cover
Contact Name
Ketut Sudarma
Contact Email
jdm.unnes@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jdm.unnes@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Dinamika Manajemen
ISSN : 20860668     EISSN : 23375434     DOI : -
Jurnal Dinamika Manajemen [p-ISSN: 2086-0668 | e-ISSN: 2337-5434] issued by the Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, periodically (every 6 months) in March and September with the aim of disseminating information about the study of knowledge management in the form of conceptual studies and research results.
Articles 21 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 2 (2013)" : 21 Documents clear
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR TERHADAP KINERJA KARYAWAN Fitriastuti, Triana
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 4, No 2 (2013): September 2013 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.977 KB) | DOI: 10.15294/jdm.v4i2.2753

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh kecerdasan emosional, komitmen organisasional dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan desain survei dengan responden adalah Pegawai Negeri Sipil Organisasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kutai Timur, sebanyak 89 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling berdasarkan pada kriteria tertentu. Hasil pengujian hipotesis menggunakan regresi linear berganda menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, komitmen organisasional, dan OCB berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menunjukkan bahwa karyawan yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi akan bekerja lebih baik sesuai standar organisasi dan pada akhirnya akan mencapai kinerja yang lebih baik. Selain itu, dibutuhkan karyawan dengan komitmen yang tinggi untuk menunjukkan kinerja optimal, sehingga mampu berkontribusi pada organisasi. Sementara karyawan yang berperilaku OCB secara tidak langsung berpengaruh pada pencapaian tujuan organisasi, karena perilaku OCB  yang ditunjukkan karyawan akan berkontribusi meningkatkan kinerja karyawan. The purpose of this study is to investigate the impact of Emotional Intellegent, Organizational commitment and Organizational Citizenship Behavior on employee performance. This study uses survey research design and the respondents are 89 Government Employees of industry and trade organization, located in Kutai. The sampling method used is Purposive Sampling based on some criterias. The result of multiple regression analysis shows that Emotional Intellegent, organizational commitment and OCB have positive impact on employee performance. The result of study shows that employees who have emotional intelligent will work better based on organization standard and they will have better performance. It is also needed employees with high comitment for showing the optimal work so that they can contribute to the corporate. The employees who behave based on OCB, will indirectly influence the achievement of corporate goals since they will contribute to the increase of employee performance.
PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN Permana, Made Virma
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 4, No 2 (2013): September 2013 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.244 KB) | DOI: 10.15294/jdm.v4i2.2756

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas desain, inovasi produk, kompetensi sosial, kompetensi teknis, kualitas produk, kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dengan mengembangkan sebuah model penelitian dan 6 hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 150 responden, yaitu pengguna kendaraan Toyota di Semarang. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dari software AMOS 16.0 dalam model dan pengkajian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa model tersebut dapat diterima dengan baik dan selanjutnya hasil penelitian ini memberikan implikasi teoritis bahwa pengaruh variabel kualitas desain, variabel inovasi produk, variabel kompetensi sosial, variabel kompetensi teknis, variabel kualitas produk, variabel kualitas layanan terhadap variabel kepuasan konsumen adalah positif dan signifikan. Variabel yang dominan berpengaruh terhadap kualitas produk adalah kualitas desain, dan terhadap kualitas layanan adalah kompetensi sosial, sedangkan terhadap kepuasan pelanggan adalah kualitas layanan. The aim of this research is to analyze the effect of design quality, product innovation, social competence, technical competence, product quality, service quality to customer satisfaction by developing a research model and proposing six hypotheses. The numbers of samples were 150 respondents. They are the users of Toyota vehicles in Semarang. The technique for analizing the data is Structural Equation Modeling (SEM) from 16.0 AMOS. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the model can be well accepted. The results of this study also provide a theoretical implication; it is the influence of design quality variable, product innovation variable, social competence variable, technical competence variable, products quality variable, service quality variable to the variable of consumers satisfaction is positive and significant. The variable that dominantly influences the product quality is design quality and the variable that dominantly influences the service quality is social competence. Finally, service quality becomes the dominant variable that influences customer satisfaction.
PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY & KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN -, Wardoyo; Veronica, Theodora Martina
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 4, No 2 (2013): September 2013 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.914 KB) | DOI: 10.15294/jdm.v4i2.2757

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Good Corporate Governance (GCG), yang diukur dari jumlah dewan komisaris, indepedensi dewan komisaris, ukuran dewan direksi, dan jumlah anggota komite audit, Corporate Social Responsibility (CSR) dan kinerja perusahaan (ROA dan ROE) terhadap nilai perusahaan. Objek penelitian adalah seluruh perusahaan perbankan go public yang berjumlah 29 bank. Berdasarkan kelengkapan data hanya 24 bank yang menjadi sampel dengan periode pengamatan 2008-2010. Variabel independen adalah GCG, CSR dan kinerja perusahaan. Variabel dependen adalah nilai perusahaan yang diukur dengan Tobin’s Q. Analisis data yang digunakan terdiri dari analisis korelasi, determinasi, uji t, uji f, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran dewan direksi, ROA dan ROE memiliki pengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran dewan komisaris, independensi dewan komisaris, jumlah anggota komite audit dan CSR tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. The purpose of this study is to know and analyze the effect of Good Corporate Governance (by looking at the number of commissioners, the independence of commissioners board, board size, and the number of audit committee members), corporate social responsibility and corporate performance (ROA and ROE) on firm value. The objects of study are all of go public banking companies. There are 29 banks actually. However, the samples are only 24 banks. They were chosen based on  the observation of data completeness done from 2008 to 2010. The independent variables are GCG, CSR, and corporate performance, while the dependent variable is firm value which is measured by using Tobin’s Q. The data analysis applied for this study is correlation analysis, determination analysis, t test, f test, and multiple linear regression analysis. The result shows that the size of directors board, ROA and ROE have significant influences on the company value; while the board size, board independence, the number of audit committee members, and corporate social responsibility do not have significant effect on firm value.
PENGARUH PERSONALITY TRAITS TERHADAP PERENCANAAN KEUANGAN KELUARGA -, Subiaktono
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 4, No 2 (2013): September 2013 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.327 KB) | DOI: 10.15294/jdm.v4i2.2759

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh ciri-ciri kepribadian yang terdiri dari agreeableness, conscientiousness, body focus, materialism and need for arousal pada perencanaan keuangan keluarga. Sampel dari penelitian ini adalah pegawai Bank BTN Cabang Semarang dengan alat analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa variabel-variabel independen (Agreeableness, Conscientiousness, Body Focus, Materialism, dan Need for arrousal) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perencanaan  keuangan  keluarga. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kurangnya kemampuan karyawan dalam mengelola keuangan karena faktor pengetahuan yang dimiliki dan kuatnya pengaruh psikologis pada diri mereka. Faktor psikologis seringkali dianggap sebagai faktor kunci dalam proses pembuatan keputusan manajemen keuangan keluarga. Semakin kuat aspek kepribadian suami dan istri sebagai manajer keuangan, semakin besar pengaruh keputusan psikologis terhadap keputusan keuangan. Gaya hidup, pola belanja yang tidak terencana, biaya sosial yang tidak dianggarkan, lingkungan, dan literasi manajemen keuangan menjadi faktor pendukung timbulnya manajemen yang buruk atau bahkan kegagalan The aim of this research is to examine and analyze the effect of personality traits that consists of agreeableness, conscientiousness, body focus, materialism and need for arousal on the family financial planning. The sample of this research is a group of people who are employees of the BTN Bank Semarang branch with qualitative and quantitative analysis tools. The result shows that independent variables (agreeableness, conscientiousness, body focus, materialism and need for arousal) have significant effects on the family financial planning.It could be concluded that the lack of employee ability in how to manage family finance is caused by their own knowledge and their psychological factor. Psychological factor is often considered as a key factor in family financial management decision making process. The stronger personality aspect of husband and wife as the financial manager, the greater effects will occur on psychological decision to the financial decision. Lifestyle, unplanned shopping pattern, non-budgeted social expenses, environment, and financial management literacy become the supporting factors that cause a bad management or even a failure.
KEPUTUSAN STRUKTUR MODAL DAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI MEKANISME MENGURANGI MASALAH KEAGENAN Yulianto, Arief
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 4, No 2 (2013): September 2013 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.928 KB) | DOI: 10.15294/jdm.v4i2.2760

Abstract

Perilaku oportunistik manajerial pada keputusan pendanaan perusahaan menimbulkan konflik antara manajemen dan pemegang saham maupun kreditur. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui secara empiris pengaruh kepemilikan manajerial (hipotesis masalah keagenan) yang dipengaruhi oleh debt equity ratio dan dividend payout ratio yang akan mengurangi masalah keagenan. Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2008 sampai dengan 2011. Berdasarkan dua model regresi yang dipergunakan, diperoleh hasil bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap debt equity ratio yang merupakan indikasi bahwa dengan peningkatan utang maka akan meningkatkan monitoring yang dilakukan kreditur terhadap perilaku manajerial. Selain itu ditemukan hasil yang tidak signifikan pengaruh kepemilikan manajerial terhadap dividend payout ratio yang merupakan indikasi inkonsisten dengan masalah keagenan. The managerial opportunistic behaviour on the financing activity decision can generate a conflict between the management and the stockholder or creditor as a consequence of the opportunity management behaviors. This paper aims to provide empirical evidence  on the managerial ownership (agency costs  hypothesis) which suggests debt equity ratio and dividend payout ratio may reduce agency costs. This research was conducted at manufacturing firms listed at Indonesian Stock Exchange from 2008 to 2011. In this research, two regression models were used. Management ownership is positively associated with debt equity ratio. It indicates that the increase of monitoring, done by creditors, due to the increasing amount of debt. However, there is not a significant relationship between management ownership and dividend payout ratio, it indicates that the finding is inconsistent with the agency conflict.
PENGARUH RISIKO DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPERCAYAAN KONSUMEN -, Murwatiningsih; Apriliani, Erin Puri
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 4, No 2 (2013): September 2013 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.66 KB) | DOI: 10.15294/jdm.v4i2.2761

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung risiko dan harga terhadap keputusan pembelian online melalui kepercayaan, serta pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian online. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 291 konsumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling Jumlah sampel sebanyak 74 responden diperoleh menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko mempengaruhi keputusan pembelian online, harga tidak berpengaruh  terhadap keputusan pembelian online, dan kepercayaan mempengaruhi keputusan pembelian online, serta memediasi pengaruh risiko dan harga terhadap keputusan pembelian online. Simpulan yang diperoleh adalah semakin tinggi kepercayaan konsumen, akan meningkatkan keputusan pembeliannya, meskipun semakin tinggi tingkat risiko yang mungkin muncul dan semakin tinggi harga yang harus dibayarkan konsumen. This research aims at knowing the direct and indirect influence of risk and price to online purchasing decision through trust, and the influence of trust to online purchasing decision. The population of this research is 291 consumers. Slovin formula is used for obtaining 74 respondents as the sample. Questionnaire and documentation are the methods for collecting the data. In analyzing the data, path analysis is applied. The results of this research show that risk influences online purchasing decision, but price does not influence online purchasing decision. Then, trust influences online purchasing decision; and it mediates the influence of risk and price to online purchasing decision. The conclusion of this research is that the higher of consumer’s trust will increase the online purchasing decision although it may make higher risk and higher price for consumers
FUNGSI PUBLIC RELATIONS DALAM MENJALANKAN AKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPOSIBILITY Sukoco, Iwan
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 4, No 2 (2013): September 2013 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.075 KB) | DOI: 10.15294/jdm.v4i2.2762

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari fungsi Public Relations (PR) dalam menjalankan aktivitas corporate social responsibility (CSR). Penelitian ini juga mengkaji apakah fungsi PR terlibat dalam aktivitas pelaksanaan, pembinaan, sosialisasi dan promosi serta aktivitas CSR guna menunjang pencapaian tujuan perusaahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan observasi partisipan. Responden dalam penelitian ini adalah para stakeholder di PT Telekomunikasi Indonesia Area III Jawa Barat dan Banten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi PR dapat bersinergi dengan CSR dalam menunjang pencapaian tujuan perusahaan. Aktifitas CSR dapat menunjang fungsi PR dalam menciptakan image yang positif dan membina hubungan yang harmonis. The purpose of this research is to study the function of Public Relations (PR) in carrying out the activities of corporate social responsibility (CSR). This study also examines whether the PR function involves implementation, development, dissemination and promotion and CSR activities to support the achievement of corporate goals. The method used in this study is qualitative methods by implementing the design of case studies. The data were collected through in-depth interviews, documentary studies, and participant observation. The Respondents in this study are the stakeholders in PT Telekomunikasi Indonesia Area III West Java and Banten. The result of this study indicates that the PR function can work synergizely with CSR to support the achievement of corporate goals. CSR activities can support the function of PR in creating a positive image and foster a harmonious relationship.
MODEL PENINGKATAN KINERJA UKM BERBASIS ORIENTASI ENTREPRENEUR -, Widodo
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 4, No 2 (2013): September 2013 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.324 KB) | DOI: 10.15294/jdm.v4i2.2763

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana model variabel-variabel orientasi entrepreneur mencakup inovasi, orientasi belajar, inisiatif, komitmen, adaptabilitas dan kinerja organisasi berdasarkan pada research gap dan fenomena UKM yang ada di Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan dengan  Focus Group Disscusion (FGD), studi dokumentasi dan observasi partisipan. Responden dari penelitian ini adalah pimpinan UKM di Kota Semarang yang berjumlah  135.  Teknik analisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan alat AMOS. Hasil studi menunjukkan bahwa peningkatan kinerja UKM di Kota Semarang dipengaruhi oleh kemampuan adaptasi yang dibangun oleh komitmen pada konsensus. This study aims to examine how the model variables cover innovation entrepreneur orientation, learning orientation, initiative, commitment, adaptability and organizational performance based on the research gap and SMEs phenomena that exists in Semarang. The method used in this research is quantitative method. The data were collected through interviews by conducting the focus group disscusion (FGD), study documentation, and participant observation. The respondents of this research is 135 managers of SMEs in Semarang. The analysis techniques for this study  is Structural Equation Model (SEM) with AMOS software. The study result shows that the increase of SMEs performance in Semarang is influenced by the ability of adaptability which is built by the commitment on consensus.
MODEL PENINGKATAN KINERJA UKM BERBASIS ORIENTASI ENTREPRENEUR -, Widodo
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 4, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (47.551 KB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana model variabel-variabel orientasi entrepreneur mencakup inovasi, orientasi belajar, inisiatif, komitmen, adaptabilitas dan kinerja organisasi berdasarkan pada research gap dan fenomena UKM yang ada di Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan dengan  Focus Group Disscusion (FGD), studi dokumentasi dan observasi partisipan. Responden dari penelitian ini adalah pimpinan UKM di Kota Semarang yang berjumlah  135.  Teknik analisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan alat AMOS. Hasil studi menunjukkan bahwa peningkatan kinerja UKM di Kota Semarang dipengaruhi oleh kemampuan adaptasi yang dibangun oleh komitmen pada konsensus. This study aims to examine how the model variables cover innovation entrepreneur orientation, learning orientation, initiative, commitment, adaptability and organizational performance based on the research gap and SMEs phenomena that exists in Semarang. The method used in this research is quantitative method. The data were collected through interviews by conducting the focus group disscusion (FGD), study documentation, and participant observation. The respondents of this research is 135 managers of SMEs in Semarang. The analysis techniques for this study  is Structural Equation Model (SEM) with AMOS software. The study result shows that the increase of SMEs performance in Semarang is influenced by the ability of adaptability which is built by the commitment on consensus.
THE ANALYSIS OF ISLAMIC BANK FINANCIAL PERFORMANCE BY USING CAMEL, SHARIAH CONFORMITY AND PROFITABILITY (SCnP) Ratnaputri, Widiya
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 4, No 2 (2013): September 2013 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.412 KB) | DOI: 10.15294/jdm.v4i2.2765

Abstract

This study aims to examine how the model variables cover innovation entrepreneur orientation, learning orientation, initiative, commitment, adaptability and organizational performance based on the research gap and SMEs phenomena that exists in Semarang. The method used in this research is quantitative method. The data were collected through interviews by conducting the focus group disscusion (FGD), study documentation, and participant observation. The respondents of this research is 135 managers of SMEs in Semarang. The analysis techniques for this study  is Structural Equation Model (SEM) with AMOS software. The study result shows that the increase of SMEs performance in Semarang is influenced by the ability of adaptability which is built by the commitment on consensus. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja bank syariah dengan menggunakan CAMEL dan SCnP Model. Populasi penelitian ini adalah semua bank umum syariah yang terdaftar di BI dari tahun 2009-2012. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sementara teknik analisis data berupa deskriptif yang bersifat explanatory. Model CAMEL memiliki lima variabel, yaitu capital menggunakan proksi CAR, asset quality menggunakan proksi RORA, management menggunakan proksi NPM, earning menggunakan proksi ROA dan liquidity menggunakan proksi FDR. Model SCnP memiliki dua variabel, yaitu Shariah Conformity dan Profitability. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa rasio CAR, RORA dan FDR telah memenuhi standar yang ditentukan BI, sedangkan rasio NPM dan ROA belum memenuhi standar. Analisis pada hasil SCnP yaitu, bank syariah tersebar dalam empat kuadran (ULQ, LLQ, URQ dan LRQ) dan merekomendasikan Bank Syariah Mandiri sebagai sasaran investasi karena mampu bertahan pada kuadran kanan atas (URQ) selama periode 2009-2012.

Page 1 of 3 | Total Record : 21