cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Teknik Elektro
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue " Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Elektro" : 14 Documents clear
MINIATUR PALANG PINTU KERETA API OTOMATIS DENGAN MENAMPILKAN KECEPATAN KERETA SERTA WAKTU TUNGGU MENGGUNAKAN ARDUINO Firdaus, Muhammad Azzam; Utomo, Aryo Baskoro
Jurnal Teknik Elektro Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecelakaan kereta api merupakan salah satu peristiwa transportasi. Salah satu masalah yang mengemuka adalah persoalan palang pintu perlintasan kereta. Faktor manusia dan teknologi sering menjadi sorotan dalam banyak kasus di perlintasan kereta api. Beberapa penelitian teknologi palang pintu kereta otomatis pernah dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan penelitian teknologi palang pintu kereta otomatis.Metode Research and Development atau R&D di terapkan dalam penelitian ini. Pengembangan penelitian sebelumnya dilakukan dengan menambahkan sistem pengukur kecepatan kereta dan kontrol manual pada palang pintu otomatis. Perancangan pada pembuatan miniatur ini dimulai dari pembuatan rangkaian catu daya, membuat komunikasi sensor srf-04, servo, alarm dan LCD dengan arduino. Ujicoba miniatur dilakukan dalam dua tahapan yaitu uji fungsional dan uji unjuk kerja miniatur. Uji fungsional meliputi uji sistem secara keseluruhan dan uji sistem pengukur kecepatan. Uji unjuk kerja miniatur meliputi uji rangkaian catu daya, uji sensor srf-04 dan ketelitian sudut pada servo.Hasil dari penelitian ini berupa miniatur palang pintu kereta otomatis dengan menampilkan kecepatan kereta serta waktu tunggu menggunakan arduino. Berdasarkan hasil uji coba miniatur dapat bekerja dengan baik. Pintu dapat menutup secara otomatis dan sistem dapat mengukur kecepatan kereta, serta pada keadaan darurat palang pintu dapat dioperasikan secara manual. Kecepatan terukur kereta maksimal 250 cm/s. Pergerakan servo dengan program pada miniatur memiliki toleransi 0,450.
Penerapan Cosine Similarity dalam Aplikasi Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (Wetboek Van Koophandle Voor Indonesia) Kesuma, Hirroe Wijaya Ani; Pribadi, Feddy Setio
Jurnal Teknik Elektro Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) merupakan salah satu kitab hukum yang dipakai di Indonesia. KUHD terbagi atas dua kitab dan 23 bab. Permasalahan yang muncul adalah mencari bagian pasal maupun ayat yang dilakukan secara manual. Oleh karena itu dibutuhkan suatu aplikasi yang menerapkan konsep sistem temu kembali (Information Retrieval) yang dapat melakukan pencarian kembali suatu indeks berdasarkan query yang diinput user. Salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk mencocokkan dan menghitung kedekatan antara query dengan indeks suatu pasal tertentu dalam kitab adalah Vector Space Model yang menggunakan nilai cosinus untuk melihat kedekatan antara keduanya. Metode ini dikenal dengan Cosine Similarity. Kemudian untuk melihat kinerja sistem dalam menerapkan metode ini, dapat dilihat melalui perhitungan performance measure dengan nilai recall sebesar 55,04%, nilai precission sebesar 63,33%, dan nilai f-measure sebesar 56,93%.
Penerapan Algoritma Floyd-Warshall dalam Menentukan Rute Terpendek pada Pemodelan Jaringan Pariwisata di Kota Semarang Ningrum, Friska Widya; Andrasto, Tatyantoro
Jurnal Teknik Elektro Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kota Semarang merupakan kota yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata. Informasi tentang obyek wisata sangat dibutuhkan oleh para wisatawan salah satunya adalah informasi rute wisata terpendek menuju beberapa obyek wisata populer di Kota Semarang, sehingga dapat mengefisiensi waktu, jarak, dan biaya. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan algoritma Floyd-Warshall dalam mencari jalur terpendek jaringan pariwisata Kota Semarang. Peta Kota Semarang ditransformasikan kedalam bentuk diagram grafik. Algoritma Floyd-Warshall diterapkan dalam perhitungan bobot path dari diagram grafik untuk mencari rute terpendek ke obyek wisata populer di Kota Semarang. Sistem pencarian rute terpendek pariwisata Kota Semarang ini dapat menjadi media promosi pariwisata Kota Semarang dan dapat dimanfaatkan sebagai alternatif rute perjalanan oleh wisatawan.
Pemetaan Tindak Kejahatan Jalanan di Kota Semarang Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Astuti, Widi; Widodo, Djoko Adi
Jurnal Teknik Elektro Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Data kejahatan di Polrestabes Semarang merupakan kumpulan berbagai kasus kejahatan yang kemudian dikelompokkan berdasarkan peraturan yang mengatur yaitu KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana) dan Non KUHP, jumlah kejahatan per wilayah polisi sektor, dan jumlah kejahatan per jenis kasus kejahatan. Pengelompokan data dapat memberikan penemuan informasi baru yang sebelumnya tidak diketahui.Penelitian ini bertujuan untuk memetakan data kejahatan jalanan di Kota Semarang periode tahun 2014. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode studi pustaka. Analisis data menggunakan teknik text mining yang terdiri tiga tahapan yaitu preprocessing, representation, dan knowledge discovery (penggalian informasi menggunakan clustering algoritma k-means. Selanjutnya dievaluasi menggunakan metode Entropy. Hasil penelitian diperoleh 3 cluster/kelompok tindak kejahatan jalanan berdasarkan waktu kejadian dan 7 kelompok menurut modus operandi. Berdasarkan nilai Entropy, kualitas algoritma k-means dalam pengelompokan waktu kejadian adalah baik karena data yang terkumpul dalam satu kelompok memiliki kemiripan tinggi dibandingkan data pada kelompok lain dan untuk pengelompokan modus operandi adalah cukup baik karena ada satu kelompok yang anggota kelompoknya memiliki tingkat kemiripan yang rendah. Simpulan dari penelitian ini yaitu algoritma k-means dapat digunakan untuk pengelompokan data teks kejahatan jalanan. Saran yang dapat diberikan adalah supaya lebih teliti dalam menentukan jumlah kelompok sehingga data dapat terkelompok dengan baik sesuai kemiripan masing-masing data.
Pemetaan Tindak Kejahatan Jalanan di Kota Semarang Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Astuti, Widi; Widodo, Djoko Adi
Jurnal Teknik Elektro Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Data kejahatan di Polrestabes Semarang merupakan kumpulan berbagai kasus kejahatan yang kemudian dikelompokkan berdasarkan peraturan yang mengatur yaitu KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana) dan Non KUHP, jumlah kejahatan per wilayah polisi sektor, dan jumlah kejahatan per jenis kasus kejahatan. Pengelompokan data dapat memberikan penemuan informasi baru yang sebelumnya tidak diketahui.Penelitian ini bertujuan untuk memetakan data kejahatan jalanan di Kota Semarang periode tahun 2014. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode studi pustaka. Analisis data menggunakan teknik text mining yang terdiri tiga tahapan yaitu preprocessing, representation, dan knowledge discovery (penggalian informasi menggunakan clustering algoritma k-means. Selanjutnya dievaluasi menggunakan metode Entropy. Hasil penelitian diperoleh 3 cluster/kelompok tindak kejahatan jalanan berdasarkan waktu kejadian dan 7 kelompok menurut modus operandi. Berdasarkan nilai Entropy, kualitas algoritma k-means dalam pengelompokan waktu kejadian adalah baik karena data yang terkumpul dalam satu kelompok memiliki kemiripan tinggi dibandingkan data pada kelompok lain dan untuk pengelompokan modus operandi adalah cukup baik karena ada satu kelompok yang anggota kelompoknya memiliki tingkat kemiripan yang rendah. Simpulan dari penelitian ini yaitu algoritma k-means dapat digunakan untuk pengelompokan data teks kejahatan jalanan. Saran yang dapat diberikan adalah supaya lebih teliti dalam menentukan  jumlah kelompok sehingga data dapat terkelompok dengan baik sesuai kemiripan masing-masing data.
Pengembangan Fitur Notifikasi Pada Website Application Comic Strip Rupi.Co Menggunakan Metode Agile Bahtiar, Moh Roziq; Mulwinda, Anggraini
Jurnal Teknik Elektro Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rupi.co merupakan website yang menjadi wadah bagi para kartunis untuk menyajikan karya berupa komik strip. Sejak diluncurkan 1 Januari - November 2015 jumlah user hanya 1620. Hal ini dirasa kurang memenuhi target pertumbuhan user. Pada Rupi hanya terdapat beberapa fitur diantaranya, New, Popular, Top User, Upload. Selain itu, terdapat beberapa fitur yang masih belum dikembangkan diantaranya notifikasi, message, dan komentar. Rupi juga belum mengggunakan metode pengembangan software. Oleh karena itu, penulis melakukan studi pendahuluan awal menggunakan kuesioner. Hasilnya menunjukkan 21 dari 22 responden menginginkan adanya pengembangan fitur notifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Agile Software Development pada pengembangan fitur notifikasi di Rupi.co . Selain itu, untuk mengetahui pengalaman pengguna setelah berinteraksi dengan fitur notifikasi berdasarkan analisis User Experience. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Pertama, studi pendahuluan bertujuan untuk mengungkapkan fakta dengan studi pustaka. Tahap pengembangan yaitu implementasi Agile Scrum pada fitur notifikasi. Pada tahap evaluasi, pengujian dengan Black Box Testing dan analisis User Experience. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Agile Software Development dapat diimplementasikan pada pengembangan fitur notifikasi di Web Application Rupi.co. Pengujian Black box menunjukkan hasil implementasi berjalan baik secara fungsional seperti yang direncanakan. Hasil analisis User Experience, menunjukkan semua kategori tidak ada yang di bawah rata-rata.
Comparison of SAW and TOPSIS method to determine road handling priority Prakoso, Raka Ardhi; Djuniadi, Djuniadi
Jurnal Teknik Elektro Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to compare the performance results of SAW and TOPSIS method to determining road improvement/handling priority and to know which method is faster to solve the problem of road handling priority. Method used in this research is the waterfall method. Divided into four stages, namely a needs analysis aimed at obtaining information that a system needs and can serve a maximum accordance with the existing criteria. The design phase is to make the system design fit with the needs analysis that has been done previously before coding. Phase code represents the translation into the language design phases that can be recognized by computer. Testing stage is a stage that aims to find errors in the system to be fixed later. Measurement speed of response algorithm is performed to determine a faster method to make the order of priority road improvement. The results showed the first test, both of first alternative method obtaining the same results, but in the second testing and so on to show the different priority. TOPSIS method is faster in data processing that obtain results of 110.5 ms while the SAW method get the results of 116.5 ms in the measurement of the response speed of the algorithm.
MINIATUR PALANG PINTU KERETA API OTOMATIS DENGAN MENAMPILKAN KECEPATAN KERETA SERTA WAKTU TUNGGU MENGGUNAKAN ARDUINO Firdaus, Muhammad Azzam; Utomo, Aryo Baskoro
Jurnal Teknik Elektro Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecelakaan kereta api merupakan salah satu peristiwa transportasi. Salah satu masalah yang mengemuka adalah persoalan palang pintu perlintasan kereta. Faktor manusia dan teknologi sering menjadi sorotan dalam banyak kasus di perlintasan kereta api. Beberapa penelitian teknologi palang pintu kereta otomatis pernah dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan penelitian teknologi palang pintu kereta otomatis. Metode Research and Development atau R&D di terapkan dalam penelitian ini. Pengembangan penelitian sebelumnya dilakukan dengan menambahkan sistem pengukur kecepatan kereta dan kontrol manual pada palang pintu otomatis. Perancangan pada pembuatan miniatur ini dimulai dari pembuatan rangkaian catu daya, membuat komunikasi sensor srf-04, servo, alarm dan LCD dengan arduino. Ujicoba miniatur dilakukan dalam dua tahapan yaitu uji fungsional dan uji unjuk kerja miniatur. Uji fungsional meliputi uji sistem secara keseluruhan dan uji sistem pengukur kecepatan. Uji unjuk kerja miniatur meliputi uji rangkaian catu daya, uji sensor srf-04 dan ketelitian sudut pada servo. Hasil dari penelitian ini berupa miniatur palang pintu kereta otomatis  dengan menampilkan kecepatan kereta serta waktu tunggu menggunakan arduino. Berdasarkan hasil uji coba miniatur dapat bekerja dengan baik. Pintu dapat menutup secara otomatis dan sistem dapat mengukur kecepatan kereta, serta pada keadaan darurat palang pintu dapat dioperasikan secara manual. Kecepatan terukur kereta maksimal 250 cm/s. Pergerakan servo dengan program pada miniatur memiliki toleransi 0,450.
Penerapan Cosine Similarity dalam Aplikasi Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (Wetboek Van Koophandle Voor Indonesia) Kesuma, Hirroe Wijaya Ani; Pribadi, Feddy Setio
Jurnal Teknik Elektro Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) merupakan salah satu kitab hukum yang dipakai di Indonesia.  KUHD terbagi atas dua kitab dan 23 bab. Permasalahan yang muncul adalah mencari bagian pasal maupun ayat yang dilakukan secara manual. Oleh karena itu dibutuhkan suatu aplikasi yang menerapkan konsep sistem temu kembali (Information Retrieval) yang dapat melakukan pencarian kembali suatu indeks berdasarkan query yang diinput user.  Salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk mencocokkan dan menghitung kedekatan antara query dengan indeks suatu pasal tertentu dalam kitab adalah Vector Space Model yang menggunakan nilai cosinus untuk melihat kedekatan antara keduanya. Metode ini dikenal dengan Cosine Similarity. Kemudian untuk melihat kinerja sistem dalam menerapkan metode ini, dapat dilihat melalui perhitungan performance measure dengan nilai recall sebesar 55,04%, nilai precission sebesar 63,33%, dan nilai f-measure sebesar 56,93%.
Rancang Bangun Pengaman Pintu Otomatis Menggunakan E-KTP Berbasis Mikrokontroler Atmega328 Saputro, Eko; Wibawanto, Hari
Jurnal Teknik Elektro Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pengunci pintu saat ini masih menggunakan kunci konvensional, sehingga kurang efisien untuk rumah dengan banyak pintu karena terlalu banyak kunci yang harus dibawa, selain itu kunci konvensional mudah dibuka oleh pencuri. Sehingga diperlukan kunci yang lebih praktis dan efisien, dari masalah tersebut penulis mempunyai gagasan untuk menghasilkan alat pengaman pintu yang aman dan praktis berbasis RFID dengan memanfaatkan E-KTP sebagai RFID tag sebagai pengaman pintu rumah. Rancang bangun pengaman pintu menggunakan mikrokontroler ATmega328 sebagai pengendali rangkaian. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yaitu metode yang bertujuan menghasilkan atau mengembangkan produk tertentu. Metode ini diterapkan pada prosedur penelitian menjadi 9 tahap yaitu (1) mulai, (2) potensi dan masalah, (3) pengumpulan informasi, (4) perancangan alat, (5) validasi desain, (6) pembuatan alat, (7) uji coba alat, (8) pengumpulan data dan (9) analisis data. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa simulasi alat pengaman pintu dapat beroperasi dengan baik, sesuai rancangan yang dibuat. RFID reader yang digunakan memiliki frekuensi 13,56 MHz yang diletakkan dalam box dengan tebal 2mm dapat membaca ID E-KTP dengan jarak maksimal 1,8 cm. Solenoid dapat membuka pengunci pintu apabila ID E-KTP sesuai dengan memori mikrokontroler ATmega328, solenoid akan mengunci kembali dalam waktu 10 detik.

Page 1 of 2 | Total Record : 14