cover
Filter by Year
Universitas Negeri Semarang (UNNES)
ISSN : -     EISSN : -
Jurnal Abdimas diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Semarang sebagai wahana komunikasi penerapan ilmu pengetahuan teknologi, olahraga, budaya dan seni dalam memberdayakan masyarakat.
Articles
176
Articles
PENINGKATAN NILAI TAMBAH DAUN KERSEN (Muntingia calabura L.) MENJADI PERMEN JELLY DAN TEH SEDUH

Damayanti, Astrilia -, Astuti, Widi, Putri, Radenrara Dewi Artanti

Jurnal Abdimas Vol 23, No 1 (2019): Juni 2019 (ASAP)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.918 KB)

Abstract

The purpose of this activity is to introduce food technology to the ladies of PKK RT03/RW03, Ngijo, Gunungpati, Semarang by using Kersen leaves (Muntingia calabura L.) as jelly candy and brewed tea. Expected output targets include the community can entrepreneurship so that family welfare can be improved. The results of community service programs that have been done are as follows: aspects of the application of food product science and technology is considered very effective to build community self-reliance based on local potency that is utilization of kersen leaf and benefit aspect generated from this program is very big that is raising public awareness to exploit potency cherry tree, especially the leaves to be made into jelly candy and brewed tea as herbal drink ingredients, the increasing knowledge and skills of the community of cherry leaf processing to be made jelly candy and brewed tea and cultivate entrepreneurship motivation, especially in RT 03/RW03, Ngijo, Gunungpati, Semarang.

KONSERVASI KOTORAN SAPI UNTUK MENDUKUNG DESA WISATA

Dyah Pita Rengga, Wara, Wulansarie, Ria, Wijayatim, Nanik, Tunggul Pawenang, Eram

Jurnal Abdimas Vol 23, No 1 (2019): Juni 2019 (ASAP)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.438 KB)

Abstract

In Nongkosawit village, district Gunungpati, Semarang, the availability of livestock are very abundant in the presence of 60 cows. Cowshed has been allocated respectively integrated with cattle owners in accordance with its cows. The work program carried out by Tim IbM is the extension of energy conservation from cow manure into biogas energy and fertilizer plants, an environmental sanitation in the cowshed construction of biogas digester installation and provision of water pumps and packing of organic fertilizer in the tourist village. Biogas energy can be used for lighting and cooking while its by-products can be used as fertilizer. Gain on sale of fertilizers is four times the price than cow dung. The fertilizer contains elements N, P, and K atoms that can nourish plants in sufficient quantities.

PKM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DAN SISWA MELALUI PELATIHAN PEMROGRAMAN DAN JARINGAN KOMPUTER PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KOTA JAYAPURA

Angriani, Liza

Jurnal Abdimas Vol 23, No 1 (2019): Juni 2019 (ASAP)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1458.84 KB)

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Peningkatan Kompetensi Guru dan Siswa dalam penguasaan Pemrograman dan Jaringan Komputer bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 3 Kota Jayapura. Keterbatasan pengetahuan dasar guru mengenai penguasaan Bahasa Pemrograman dan Kompetensi Jaringan Komputer menjadi masalah utama yang dibahas. Solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan pendampingan dan pelatihan kepada guru dan siswa secara langsung mengenai Bahasa Pemrograman, seperti HTML, PHP, dan MySQL untuk membuat aplikasi berbasis web serta peningkatan kompetensi di Jaringan Komputer berbasis ICT dengan memanfaatkan perangkat Mikrotik Routerboard. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam penguasaan bahasa pemrograman dan jaringan komputer yang merupakan kompetensi wajib yang harus dimiliki siswa lulusan SMK Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Kegiatan pelatihan dilakukan selama 5 (lima) hari dengan mengkaji rencana program pembelajaran dan pelatihan berbasis praktikum interaktif yang lebih baik. Hasil dari PKM ini didapatkan adanya peningkatan kapasitas keilmuan dan kompetensi sebesar 19,8% untuk pelatihan pemrograman web di SMK Negeri 3 Jayapura dan peningkatan sebesar 21,8% untuk pelatihan jaringan komputer di SMK Negeri 2 Jayapura.

PENINGKATAN SOFTSKILL DIBIDANG SPORT RECREATION MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN FOTOGRAFI

Irawan, Fajar Awang

Jurnal Abdimas Vol 23, No 1 (2019): Juni 2019 (ASAP)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada remaja Karang Taruna Desa Lerep melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan fotografi guna peningkatan kualitas keahlian masyarakat. Sosialisasi dan pelatihan ini menggunakan metode ceramah, modelling, dan simulasi. Kegiatan ini dihadiri oleh delapan belas peserta yang kesemuanya merupakan Remaja Karang Taruna Desa Lerep Ungaran Barat. Materi yang disampaikan meliputi pengenalan fotografi dan tips memotret, kemudian dilanjutkan dengan materi peningkatan skill memotret dibidang sport recreation, dan materi ke tiga diisi dengan permainan dan olahraga tradisional dengan didampingi oleh tim pengabdi. Lembar pertanyaan yang berjumlah dua puluh lima item pertanyaan diajukan untuk memberikan informasi tentang pengetahuan dan kebiasaan dalam menggunakan kamera smartphone. Materi yang terdapat dalam pertanyaan terebut meliputi kemampuan dasar fotografi, teknik fotografi, kamera smartphone sebagai alternatif, dan sudut pengambilan gambar. Tiga belas peserta menunjukkan hasil yang Baik dalam pengetahuan fotografi. Lima peserta lainya menunjukkan bahwa mereka memiliki informasi yang Sangat Baik dalam pengetahuan dan pengalaman. Berdasarkan hasil yang didapat pada kemampuan dasar fotografi didapat nilai 4,23 dalam kategori Baik dimana peserta sudah memiliki dasar fotografi meskipun hanya pada pengetahuan dan informasi tentang cara mengoperasikan kamera dan cara mengambil gambar. Data pada teknik fotografi menunjukkan 4,24, data ini memiliki hasil yang sama dengan data pada sudut pengambilan gambar yaitu rata rata nilainya pada 4,24. Ketiga rata rata hasil data pada kategori Baik dan peserta sudah mengetahui dasar, teknik, dan bagaimana cara menggunakan kamera secara umum. Satu hasil lain yang berbeda yaitu pada materi kamera smartphone sebagai alternatif kamera memiliki hasil yang Sangat Baik. Kesimpulan pada kegiatan pengabdian didapat bahwa peningkatan keterampilan dibidang sport recreation melalui pelatihan dan pendampingan fotorgafi di Desa Wisata Lerep Ungaran Barat memberikan informasi yang bermanfaat dan pengetahuan baru yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan fotografi. 

WEBSITE UNTUK PENGUATAN ORGANISASI DAN MEDIA PERJUANGAN ASPIRASI PERSATUAN GURU NAHDLATUL ULAMA

Subkhan, Edi, Widhanarto, Ghanis Putra, Surahmat, Surahmat

Jurnal Abdimas Vol 22, No 2 (2018): Desember 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1667.961 KB)

Abstract

Organisasi guru pada dasarnya merupakan sarana untuk memperkuat solidaritas guru dalam meningkatkan kualifikasi diri dan menghadapi beberapa tantangan. Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) adalah salah satu organisasi guru yang telah berdiri lama, namun karena kebijakan monopoli organisasi guru pada masa Orde Baru. Pasca reformasi 1998 Pergunu bangkit lagi dan sekarang dalam proses konsolidasi sebagai organisasi guru yang berupaya untuk meningkatkan kualitas guru di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU). Dalam hal ini upaya awal untuk membuat Pergunu lebih berdaya dilakukan melalui pengembangan website organisasi yang diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi, belajar, dan memperjuangkan aspirasi guru yang dinaungi Pergunu. Website organisasi memiliki peran vital di era internet sekarang. Agar betul-betul berkembang, maka pengembangan website organisasi ini didukung oleh pelatihan jurnalistik dan tata kelola media online. Upaya ini dilakukan tim program pengabdian kepada masyarakat Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan pendekatan partisipatoris dan diupayakan pada penguatan lembaga Pergunu.

IBM GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PELATIHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Ahmadi, Farid, Widihastrini, Florentina, Widhanarto, Ghanis Putra

Jurnal Abdimas Vol 22, No 2 (2018): Desember 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1947.953 KB)

Abstract

Upaya meningkatkan penguasaan kemampuan menulis artikel bagi guru sekolah dasar mendesak dilakukan. Sebagian besar guru di Indonesia belum optimal dalam melaksanakan PTK, membuat laporan PTK, dan menghasilkan artikel berbasis PTK, serta mempublikasikannya melalui jurnal ilmiah. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman guru mengenai PTK dan artikel ilmiah,  serta menghasilkan artikel ilmiah dari hasil PTK guru SD Kecamatan Kaliwungu. Program IbM ini secara optimal dilakukan proses pendampingan bagi guru SD di Kecamatan Kaliwungu dari yang belum memiliki dasar penyusunan artikel ilmiah sampai peserta dibekali dengan beberapa materi untuk memperlancar proses penyusunan artikel ilmiah. Pendekatan personal dalam setiap pelatihan yang dilakukan diharapkan seluruh guru dapat menyusun artikel ilmiah dari laporan hasil PTK tanpa terkendala apapun dengan mengetahui ketentuan-ketentuan penyusunan artikel ilmiah. Pelatihan dinilai efektif karena sudah menghasilkan artikel peserta pengabdian yang telah disubmit di jurnal nasional dan melihat hasil perhitungan N-Gain yang telah mengalami kenaikan. Manfaat pengabdian ini membantu guru-guru SD Kecamatan Kaliwungu menyusun artikel ilmiah yang berkualitas agar dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional.

PENCEGAHAN STROKE BERULANG MELALUI PEMBERDAYAAN KELUARGA DAN MODIFIKASI GAYA HIDUP

Amila, Amila, Sinaga, Janno, Sembiring, Evarina

Jurnal Abdimas Vol 22, No 2 (2018): Desember 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1329.248 KB)

Abstract

Orang yang telah mengalami serangan stroke lebih mudah terkena serangan ulang stroke dan dampaknya lebih parah dari serangan pertama dimana angka kematian dan kecacatan lebih tinggi. Karena itu, akan lebih mudah jika serangan ulang stroke dicegah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dalam deteksi tanda dan gejala stroke, pencegahan stroke berulang dan perubahan perilaku modifikasi gaya hidup. Hal ini karena hipertensi, DM merupakan penyakit terbanyak di Mutiara Home Care Medan yang merupakan faktor risiko stroke. Metode kegiatan pengabdian masyarakat meliputi pendidikan kesehatan, pemeriksaan kesehatan untuk mengidentifikasi faktor risiko hipertensi/ stroke, pemberdayaan keluarga  untuk mengenali  tanda dan gejala stroke, pengendalian faktor risiko stroke dan modifikasi gaya hidup. Hasil kegiatan menunjukkan mayoritas responden memiliki jumlah serangan stroke 1 kali (60%), mayoritas keluarga memiliki pengetahuan cukup (60%) tentang pencegahan stroke berulang, mayoritas responden memiliki resiko rendah (50%). Peningkatan pengetahuan pasien dan keluarga dalam deteksi tanda pencegahan faktor risiko stroke ditargetkan terjadi perubahan perilaku dan meningkatkan pola hidup sehat untuk mencegah stroke berulang.   

PERAN PG-PAUD UHAMKA DALAM PENDAMPINGAN KOMUNITAS MATAHARI KECIL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Mil, Silvie, Mayarni, Mayarni

Jurnal Abdimas Vol 22, No 2 (2018): Desember 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1526.653 KB)

Abstract

To serve a good education is not only become government responsibility, but also higher education institutions that produce human resources such us teachers and it also become society’s responsibilities. In order the quality of early childhood education, a partnership is needed which in this case involves the University of Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Matahari Kecil as a non-governmental organization and private kindergarten Warga Teladan. This was realized through the holding of the Community Partnership Program "Training on Volunteer Communities in the Small Sun Community as a companion teacher in the TK Warga Teladan, Jakarta". This activity is intended to provide knowledge strengthening for Warga Teladan kindergarten teachers and volunteers from the Matahari Kecil Community in terms of Early Childhood Education. In this workshop, the participants also trained their skills in preparing lesson plans at TK Warga Teladan. This is important because almost all of the volunteers who manage the TK Warga Teladan came from non-educational backgrounds and still do not fully understand about early childhood education and teachers are also not optimal in developing lesson plans in order to improve the quality of education in TK  Warga Teladan. As the result, the workshop is aim that all of participants knowledge in early childhood education will increase and so does their skill in construct the lesson plans.

PEMBUATAN PROFIL RW BERBASIS MASYARAKAT DI KELURAHAN PASIE NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Haryani, Haryani, Aditia, Ezra

Jurnal Abdimas Vol 22, No 2 (2018): Desember 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1314.262 KB)

Abstract

Profil Rukun Warga (RW) amat dibutuhkan tidak saja oleh Pemko/Pemda saja tetapi juga oleh masyarakat akademisi maupun masyarakat umum dalam upaya pembangunan. Jika dilihat Profil RW di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dari tahun ketahun sangat tidak representatif dan tidak menyajikan data yang akurat dan terbaru sehingga sulit untuk dipakai oleh stakeholder. Hal ini menjadi sangat penting untuk dilakukan pembinaan dan pelatihan pembuatan profil kepada ketua RT/RW yang dimulai dari pengumpulan data, identifikasi data, tabulasi dan pemetaan RT/RW dengan menggunakan teknologi informasi (IT). Kegiatan ini dilakukan dengan memakai metode FGD, pelatihan dan pembinaan masyarakat pada tingkat RT/RW. Hasil yang diperoleh mitra dalam hal ini adalah RT/RW adalah diperolehnya pengetahuan dan keterampilan dalam mengidentifikasi dan menyusun profil RT/RW terbaru. Pada akhirnya tersusun Profil RW VII dan RW VIII serta Album Peta berbasis masyarakat.Dengan demikian profil yang dimiliki menjadi modal dasar bagi pembangunan  yang berbasis masyarakat.

PENGEMBANGAN UMKM MADUMONGSO MELALUI MANAJEMEN USAHA DAN LEGALITAS USAHA

Marka, Mira Meilia, Azis, Noor, Alifiana, Mia Ajeng

Jurnal Abdimas Vol 22, No 2 (2018): Desember 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.418 KB)

Abstract

Pelaksanaan PKM ini merupakan upaya pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah produk madumongso untuk dapat meningkatkan daya saing sebagai produk makanan khas daerah yang diminati para konsumen melalui perbaikan manajemen usaha dan legalitas usaha. Mitra pada PKM ini adalah dua produsen produk madumongso dari Desa Ngembalrejo, yakni Ibu Rojaah dan Ibu Sunarti. Sesuai dengan permasalahan yang dihadapi kedua mitra tersebut, upaya yang dapat dilakukan adalah perbaikan manajemen usaha melalui aspek pemasaran, aspek produksi, aspek keuangan serta aspek legalitas usaha dan produk. Solusi yang diberikan pada permasalahan aspek pemasaran adalah perluasan jangkauan pasar secara offline pada toko dan minimarket sekitar, serta pemanfaatan teknologi informasi pemasaran online melalui e-marketplace dan aplikasi social media. Selain itu penggunaan merk dalam wujud sticker/ label juga membantu memperluas pangsa pasar. Penyelesaian masalah pada aspek produksi dilakukan melalui penerapan teknologi tepat guna berwujud alat produksi yang berupa mesin pengaduk (mixer) dan mesin pemarut kelapa. Selain itu penciptaan inovasi produk melalui variasi rasa dan bahan baku dalam pembuatan produk madumongso yang ditunjang dengan kemasan yang lebih menarik dan berdaya saing dapat membantu penyelesaian masalah pada aspek produksi. Sedangkan pada aspek keuangan, penyelesaian masalah dilakukan melalui sosialisasi, pelatihan dan pendampingan dalam pencatatan transaksi keuangan baik pemasukan maupun pengeluaran untuk dapat menghasilkan pembukuan keuangan sederhana, sehingga dapat mengetahui laba rugi usaha secara terukur per periode tertentu. Terakhir adalah penyelesaian masalah mitra pada aspek legalitas usaha yang dilakukan melalui sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan pengurusan legalitas usaha dan produk. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Kegiatan PKM meliputi: 1) Sosialisasi, pelatihan dan pendampingan pemasaran offline dan online yang didukung dengan penggunaan merk dalam bentuk sticker/ label; 2) Sosialisasi, pelatihan dan pendampingan dalam menciptakan inovasi melalui varian rasa, varian bahan utama, varian ukuran dan kemasan produk madumongso, serta penerapan teknologi tepat guna dengan pemberian mesin pengaduk (mixer) dan mesin pemarut kelapa; 3) Sosialisasi, pelatihan dan pendampingan dalam pencatatan transaksi keuangan dan penyusunan pembukuan sederhana; 4) Sosialisasi dan pendampingan dalam pengurusan usaha dan produk. Target khusus dari kegiatan PKM ini adalah 1) perbaikan manajemen usaha melalui peningkatan strategi pemasaran, perbaikan proses produksi dan kerapian pencatatan keuangan; 2) serta adanya kepemilikan legalitas usaha dan produk.