Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : -
Articles 332 Documents
PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM EFI (ELECTRONIC FUEL INJECTION)

Islahuddin, Muh. Afif ( Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang ) , ., Abdurrahman ( Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang )

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 15, No 2 (2015)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan berapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi sistem EFI dengan memanfaatkan media animasi. Media animasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah buatan sendiri yang dikolaborasi dengan media animasi sistem EFI yang sudah ada. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII TKR sebanyak 139 siswa yang terbagi dalam empat kelas. Sampel yang digunakan adalah 34 siswa kelas XII TKR A sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas XII TKR D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes, analisis data menggunakan statistik deskripsi dan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar pada pre-test mencapai 46,68 dan setelah diberikan media ceramah biasa meningkat menjadi 74,06, sehingga mengalami peningkatan rata-rata mencapai 27,38. Pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar pada pre-test mencapai 46,71 dan setelah diberikan metode ceramah disertai penerapan media animasi meningkat menjadi 80,21, sehingga mengalami peningkatan rata-rata mencapai 33.50 lebih besar dari pada kelas kontrol yang hanya mencapai 27,38.

PEMBELAJARAN MEPERGUNAKAN MEDIA TRAINER STAND SISTEM PENGAPIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IDENTIFIKASI KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN

Gunawan, Nova Adi ( Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang ) , Ramelan, Ramelan ( Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang )

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 13, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media trainer stand sistem pengapian pada kompetensi mengidentifikasi komponen sistem pengapian dalam proses pembelajaran mata pelajaran kelistrikan otomotif. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan Pretest Posttest Control Group Design, tes sebagai alat pengumpul data. Populasinya adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Kandeman tahun ajaran 2012/2013, terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 35 siswa dan digunakan semua sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan analisis uji-t didapat thitung 20,29 dan ttabel 1,609, nilai rata-rata sebelum 71,07 meningkat menjadi 78,98 setelah perlakuan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media trainer stand sistem pengapian lebih mudah untuk dipahami dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak mempergunakan media trainer stand pada mata pelajaran mengidentifikasi komponen sistem pengapian dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi mengidentifikasi komponen sistem pengapian setelah menggunakan media trainer stand sistem pengapian sebesar 7,86%.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN SISWA KELAS 2 TMO SMK TEXMACO SEMARANG PADA MATA DIKLAT SERVICE ENGINE DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA

Soleh, Ahmad, Pramono, -, Suratno, -

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 9, No 2 (2009)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This research aimed to determine what factors are significantly influencingstudent success Grade 2 Semarang TMO on Texmaco Vocational Training ServiceEngine Eye and Its Components Year 2008/2009 lesson. Population in this research areall 2nd grade students SMK Texmco Semarang TMO totaling 67 students. Variables inthis study are the factors that affect student success in training the eye and the serviceengine components. Data collection method used is the questionnaire method, while forthe data analysis technique using factor analysis. Conclusions obtained from this studyare the factors that influence the success of 2nd grade students at TMO TexmacoVocational Training Service Engine Eye and Its Components of internal factors andexternal factors. Advice can be given from the results of the research is to achieveoptimal student success if supported by the positive synergies between the student(internal factors) as the subject of study with the school component, parents, and socialenvironment (external factors).Key words: Succes factor, engine service, vocational training

KESIAPAN DAN KENDALA YANG DIHADAPI GURU SMK PROGRAM KEAHLIAN OTOMOTIF DI KOTA SEMARANG DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

Nugroho, Aji, Suwahyo, -, Winarno, -

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 9, No 2 (2009)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) diberlakukan secara bertahap. Dengandemikian dibutuhkan kesiapan guru dalam menyusun, melaksanakan sertamengembangkannya. Penelitian ini bertujuan mengetahui kesiapan dan kendala yangdihadapi Guru Program Pendidikan Otomotif SMK di Kota Semarang. Permasalahanyang diteliti mencakup kesiapan Guru SMK Swasta di Semarang melaksanakan KTSP,kendala yang dihadapi dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metodepenelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknikwawancara, observasi, dan dokumentasi. Guru SMK Swasta di Kota Semarang belumseluruhnya siap menghadapi KTSP karena belum seluruhnya memahami KTSP. MeskiKelas X dan XI sudah menggunakan KTSP namun untuk kelas XII masih menggunakanKBK. Guru menilai KBK dan KTSP cenderung sama meskipun ada sejumlah perbedaan.Kendala dalam pemberlakuan KTSP terutama berkaitan dengan proses pemahamankurikulum itu sendiri. Kendala lainnya adalah KTSP disusun oleh tim sehingga tidaksemua guru ikut serta secara langsung dalam proses penyusunan dan pengembangannya.Upaya terpenting untuk mengatasi kendala tersebut adalah mengadakan rapat guru untukmemecahkan persoalan, mengirim guru mengikuti penataran KTSP serta pelatihan terkaitdengan pembelajaran lainnya.Kata kunci : KTSP keahlian otomotif, Kesiapan dan kendala

PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA METODE CERAMAH KONVENSIONAL DENGAN CERAMAH BERBANTUAN MEDIA ANIMASI PADA PEMBELAJARAN KOMPETENSI PERAKITAN DAN PEMASANGAN SISTEM REM

Harsono, Beni, Soesanto, -, Samsudi, -

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 9, No 2 (2009)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan perbedaan hasil belajar antarametode ceramah konvensional dengan ceramah berbantuan media animasi, dan untukmengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar tersebut pada pembelajarankompetensi perakitan dan pemasangan sistem rem. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh siswa program keahlian teknik mekanik otomotif SMKN 1 Blora, sedangkansampelnya adalah siswa kelas II MO 1 dan MO 2. Kelas II MO 1 di pilih sebagaikolompok kontrol dan kelas II MO 2 sebagai kelompok eksperimen. Variabel yangditeliti adalah hasil belajar dari kedua jenis metode pembelajaran tersebut. Data yangdiperoleh dianalisis secara statistik dengan uji t test yang dihitung secara manual. Hasilanalisis membuktikan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang metodeceramah konvensional dengan metode ceramah berbantuan animasi pada kompetensiperakitan dan pemasangan sistem rem. Ini ditunjukkan dari thitung = 7.16 > ttabel = 1.99.Pembelajaran kompetensi perakitan dan pemasangan sistem rem dan komponennyadengan menggunakan media animasi memberikan hasil belajar lebih baik dibandingkandengan menggunakan media ceramah konvensional. Untuk itu bagi para guru agarmenggunakan media animasi sebagai alternatif untuk mengajarkan kompetensi perakitandan pemasangan sistem rem, sebab dari hasil penelitian menunjukkan media animasidapat meningkatkan hasil belajar.Kata kunci : Metode ceramah, dan media animasi

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN KOMPETENSI SISTEM PENGISIAN DI KELAS XI A SMK TEXMACO PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Bactiar, Dody, Abdurrahman, -, Wahyudi, -

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 9, No 2 (2009)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam penelitian tindakan kelas ini adalah “ApakahPenggunaan Media Power Point Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar KelistrikanOtomotif Pada Sistem Pengisian Siswa Kelas XI A SMK Texmaco Pemalang ?”. Tujuandari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar kelistrikanotomotif pada sistem pengisian siswa kelas XI A SMK Texmaco Pemalang melaluipenggunaan media power point. Penelitian tindakan kelas ini dengan subjek siswa kelasXI A SMK Texmaco Pemalang tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 40orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri 4tahap yaitu ; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Cara pengumpulan datapenelitian ini yaitu melalui angket, observasi, dan tes. Dari hasil penelitian menunjukanadanya peningkatan prestasi belajar siswa pada kompetensi dasar mengidentifikasisistem pengisian. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasannya dapat diambilkesimpulan sebagai berikut : pertama penggunaan media power point dapatmeningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajarsiswa dengan pencapaian rata – rata nilai siklus I sebesar 68,88 dan pada siklus IImenjadi 73,75, sedangkan ketuntasan belajar siswa mencapai 72,5% pada siklus I naikmenjadi 87,5% pada siklus II. Kedua, meningkatnya aktivitas siswa dari hanya 63,33%pada siklus I naik mencapai 83,33% pada siklus II (Keaktifan tinggi). Berdasarkantemuan dan simpulan dapat diajukan saran – saran sebagai berikut ; pertama untukmencapai indikator keberhasilan penelitian, perlu adanya perbaikan atau kelemahan yangdijumpai pada siklus sebelumnya. Kedua, untuk mencapai hasil belajar yang maksimalguru / peneliti perlu memperhatikan aktivitas siswa dan terjadinya kesesuaian mengajarguru dengan RPP.Kata kunci : Media pembelajaran power point, kompetensi sistem pengisian.

PENGARUH PRESTASI TEORI TERHADAP PRESTASI PRAKTIK SISWA SMK N I ADIWERNA TEGAL TENTANG SERVIS SISTEM REM

Siswoyo, Hendri, Masugino, -, Sudarman, -

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 9, No 2 (2009)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan, yaitu untuk mengetahui: prestasi (hasil belajar) teoritentang servis sistem rem, prestasi praktik tentang servis sistem rem, dan pengaruhprestasi teori terhadap prestasi praktik tentang servis system rem. Aanalisis deskriptifmenunjukkan bahwa mayoritas prestasi teori tentang servis sistem rem berada padakriteria tinggi sebanyak 44 siswa (55,00%), 31 siswa (38,75%) pada kriteria sangattinggi, dan sisanya 5 (6,25%) siswa pada kriteria sedang. Prestasi praktik tentang servissistem rem menunjukkan 27 siswa (33,75%) berada pada kriteria sangat tinggi, dan 53siswa atau 66,25% dalam kriteria tinggi. Analisis regresi sederhana diperoleh nilai rxysebesar 0,829, dan koefisien determinasi r2 sebesar 68,65%. Artinya prestasi teori dapatmenjelaskan prestasi praktik tentang servis sistem rem sebesar 68,65% dan masih ada31,35% faktor lain yang mempengaruhi prestasi praktik tentang servis sistem rem.Kata kunci : prestasi teori tentang servis sistem rem, prestasi praktik tentang servissistem rem.

HUBUNGAN MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA KELAS XII TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERI 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2008/2009

Fu’adi, Isky Fadli, Eko, Budiarso, Murdani, -

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 9, No 2 (2009)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar minat berwirausaha siswa SMKNegeri 1 Adiwerna, sebarapa besar prestasi praktik kerja industri siswa SMK Negeri 1Adiwerna, dan seberapa besar hubungan minat berwirausaha dengan prestasi praktikkerja industri siswa SMK Negeri 1 Adiwerna. Hasil penelitian diperoleh gambaranbahwa minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Negeri 1 Adiwerna tergolong tinggi.Sebanyak 34 siswa (50%) memiliki minat yang tinggi, bahkan 30 siswa (44,12%) dalamkategori sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi psikis sebagian besar siswamemiliki keinginan yang tinggi untuk berwirausaha dan didukung dengan usaha yangtinggi untuk menjaga kondisi fisik serta mendapat dorongan dari kondisi lingkungan baikkeluarga, sekolah dan masyarakat. Prestasi praktik kerja industri pada siswa kelas XIISMK Negeri 1 Adiwerna tergolong baik dengan rata-rata 82,8. Hasil analisis korelasiproduct moment diperoleh rxy = 0,662 dengan uji t = 7,183.Kata kunci : Minat Berwirausaha, Prestasi Praktik Kerja Industri

PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG SUDUT DWELL DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SISTEM PENGAPIAN

Hakim, Lutfi, Wijanarko, Dwi, Hadromi, -

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 9, No 2 (2009)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman mahasiswa tentangsudut dwell dengan menggunakan media alat peraga sistem pengapian. Populasi dalampenelitian ini adalah mahasiswa pengikut matakuliah Kelistrikan Otomotif JurusanTeknik Mesin Universitas Negeri Semarang yang terdiri dari 30 mahasiswa. Penelitiandilakukan dengan metode Quasi Eksperiment dengan pola pretest-post test one groupdesign dengan memberikan perlakukan tambahan penggunaan alat peraga dalam prosesperkuliahan. Data penelitian diperoleh dengan pretest (sebelum penggunaan alat peraga)dan posttest Karena yang dilakukan penelitian hanya satu kelas maka yang diambiladalah seluruh populasinya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada peningkatanpemahaman tentang sudut dwell pada sistem pengapian setelah menggunakan alatperaga.Kata kunci: pemahaman, metode pengajaran alat peraga, sistem pengapian

PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BROWSER TRAINING DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CONTENT MANAGEMENT SYSTEM JOOMLA PADA MATA DIKLAT PEMELIHARAAN/SERVIS TRANSMISI MANUAL DAN KOMPONEN

Prabowo, Ruli Silo, Budi, Aris, Aryadi, Widya

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 9, No 2 (2009)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Purpose of this research is to design, makes, and tests software in the form of studymedia of Browser Based Training ocular study manual transmission keeping/service andcomponent applies Content Management System JOOMLA in the form of CD (CompactDisk) to assist study. Research type applied in this research is experiment of prototype,while focusing research is how to designing, makes, and tests study media of E-Learningbases on Based Training at ocular study manual transmission keeping/service andcomponent applies Content Management System JOOMLA. Location of This research isBalai Pengembangan Multimedia (BPM) and SMK N IV Semarang. From test result triesdone, technical grade of this program included in good criterion with percentage of81,33%. While for program appearance, this program included in good criterion withpercentage of 80,00%. According to teacher SMK N 4 Semarang, in general educationcriterion of this program included in good criterion and as according to curriculumapplied.Kata kunci: Study Media, Browser Based Training, Manual Transmission

Page 1 of 34 | Total Record : 332