Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP)
ISSN : -     EISSN : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue " Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan" : 13 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KECERDASAN GANDA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI 1 MEDANG DERAS KABUPATEN BATU BARA

Sirait, Rima Zakirah, Situmorang, Julaga

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi melalui pembelajaran kooperatif jigsaw berbeda dari siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif Think Pair Share; (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal dengan siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal; (3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kecerdasan ganda yaitu kecerdasan interpersonal dan intrapersonal dalam mempengaruhi hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Medang Deras. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif jigsaw lebih tinggi dari diajarkan dengan pembelajaran kooperatif TPS; (2) siswa yang memiliki kecerdasan Interpersonal lebih tinggi dari yang memiliki kecerdasan Intrapersonal; (3) Terdapat Interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kecerdasan ganda (interpersonal dan intrapersonal) dalam mempengaruhi hasil belajar Ekonomi Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, kecerdasan ganda, belajar ekonomi Abstract: The purpose of this study are: (1) To determine differences in learning outcomes of the economy through different jigsaw cooperative learning of students taught by cooperative learning Think Pair Share; (2) To know the difference between the results of the economic study of students who have interpersonal intelligence with students who have intrapersonal intelligence; (3) To understand the interaction between cooperative learning model with multiple intelligences namely interpersonal and intrapersonal intelligence in influencing learning outcomes of economic class X SMA Negeri 1 Medang Deras. The results of this study indicate that: (1) students taught by cooperative learning jigsaw higher than taught by cooperative learning TPS; (2) students who have Interpersonal intelligence is higher than that have intrapersonal intelligence; (3) There is interaction between cooperative learning model with multiple intelligence (interpersonal and intrapersonal) in influencing learning outcomes Economy Keywords: cooperative learning, multiple intelligences, learning economics

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR HADITS SISWA KELAS VII MTS. PESANTREN AR-RAUDHATUL HASANAH MEDAN

Anwar, Kairul, Sitompul, Harun

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran hypnoteaching lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran ekspositori, hasil belajar Hadits siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dari siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik, dan interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar Hadits. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan : (1) hasil belajar Hadits siswa yang diajar dengan metode pembelajaran hypnoteaching lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar Hadits siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Hadits siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik, dan (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Hadits siswa. Siswa yang memiliki gaya belajar visual memiliki hasil belajar lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik yang di ajar dengan metode pembelajaran hypnoteaching. Kata Kunci: metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar hadits Abstract: The purpose of this study was to determine whether the learning outcomes of students who are taught by the teaching methods hypnoteaching higher than students taught with methods expository, learning outcomes Hadith students who have a visual learning style higher than students who have a kinesthetic learning style, and interaction between teaching methods and learning styles in giving effect to the learning outcomes Hadith. The research method using a quasi-experimental design with a 2x2 factorial study. Data were analyzed using ANOVA two lanes on the significant level α = 0.05. The findings show: (1) the learning outcomes Hadith students who are taught by the teaching methods hypnoteaching higher than students taught with methods expository, (2) learning outcomes Hadith students who have a visual learning style more than in the learning outcomes Hadith students who have kinesthetic learning style, and (3) There is an interaction between teaching methods and learning styles in influencing student learning outcomes Hadith. Students who have a visual learning style education outcomes are higher when compared with students who have a learning style that kinesthetic learning methods in teaching with hypnoteaching. Keywords: teaching methods and learning styles on learning outcomes hadith

Kata Pengantar Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 9 No. 2

., Author

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

.

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA JURUSAN IPS SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR

., Asnewastri, Mursid, R

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Sejarah siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran elaborasi lebih tinggi dengan ekspositori, (2) hasil belajar Sejarah siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi lebih tinggi dengan berpikir logis rendah dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan berpikir logis dalam mempengaruhi hasil belajar Sejarah siswa. Metode penelitian yang digunakan  adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah  analisis varians dua jalur (Two Way Anava 2 x 2) dengan taraf signifikansi a = 0,05 dengan menggunakan Uji-F, pengujian uji lanjut  menggunakan uji Scheffe. Temuan penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Sejarah siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran elaborasi dengan strategi  ekspositori, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Sejarah siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi dengan berpikir logis rendah, dan (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis akan memberikan efek yang tinggi dalam penguasaan materi pembelajaran sehingga hasil belajar Sejarah yang diperoleh tinggi. Kata Kunci: strategi pembelajaran, kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar sejarah Abstract: This study aims to determine: (1) the results of studying history students who are taught by learning strategy elaboration higher with expository, (2) the results of learning history students who have the ability to think logically high is higher by thinking logically low and (3) interaction between learning strategy and logical thinking skills in influencing student learning outcomes History. The method used is a quasi-experimental design with 2 x 2 factorial analysis technique used is the analysis of variance of two lanes (Two Way Anova 2 x 2) with significance level a = 0.05 using the Test-F, a further test testing use test Scheffe. The findings show: (1) there is a significant difference between the results of studying history students who are taught by learning strategies elaboration of the strategy expository, (2) there is a significant difference between the results of studying history students who have the ability to think logically high to think logically low, and (3) the interaction between the learning strategies and ability to think logically will give high effect in the mastery of learning material that learners achievements obtained History high. Keywords: learning strategies, the ability to think logically to the learning outcomes of history

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA SMA NEGERI 1 PADANG TUALANG KABUPATEN LANGKAT

Nuh, Muhammad, Siagian, Sahat

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran ekspositori, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar Sejarah  antara siswa yang memiliki interaksi  sosial kompetitif  dan interaksi  sosial koperatif , (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan interaksi  sosial dalam mempengaruhi hasil belajar Sejarah  siswa. Metode penelitian quasi eksperimen dengan Anava 2 jalur yang sebelumnya, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett dan Uji Fisher. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar Sejarah  siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) siswa yang memiliki interaksi  sosial kompetitif  memperoleh hasil belajar Sejarah  yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki interaksi  sosial koperatif, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan interaksi  sosial dalam mempengaruhi hasil belajar Sejarah  siswa. Kata Kunci: strategi pembelajaran berbasis masalah, interaksi social, hasil belajar sejarah Abstract: This study aimed to: (1) determine differences in learning outcomes of students who are taught by a strategy problem-based learning and learning strategies expository, (2) determine differences in learning outcomes history between students who have social interaction competitive and social interaction co-operative, (3) the interaction between the learning strategies and social interaction in influencing student learning outcomes History. Quasi experimental research methods with Anova 2 previous track, first tested the data analysis requirements that normality test test test Lilliefors and homogeneity of variance with Bartletts test and Fisher test. Hypothesis testing results show that: (1) The history of student learning outcomes that learned with problem-based learning strategy is higher than students that learned with expository teaching strategy; (2) students who have gained a competitive social interaction learning outcomes Historical higher than students who have social interaction co-operative, and (3) there is no interaction between the learning strategies and social interaction in influencing student learning outcomes History. Keywords: strategy of problem-based learning, social interaction, learning outcomes history

Daftar Isi Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 9 No. 2

., Author

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

.

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH USAHA PERIKANAN MENENGAH NEGERI PARIAMAN

Nasution, Halidayana, ., Mukhtar

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran problem posing dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran  ekspositori, (2) Perbedaan hasil belajar matematika  siswa yang memiliki kreativitas tinggi dengan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kreativitas rendah, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan a = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran problem posing lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas rendah, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika. Kata Kunci: strategi pembelajaran, kreativitas terhadap hasil  belajar  matematika   Abstract: This study aims to determine: (1) The difference in the results of students mathematics learning taught by learning strategy problem posing with the results of students mathematics learning taught by instructional strategies expository, (2) The difference in the results of students mathematics learning which have high creativity with learning outcomes math students who have low creativity, (3) the interaction between learning strategy and creativity to mathematics learning outcomes. The research method using quasi-experimental research design 2 x 2 factorial ANOVA Analysis using two lines at significant level a = 0.05. The results showed that: (1) the results of students mathematics learning taught by learning strategy problem posing higher than the learning outcomes of students who are taught by instructional strategies expository, (2) the results of learning mathematics students who have high creativity is higher than student learning outcomes have low creativity, (3) there is interaction between learning strategy and creativity to mathematics learning outcomes. Keywords: learning strategy, creativity towards mathematics learning outcomes

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BALIGE

Tumanggor, Novalina Evodya, Sibuea, Abdul Muin

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran simulasi lebih tinggi daripada hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya belajar auditori, dan (3) interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur (ANAVA 2 x 2) dengan taraf = 0,05, dan diuji dengan menggunakan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran simulasi memberikan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang lebih baik bila dibandingkan dengan metode pembelajaran ekspositori; (2) Kelompok siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik memperoleh skor hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang lebih baik bila dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki gaya belajar auditori; (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Kata Kunci: metode pembelajaran, gaya belajar, hasil belajar pendidikan kewarganegaraan Abstract: This study aims to determine: (1) the learning outcomes Citizenship Education students who are taught by the teaching methods of simulation is higher than the result of learning Citizenship Education students who are taught by the method of expository, (2) the learning outcomes of civic education of students who have a kinesthetic learning style higher than students who have auditory learning styles, and (3) the interaction between teaching methods and learning styles in influencing learning outcomes Citizenship Education. This research method is a quasi-experimental design with 2 x 2 factorial analysis technique used is the analysis of variance of two lanes (ANOVA 2 x 2) with a level of α = 0.05, and tested using Tukey test. The results showed that: (1) The learning method simulation results Citizenship Education students learn better when compared with expository teaching methods; (2) The group of students who have obtained a score of kinesthetic learning style Citizenship Education learning outcomes are better when compared with a group of students who have auditory learning style; (3) There is an interaction between the learning method with learning styles in influencing learning outcomes Citizenship Education. Keywords: teaching methods, learning styles, learning outcomes civic education

Pedoman Penulisan Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 9 No. 2

., Author

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

.

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMAHAMAN BACAAN DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BINJAI

., Jeniwati, Gurning, Busmin

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan pemahaman bacaan siswa kelas XI SMA dengan menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA), (2) Meningkatkan keaktifan siswa setelah mengikuti pembelajaran pemahaman bacaan yang menggunakan strategi DRTA. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman bacaan siswa. Ini dapat dilihat dari rata-rata hasil test siswa ; Nilai rata-rata kelas pada Pre-test adalah 65,92, nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 72,19 dan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 78,33 . Faktor utama dari peningkatan hasil belajar ini adalah ketertarikan siswa dalam pembelajaran pemahaman membaca dengan penerapan strategi DRTA Berdasarkan data ini, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi DRTA dapat meningkatkan pemahaman bacaan siswa dan proses pembelajaran lebih menyenangkan. Diharapkan hasil penelitian ini bisa menjadi masukan bagi guru-guru bahasa Inggris dalam memilih dan mengembangkan media dan strategi pembelajaran yang tepat terkait dengan pembelajaran ketrampilan membaca (Reading Skill) di Sekolah Menengah Atas. Kata Kunci: bahasa inggris, strategi pemahaman bacaan directed reading thinking activity Abstract: This study aimed to: (1) Improve reading comprehension class XI student of SMA using strategies Directed Reading Thinking Activity (DRTA), (2) Increase the involvement of the student after attending a reading comprehension lesson using the strategy DRTA. The results of data analysis showed that there were significant increases in students reading comprehension. It can be seen from the average student test results; The average value of the pre-test grade was 65.92, the average value of the class in the first cycle was 72.19 and the average value of the class on the second cycle is 78.33. The main factor of this learning outcome is student interest in learning to read with comprehension strategy implementation DRTA Based on this data, it can be concluded that learning by using strategies DRTA can improve students reading comprehension and learning process more fun. We hope this research can be input for teachers of English in selecting and developing media and appropriate learning strategies related to learning reading skills (Reading Skill) in high school. Keywords: English, reading comprehension strategies directed reading thinking activity

Page 1 of 2 | Total Record : 13