cover
Contact Name
Farhan Gunawan
Contact Email
farhan@stiekesatuan.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal@stiekesatuan.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Ranggagading (JIR)
ISSN : 14119552     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ilmiah Ranggagading (JIR) is published by Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan (STIEK). Published twice a year. JIR is a media communication and reply forum for scientific works especially concerning the field of Accounting and Management
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 8, No 2 (2008): Jurnal Ilmiah Ranggagading" : 8 Documents clear
Produktivitas Kerja Karyawan dan Implementasi K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Djanegara, H. Moermahadi Soerja; Nuruzzaman, Muhammad
Jurnal Ilmiah Ranggagading (JIR) Vol 8, No 2 (2008): Jurnal Ilmiah Ranggagading
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui implementasi K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dalam menekan angka kecelakaan kerja guna meningkatkan produktivitas karyawan. Dari hasil analisis dan perhitungan diperoleh hasil bahwa kecelakaan kerja mempunyai pengaruh yang negatif terhadap produktifitas kerja karyawan, dikarenakan dari perhitungan korelasi menunjukan r = -0,96 atau 96% dan setelah dicocokan ke dalam tabel interpretasi r nilai korelasi tersebut masuk kedalam golongan sangat kuat. Dengan adanya program keselamatan kerja, angka kecelakaan kerja yang terjadi pada perusahaan dapat ditekan, dan produksi meningkat. Dengan meningkatnya produksi, ini menunjukan bahwa produktivitas kerja karyawan yang semakin tinggi atau meningkat. Keywords: Produktivitas Kerja; Keselamatan Kerja.
Kajian Pengukuran Kinerja dan Penetapan Harga Transfer Pamungkas, H. Bambang; Iriyadi, Iriyadi
Jurnal Ilmiah Ranggagading (JIR) Vol 8, No 2 (2008): Jurnal Ilmiah Ranggagading
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui metode harga transfer yang digunakan dan membandingkan dengan penggunaan metode harga transfer lainnya. Di dalam melakukan transfer barang antar divisi dalam suatu perusahaan, maka harga yang di tetapkan harus menguntungkan antar divisi satu dengan divisi yang lain. Hal ini sesuai dengan tujuan penetapan harga transfer yaitu untuk mengukur laba divisinya yang melakukan transfer produk pada divisi lainnya dimana laba ini merupakan tolak ukur penilaian prestasi. Penetapan harga transfer dihitung dengan biaya dan harga transfer berdasarkan harga pasar. PT mempunyai empat divisi yaitu Bagian Komponen dan Perakitan , Bagian Dempul, Bagian Interior, dan Bagian Finishing. PT X dalam memproduksi perakitan body mobil menghasilkan beberapa jenis body mobil dari berbagai type asal. Harga transfer dapat memberikan motivasi pada pusat–pusat pertanggungjawaban, dan sekaligus memberikan motivasi dalam pengembangan Sumber Daya Manusia di masing-masing divisi. Dengan penetapan harga transfer berdasarkan metode biaya maka laba yang diperoleh masing-masing divisi semakin besar, yakni Rp 294.541.494 (bagian komponen dan divisi perakitan), laba bagian dempul sebesar Rp 421.036.017, laba bagian interior sebesar Rp 527.828.825, dan laba bagian finishing sebesar Rp 3.096.781.575.
Kajian Dampak Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan Purba, Jan Horas Veriyadi; Munawar, Aang
Jurnal Ilmiah Ranggagading (JIR) Vol 8, No 2 (2008): Jurnal Ilmiah Ranggagading
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk menganlisis dampak dan pengaruh pandangannya terhadap jasa layanan yang diberikan oleh perusahaan terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil penelitian dan analisa korelasi didapat hasil r = 0,443 yang bisa dikatakan terdapat hubungan positif dan signifikan antara pelayanan pelatihan dengan tingkat kepuasan peserta pelatihan. Melalui analisa regresi didapat persamaan Y = 29,67 + 0,38X yang didapat diartikan bila X bertambah 1, maka Y akan bertambah sebesar 0,38 kali, kemudian untuk mengetahui kontribusi dari pengaruh pelayanan pelatihan terhadap tingkat kepuasan peserta pelatihan, digunakan rumus Koefisien Determinasi (KD), dimana didapat KD = 0,197 yang berarti bahwa pelayanan pelatihan mempunyai pengaruh terhadap tingkat kepuasan peserta pelatihan sebesar 19,7 %, dan sisanya sebesar 80,3 % dipengaruhi oleh faktor lain. Keywords: MSDM;
Kajian Motivasi Kerja dan Produktivitas Karyawan Manurung, Tarida Marlin Surya; Harni, Budi
Jurnal Ilmiah Ranggagading (JIR) Vol 8, No 2 (2008): Jurnal Ilmiah Ranggagading
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran pemberian motivasi kepada terhadap peningkatan produktivitas karyawan, setelah pemberian motivasi dilaksanakan oleh perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan manfaat dari pemberian motivasi yang dilaksanakan oleh PT. X secara langsung memberikan hasil yang sangat baik bagi peningkatan produktivitas tenaga kerja. Hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan produktivitas kerja karyawan yang mengalami peningkatan dari tahun 1999 sampai dengan tahun 2002 serta analisis efektivitas pemberian motivasi dalam peningkatan produktivitas kerja karyawan. Keywords: Manajemen Produksi; Produktivitas Karyawan;
Kajian Peningkatan Kualitas Kerja Melalui Pelatihan Kerja (Training) Muktiadji, Nusa; Triandi, Triandi
Jurnal Ilmiah Ranggagading (JIR) Vol 8, No 2 (2008): Jurnal Ilmiah Ranggagading
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program pelatihan tenaga kerja yang telah dilaksanakan oleh PT. FIF Cabang Bogor, dan untuk mengetahui sampai sejauh mana pengaruh pelatihan tenaga kerja terhadap kualitas kerja karyawan khususnya bagian pemasaran. Dari hasi penelitian yang menggunakan insrumen angket dengan rumus koefisien korelasi Rank Spearman maka dapat diketahui bahwa pelatihan tenaga kerja mempunyai hubungan yang tinggi dengan tingkat kualitas kerja karyawan, hal ini ditunjukan dengan besarnya r rank = 0,611 dan diketahui koefisien determinasi sebesar = 37,33 % hal ini berarti derajat hubungan kedua variabel tersebut adalah sebesar 37,32 % dan sisanya yang sebesar 62,67 % dipengaruhi oleh faktor–faktor lain. Dari penelitian juga dapat diambil kesimpulan bahwa pelatihan tenaga kerja mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat kualitas kerja karyawan khususnya bagian pemasaran. Keywords: Pelatihan Tenaga Kerja; Kualitas Kerja.
Formulasi Strategi Pelayanan dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada PT. X) Sutarti, Sutarti; Rosita, Siti Ita
Jurnal Ilmiah Ranggagading (JIR) Vol 8, No 2 (2008): Jurnal Ilmiah Ranggagading
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dari hasil penelitian dan matrik IFAS perusahaan mendapat nilai skor 2.882 perusahaan memiliki kekuatan yang tergolong sedang (rata-rata) dalam melakukan formulasi strategi pelayanannya. Sedangkan dari matrik EFAS perusahaan memperoleh nilai skor 2.663 angka ini menunjukkan bahwa respon yang diberikan oleh perusahaan kepada lingkungan eksternalnya tergolong sedang. Apabila masing - masing total nilai skor dipetakan dalam matriks, maka posisi perusahaan saat ini adalah pada kotak kuadran ke V (lima) yang berarti posisi perusahaan dapat mengembangkan formulasi startegi yang telah ada hanya menambahkan beberapa hal yang menjadi kelemahan (weakness) perusahaan. Dalam analisis pengendalian persediaan barang, penulis menggnakan rmus EOQ (Economic Order Quantity), Safety Stock dan Reoreder Point. Sebelum menggunakan rumus EOQ pemesanan dilakukan sebanyak 8 kali dalam satu periode dengan biaya pemesanan Rp. 3.030.000, setiap kali pesan sebanyak 10.000 karton dengan harga perkartonnya Rp. 156.000. Dengan biaya penyimpanan yang dinyatakan dalam persentase (%) yaitu 0.01 atau 1 %. Sedangkan setelah menggunakan rumus EOQ, pemesanan cukup dilakukan sebanyak 4 kali dalam satu periode dan setiap kali pesan sebanyak 17.629 karton. Berarti perusahaan dapat menghemat biaya sebesar Rp. 1.888.378.760,- Keywords: Strategi Pemasaran; Customer Service.
Tanggapan Nasabah atas Produk Perbankan : Studi Kasus di NISP Cabang Bogor Tobung, Maju Lumban; Achmad, Noor
Jurnal Ilmiah Ranggagading (JIR) Vol 8, No 2 (2008): Jurnal Ilmiah Ranggagading
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of the research was to understand consumer’s responses to product policy taken by NISP Cabang Bogor in collecting fund from society. Samples were determined purposively which the number was 45 respondents. Data collected comprises 2 aspects, i.e. level of performance and level of importance, from 10 variables namely: (a) security, (b) ATM, (c) interst rate, (d) saving procedures, (e) services, (f) promotion, (g) strategic location, (h) branch offices, (i) accessibility, and (j) location security. The measurements of the data used LikertScale (1-5). The data was analysed using Boston Consulting Group Model which divides responses into 4 quadrants. The result of the research shows that the following variables are NISP’s strength points, namely: (a) security, and (g) strategic location. They need to maintain. Meanwhile, prioritized variables are: (c) to increase interest rate, (b) to increase the umber of ATM, (f) to enhance promotion and (i) to improve transportation access. Keyword: Product policy.
Dampak Liberalisasi Finansial terhadap Pertumbuhan Ekonomi: Studi Komparasi Indonesia dan Korea Selatan Purba, Jan Horas Veriyadi
Jurnal Ilmiah Ranggagading (JIR) Vol 8, No 2 (2008): Jurnal Ilmiah Ranggagading
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu upaya penyehatan perekonomian (economy recovery) pasca krisis tahun 87/88 adalah dengan melakukan liberalisasi keuangan. Namun studi tentang dampak liberalisasi keuangan terhadap perekonomian masih bersifat kontroversial, dimana sebagian ekonom berpendapat bahwa sektor keuangan dapat berperan positif terhadap perekonomian sedangkan disisi lain berpandangan bahwa sektor keuangan tidak berdampak positif terhadap perekonomian yang diukur dari pertumbuhan ekonomi (growth) Negara tersebut. Tujuan studi ini adalah untuk menguji manakah diantara kedua pendapat itu yang dapat diterima. Studi ini merupakan sebuah studi komparasi antara Indonesia dengan Korea Selatan. Peubah yang digunakan untuk pertumbuhan ekonomi adalah growth sedangkan peubah untuk sektor keuangan terdiri atas empat peubah, yakni (a) ratio uang kartal terhadap M1, (b) tingkat suku bunga riel, (c) tingkat monetisasi atau ratio M2 terhadap GDP dan (d) rasio tabungan nasional terhadap GDP. Model yang digunakan adalah Model Kausalitas Granger. Hasil pengujuan empiris menunjukkan bahwa liberalisasi keuangan berdapak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di kedua negara. Namun masing-masing negara menujukkan pola (pattern) yang berbeda, sehingga terdapat perbedaan dampak liberalisasi keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi di kedua negara tersebut. Kata Kunci : liberalisasi finansial, pertumbuhan ekonomi

Page 1 of 1 | Total Record : 8