cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Teknik Elektro
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue " Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Teknik Elektro" : 16 Documents clear
Penerapan Metode Simple Additive Weighting dalam Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Laboratorium Komputer SMP dan SMA Negeri untuk Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan Sukorejo Fauziah, Wakhidatul; Sunardiyo, Said
Jurnal Teknik Elektro Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Perluasan pemanfaatan komputer yang semula dimanfaatkan sedikit orang, kini menjadi dimanfaatkan banyak orang. Hal ini mengakibatkan perubahan pada berbagai bidang kehidupan seperti halnya dalam proses pengambilan sebuah keputusan, terkadang keputusan yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok secara manual kurang akurat dalam penilaiannya, seperti instansi pemerintahan UPTD Pendidikan Kecamatan Sukorejo dalam mengambil sebuah keputusan menentukan kelayakan laboratorium komputer sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan dalam menentukan kelayakan laboratorium komputer SMP dan SMA Negeri se Kecamatan Sukorejo menggunakan metode Simple Additive Weighting. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model sekuensial linier, atau biasa disebut model air terjun (waterfall), metode ini merupakan salah satu model pengembangan berbasis SDLC (System Development Life Cycle). Hasil penelitian dengan pengujian sistem oleh 3 orang ahli dengan hasil 88,67% (Sangat Setuju), 2 orang admin dengan hasil 90% (Sangat Setuju), 2 orang pengunjung dengan hasil 86,23% (Sangat Setuju), dan pengujian blackbox yang semua hasilnya adalah valid. Setelah sistem ini digunakan untuk memberi keputusan kelayakan laboraorium komputer enam sekolah, hasil dari keenam sekolah tersebut adalah layak. Hasil dari kelayakan laboratorium tersebut untuk laporan kepada pemerintah tentang perkembangan laboratorium komputer. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh simpulan bahwa sistem ini layak digunakan dan memberikan kemudahan bagi staf ahli sarana dan prasarana UPTD Pendidikan dalam menentukan kelayakan laboratorium komputer dibandingkan dengan cara manual.Kata kunci UPTD, Waterfall, Simple Additive Weighting
Rancang Bangun Alat Timbang Digital Berbasis AVR Tipe ATmega32 Khakim, Arif Lukman; Purbawanto, Sugeng
Jurnal Teknik Elektro Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rancang bangun atau prototype alat timbang digital berbasis AVR tipe ATmega32. Rancangan bangun atau prototype yang dibuat mempunyai penyimpanan dan penyetingan harga sehingga dapat mempermudah pengguna dalam menyimpan beberapa hargabarang. Rancang bangun atau prototype alat timbang ini menggunakan sensor load cell yang digunakan sebagai sensor pendeteksi tekanan pada benda. Perencanaan prototype alat timbang yang akan dibuat menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Prosedur yang diterapkan dalam penelitian antara lain observasi, perencanaan desain alat, validasi desain, uji coba alat, uji kelayakan pakar, pengambilan data, dan analisis data dari hasil penelitian alat timbang. Berdasarkan hasil angket uji kelayakan yang diberikan kepada responden ahli didapat hasil keseluruhan dari tiap nilai kriteria. Dari hasil kriteria yang ada kemudian dirata-rata sehingga didapat nilai persentase akhir 73,95%. Sedangkan batas minimal kategori layak adalah 60%. Jadi, dari hasil data yang diberikan kepada dosen alhli mengenai alat yang dibuat dapat dinyatakan baik. Simpulan yang diperoleh dari penelitian tersebut adalah telahtercapainya pembuatan prototype alat timbang yang telah diuji sistem kerjananya oleh ahli atau pakar alat timbang. Hasil uji alat dinyatakan baik dan cocok diterapkan pada alat timbang.Kata kunci Rancang bangun, Alat timbang digital, AVR tipe ATmega32
Pengembangan Ensiklopedi Elektronika Berbasis Wiki Ansharullah, Rais Alfian; Wibawanto, Hari; Andrasto, Tatyantoro
Jurnal Teknik Elektro Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Seiring dengan perkembangan teknologi, istilah istilah bidang elektronika juga semakin beragam. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah adanya kesulitan dalam mencari arti dan penjelasan istilah pada bidang elektronika. Memang telah ada buku, kamus, maupun ensiklopedia yang menjelaskan mengenai istilah elektronika tersebut namun sifatnya cenderung statis karena dibuat pada masa tertentu. Menggunakan buku maupun kamus juga membutuhkan banyak waktu untuk mencari kata perkata dalam setiap lembarnya. Buku atau kamus juga harus dibawa kemana saja untuk bisa setiapsaat digunakan. Latar belakang itulah yang mendorong dilakukannya penelitian pengembangan software ensiklopedi elektronika berbasis wiki. Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk membangun sebuah ensiklopedi elektronika berbasis wiki dan mengetahui tingkat kepraktisannya. Metode pengembangansoftware menggunakan metode waterfall yang merupakan metode sistematis dimulai dari analisis, desain, coding dan pengujian. Pengujian software yang dikembangkan menggunakan metode black box testing dan uji coba pengguna software dengan angket yang diberikan kepada 30 mahasiswa teknik elektro. Hasil dari analisis adalah tersusunnya kebutuhan perangkat perangkat keras, perangkat lunak dan user level yang digunakan pada pembuatan software yang dikembangkan serta tersusunnya model data, model fungsional, informasi flow dan data dictionary. Pada tahapan desain memperoleh hasil tersusunnya desain data, desain arsitektur dan desain antarmuka dari software yang dikembangkan.Pada tahapan coding memperoleh hasil susunan kode PHP yang membangun software yang dikembangkan dan mengkoneksikannya ke basis data MySQL yang kemudian keseluruhan kode disimpan dalam sebuah hosting dan diakses melalui domain. Hasil dari pengujian black box testing menyatakan bahwa software yang dikembangkan dapat berjalan dengan baik. Sedangkan hasil angket uji coba software yang diberikan kepada 30 mahasiswa diperoleh rata rata skor persentase dari setiap aspek 83,33% atau masuk pada kriteria Sangat Praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terbangun sebuah ensiklopedi elektronika berbasis wiki yang praktis digunakan dan dapat membantu dalam pencarian istilah bidang elektronika.Kata kunci Ensiklopedi Elektronika; Wiki, waterfall.
Pengembangan Media Animasi Interaktif 3(Tiga) Dimensi sebagai Alat Bantu Ajar Mata Pelajaran IPA Kelas VII menggunakan Blender Game Engine Affandi, Usman Channy; Wibawanto, Hari
Jurnal Teknik Elektro Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penggunaan Alat peraga sering digunakan pada pelajaran IPA, terutama pada materi kerangka manusia ataupun rangka gerak. Alat peraga tentu memiliki batas waktu, hingga menjadi rusak namun penggunaan alat peraga tidak setiap hari digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Karena permasalahan tersebut dikembangkan media animasi 3 dimensi kerangka manusia untuk mata pelajaran IPA kelas VII menggunakan Blender Game Engine yang layak digunakan. Metode pengembangan software yangdigunakan adalah metode siklus kehidupan klasik atau bisa disebut juga waterfall. Prosedur penelitian yaitu analisis, desain, pengkodean, dan tes. Tes dilakukan beberapa tahap, tes blackbox, tes validasi dosen MIPA UNNES dan guru SMP N 7 Semarang, dan respons siswa. Kesimpulannya yaitu: (1) Blender game engine dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran dengananimasi 3D, (2) Hasil uji dua validasi yang dilakukan mendapatkan kategori sangat baik, (3) Respon siswa yang didapat juga sangat baik,(4) pembuatan media pembelajaran animasi 3D kerangka manusia yang menggunakan Blender game engine sangat layak digunakan. Saran yang dapat diberikan untuk pengembangan ini selanjutnya yaitu : (1) media pembelajaran animasi 3D kerangka manusia menggunakan Blender game engine perlu ditambah animasi pada tombol, (2) media pembelajaran animasi 3D kerangkamanusia menggunakan Blender game engine perlu ditambahkan Q & A, (3) tambahkan animasi sendi pelana pada kerangka, (4) jika ingin digunakan langsung oleh siswa perlu ditambahkan materi yang lebih lengkap dan mendalam, (5) perbaiki animasi yang menampilkan nama-nama tulang.Kata kunci Media, 3D, Skeleton, Blender Game Engine, Waterfall
Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Peminatan Peserta Didik SMA menggunakan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process) dan SAW (Simple Additive Weighting) Purwitasari, Kitnas Dian; Pribadi, Feddy Setio
Jurnal Teknik Elektro Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pendukung keputusan yang dapat memudahkan dalam proses peminatan peserta didik SMA dan memberikan alternatif peringkat hasil proses peminatan. Sistem pendukung keputusan (SPK) merupakan suatu sistem yang mendukung manajer dalampengambilan keputusan untuk permasalahan semi terstruktur dengan tujuan sebagai alat bantu manajer untuk memperluas kapabilitas mereka dalam pengambilan keputusan dan bukan untuk menggantikan manajer. Dengan kurikulum 2013 ini, banyak kriteria yang digunakan dalam peminatan yang bertujuan agar peminatan dapat memasukan peserta didik ke dalam kelompok peminatanyang sesuai dengan bakat dan minat mereka. Apabila antara minat, bakat, kemampuan dan harapannya dengan peminatan yang dipilih tidak sesuai, maka kemampuannya tidak optimal. Guru BK dalam menentukan peminatan peserta didik, banyak kriteria-kriteria yang harus dipertimbangkan. Oleh karena itu dibutuhkan sistem pendukung keputusan untuk memudahkan guru BK dalam menentukan peminatan peserta didik. Metode AHP merupakan suatu metode sistem pendukung keputusan yang dapat memberikan bobot pada kriteriapeminatan peserta didik dan menguji konsistensinya. Metode SAW merupakan suatu metode penjumlahan terbobot. Dalam penelitian ini metode AHP digunakan untuk memberikan bobot dari setiap kriteria peminatan peserta didik di SMA Negeri 1 Maos. Kriteria yang digunakan dalam peminatan peserta didik di SMA Negeri 1 Maos adalah nilai raport, nilai ujian nasional, peminatan peserta didik dan peminatan orang tua. Bobot yang diperoleh dari metode AHP menjadi nilai input pada metode SAW dalam menentukan alternatif yang akan dipilih. Dengan adanya sistem ini, diharapkan dapat membantu guru BK dalammenentukan peminatan peserta didik di SMA Negeri 1 Maos.Kata kunci SPK, AHP, SAW, peminatan, SMA
Aplikasi Fuzzy Logic untuk Pengendali Motor DC Berbasis Mikrokontroler ATMega8535 dengan Sensor Photodioda Nadhif, Mohamad; Suryono, Suryono
Jurnal Teknik Elektro Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Perkembangan teknologi kontrol mengalami banyak kemajuan dari kontrol konvensional ke kontrol otomatik sampai ke kontrol cerdas. Logika fuzzy digunakan sebagai sistem kontrol, karena proses kendali ini relatif mudah dan fleksibel dirancang dengan tidak melibatkan model matematis yang rumit darisistem yang akan dikendalikan.Tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari dan mengaplikasikan metode logika fuzzypada mikrokontroler ATMega8535, untuk megendalikan kecepatan motor DC serta sebagai kontrol gerak Robot Line Follower. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian danPengembangan (R&D).Pengujian secara global terbagi menjadi tiga yaitu pengujian sensor, pengujian PWM dan pengujian kontrol logika fuzzy. Output fuzzy kontroler adalah perintah kendali yang diberikan ke motor DC. Pada sistem pengendalian motor DC ini menggunakan metode Mamdani. Sistem kendali dirancang dengan menggunakan dua buah masukan yang berupa Error dan DeltaError. Kedua input akan diproses oleh fuzzylogic controller (FLC) untuk mendapatkan nilai output berupa sinyal PWM untuk mengontrol motor DC.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem kendali logika fuzzy dengan mikrokontroler ATMega8535 dengan sensor photodioda dapat mengontrol kecepatan putar motor DC. Selain itu, metode logika fuzzy dapat di implementasaikan pada kontrol gerak Robot Line Follower. Saran untuk penelitiselanjutnya agar menggunakan himpunan output lebih banyak sehingga output yang dihasilkan menjadi lebih halus.Kata kunci kontrol, logika fuzzy, motor DC
Aplikasi Fuzzy Logic untuk Pengendali Motor DC Berbasis Mikrokontroler ATMega8535 dengan Sensor Photodioda Nadhif, Mohamad; Suryono, Suryono
Jurnal Teknik Elektro Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak— Perkembangan teknologi kontrol mengalami banyak kemajuan dari kontrol konvensional ke kontrol otomatik sampai ke kontrol cerdas. Logika fuzzy digunakan sebagai sistem kontrol, karena proses kendali ini relatif mudah dan fleksibel dirancang dengan tidak melibatkan model matematis yang rumit darisistem yang akan dikendalikan.Tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari dan mengaplikasikan metode logika fuzzypada mikrokontroler ATMega8535, untuk megendalikan kecepatan motor DC serta sebagai kontrol gerak Robot Line Follower. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian danPengembangan (R&D).Pengujian secara global terbagi menjadi tiga yaitu pengujian sensor, pengujian PWM dan pengujian kontrol logika fuzzy. Output fuzzy kontroler adalah perintah kendali yang diberikan ke motor DC. Pada sistem pengendalian motor DC ini menggunakan metode Mamdani. Sistem kendali dirancang dengan menggunakan dua buah masukan yang berupa Error dan DeltaError. Kedua input akan diproses oleh fuzzylogic controller (FLC) untuk mendapatkan nilai output berupa sinyal PWM untuk mengontrol motor DC.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem kendali logika fuzzy dengan mikrokontroler ATMega8535 dengan sensor photodioda dapat mengontrol kecepatan putar motor DC. Selain itu, metode logika fuzzy dapat di implementasaikan pada kontrol gerak Robot Line Follower. Saran untuk penelitiselanjutnya agar menggunakan himpunan output lebih banyak sehingga output yang dihasilkan menjadi lebih halus.Kata kunci— kontrol, logika fuzzy, motor DC
Rancang Bangun Aplikasi Tes Psikologi “HoTest” (Holland Advanced-Study Test) dengan Menerapkan Alat Ukur SDS (Self-Directed Search) Kurniawati, Inayah; Mulwinda, Anggraini
Jurnal Teknik Elektro Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak— Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi dengan menerapkan alat ukur SDS (Self-Directed Search) untuk mengukur minat studi lanjut berbasis desktop serta menguji validitasskoringnya. Metode pengembangan aplikasi menggunakan metode Waterfall yang meliputi tahap analisis, desain, kode, dan tes. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam pengujian aplikasi menggunakan metode analisis pemanfaatansistem yaitu metode PIECES (Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, and Service). Hasil pengujian yang diperoleh adalah bahwa aplikasi “HoTest” (Holland Advanced-Study Test) memiliki kinerja yang baik dengan informasi yang dihasilkan akurat, relevan, dan tepat waktu. Pengujian validitas skoring menunjukkan bahwa aplikasi “HoTest” memiliki validitas skoring yang baik dengan hasil akhir berupa kode ringkas beserta saran studi berdasarkan kamus Holland serta dapat mempermudah pelaksanaan tes minat berbasis komputer. Simpulan dari penelitian ini yaitu aplikasi “HoTest” mempermudah pelaksanaan tes minat dan membantu skoring hasil pengerjaan. Aplikasi “HoTest”memiliki fungsionalitas yang baik dengan hasil penskoran yang valid dan saran sudi yang dapat otomatis ditampilkan. Saran yang dapat diberikandalam penelitian ini adalah masih diperlukan adanya pengembangan aplikasi untuk jenis tes psikologi yang lain sehingga dapat mempermudah pelaksanaan tes.Kata kunci—Aplikasi Tes Psikologi, Tes SDS (Self-Directed Search), Analisis PIECES
Rancang Bangun Alat Timbang Digital Berbasis AVR Tipe ATmega32 Khakim, Arif Lukman; Purbawanto, Sugeng
Jurnal Teknik Elektro Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak— Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rancang bangun atau prototype alat timbang digital berbasis AVR tipe ATmega32. Rancangan bangun atau prototype yang dibuat mempunyai penyimpanan dan penyetingan harga sehingga dapat mempermudah pengguna dalam menyimpan beberapa hargabarang. Rancang bangun atau prototype alat timbang ini menggunakan sensor load cell yang digunakan sebagai sensor pendeteksi tekanan pada benda. Perencanaan prototype alat timbang yang akan dibuat menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Prosedur yang diterapkan dalam penelitian antara lain observasi, perencanaan desain alat, validasi desain, uji coba alat, uji kelayakan pakar, pengambilan data, dan analisis data dari hasil penelitian alat timbang. Berdasarkan hasil angket uji kelayakan yang diberikan kepada responden ahli didapat hasil keseluruhan dari tiap nilai kriteria. Dari hasil kriteria yang ada kemudian dirata-rata sehingga didapat nilai persentase akhir 73,95%. Sedangkan batas minimal kategori layak adalah 60%. Jadi, dari hasil data yang diberikan kepada dosen alhli mengenai alat yang dibuat dapat dinyatakan baik. Simpulan yang diperoleh dari penelitian tersebut adalah telahtercapainya pembuatan prototype alat timbang yang telah diuji sistem kerjananya oleh ahli atau pakar alat timbang. Hasil uji alat dinyatakan baik dan cocok diterapkan pada alat timbang.Kata kunci— Rancang bangun, Alat timbang digital, AVR tipe ATmega32
Penerapan Metode Simple Additive Weighting dalam Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Laboratorium Komputer SMP dan SMA Negeri untuk Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan Sukorejo Fauziah, Wakhidatul; Sunardiyo, Said
Jurnal Teknik Elektro Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak— Perluasan pemanfaatan komputer yang semula dimanfaatkan sedikit orang, kini menjadi dimanfaatkan banyak orang. Hal ini mengakibatkan perubahan pada berbagai bidang kehidupan seperti halnya dalam proses pengambilan sebuah keputusan, terkadang keputusan yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok secara manual kurang akurat dalam penilaiannya, seperti instansi pemerintahan UPTD Pendidikan Kecamatan Sukorejo dalam mengambil sebuah keputusan menentukan kelayakan laboratorium komputer sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan dalam menentukan kelayakan laboratorium komputer SMP dan SMA Negeri se Kecamatan Sukorejo menggunakan metode Simple Additive Weighting. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model sekuensial linier, atau biasa disebut model air terjun (waterfall), metode ini merupakan salah satu model pengembangan berbasis SDLC (System Development Life Cycle). Hasil penelitian dengan pengujian sistem oleh 3 orang ahli dengan hasil 88,67% (Sangat Setuju), 2 orang admin dengan hasil 90% (Sangat Setuju), 2 orang pengunjung dengan hasil 86,23% (Sangat Setuju), dan pengujian blackbox yang semua hasilnya adalah valid. Setelah sistem ini digunakan untuk memberi keputusan kelayakan laboraorium komputer enam sekolah, hasil dari keenam sekolah tersebut adalah layak. Hasil dari kelayakan laboratorium tersebut untuk laporan kepada pemerintah tentang perkembangan laboratorium komputer. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh simpulan bahwa sistem ini layak digunakan dan memberikan kemudahan bagi staf ahli sarana dan prasarana UPTD Pendidikan dalam menentukan kelayakan laboratorium komputer dibandingkan dengan cara manual.Kata kunci— UPTD, Waterfall, Simple Additive Weighting

Page 1 of 2 | Total Record : 16