cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Kreano
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif Inovatif adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Kreano, mempublikasikan artikel-artikel yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka, dan kreasi inovasi lain di bidang pendidikan matematika dan pembelajarannya. Jurnal Kreano ini ber-ISSN yang diterbitkan LIPI, ISSN: 2086-2334.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif" : 12 Documents clear
Rancang Bangun Instrumen Tes Kemampuan Keruangan Pengembangan Tes Kemampuan Keruangan Hubert Maier dan Identifikasi Penskoran Berdasar Teori Van Hielle Prabowo, Ardhi; Ristiani, Eri
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 2 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v2i2.2618

Abstract

Tulisan ini berisi mengenai rancang bangun instrumen uji kemampuan keruangan. Sesuai dengan definisi dari Maier, kemampuan keruangan merupakan salah satu kemampuan dasar dari manusia. Maier juga menyebutkan bahwa kemampuan keruangan memiliki hubungan yang kuat dengan kemampuan analitis dan sintesis serta kemampuan aritmatika. Dalam rangka pengembangan uji kemampuan keruangan maka disusunlah instrumen uji kemampuan keruangan yang dalam penskorannya mengadopsi model penskoran dari tes kemampuan keruangan Van Hielle.
Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Segiempat dengan Pendekatan STAD (Student Teams Achievement Divisions) di Kelas VII-1 SMP Negeri 2 Kutalimbaru Siswoyo, Budi
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 2 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v2i2.2619

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk menemukan model pembelajaran yang tepat dalam mengajarkan kompetensi dasar mengidentifikasi sifat-sifat segiempat bagi siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Kutalimbaru. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada kompetensi dasar di atas antara lain disebabkan materi pembelajaran yang disampaikan tidak bertahan lama dalam ingatan siswa. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Kutalimbaru sedang objeknya adalah pendekatan STAD (Student Teams-Achievement Divisions). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa pada materi ini meningkat sebesar 50,38% (hasil belajar siswa meningkat sebesar 22,81) dari kondisi awal sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 28,12% (hasil belajar siswa meningkat sebesar 13,44) atau dengan kata lain tindakan yang dilakukan pada penelitian (terdiri dari 2 siklus) dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 36,25 dan ketuntasan belajar sebesar 78,50%. Untuk itu peneliti merekomendasikan pada pelaksana pembelajaran (guru matematika) untuk melaksanakan pembelajaran pada materi mengidentifikasi sifat-sifat segiempat  menggunakan pendekatan STAD (Student Teams-Achievement Divisions).
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Strategi IDEAL Problem Solving Berbantuan Puzzquare Materi Luas Daerah Segiempat Kelas VII Susiana, Eny
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 2 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v2i2.2620

Abstract

This research is classified as the developmental research. It develops learning materials using IDEAL problem solving strategy supported by Puzzquare for quadrilateral area for grade VII. The goals of this research are the development of learning materials using IDEAL problem solving strategy supported by Puzzquare is valid and learning process using that materials is effective. The development of learning materials on this research used 4-D model (Thiagarajan, Semmel and Semmel): (1) Define, (2) Design, (3) Develop, and (4) Disseminate. The developed learning-materials are (1) syllabus (2) lesson plan, (3) handbook, (4) student activity sheet, and (5) problem solving ability test. Keyword: The Development of Learning Material, IDEAL Problem Solving, Puzzquare
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Calculus I Kelas SBI Menggunakan Model Pembelajaran Multi Media Interaktif (MMI) Pramesti, Getut; Maryono, Dwi
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 2 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v2i2.2621

Abstract

Calculus is a finite mathematics concepts to solve infinite mathematics problems. The subject which is given to students grade 1 and 2 semester, is a basic science to understanding the other subject on education mathematic program, Mathematics and science department, teacher training and education faculty, Sebelas Maret University. Learning of Interactive Multimedia (MMI) is one of  learning model based IT which can be used in Calculus I learning. This learning model have aim to enhance concept mastery and to improve the learning attitude of students a multimedia interactive based tutorial model of Calculus I is applied. This research is quasi experimental with subject on SBI class from the faculty of teacher training and education Sebelas Maret University with mathematical education as a experiment class and physic education as a control class. Research data were collected by using a concept mastery pretest, posttest and a questionnaire. Data analysis was conducted by using t –test. The result of this research show that the MMI learning have significance on improve Calculus learning quality and also improve the learning attitude of students.   Keywords: Calculus; Interactive multimedia; learning attitude
Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Siswa pada Materi Geometri dan Pengukuran Melalui Kegiatan “Remase” di SMP 33 Semarang Abidin, Zaenal; Saputro, Tri Mulyono Edi
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 2 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v2i2.2622

Abstract

Masalah utama yang dikaji dalam pengembangan inovasi ini adalah upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi Geometri dan pengukuran. Pengembangan inovasi ini bertujuan untuk untuk menerapkan pembelajaran melalui kegiatan “Remase” pada siswa kelas VIII E Semester 2 di SMP 33 Semarang, sehingga dapat diketahui: apakah pembelajaran melalui kegiatan “Remase” dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada materi Geometri dan Pengukuran. Pengembangan inovasi ini terdiri dari beberapa siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, implementasi, observasi dan evaluasi, refleksi. Lokasi penelitian ini di SMP 33 Semarang. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E semester 2 sebanyak 37 siswa. Pengembangan inovasi ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengembangan inovasi dikatakan berhasil apabila rata-rata hasil belajar pada materi yang menerapkan Remase minimal 65 dan 75% siswa minimal memperoleh hasil belajar 70, serta tingkat motivasi belajar siswa di atas 70%. Instrumen yang disusun berupa tes, lembar observasi, dan angket. Hasil pengembangan inovasi ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII E pada siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa 59,76, pada siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa 77,03. pada siklus kedua kedua ini indikator yang ditetapkan telah tercapai. Sedangkan dari hasil angket, dapat dikatakan bahwa dengan adanya pembelajaran matematika melalui kegiatan Remase 1) siswa merasa senang dalam mengikuti pelajaran, 2) motivasi belajar matematika siswa meningkat, 3) siswa dapat melakukan kerjasama dalam menyelesaikan soal, 4) hasil belajar siswa juga meningkat, 5) adanya apresiasi dari setiap hasil karya yang dihasilkan siswa, 6) kegiatan pembelajaran begitu menyenangkan dan tidak terpaku harus dilaksanakan di dalam kelas tetapi bisa dilaksanakan di luar kelas. Kata kunci: CTL; Remase; Motivasi; Hasil belajar
Peningkatan Pemahaman Mahasiswa melalui Belajar Aktif (Active Learning) dengan Pengembangan Algoritma dan Membahasakan Ide-Ide dari Konsep-Konsep dan Prinsip-Prinsip pada Mata Kuliah Kalkulus 1 Kharis, Muhammad
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 2 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v2i2.2623

Abstract

Mathematical concepts are hierarchically structured, which means that in studying mathematics, the prerequisites concepts must be completely understood in order to understand the further concepts. This research is a classroom action research by applying active learning methods to express the ideas of the concepts and principles in calculus. This research aims to find a learning form that can give student a chance to express the ideas of the concepts and principles in calculus. This research also aims to know the learning outcomes from applying this methods. The research was conducted in three cycles. Each cycle consists of planning, execution, observation, and reflection. Each cycle begins with the pre test and ends with a post test. Pre tests are used to determine the preparation of students in the lecture, while the post test to determine student learning outcomes. Keywords: penelitian tindakan  kelas, siklus, pre tes, pos tes, belajar aktif.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Calculus I Kelas SBI Menggunakan Model Pembelajaran Multi Media Interaktif (MMI) Pramesti, Getut; Maryono, Dwi
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 2 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v2i2.2621

Abstract

Calculus is a finite mathematics concepts to solve infinite mathematics problems. The subject which is given to students grade 1 and 2 semester, is a basic science to understanding the other subject on education mathematic program, Mathematics and science department, teacher training and education faculty, Sebelas Maret University. Learning of Interactive Multimedia (MMI) is one of  learning model based IT which can be used in Calculus I learning. This learning model have aim to enhance concept mastery and to improve the learning attitude of students a multimedia interactive based tutorial model of Calculus I is applied. This research is quasi experimental with subject on SBI class from the faculty of teacher training and education Sebelas Maret University with mathematical education as a experiment class and physic education as a control class. Research data were collected by using a concept mastery pretest, posttest and a questionnaire. Data analysis was conducted by using t –test. The result of this research show that the MMI learning have significance on improve Calculus learning quality and also improve the learning attitude of students.   Keywords: Calculus; Interactive multimedia; learning attitude
Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Siswa pada Materi Geometri dan Pengukuran Melalui Kegiatan “Remase” di SMP 33 Semarang Abidin, Zaenal; Saputro, Tri Mulyono Edi
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 2 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v2i2.2622

Abstract

Masalah utama yang dikaji dalam pengembangan inovasi ini adalah upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi Geometri dan pengukuran. Pengembangan inovasi ini bertujuan untuk untuk menerapkan pembelajaran melalui kegiatan “Remase” pada siswa kelas VIII E Semester 2 di SMP 33 Semarang, sehingga dapat diketahui: apakah pembelajaran melalui kegiatan “Remase” dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada materi Geometri dan Pengukuran. Pengembangan inovasi ini terdiri dari beberapa siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, implementasi, observasi dan evaluasi, refleksi. Lokasi penelitian ini di SMP 33 Semarang. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E semester 2 sebanyak 37 siswa. Pengembangan inovasi ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengembangan inovasi dikatakan berhasil apabila rata-rata hasil belajar pada materi yang menerapkan Remase minimal 65 dan 75% siswa minimal memperoleh hasil belajar 70, serta tingkat motivasi belajar siswa di atas 70%. Instrumen yang disusun berupa tes, lembar observasi, dan angket. Hasil pengembangan inovasi ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII E pada siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa 59,76, pada siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa 77,03. pada siklus kedua kedua ini indikator yang ditetapkan telah tercapai. Sedangkan dari hasil angket, dapat dikatakan bahwa dengan adanya pembelajaran matematika melalui kegiatan Remase 1) siswa merasa senang dalam mengikuti pelajaran, 2) motivasi belajar matematika siswa meningkat, 3) siswa dapat melakukan kerjasama dalam menyelesaikan soal, 4) hasil belajar siswa juga meningkat, 5) adanya apresiasi dari setiap hasil karya yang dihasilkan siswa, 6) kegiatan pembelajaran begitu menyenangkan dan tidak terpaku harus dilaksanakan di dalam kelas tetapi bisa dilaksanakan di luar kelas. Kata kunci: CTL; Remase; Motivasi; Hasil belajar
Rancang Bangun Instrumen Tes Kemampuan Keruangan Pengembangan Tes Kemampuan Keruangan Hubert Maier dan Identifikasi Penskoran Berdasar Teori Van Hielle Prabowo, Ardhi; Ristiani, Eri
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 2 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v2i2.2618

Abstract

Tulisan ini berisi mengenai rancang bangun instrumen uji kemampuan keruangan. Sesuai dengan definisi dari Maier, kemampuan keruangan merupakan salah satu kemampuan dasar dari manusia. Maier juga menyebutkan bahwa kemampuan keruangan memiliki hubungan yang kuat dengan kemampuan analitis dan sintesis serta kemampuan aritmatika. Dalam rangka pengembangan uji kemampuan keruangan maka disusunlah instrumen uji kemampuan keruangan yang dalam penskorannya mengadopsi model penskoran dari tes kemampuan keruangan Van Hielle.
Peningkatan Pemahaman Mahasiswa melalui Belajar Aktif (Active Learning) dengan Pengembangan Algoritma dan Membahasakan Ide-Ide dari Konsep-Konsep dan Prinsip-Prinsip pada Mata Kuliah Kalkulus 1 Kharis, Muhammad
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 2, No 2 (2011): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/kreano.v2i2.2623

Abstract

Mathematical concepts are hierarchically structured, which means that in studying mathematics, the prerequisites concepts must be completely understood in order to understand the further concepts. This research is a classroom action research by applying active learning methods to express the ideas of the concepts and principles in calculus. This research aims to find a learning form that can give student a chance to express the ideas of the concepts and principles in calculus. This research also aims to know the learning outcomes from applying this methods. The research was conducted in three cycles. Each cycle consists of planning, execution, observation, and reflection. Each cycle begins with the pre test and ends with a post test. Pre tests are used to determine the preparation of students in the lecture, while the post test to determine student learning outcomes. Keywords: penelitian tindakan  kelas, siklus, pre tes, pos tes, belajar aktif.

Page 1 of 2 | Total Record : 12