Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP)
ISSN : -     EISSN : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue " Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan" : 13 Documents clear
PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTOR EDUCABILITY TERHADAP PASSING ATAS BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA SMP GAJAH MADA MEDAN

Pane, Bessy Sitorus, Saragih, Abdul Hasan

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa   yang diajar dengan gaya mengajar inklusi dengan gaya  mengajar komando; (2)  hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa yang memiliki  motor educability tinggi dan motor educability rendah; (3) interaksi antara gaya mengajar dan motor educability dalam mempengaruhi hasil belajar passing atas bolavoli. Populasi dalam penelitian siswa kelas VIII SMP  Gajah Mada. Metode penelitian  yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar passing atas bolavoli siswa yang diajar dengan menggunakan gaya mengajar inklusi lebih  tinggi dari pada hasil belajar passing atas bolavoli siswa yang diajar dengan gaya mengajar komando. (2) Hasil belajar passing atas bolavoli siswa yang memiliki motor educability tinggi, lebih tinggi  hasilnya  daripada hasil belajar  passing atas bola voli yang memiliki motor educability rendah. (3) Terdapat  interaksi antara  gaya mengajar dengan  motor educabiliy dalam mempengaruhi hasil belajar passing atas bolavoli. Kata Kunci: gaya mengajar, motor educability terhadap passing Abstract: This study aims to determine; (1) The study results of passing on volleyball on students who are taught by the teaching style teaching style commando inclusion; (2) learning outcomes passing on volleyball on a motor educability students who have high and low educability motors; (3) The interaction between teaching style and the motor educability in affecting learning outcomes passing on volleyball. The population in the study class VIII SMP Gajah Mada. The method used is a quasi-experimental design with 2 x 2 factorial ANOVA Data were analyzed using 2 x 2. The results showed that (1) the learning outcomes of students passing on volleyball taught using teaching style inclusion higher than on learning outcomes passing on volleyball students who are taught by the teaching style of command. (2) Results of study on volleyball passing students who have a motor educability, higher result than passing on the learning outcomes of volleyball that has a motor educability low. (3) There is an interaction between teaching style with a motor educabiliy in affecting learning outcomes passing on volleyball. Keywords: teaching style, the motor educability against passing

Pedoman Penulisan Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 9 No. 1

., Author

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

.

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK MESIN SISWA SMK DI MEDAN

Mursid, R

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar gambar teknik mesin antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Mind Map dan ekspositori, (2) hasil belajar gambar teknik mesin antara siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan kinestetik, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Gambar teknik mesin. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program keahlian teknik mesin SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 5 Medan. Metode penelitian yang menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar gambar teknik mesin siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Mind Map, lebih tinggi dari pada ekspositori, (2) hasil belajar gambar teknik mesin siswa yang memiliki gaya belajar Kinestetik lebih tinggi daripada gaya belajar Visual, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Gambar teknik mesin. Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan hasil belajar Gambar teknik mesin siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran Mind Map, sedangkan hasil belajar Gambar teknik mesin siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. Kata Kunci: strategi pembelajaran mind map dan ekspositori, gaya belajar, gambar teknik mesin Abstract: The purpose of this study is to determine: (1) the results of studying images of mechanical engineering among students who are taught by learning strategies Mind Map and expository, (2) the results of studying images of mechanical engineering among students who have a visual learning style with kinesthetic, (3 ) interaction between the learning strategies and learning styles on learning outcomes Figure engineering. The population of this research is all class X students of mechanical engineering expertise program SMK Negeri 2 and SMK Negeri 5 Medan. The research method using quasi-experimental research design 2 x 2 factorial ANOVA Analysis using two lanes at significance level α = 0.05. The findings show that: (1) the results of studying images of mechanical engineering students who are taught by learning strategy Mind Map, higher than in the expository, (2) the results of studying images of mechanical engineering students who have learning style Kinesthetic higher than learning styles Visual, (3) there is no interaction between the learning strategies and learning styles on learning outcomes Figure engineering. Further test calculations with Scheffe test showed learning outcomes Figure engineering students who have a kinesthetic learning style higher when taught by Mind Map instructional strategies, while learning outcomes Picture mechanical engineering students who have a visual learning style higher when taught by expository strategy. Keywords: learning strategies mind map and expository, learning styles, mechanical engineering drawings

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI MEDAN

Simatupang, Zulkarnaen Arafat, ., Mukhtar

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dan hasil belajar matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran ekspositori; (2) perbedaan hasil belajar matematika yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah; (3) interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian menggunakan metode Quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifika = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran ekspositori terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah, terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci: pendekatan pembelajaran, motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika Abstract: The purpose of this study to determine: (1) the difference between the results of students mathematics learning taught by realistic mathematics learning approach (PMR) and mathematics learning outcomes of students with expository approach; (2) differences in mathematics learning outcomes that have high achievement motivation in students with low achievement motivation; (3) the interaction between learning approach to achievement motivation on students mathematics learning outcomes. The research method using Quasi experimental design with 2 x 2 factorial study data were analyzed using ANOVA two paths at the level signifika = 0.05. Results of the analysis showed that: (1) the results of students mathematics learning taught by learning approach realistic mathematics (PMR) is higher than on learning outcomes for mathematics students who are taught to approach expository there are significant differences between the results of learning mathematics students with achievement motivation high students with low achievement motivation, there is interaction between learning approach and achievement motivation on students mathematics learning outcomes. Keywords: approach to learning, achievement motivation on learning outcomes mathematics

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS NARATIF BAHASA INGGRIS SISWA SMP NEGERI DI KABUPATEN LABURA

Munthe, Rika Syahmewah, Panjaitan, Keysar

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Quantum dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang memiliki Motivasi berprestasi tinggi dengan hasil belajar siswa yang memiliki Motivasi berprestasi rendah; (3) ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dan Motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar Bahasa Inggris.Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji nornalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Quantum lebih tinggi dari pada hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang memiliki Motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang memiliki Motivasi berprestasi rendah; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan Motivasi berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata Kunci:strategi pembelajaran, motivasi berprestasi, membaca teks naratif bahasa inggris Abstract: This study aims to determine: (1) the results of English learning students who are taught by Quantum learning strategies than students taught by expository strategy; (2) the results of English learning students who have high achievement motivation with learning outcomes of students who have low achievement motivation; (3) whether there is interaction between the learning strategies and achievement motivation of students to learn English results. The method used is a quasi-experimental design with 2 x 2 factorial statistical test used is descriptive statistics to present data and continued with inferential statistics by using ANOVA two paths with significance level α = 0.05, followed by Scheffe test. Previous test analysis form nornalitas test and homogeneity test. The results showed: (1) the results of English learning students taught with instructional strategies Quantum higher than the results of English learning students taught by expository strategy; (2) the results of English learning students who have high achievement motivation is higher than the results of English learning students who have low achievement motivation; (3) there is interaction between learning strategy and achievement motivation in influencing student learning outcomes.   Keywords: learning strategies, achievement motivation, reading the narrative text english

Kata Pengantar Jurnal Teknologi Pendidikan

., Author

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

.

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TANJUNGTIRAM

Putra, Rizka Eka, Sibuea, Abdul Muin

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran masyarakat belajar dan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri, (2) perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang berjenis kelamin laki-laki dan siswa yang berjenis kelamin perempuan, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan jenis kelamin  terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa:  (1) hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran masyarakat belajar lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri, (2) siswa yang berjenis kelamin perempuan memperoleh hasil belajar bahasa Indonesia yang lebih tinggi daripada  siswa yang berjenis kelamin laki-laki, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan jenis kelamin dalam memengaruhi  hasil belajar bahasa Indonesia. Kata Kunci: strategi pembelajaran, jenis kelamin, hasil belajar bahasa indonesia Abstract: This study aims to determine: (1) differences in learning outcomes of Indonesian students who are taught using learning strategies learned societies and taught using learning strategies of inquiry, (2) differences in learning outcomes Indonesian student-sex male and students are female, and (3) the interaction between the learning strategies and gender on learning outcomes Indonesian. This study is a quasi-experimental research. Hypothesis testing results show that: (1) the learning outcomes Indonesian students who are taught using learning strategies learning communities is higher than students that learned to use learning strategies of inquiry, (2) students who are female acquire learning outcomes Indonesian higher rather than student-sex male, and (3) there is no interaction between the learning strategies and gender in influencing learning outcomes Indonesian. Keywords: learning strategies, gender, learning outcomes Indonesian

Daftar Isi Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 9 No. 1

., Author

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

.

PENGARUH PEMBERIAN UMPAN BALIK DAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING SISWA SMP NEGERI DIKECAMATAN LANGSA KOTA

Dewi, Cut Cinta, Sitompul, Harun

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan : (1) menguji pengaruh pemberian umpan balik dan kemampuan motorik terhadap hasil belajar Shooting. (2). Meningkatkan kemampuan motorik siswa (3). Meningkatkan hasil belajar siswa di kota langsa, penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan disain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1Langsa kelas VII yang berjumlah 77 orang, dan siwa SMP Negeri 7 sampel berjumlah 76 orang yang diperoleh melalui cluster random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan motorik dan tes hasil belajar shooting sepakbola. Untuk tes kemampuan motorik digunakan tes motor ability yaitu tes kemampuam motorik terdiri dari ; standing broad jump, Soccer drible, zig-zag run,shutle run dan lari cepat 50 meter Tes hasil belajar shooting sepakbola dikonstruksikan berdasarkan instrumen tes hasil belajar shooting sepakbola yang disesuaikan dengan kurikulum 2013  kelas VII semester I, yang memiliki realibilitas 0.71 Kata Kunci : Pemberian Umpan Balik, dan Kemampuan Motorik, Hasil Belajar Shooting. Abstract : This aimed of  the research deal the effects of presenting the feedback and motoric ability toward the football shooting learning outcome for student on Junior High School 1, amounting to = 77 people and student Junior High school 7, amounting to 76 people. Which obtained through random cluster sampling. The research instrument used motor ability test and test result to learn shooting football to test the ability of the motor used test of motor abilities , namely learning motor skills consist of : Standing broad jump, Football drible, zig-zag run, shuttle run, and sprint 50 yards. Achievement test shooting football curriculum tailored to the first semester of 2013 class VII has a reabilities of =0.71 Keyword : Presenting the feedback and motoric ability, shooting learning out come

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT KEJURUAN TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI DASAR INSTALASI LISTRIK PESERTA DIDIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 5 MEDAN

Binahar, Siagian, Situmorang, Julaga

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik yang memiliki minat kejuruan tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki minat kejuruan rendah dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan minat kejuruan dalam mempengaruhi hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik. Metode penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah  analisis varians dua jalur (Two Way Anava 2 x 2) dengan taraf signifikansi  = 0,05 dengan menggunakan Uji-F, pengujian uji lanjut  menggunakan uji Scheffe. Temuan penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik yang memiliki minat kejuruan tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang memiliki minat kejuruan rendah. dan  (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan minat kejuruan dalam mempengaruhi hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik. Kata kunci: strategi pembelajaran, minat kejuruan, menguasai dasar instalasi listrik, program keahlian teknik pemanfaatan tenaga listrik Abstract: This study aims to determine: (1) the learning outcomes Basic Electrical Installation learners taught by contextual learning strategy was higher than students taught by instructional strategies expository, (2) the learning outcomes Basic Electrical Installations students who have an interest high vocational higher compared with students who have a lower vocational interests and (3) the interaction between the learning strategy with a vocational interest in affecting learning outcomes Basic Electrical Installation learners. The research method quasi with 2 x 2 factorial design analysis technique used is the analysis of variance of two lanes (Two Way Anova 2 x 2) with significance level  = 0.05 using the Test-F, testing a further test using Scheffe test. The findings show: (1) the learning outcomes Basic Electrical Installation learners taught by contextual learning strategies more than in the learning outcomes of students taught by instructional strategies expository, (2) the learning outcomes Basic Electrical Installations students who have interest in vocational high higher than the learning outcomes of students who have a vocational interest low. and (3) there is interaction between the learning strategy with a vocational interest in affecting learning outcomes Basic Electrical Installation learners. Keywords: learning strategies, vocational interests, mastering basic electrical installation, program utilization of electric power engineering

Page 1 of 2 | Total Record : 13