cover
Contact Name
Holy Rafika Dhona
Contact Email
holy.rafika@uii.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.komunikasi@uii.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Komunikasi
ISSN : 1907848x     EISSN : 25487647     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Journal Komunikasi is a peer-review journal published by Department of Communication Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. We welcome all contributions on the following topics: media, journalism, strategic communication and all field related to communication studies. The article that uses critical theories/perspectives and encourages the spirit of empowerment would be more preferred.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 10, No 2 (2016): Volume 10, Nomor 2, April 2016" : 6 Documents clear
Potensi Wisata dalam Pembentukan City Branding Kota Pekanbaru Larasati, Dyas; Nazaruddin, Muzayin
Jurnal Komunikasi Vol 10, No 2 (2016): Volume 10, Nomor 2, April 2016
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/komunikasi.vol10.iss2.art1

Abstract

Kota Pekanbaru merupakan Ibukota Provinsi Riau yang memiliki potensi di sektor pariwisata yang cukup besar. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bagaimana potensi Kota Pekanbaru dilihat dari sektor wisata dalam mendukung pembentukan city branding? Upaya apa saja yang telah dilakukan pemerintah dalam mengoptimalkan potensi wisata tersebut, serta bagaimana strategi yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan potensi wisata tersebut dalam mendukung pembentukan city branding Kota Pekanbaru? Penelitin ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data didapatkan melalui hasil wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menemukan bahwa strategi branding Kota Pekanbaru mengacu pada kerangka kerja branding kota oleh Kavartiz (2004). Strategi tersebut ialah mengkaji ulang mengenai visi dan strategi yang berhubungan dengan branding kota sebagai pintu gerbang budaya Melayu, dan melakukan sinergi antar stakeholders agar tercipta kerja sama yang baik. Selain itu, branding juga melibatkan warga lokal, pengusaha, dan pebisnis dalam mengembangkan dan mengantarkan brand. Selain itu, perlu pembentukan ruang publik yang mewakili branding Kota Pekanbaru sebagai pintu gerbang budaya Melayu seperti pembentukan taman terbuka untuk aktivitas kebudayaan.
Daftar isi dan Pengantar winarto, yudi
Jurnal Komunikasi Vol 10, No 2 (2016): Volume 10, Nomor 2, April 2016
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perencanaan Komunikasi Pemerintah Kota Palembang dalam Kampanye Program Palembang EMAS (Elok, Madani, Aman, Sejahtera) Dewi, Mutia; Hadiwijaya, M. Masri
Jurnal Komunikasi Vol 10, No 2 (2016): Volume 10, Nomor 2, April 2016
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/komunikasi.vol10.iss2.art2

Abstract

Perencanaan komunikasi merupakan aktivitas yang tak terpisahkan dalam program komunikasi maupun program-program pembangunan yang memerlukan dukungan komunikasi, termasuk dalam mem-branding Kota. Sebagai salah satu bentuk kegiatan memasarkan Kota, aktivitas ini tidak luput dari perencanaan komunikasi. Oleh karena itu, tulisan ini akan mengkaji aktivitas perencanaan komunikasi yang dilakukan oleh pemerintah Kota Palembang dalam mengkampanyekan program Palembang EMAS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang berusaha menggambarkan atau mendeskripsikan objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan asisten pemerintah bidang Humas dan protokol, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Tingkat II Kota Palembang, dan Dinas Komunikasi dan Informatika. Studi ini menemukan bahwa perencanaan komunikasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Palembang dalam kampanye Palembang EMAS dilakukan melibatkan dua hal pokok, yaitu (1) organisasi yang menggerakkan kegiatan dalam hal ini pemerintah Kota dengan melakukan analisis dan riset, perumusan kebijakan, perencanaan program pelaksanaan dan kegiatan komunikasi; (2) publik yang menjadi sasaran kegiatan yang terdiri atas respon dan evaluasi dari masyarakat.
Perubahan Komunikasi Masyarakat dalam Inovasi Mitigasi Bencana (Studi pada Masyarakat di Wilayah Rawan Bencana Gunung Merapi sebelum dan setelah erupsi tahun 2010) Wardyaningrum, Damayanti
Jurnal Komunikasi Vol 10, No 2 (2016): Volume 10, Nomor 2, April 2016
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/komunikasi.vol10.iss2.art3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan komunikasi dalam inovasi mitigasi bencana. Dengan wilayah Indonesia yang memiliki banyak gunung berapi aktif dan terletak di wilayah padat penduduk, penelitian mengenai mitigasi bencana dari perspektif ilmu komunikasi sangat penting dilakukan. Inovasi dalam komunikasi dilakukan pada masyarakat di wilayah rawan bencana dengan adanya peristiwa erupsi gunung Merapi pada tahun 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pengumpulan data penelitian melalui observasi wilayah dan wawancara dengan masyarakat di dukuh Kalitengah Kidul, Desa Glagaharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Konsep yang digunakan adalah difusi inovasi, informasi dan mitigasi bencana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat adopsi terhadap inovasi mitigasi bencana terkait dengan komunikasi masyarakat. Perubahan komunikasi terjadi pada alat komunikasi yang digunakan, sumber informasi untuk menentukan mengambil keputusan evakuasi, komunikasi kelompok masyarakat menentukan prosedur mitigasi bencana, sumber informasi tentang aktivitas gunung dan prioritas yang harus dilakukan pada saat tanggap darurat maupun masa pemulihan pasca bencana. Ditemukan dari hasil penelitian setelah erupsi tahun 2010 muncul sikap warga diwilayah rawan bencana yang lebih mandiri dan memiliki inisiatif dalam mengadopsi inovasi mitigasi bencana khususnya dalam hal komunikasi diantara masyarakat dalam menghadapi potensi bencana yang akan timbul.
KOMUNIKASI SIARAN INTEGRASI MEDIA KONVENSIONAL DAN INTERNET PADA PENYIARAN RADIO SWASTA Harliantara, Mr.
Jurnal Komunikasi Vol 10, No 2 (2016): Volume 10, Nomor 2, April 2016
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/komunikasi.vol10.iss2.art4

Abstract

Penyiaran radio adalah media elektronik tertua, hampir satu abad lebih keberadaannya dan berusaha untuk tetap eksis mengatasi persaingan keras dengan hadirnya media-media lain. Saat ini, mulai muncul teknologi baru dan metode distribusi yang memiliki efek mendalam pada cara di mana khalayak mendengarkan penyiaran radio melalui media internet. Dalam proses komunikasi siaran radio, lembaga penyiaran radio konvensional terjadi penambahan media yaitu internet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengkaji komunikasi siaran integrasi media radio konvensional dan internet pada penyiaran radio swasta. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pemaknaan proses komunikasi siaran integrasi media radio konvensional dan internet sebagai konvergensi media menjadi krusial untuk meningkatkan pengetahuan penyiaran radio di masa kini dan masa yang akan datang. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa selain transmisi melalui udara atau (broadcast) dalam bentuk suara atau bunyi, penyiaran radio saat ini juga melakukan live streaming atau podcast streaming melalui internet (network) dalam bentuk suara, teks, gambar maupun video.
Mitos Gaya Hidup Metroseksualitas dalam Iklan Produk Kosmetik Vaseline Men Lasido, Nur Allan
Jurnal Komunikasi Vol 10, No 2 (2016): Volume 10, Nomor 2, April 2016
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol10.iss2.art5

Abstract

Kecenderungan perawatan tubuh telah bergeser menjadi milik pria saat ini. Industri kosmetik berlabel khusus pria marak diiklankan di media massa. Semakin banyaknya pria tampil dengan tingkat mobilitas tinggi serta terlibat dalam berbagai kesibukan, mengharuskan pria tampil modis (dandy), sekaligus, pada saat bersamaan, telah mengukuhkan dirinya menjadi bagian dari kebudayaan populer, dalam cirinya sebagai pria metroseksual. Dengan mengunakan analisis semiotika Roland Barthes, penelitian ini membedah dua citra visual (foto) iklan ‘Veseline Men’. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan mampu menelaah penciptaan citra, pada tataran denotatif (pesan harfiah) dan pada tataran konotatif (pesan simbolik), pada satu sisi; dan membongkar tataran konotasi di mana mitos ‘bersemayam’ sebagai strategi menanamkan keyakinan pada rancangan produk iklan untuk segmentasi pria. Hasil penelitian menemukan bahwa metroseksualitas dan maskulinitas sebagai mitos dalam rancangan produk iklan tersebut, yaitu sebuah naluri laki-laki sebagai petualang, penuh percaya diri dan sebagai simbol ‘kepahlawaan’. Sementara pada tataran konotatif, iklan ‘Vaseline Men’ menunjukkan konstruksi ciri-ciri ideal bagi trend identitas kehidupan kelas menengah, yang meliputi sportivitas,, menjunjung tinggi panampilan fisik, konsumen aktif citra simbolik, termasuk kebiasaan memperhatikan kebersihan tubuh.

Page 1 of 1 | Total Record : 6