cover
Filter by Year
Kreano
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif Inovatif adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Kreano, mempublikasikan artikel-artikel yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka, dan kreasi inovasi lain di bidang pendidikan matematika dan pembelajarannya. Jurnal Kreano ini ber-ISSN yang diterbitkan LIPI, ISSN: 2086-2334.
Articles
342
Articles
‚Äč
Desain Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembiasaan Berpikir Kreatif Calon Guru Matematika

Fatmah, Fatmah, Hidayad, Arif

Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 10, No 1 (2019): In Press Publication of 10(1), June 2019
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan gambaran tentang pembelajaran berbasis proyek dalam pembiasaan berpikir kreatif mahasiswa calon guru matematika. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian tersebut mengikuti tahapan identifikasi, pengembangan, dan penyebaran (Borg & Gall). Ujicoba dilakukan pada semester VI program studi pendidikan Matematika di STKIP Taman Siswa Bima. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi, pedoman wawancara dan instrumen tes. Perangkat pembelajaran yang melalui tahap pengembangan, setelah dilakukan uji validasi dan ujicoba dapat dikatakan praktis dengan adanya penilaian validator yang menyatakan perangkat valid dan dapat dipergunakan setelah direvisi sesuai catatan, hasil observasi pelaksanaan pembelajaran setiap SAP pada kriteria baik, hasil observasi pembelajaran mahasiswa setiap SAP menunjukan aktif. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif dengan adanya mahasiswa merespon positif pembelajaran setiap SAP, RTM dan instrumen tes hasil belajar memenuhi kriteria valid, reliabel dan sensitif serta ketuntasan belajar klasikal terpenuhi.The purpose of this study is to get an overview of project-based learning in the habit of creative thinking of prospective mathematics teacher students. This research includes development research with qualitative descriptive analysis technique. The study follows the stages of identification, development, and dissemination (Borg & Gall). The trial was conducted in the sixth semester of Mathematics education program at STKIP Taman Siswa Bima. Data collection using observation sheet instruments, interview guides and test instruments. Learning device through development stage, after validation test and test can be said practically with the existence of validator assessment which stated device valid and can be used after revised according to note, result of observation of learning implementation every Teaching Events Unit on good criterion, result of observation of student learning every Teaching Events Unit show active . Learning devices are said to be effective in the presence of students respond positively to learning each Teaching Events Unit, Student Duty Plan and test result learning instruments meet the criteria of valid, reliable and sensitive as well as completeness of classical learning fulfilled.

Hubungan Antara Pemahaman Konsep Dan Kecemasan Menghadapi Mata Kuliah Teori Grup Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa

Hanifah, Hanifah, Abadi, Agung Prasetyo

Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 9, No 2 (2018): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara pemahaman konsep matematis dan kecemasan menghadapi mata kuliah teori grup dengan prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV kelas E Program Studi pendidikan Matematika FKIP UNSIKA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pemahaman konsep, angket kecemasan menghadapi mata kuliah teori grup, dan hasil akademik mahasiswa. Dari hasil analisis korelasi sederhana, diperoleh nilai koefisien korelasi antara pemahaman konsep matematis dengan prestasi akademik mahasiswa sebesar 0,755 dan untuk nilai koefisien korelasi antara kecemasan menghadapi mata kuliah teori grup dengan prestasi akademik mahasiswa sebesar ‚??0,413. Kemudian untuk nilai koefisien korelasi ganda antara pemahaman konsep dan kecemasan menghadapi mata kuliah teori grup dengan prestasi akademik mahasiswa sebesar 0,789. Berdasarkan perolahan data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman konsep matematis dengan prestasi akademik mahasiswa, terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara kecemasan menghadapi mata kuliah teori grup dengan prestasi akademik mahasiswa dan terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep dan kecemasan menghadapi mata kuliah teori grup dengan prestasi akademik mahasiswa.The purpose of this study was to describe the relationship between understanding mathematical concepts and the anxiety of student when facing up the theory group class based on the student academic achievement. This experiment is a quantitative experiment with descriptive method. Subjects in this study were fourth semester students in E class of Mathematics education programme on Educational Science faculty. The instrument used in this study is a concept understanding test, the anxiety questionnaire in facing the group theory class, and student academic results. From the results of a simple correlation analysis, a correlation coefficient is obtained between understanding mathematical concepts with student academic achievement is 0.755 and for the correlation coefficient between the anxiety in facing group theory class with student academic achievement is -0.413. Then for the multiple correlation coefficient between concept understanding and the anxiety in facing group theory courses with student academic achievement is 0.789. Based on the processed data,¬† it can be concluded that there is a positive and significant relationship between understanding mathematical concepts with student academic achievement, there is a negative and significant relationship between the anxiety in facing group theory courses with student academic achievement and there is a significant relationship between concept understanding and the anxiety in facing theory group class with student academic achievement.

Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Analisis Data Pada Mata Kuliah Statistik Dalam Meningkatkan Belajar Mandiri Mahasiswa

Saidah, Nusrotus, Yulistianti, Hayu Dian

Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 9, No 2 (2018): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk modul praktikum yang digunakan dalam pembelajaran statistik penelitian. Prosedur pengembangan modul praktikum berbasis analisis data ini sesuai dengan pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah statistik lanjutan dengan jumlah 128 mahasiswa. Instrumen penelitian ini adalah modul praktikum atau bahan ajar, tes dan angket penilaian kualitas bahan ajar yang diisi oleh mahasiswa. Desain penelitian ini adalah eksperimental dengan pola pretest - postest desaign dengan uji analisis paired sample t-test. Hasil dari penilaian reviewer diperoleh kategori baik dengan skor rata-rata 38,41. Hasil uji kepraktisan oleh mahasiswa mendapatkan skor rata-rata 92,5 yang menunjukkan sangat baik atau praktis digunakan sebagai acuan sumber belajar mandiri pada perkuliahan statistik. Hasil penerapan pembelajaran menggunakan modul praktikum berbasis analisis data ini menunjukkan probabilitas 0,00 dengan signifikasi  0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan modul pembelajaran praktikum  dapat meningkatkan belajar mandiri mahasiswa.  Modul Praktikum berbasis analisis data  ini memeiliki kriteria tinggi pada kebenaran konsep dan struktur handout serta secara praktis digunakan oleh mahasiswa.This research is a development research that aims to develop teaching materials in the form of a practicum module used in the study of research statistics. The procedure of developing the lab module based on this data analysis in accordance with the development of Borg & Gall. The subjects of this study are students who follow advanced statistics courses with the number of 128 students. The instrument of this research is teaching module or teaching materials, test and questionnaire of quality assessment of teaching materials filled by students. The design of this study was experimental with pretest-postest desaign pattern with paired sample t-test analysis. The results of reviewer ratings obtained good category with an average score of 38.41. The test results of practicality by the students get an average score of 92.5 which indicates very good or practical use as reference of independent learning resources in statistical lectures. The result of the application of learning using the module of practicum based on this data analysis shows the probability of 0.00 with significance <0.05 which means Ho is rejected and Ha accepted. The results of this analysis indicate that with the implementation of learning module module can improve student self study. The Practicum Module based on this data analysis has high criteria on the correctness of concept and handout structure and is practically used by students.

Penggunaan Tarser Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Bilangan Bulat Tingkat SMP

Pemu, Nasrullah, Rahman, Amirullah

Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 9, No 2 (2018): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana media tarser digunakan dalam kegiatan pembelajaran operasi pada bilangan bulat, khususnya operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat. Penelitian tindakan kelas (PTK) dipilih sebagai metode dalam mengumpulkan data meliputi empat tahap sebagai berikut: merencanakan, tindakan, mengamati, dan merefleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus bagi siswa kelas VII SMPN Khusus Jeneponto. Dari aplikasi tindakan ini menunjukkan perubahan positif terhadap hasil belajar yang diindikasi dengan skor rata-rata siklus I sebesar 79 termasuk kategori ‚??baik‚?Ě menjadi skor rata-rata 88 termasuk kategori ‚??baik sekali‚?Ě pada siklus kedua. Dengan kata lain, media tarser dalam pembelajaran materi operasi penjumlahan dan pengurangan dapat mendukung pencapaian positif hasil belajar siswa dan layak menjadi alternatif media pembelajaran bagi guru dalam memfasilitasi siswa mengkonstruksi pemahaman konsep operasi bilangan bulat.This study aims to show how media tarser is used in learning operations in integers, especially the addition and subtraction operations of integers. Classroom action research (CAR) was chosen as a method of collecting data covering the following four stages: planning, acting, observing, and reflecting. This research was conducted for 2 cycles for grade VII students of Jeneponto Special Middle School. From the application of this action shows a positive change in learning outcomes indicated by the average cycle I score of 79 including the "good" category to an average score of 88 including the "excellent" category in the second cycle. In other words, the tarser media in learning addition and subtraction operation materials can support the positive achievement of student learning outcomes and deserve to be an alternative learning medium for teachers in facilitating students to construct an understanding of the concept of integer operations

Mensinergikan Kemampuan Geometri Dan Analisis Pada Mata Kuliah Kalkulus Diferensial Melalui Bahan Ajar Berbasis Geogebra

Sopiany, Hanifah Hani Nurus, Rikayanti, Rikayanti

Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 9, No 2 (2018): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini sebagai upaya mempermudah visualisasi dan penerapan konsep matematika dengan menggunakan software Geogebra. Sehingga mahasiswa dapat mensinergikan kemampuan analisis dan geometrinya. Penelitian ini melibatkan mahasiswa yang mengontrak matakuliah kalkulus diferensial pada semester genap. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Hasil observasi kemampuan awal memunculkan perlunya kemampuan mengidentifikasi unsur yang diketahui dan yang diperlukan dalam menyelesaikan permasalahan sesuai konsep, sehingga ini menjadi salah satu faktor yang membuat mahasiswa kesulitan dalam merepresentasikan hasil kedalam grafik/gambar. Hasil penelitian ini adalah: 1) Dugaan perlunya pengembangan bahan ajar di tunjukkan dengan adanya kebingungan mahasiswa dalam menggunakan bahan ajar yang sudah ada sehingga menunjukkan interaksi negatif antara mahasiswa. Penemuan terbimbing untuk pemahaman konsep dari hasil konflik kognitif mahasiswa kurang dapat dihasilkan dengan maksimal. 2) Pada hasil pengembangan bahan ajar, mahasiswa merasa dalam menarik kesimpulan dan argument dari hasil pembuktian, dapat dibantu dengan representasi gambar dan grafik yang dilakukan dengan menggunakan software Geogebra. 3) Variasi berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kalkulus diferensial tergolong kurang berkembang. 4) Pengembangan bahan ajar berdasarkan pada hasil analisis dan respon mahasiswa telah mencapai tahapan yang mendekati kebutuhan, walaupun diperlukan adanya perbaikan.This research is an effort to facilitate visualization and application of mathematical concepts by using Geogebra software. So that students can synergize their analytical skills and geometry. This study involved students who contracted differential calculus courses in even semester. The research method used is the development of ADDIE models (analyze, design, development, implementation, evaluation). The results of the initial ability observation show to the need for the ability to identify elements that were known and needed in solving problems according to the concept, so that this became one of the factors that made students difficult to represent the results into graphics / images. The results of this study are: 1) Suspicion of the need for the development of teaching materials is shown by the confusion of students in using existing teaching materials so as to show a negative interaction between students. Discovery Learning for understanding the concept of the results of student cognitive conflict can not be maximally produced. 2) In the results of the development of teaching materials, students feel that in drawing conclusions and arguments from the results of the proof, they can be helped by the representation of images and graphics that are carried out using Geogebra software. 3) Variations in student thinking in solving the problem of differential calculus are classified as less developed. 4) The development of teaching materials based on the results of analysis and response of students has reached a stage that is close to need, even though improvements are needed. 

Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Calon Guru pada Brain-Based Learning Berbantuan Web

Dewi, Nuriana Rachmani, Masrukan, Masrukan

Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 9, No 2 (2018): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis secara komprehensif pencapaian kemampuan koneksi matematis mahasiswa sebagai akibat dari penerapan Brain-Based Learning Berbantuan Web dan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika salah satu perguruan tinggi di Jawa Tengah, sedangkan sampelnya adalah mahasiswa yang sedang menempuh Mata Kuliah Kalkulus Integral. Sampel diambil secara acak sehingga didapatkan satu kelompok eksperimen yang mendapatkan Brain-Based Learning Berbantuan Web dan satu kelompok yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini adalah (1) Pencapaian kemampuan koneksi matematis mahasiswa yang mendapatkan Brain-Based Learning Berbantuan Web setara dengan mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional baik secara keseluruhan maupun berdasarkan kemampuan awal matematis mahasiswa; (2) Keaktifan mahasiswa yang mendapat Brain-Based Learning Berbantuan Web lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (3) Sebagian besar mahasiswa memilih Brain-Based Learning Berbantuan Web untuk mata kuliah Kalkulus.The main purpose of this research is to analyze comprehensively the achievement of students‚?? mathematical connection ability as the result of¬† implementation of web-assisted brain-based learning and conventional learning. This research used quantitative methods. The sample was groups of students in the Study Program of Mathematics Education who enrolled in Integral Calculus course. From this study programs, two sample groups (experiment group and control group) were selected randomly. An experiment group was taught by using web-assisted brain-based learning, while the other group (control group) was taught by using conventional learning. Result from this research are (1) The achievement of the students‚?? mathematical connection ability who were taught by using web-assisted brain-based learning are similary than the achievement of those who were taught by using conventional learning; (2) The activity of students who get Web Assisted Brain-Based Learning is higher than students who get conventional learning; (3) Most students choose Web-Assisted Brain-Based Learning for Calculus courses.

Peningkatan Kemampuan Pemahaman Materi Berdasarkan Kesulitan Belajar Mahasiswa Papua pada Perkuliahan Aljabar Linear dan Penumbuhan Karakter Percaya Diri

Surgandini, Arumella, Sulistiawati, Sulistiawati

Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 9, No 2 (2018): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan pemahaman materi mahasiswa Papua berdasarkan hambatan belajar yang ditemukan, bagaimana kemampuan pemahaman materi mahasiswa berdasarkan indikatornya, dan bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri mahasiswa Papua berdasarkan hambatan belajar yang ditemukan. Subyek dalam penelitian ini 6 mahasiswa Papua STKIP Surya Tangerang pada Mata Kuliah Aljabar Linear tahun ajaran 2016/2017 semester I. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan peneliti sebagai instrumen kunci dibantu dengan instrumen tes kemampuan pemahaman materi dan angket percaya diri dengan modifikasi the test of self confidence dari Peter Lauster. Hasil dari penelitian ini adalah cara meningkatkan kemampuan pemahaman materi mahasiswa Papua adalah dengan: 1) mengadakan review materi prasyarat mata kuliah Aljabar Linear, 2) penggunaan modul kuliah cetak, 3) pemberian tugas setiap akhir pertemuan, 4) mengadakan diskusi secara lisan antara mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan teman sebaya, dan 5) mengadakan diskusi dengan dosen di luar jam kuliah, sehingga mahasiswa memiliki persentase peningkatan skor kurang lebih 17,14%..The aim of this study was to find out how to improve the material understanding ability of Papuan students based on their learning obstacles, how about students material understanding ability based on their indicators, and how to foster the self confidence of Papuan students based on learning obstacles. The subjects in this study were 6 Papuan students STKIP Surya Tangerang in Linear Algebra Course on Academic Year 2016/2017 semester. It employed qualitative method with the researcher as a key instrument assisted with the material undertsanding test and a self confidence questionnaire that modified from Peter Lausters self confidence questionnaire. The results of this study were the ways to improve the material understanding ability of Papuan students by: 1) conducting a review of material preconditions for Linear Algebra Course, 2) using printed lecture modules, 3) giving assignments at the end of each meeting, 4) hold discussions between students and lecturer also students with peers at class, and 5) hold discussions with lecturer outside the class, so the percentage increase in student scores is around 17.14%.

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Pada Kreativitas Matematis

Adhiwibowo, Bayu, Karyati, Karyati, Karyati, Karyati

Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 9, No 2 (2018): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif yang layak bagi siswa kelas X SMA. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subyek penelitian ini terdiri atas 31 siswa kelas X MIPA 1 SMA Pangudi Luhur Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penilaian kevalidan perangkat pembelajaran valid dengan kategori baik. Hasil penilaian kepraktisan guru mencapai kategori baik dan praktis sedangkan berdasarkan penilaian siswa memiliki persentase sebesar 87,21% dengan kategori minimal baik, dan persentase observasi keterlaksanaan pembelajaran memiliki rata-rata 96% sehingga dapat dikatakan perangkat pembelajaran praktis. Persentase ketuntasan tes kemampuan berpikir kreatif 77,41% sehingga perangkat pembelajaran ini dikatakan efektif. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran ini layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran matematika dan memenuhi aspek kualitas kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.The purpose of this study was to develop instructional learning kits for class X of Senior High School with problem-based approach oriented to the creative thinking skills which was suitable for high school student. This study was a Research and Development (R&D) research that used development model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The subject of this study was 31 class X student in Pangudi Luhur Senior High School Yogyakarta. The validity of developed learning tools was measured using a validation sheet. Meanwhile, the practicality of learning was measured using the teacher evaluation sheets, student assessment and observation sheet. The results of the validity assessment worksheet was valid with good category. The results of the practicality which was based on the assessment of teachers achievied excellent category and practice. Meanwhile based on the assessment of students, it had a percentage 87.21% with good minimum. The percentage of learning observation sheet had an average 96%, so it could be concluded pratical instructional kits. Percentage mastery of creative thinking skills test were 77.41% with minimum category good so that this learning device was said to be effective. Thus, the result of the study showed the instructional kits were appropriate to be used as one of mathematics learning instructions and fullfill the quality of validity, practicality, and effectiveness aspect.

Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Kognitif Dan Gender

Nur, Andi Saparudin, Palobo, Markus

Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 9, No 2 (2018): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari perbedaan gaya kognitif dan gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Tempat penelitian ini yaitu SMA Negeri 3 Merauke. Subjek penelitan ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Merauke yang terpilih melalui teknik purpossive sampling. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan non tes sedangkan  instrumen pendukung yang digunakan adalah Group Embeded Figure Test (GEFT), Tes Kemampuan Pemecahan Masalah (TKPM), dan Pedoman Wawancara (PW). Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh, (1) subjek FD laki-laki mampu memecahkan masalah pada kategori cukup, (2) subjek FD perempuan mampu memecahkan masalah pada kategori kurang, (3) subjek FI laki-laki mampu memecahkan masalah pada kategori baik, dan (4) subjek FI perempuan mampu memecahkan masalah pada kategori baik.  This study aimed to describe students mathematic problem solving abilities in reviewed of cognitive styles and gender. This research is descriptive qualitative method. Place of this research is SMA Negeri 3 Merauke. The subject of this research is the students of grade XI SMA Negeri 3 Merauke the choosen selected through purposive sampling technique. Technique of collected data in the form of test and non test technique while supported instrument that used is Group Embeded Figure Test (GEFT), Problem Solving Test (TKPM), and Interview Guidance (PW). Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and conclusions. The results of the study were obtained, (1) the male FD subjects were able to solve problems in sufficient categories, (2) the female FD subjects were able to problems in the less categories, (3) male FI subjects were able to solve problems in either categories, and (4) female FI subjects were able to solve problems in either categories.

Pengaruh Bahan Ajar Geometri Dasar Berbasis Penemuan Terbimbing terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Suryadinata, Nurain, Linuhung, Nego

Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 9, No 2 (2018): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Publisher : Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar geometri dasar berbasis penemuan terbimbing terhadap prestasi belajar mahasiswa tahun akademik 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Metro. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh yaitu semua anggota populasi menjadi sampel sebanyak 28 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired sample t-tes yaitu dengan melihat perubahan signifikan sebelum menggunakan bahan ajar dengan sesudah menggunakan bahan ajar geometri dasar yang dikembangkan, kemudian digunakan juga N-Gain. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bahan ajar geometri dasar berbasis penemuan terbimbing terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika pada mata kuliah Geometri Dasar.This study aims to determine the effect of basic geometry teaching materials of guided discovery-based on student achievement in 2017/2018 academic year. This research was carried out in the Mathematics Education Study Program, Teaching and Education Faculty, Muhammadiyah Metro University. The sampling technique uses saturation sampling, that is, all members of the population become a sample of 28 students. The data analysis technique used is paired sample t-test that is by looking at significant changes before using teaching materials after using the basic geometry teaching materials developed, then used ­N-Gain. Based on the results of data analysis it can be concluded that there is an influence of guided discovery-based basic geometry teaching materials on the learning achievement of students of mathematics education study program in the Basic Geometry course.