, yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor baik dari siswa maupun guru. Penelitian ini membahas proses, hasil keterampilan, serta perubahan perilaku dalam pembelajaran menulis puisi bertema orang tercinta menggunakan metode partisipatori dengan media bursa kata pada siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses, keterampilan menulis puisi,   orang tercinta menggunakan metode partisipatori dengan media bursa kata pada siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Purwokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas siklus I dan siklus II. Setiap siklus memiliki empat tahapan kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode partisipatori dengan media bursa kata dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Proses pembelajaran mengalami peningkatan perhatian, keantusiasan, dan keaktifan siswa saat mengikuti pembelajaran. Keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Purwokerto mengalami peningkatan. nilai rata-rata prasiklus ke siklus I sebesar 16,18% dengan nilai rata-rata sebesar 78,68. Peningkatan nilai rata-rata siklus I ke siklus II sebesar 6% dengan nilai rata-rata sebesar 84,68 dalam kategori baik. Tingkah laku siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi mengalami perubahan menuju ke arah lebih baik, bersungguh-sungguh mengikuti pembelajaran, berperan aktif dalam proses pembelajaran, dan terlihat berkonsentrasi dalam menulis puisi.            The poetry writing skills of students of class VII C SMP 9 Purwokerto is still low and needs to be improved. The mean of score which is derived in the class have not reached yet the criteria minimum score, namely 75. This is caused by several factors, both of students and teachers. This study discusses the process, the result of skill, as well as behavioral changes in learning to write poetry themed participatoryloved ones using the media exchange words in class VII C SMP 9 Purwokerto. This study aims to determine the increase process, poetry writing skills, and behavioral changes in learning to write poetry themed loved ones using participatory methods with media exchanges words in grade of VII C SMP 9 Purwokerto. This research is a classroom action research (PTK) which consists of the first cycle and the second cycle. Each cycle has four phases of activities, including planning, action, observation, and reflection. The results showed that the method of participatory media words exchanges and improves the students skill in writing poetry. The learning process improved attention, enthusiasm and the activeness of students while attending the learning. The poetry writing skills of students of grades VII C SMP 9 Purwokerto improved well. It can be seen from the result ofprasiklus to the first cycle or 16.18% or 78.68. The increasinge of the first cycle to the second cycle of 6% or a total of 84.68 in both categories. The behavior of students in learning to write poetry following the change towards a better, join well in  the learning, play an active role in the learning process, and looks to concentrate on writing poetry.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DENGAN MEDIA KARTU PANTUN Latifah, Arifatul; Setyaningsih, Nas Haryati
Lingua Vol 11, No 1 (2015): January 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran menulis pantun siswa kelas VII F SMP Negeri 24 Semarang belum berjalan dengan baik. Hal ini terbukti dari hasil tes keterampilan dan observasi sikap siswa yang masih rendah. Model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dengan media kartu pantun dipilih sebagai solusi mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, peningkatan keterampilan, dan perubahan sikap siswa dalam pembelajaran menulis pantun. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan nontes. Hasil penelitian proses belajar siswa mengalami peningkatan setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dengan media kartu pantun. Hasil tes keterampilan siswa mengalami peningkatan dari rata-rata 78,25 menjadi 85,83 dengan persentase ketuntasan 100%. Peningkatan perubahan perilaku siswa menjadi positif terlihat lebih antusias, aktif, bertanggung jawab, dan percaya diri.Learning to write poem in class VII F of SMPN 24 Semarang had not run well. This was proved by the result of skill and observation of student attitudes which were still low. Learning model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) with a media card poem was chosen as a solution to overcome these problem. This study aims to describe the process, improving skills and cahnfe attitudes of students in learning to write poem. This study uses a clas room action reserch design through two cycles, the first cycle and the second cycle. Earch cycle includes planning, action, observation and refletion. The instruments used are test and non test. The result of research and learning process of students has increased after treated by using model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) with poem card media. The result of the skills test of students has increased from an average of 78,25 into 85,83 with tehe percetage of completeness 100%. The improvement of student begavior changes to positive, looks more enthusiastic, active, responsible and confident.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEDIA KARIKATUR BERPIDATO BERTEMA KEBUDAYAAN INDONESIA Ridianur, Fajrina; Utami, Santi Pratiwi Tri
Lingua Vol 11, No 1 (2015): January 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan menyusun teks eksposisi pada peserta didik kelas VII H SMP Negeri 1 Banjarnegara belum mencapai nilai ketuntasan minimal. Rendahnya nilai tersebut disebabkan  minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, kurangnya penerapan model dan media yang variatif, dan sulit mengembangkan kerangka menjadi sebuah teks yang utuh. Oleh karena itu, guru harus lebih variatif dalam menerapkan model serta media pembelajaran untuk menarik minat peserta didik dalam pembelajaran menyusun teks eksposisi. Penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dan media karikatur berpidato bertema kebudayaan Indonesia diharapkan bisa mengatasi masalah diatas. Pengumpulan data menggunakan nontes dan tes. Dari hasil penelitian, proses pembelajaran, sikap religius dan sosial peserta didik mengalami perubahan kearah yang positif. Proses pembelajaran mengalami peningkatan rata-rata sebesar 10% dari siklus I ke siklus II. Sikap religius mengalami peningkatan sebesar 1 dari siklus I ke siklus II. Adapun sikap sosial mengalami peningkatan 0,69 pada sikap jujur, 0,44 pada sikap santun, dan 0,33 pada sikap tanggung jawab. Hasil keterampilan juga mengalami peningkatan  sebesar 0,56 dari 2,76 pada siklus I menjadi 3,39 pada siklus II.The skill of arranging exposition text in the VII H students of SMP Negeri 1 Banjarnegara does not reach the minimum completeness grade. It is happened because the lack of interest from the students, less variation in the applied model and media, and the difficulty to develop the framework into one whole text. Therefore, the teacher has to find the students’ interest and applied more variation of model and media in the teaching and learning process. The project based and recite caricature Indonesian culture themed are use in the teaching and learning process to solve the problems. Test and non-test is use to collect the data. The results of the research indicate that the student’s religious and social attitude positively improved. Learning increased an average of 10% from the first cycle to second cycle. A religious posture increased by 1 from the fisrt cyce to second cycle. The social attitudes 0,69 increased in the attitude of honest, 0,44 in the attitude manners, and 0,33 in the attitude of responsibility. The students’ skill shown the improvement in the amount of 0,56; it was 2,76 in the first cycle, and it become 3,39 in the second cycle.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA FOTO DENGAN TEKNIK AKROSTIK Widyasari, Norma; Doyin, Mukh
Lingua Vol 11, No 1 (2015): January 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui proses penerapan metode penggunaan media foto dengan teknik akrostik terhadap pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Proses dalam penelitian ini melingkupi kegiatan awal, kegiatan inti, dan penutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media foto dengan teknik akrostik dapat meningkatkan hasil belajar menulis puisi pada siswa kelas VIII A MTs Mimbarul Huda Menggala Bumiayu. Hasil tes pada siklus I diperoleh nilai kelas rata-rata sebesar 67,97. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 80,00. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 12,03. Peningkatan keterampilan menulis puisi tersebut diikuti dengan perubahan perilaku siswa semakin aktif dan antusias dalam pembelajaran menulis puisi menggunakan media foto dengan teknik akrostik.This research is conducted in order to know the implementation process in the use of photo media using technique akrostik towards teaching poetry writing. This research is an classroom research which consists of two cycles. The process in this research consists of pre activity, core activity, and the last is closing/post activity. The result of the research shows that the use of photo media using technique akrostikcan improve students’ achievement in writing poem at class VIII A MTs Mimbarul Huda Menggala Bumiayu. The result of the test in first shows the mean of the score was 67,97. On the cycle 2 the mean of score was 80,00. The skill improvement in writing poetry is followed by the changes of students’ attitude which is more active and enthusiastic in the learning process of writing poetry using photo media by using akrostik technique. 
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK DENGAN MODEL QUANTUM DAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA SMP Rahman, Mahda Haidar; Zulaeha, Ida
Lingua Vol 11, No 1 (2015): January 2015
Publisher : Lingua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui keefektifan pembelajaran menyusun teks cerita pendek secara tertulis dengan model quantum pada siswa kelas VII SMP, (2) mengetahui keefektifan pembelajaran menyusun teks cerita pendek secara tertulis dengan model Project Based Learning (PBL) pada siswa kelas VII SMP. (3) mengetahui perbedaan keefektifan antara pembelajaran menyusun teks cerita pendek secara tertulis menggunakan model quantum dengan model project based learning. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan kelas PBL sebagai kelas kontrol dan kelas quantum sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menyusun teks cerita pendek secara tertulis pada kelas VII efektif dilakukan dengan model quantum dan PBL. Pembelajaran menyusun teks cerita pendek secara tertulis pada kelas VII menggunakan model quantum lebih efektif dibanding dengan menggunakan  model PBL.This research aims to: (1) understand the effectiveness of learning to arrange short stories text written with the quantum model of class VII SMP, (2) understand the effectiveness of learning to arrange short stories text written project-based learning model (PBL) of class VII SMP. (3) know the difference between learning effectiveness arrange a short story text written using quantum model and project based learning model. The research used a quasi-experimental design with PBL class as the control class and quantum class as the experiment classs. The results showed that learning arrange a short story text written in class VII effectively with quantum models and PBL. Learning to arrange short stories text written in class VII quantum model is more effective than using PBL model.

Page 1 of 2 | Total Record : 20