cover
Contact Name
Ketut Sudarma
Contact Email
jdm.unnes@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jdm.unnes@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Dinamika Manajemen
ISSN : 20860668     EISSN : 23375434     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Dinamika Manajemen [p-ISSN: 2086-0668 | e-ISSN: 2337-5434] issued by the Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, periodically (every 6 months) in March and September with the aim of disseminating information about the study of knowledge management in the form of conceptual studies and research results.
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2011): September 2011 (DOAJ Indexed)" : 18 Documents clear
AKANKAH ORIENTASI PENGAWASAN SUPERVISOR BEREFEK PADA KINERJA TENAGA PENJUAL? Mursid, Ali
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 2, No 2 (2011): September 2011 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.374 KB) | DOI: 10.15294/jdm.v2i2.2474

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebuah model yang berorientasi mengontrol (mengontrol dari hasil, aktivitas, dan kemampuan), berorientasi pada pengaruh kinerja, menganalisis kinerja dan pengaruhnya untuk motivasinya dalam bekerja keras dan untuk menganalisis pengaruh motivasi dalam bekerja keras terhadap sales-people. Model dari penelitian ini dikembangkan dalam enam variabel: mengontrol dari hasil, aktivitas dan capibility, orientasi kinerja, motivasi bekerja keras dan kinerja sales-people. Data yang dikumpulkan, diambil dari 100 responden sales-people dari perusahaan pelayaran di Semarang yang dianalisis oleh alat persamaan struktural pemodelan pada program amos 4.01. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dari orientasi mengontrol (mengontrol dari hasil, aktivitas, dan kemampuan) memiliki pengaruh yang signifikan untuk orientasi kinerja. Hasil juga menunjukkan bahwa orientasi kinerja telah berpengaruh pada kinerja sales-people secara signifikan.The primary objective of this research is to analyze a model of controls orientation (controls of outcome, activity and capability) influence to performance orientation, to analyze performance orientation influences to working hard motivation and to analyze working hard motivation influences to salespeople performance. Moreover the model of this research developed in six variables are: controls of outcome, activity and capibility, performance orientation, working hard motivation and salespeople performance. The data were collected from 100 respondents of salespeople of shipping company in Semarang analyzed by tool of Structural Equation Modeling on AMOS 4.01 program. Based on the result of this research showed that all hypothesis are accepted. The result of the data analysis showed that controls orientation (controls of outcome, activity and capability) have a significant influence to performance orientation. The result also showed that performance orientation has a significant influence to working hard motivation and working hard motivation has a significant influence to salespeople performance.
ADOPSI TEKNOLOGI OLEH USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH Purnomo, Margo
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 2, No 2 (2011): September 2011 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.375 KB) | DOI: 10.15294/jdm.v2i2.2475

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang pentingnya kecocokan teknologi dalam manajemen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Dengan asumsi bahwa sebuah penerapan teknologi dapat memiliki dampak kinerja positif hanya jika cocok dengan tugas yang sedang didukungnya bukan tingkat kecanggihan teknologi. Sayangnya, tidak semua teknologi cocok dengan pekerjaan yang sedang didukungnya. Namun demikian, model yang paling sering dikutip lebih banyak dikarakteristikkan pada fokus pemanfaatan bukan pada kecocokannya. Berangkat dari kondisi ini, justru jika melihat perkembangannya terlihat bahwa telah terjadi metamorfosis model pengaruh teknologi informasi terhadap kinerja. Dengan ini diharapkan UMKM dapat memperoleh masukan dan pemahaman baru dalam penggunaan teknologi.This study explains the importance of suitable technology in Small and Medium Enterprerises (SMEs). An applied technology has a positive impact on performance, only if it is appropiate with the jobs that is supported, not with the level of sophisticated technology. Unfortunately, not all of such technology will be suitable with the jobs, they are supported. Nevertheless, model which is used to be cited is more being characterized in the focus of using, not in the appropiateness. Starting from this condition, if we are reffering to the development, there will be a metamorphosis model of technology influence toward performance. It is expected that UMKM will get some input and new understanding in the using of technology.
PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA DAN KOMITMEN Ghoniyah, Nunung; -, Masurip
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 2, No 2 (2011): September 2011 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.821 KB) | DOI: 10.15294/jdm.v2i2.2476

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kinerja karyawan yang dipengaruhi oleh variabel kepemimpinan, lingkungan kerja dan komitmen organisasi. Untuk upaya meningkatkan kinerja karyawan bisa distimulus dari berbagai cara, diantaranya meningkatkan komitmen karyawan, memainkan peran kepemimpinan dan menciptakan lingkungan kerja yang mendukung. Lingkungan kerja yang mendukung dapat mempengaruhi peningkatan kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan desain kuesioner dengan sampel 99 karyawan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) di Kota Demak. Penelitian ini menunjukkan hasil yang positif dan siginifikan secara parsial dari pengaruh variabel kepemimpinan, lingkungan dan komitmen pada kinerja karyawan. Disisi lain, penelitian ini juga menemukan bahwa kepemimpinan tidak berpengaruh pada komitmen organisasi, karena belum ada indikator kepemimpinan yang jelas untuk mempengaruhi komitmen karyawan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa semua hipotesis terdukung kecuali satu hipotesis yang menguji pengaruh kepemimpinan pada komitmen organisasi. This research investigates employees’ performance which is influenced by leadership, work environment and organizational commitment. Employees’ performance can be developed by giving various stimulus, for example improving employees’ commitment, enhancing the role of leader and creating suitable work environment. This study is exploratory research and questioners are used to collect data from 99 respondents who are the employees of Koperasi Simpan Pinjam Karya Niaga Demak. The result shows that leadership, work environment and commitment have positive and significant effect to performance. Meanwhile, leadership does not have significant influence to organizational commitment, it seems that there is no clear leadership indicators that can be used to influence employees’ commitment.
PENINGKATAN MINAT DAN KEPUTUSAN BERPARTISIPASI AKSEPTOR KB Sudarti, Ken; Prasetyaningtyas, Puji Prasetyaningtyas
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 2, No 2 (2011): September 2011 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.751 KB) | DOI: 10.15294/jdm.v2i2.2477

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk menemukan dampak dari kualitas layanan dan konseling yang disediakan oleh PLKB dan persepsi pengguna kontrasepsi pada budaya lingkungan yang berkontribusi terhadap ketertarikan dan keputusan para pengguna alat kotrasepsi. Populasi penelitian ini adalah 98 wanita yang melakukan program keluarga berencana dalam jangka waktu lama dengan menggunakan sample convenience. Penelitian ini menunjukkan mayoritas pengguna kontrasepsi adalah usia rawan untuk melahirkan, memiliki lebih dari dua anak, dan relatif memiliki latar belakang pendidikan rendah. Kualitas layanan program konseling dan budaya lingkungan dalam program keluarga berencana mempunyai dampak positif terhadap ketertarikan dan keputusan untuk berpartisipasi terhadap program keluarga berencana. Kualitas layanan ditemukan sebagai kontribusi terbesar terhadap peningkatan ketertarikan dan partisipasi dalam program keluarga berencana.The aim of this study was to find out the effect of the service quality and counceling provided by the family planning field workers (PLKB) and the perception of the contraception users on the environmental culture that contribute to the interest and decision of the contraception users.The population of this study was the contraception users in Demak District. The traditional statistical model of yamae was applied to recruit the 98 women who were long-term users of birth control within the government-sponsored family planning program using the convenience sampling method.The study showed that the majority of the contraception users were in the age at risk of giving birth , with more than two children and relatively had low education background. The service quality, councelling program and environmental culture had a possitive effect on the interest and the decision of participating in the family planning program . Service quality was found to give the biggest contribution for the improved interest and partisipation in the family planning program.
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DAN SIKAP TERHADAP PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY -, Supriyono; -, Vita
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 2, No 2 (2011): September 2011 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.064 KB) | DOI: 10.15294/jdm.v2i2.2478

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi dan sikap terhadap pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR). CSR sebagai program sosial suatu perusahaan nampaknya masih menjadi euforia.Padahal tujuan dari program ini belum dinikmati masyarakat keseluruhan. Dengan menggunakan 96 responden, menunjukkan bahwa hanya 8% yang telah melakukan program CSR dengan tepat, sedangkan sisanya hanya melakukan untuk amal. Ini berarti bahwa sebagian besar perusahaan besar dan menengah di Bandung, belum cukup peduli terhadap program CSR. Hasil penelitian juga menunjukkan ada kesenjangan antara apa yang mereka anggap dan apa yang mereka kerjakan dalam program CSR. Temuan kami menunjukkan bahwa kebanyakan pelaku usaha, khususnya di Bandung masih dikategorikan sebagai obstructionists dan pembela dari pada akomodatif dan proaktif. Ini berarti praktek tanggung jawab sosial mereka masih rendah. Kita sebagai komunitas akademik harus selalu menyosialisasikannya untuk lebih peduli, tidak hanya kepada pemegang saham tetapi semua pemangku kepentingan.CSR as an enterprise’s social program seem likely still to be euphoria. Therefore, the main purpose of the program has failed to reach the goal. By using 96 respondents, the results showthat only 8% of them have done the CSR programs appropriately, while the rest are still doing no more than charity. It means that most of the businesses in Bandung,were not yet care enough of the CSR programs. The result of the research also shown there was a gap between what they perceived and what they really do in CSR programs. Our finding also indicates that most businesses actors in Bandung were still categorized as obstructionists and defenders rather than accommodative and proactive. This means they are still low in practices of social responsibility. As an academic community we should always socialized it as much as possible to care more, not only to shareholder but all the stakeholders.
KINERJA KEUANGAN KONVENSIONAL, ECONOMIC VALUE ADDED, DAN RETURN SAHAM Sudiyatno, Bambang; Suharmanto, Toto
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 2, No 2 (2011): September 2011 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.398 KB) | DOI: 10.15294/jdm.v2i2.2479

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan konvensional; Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Residual Income (RI), dan kinerja keuangan yang lebih modern; Economic Value Added (EVA) terhadap return saham pada perusahaan-perusahaan dalam industry makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus, karena semua perusahaan dalam industry makanan dan minuman digunakan sebagai sampel. Namun dalam proses samplingnya mengunakan metode purposive sampling, yaitu menggunakan sampel dengan criteria-kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return on Asset (ROA) dan Residual Income (RI) berpengaruh positif dan secara statistik signifikan terhadap return saham pada level signifikansi 1%. Sedangkan Return on Equity (ROE) berpengaruh negative dan secara statistik signifikan terhadap return saham pada level signifikansi 10%, dan Economic Value Added (ERA) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap return saham.This study aims to test the effect of conventional financial performance i.e. Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Residual Income (RI), and the more modern financial performance which is Economic Value Added (EVA) toward stock returns on companies in the food and beverage industry listed in Indonesia Stock Exchange. Sampling technique in this study uses the census method, all companies in the food and beverage industry are used as a sample. The process of sampling using purposive sampling method. The result shows that Return On Asset (ROA) and Residual Income (RI) are positive and statistic significant impact on the stock returns at significance level 1%. While the Return on Equity (ROE) is negative and statistic significant impact on the stock returns at significance level 10%, Economic Value Added (EVA) is positive and statistic not significant impact on the stock returns.
PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA DOSEN DAN AKUNTABILITAS KINERJA DOSEN -, Asrori
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 2, No 2 (2011): September 2011 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.485 KB) | DOI: 10.15294/jdm.v2i2.2480

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai penggunaan dosen terhadap Sistem Informasi Penilaian Kinerja (Silkados) dengan tujuan meningkatkam laporan akuntabilitas beban kerja dan penilaian kinerja dosen di Universitas Negeri Semarang. Sampel dari penelitian ini adalah 88 dosen selaku pengguna Silkados di lingkungan kerja Universitas Negeri Semarang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibangun dari teori Planned Behavior (Ajzen, 1988) dan Technology Acceptance Model (Davis et al., 1989). Hasil penelitian mendukung secara empiris, bahwa Silkados sangat bermanfaat dan mudah digunakan dosen sebagai pemakai untuk tujuan evaluasi beban kerja dan kinerja, kegunaan dan kemudahan penggunaan Silkados berpengaruh positif pada intensi menggunakan Silkados, intensi menggunakan Silkados berpengaruh positif pada penggunaan Silkados untuk tujuan meningkatkan akuntabilitas pelaporan beban kerja dan evaluasi kinerja dosen sebagai bagian dari perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi. Saran dari penelitian ini adalah Silkados dapat digunakan sebagai acuan pengembangan profesionalisme dan peningkatan kompetensi dosen sesuai kebutuhan Fakultas. This study aims to assess the use of Performance Assessment Information System (Silkados) by lecturers to increase accountability reporting of lecturer’s workload and performance evaluation in State University of Semarang (Unnes). The sample of this study is 88 lecturers as users of Silkados. Questionnaires are used to collect data based on the theory of planned behavior (Ajzen, 1988) and The technology acceptance model (Davis et al., 1989). The results show that Silkados very useful and easy to use for the lecturers to evaluate their workload and performance. Meanwhile the usefulness and easy to use of Silkados have positive effect on intention of using Silkados, furthermore the intention of using Silkados have positive influence on the use of Silkados to improve accountability reporting of lecturer’s workload and performance evaluation. In the future, Silkados can be used as a reference for professionalism development and competency improvement.
EFEK PENDAPATAN PEDAGANG TRADISIONAL DARI RAMAINYA KEMUNCULAN MINIMARKET DI KOTA MALANG Aryani, Dwinita
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 2, No 2 (2011): September 2011 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.558 KB) | DOI: 10.15294/jdm.v2i2.2481

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkomparasikan jumlah pendapatan para pedagang di pasar tradisional sebelum dan sesudah munculnya minimarket di Kota Malang serta mengetahui permasalahan yang dihadapi pedagang di pasar tradisional berkaitan dengan keberadaan minimarket. Penelitian ini dilakukan di 6 pasar di kota Malang. Responden terbagi menjadi dua yaitu responden pedagang dan responden pembeli. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa 66% responden pedagang menyatakan keberadaan minimarket berpengaruh terhadap penurunan pendapatannya. Dari hasil uji beda membuktikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata pendapatan para pedagang di pasar tradisional sebelum dengan sesudah munculnya minimarket. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi lesunya pasar tradisional antara lain munculnya keberadaan minimarket, pesaing lain seperti pedagang sayur keliling/mlijo dan toko pracangan, kondisi pasar tradisional yang kurang baik. This research aims to compare the earning of traders in traditional markets before and after existing minimarket in Malang, and also to identify the problems faced by traders in traditional markets and to formulate a concept of empowerment of traditional markets. The objects of this research are six traditional markets in Malang. The conclusion showed that 66% of respondents claimed the existence of minimarket is declining their revenues. With t test resulted there is a significant influence on the emergence of minimarket to total income traders. The results of questionnaires on consumers, as much as 66% of respondent consumers/buyers prefer to buy vegetables in the vegetable traders /mlijo than the traditional market. Meanwhile respondent rarely go to shop to traditional market because of high competitions among sellers, far from their house; dirty; not comfortable and bad service.
KOMITMEN PEDAGANG PASAR BULU KOTA SEMARANG PASCA RELOKASI PENJUALAN -, Palupiningdyah
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 2, No 2 (2011): September 2011 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (677.163 KB) | DOI: 10.15294/jdm.v2i2.2482

Abstract

Penelitian ini menunjukkan komitmen pedagang di Pasar Bulu, Kota Semarang terhadap penjualan pasca-relokasi. Subjek penelitian ini adalah pedagang di Pasar Bulu. Sampel adalah semua pedagang yang menjual di lantai dua Pasar Bulu dengan jumlah pedagang adalah 102 responden. Data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dari Kantor Wilayah III Pasar Bulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua pedagang di lantai dua pasar Bulu di Semarang memiliki komitmen cukup afektif, continuance dan normatif cukup tinggi, namun para pedagang tidak memiliki inkonsistensi antara sikap dengan perilaku. This research shows the commitment of traders in Bulu Market, Semarang city towards the sales post-relocation. The subject of this research is the traders in Bulu Market. The samples are all traders who sell in the two-storey of Bulu Market with the number traders are 102 respondents. The data are primary data and secondary data of Bulu Market office in Area III. The methods used in this research are descriptive and qualitative methods. The conclusions of this study indicate that all traders in the two-storey in Bulu market Semarang have quite high affective commitment, continuance and normative, but traders have inconsistency between the attitudes with behavior.
Hubungan antara Persepsi dan Sikap terhadap Pelaksanaan Corporate Social Responsibility -, Supriyono; -, Vita
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 2, No 2 (2011): September 2011 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jdm.v2i2.2478

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi dan sikap terhadap pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR). CSR sebagai program sosial suatu perusahaan nampaknya masih menjadi euforia.Padahal tujuan dari program ini belum dinikmati masyarakat keseluruhan. Dengan menggunakan 96 responden, menunjukkan bahwa hanya 8% yang telah melakukan program CSR dengan tepat, sedangkan sisanya hanya melakukan untuk amal. Ini berarti bahwa sebagian besar perusahaan besar dan menengah di Bandung, belum cukup peduli terhadap program CSR. Hasil penelitian juga menunjukkan ada kesenjangan antara apa yang mereka anggap dan apa yang mereka kerjakan dalam program CSR. Temuan kami menunjukkan bahwa kebanyakan pelaku usaha, khususnya di Bandung masih dikategorikan sebagai obstructionists dan pembela dari pada akomodatif dan proaktif. Ini berarti praktek tanggung jawab sosial mereka masih rendah. Kita sebagai komunitas akademik harus selalu menyosialisasikannya untuk lebih peduli, tidak hanya kepada pemegang saham tetapi semua pemangku kepentingan.CSR as an enterprise’s social program seem likely still to be euphoria. Therefore, the main purpose of the program has failed to reach the goal. By using 96 respondents, the results showthat only 8% of them have done the CSR programs appropriately, while the rest are still doing no more than charity. It means that most of the businesses in Bandung,were not yet care enough of the CSR programs. The result of the research also shown there was a gap between what they perceived and what they really do in CSR programs. Our finding also indicates that most businesses actors in Bandung were still categorized as obstructionists and defenders rather than accommodative and proactive. This means they are still low in practices of social responsibility. As an academic community we should always socialized it as much as possible to care more, not only to shareholder but all the stakeholders.

Page 1 of 2 | Total Record : 18