Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP)
ISSN : -     EISSN : -
Articles 24 Documents
Search results for , issue " Vol 8, No 2 (2015): Jurnal Teknologi Pendidikan" : 24 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS PADA MATA PELAJARAN IPA

Siallagan, Herta

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 8, No 2 (2015): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah Untuk mengetahui prestasi belajar siswa padamata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science(CLIS). Penelitian ini dilakukan di kelas VIII B Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. subyekpenelitian adalah siswa-siswi yang memiliki tingkat inteligensi rata-rata sedang dengan jumlahsiswa sebanyak 36 orang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 22 perempuan. Data yang diperolehdalam penelitian ini adalah bersumber dari hasil nilai pre test - post test 1, pre test - post test 2 , pretest - post test 3 dan angket minat belajar siswa, dan lembar pengamatan saat PBM terhadappembelajaran siswa pada mata pelajaran IPA. Hasil PTK ini menunjukkan bahwa: (1) Modelpembelajaran CLIS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA,dibuktikan dengan peningkatan hasil penelitian dari Rata-rata nilai ulangan pre test I, II, III = 57,41sedangkan Rata-rata nilai ulangan post test I, II, III = 95,74 dan semua siswa setelah dibelajarkandengan model CLIS tidak ada yang dibawah KKM (70); dan (2) dengan meningkatnya hasil belajardan minat belajar siswa maka prestasi belajar siswa ikut meningkat, dengan demikian guru sebagaipendidik ikut membumi landaskan Revolusi Mental bagi peserta didik dalam Menyiapkan GenerasiEmas 2045.Kata Kunci: model pembelajaran Children Learning In Science, pelajaran IPA

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Burhanuddin, ., Sitompul, Harun

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 8, No 2 (2015): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

"> Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar IPS siswa yang diajardengan menggunakan strategi pembelajaran TGT lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yangdiajar dengan menggunakan strategi pembelajaran pendekatan struktural, (2) hasil belajar IPSantara siswa dengan karakteristik kemampuan verbal tinggi lebih tinggi daripada hasil belajarsiswa dengan karakteristik kemampuan verbal rendah, dan (3) interaksi antara strategipembelajaran dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar IPS. Teknik analisis adalah Anavadua jalur pada taraf signifikansi  = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitianadalah: (1) rata-rata hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatifTGT lebih tinggi daripada diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif pendekatan strukturaldengan Fhitung = 11,78 > Ftabel = 4,018, (2) rata-rata hasil belajar IPS siswa dengan kemampuanverbal tinggi lebih tinggi daripada kemampuan verbal rendah, dengan Fhitung = 26,82 > Ftabel =4,018, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan verbal terhadaphasil belajar IPS dengan Fhitung = 17,29 > Ftabel = 4,018.Kata Kunci: strategi pembelajaran kooperatif, kemampuan verbal, ilmu pengetahuan sosial

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

Rabwiningsih, Anis ( Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed ) , Sibuea, Abdul Muin ( Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed )

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 8, No 2 (2015): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Absrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah hasil belajar biologi siswa yangdiajar dengan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada hasil belajar biologi siswa yangdiajar dengan pembelajaran advanced organizer, (2) mengetahui apakah hasil belajar siswa yangmemiliki kemampuan berpikir logis tinggi daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikirlogis rendah; dan (3) mengetahui apakah terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dankemampuan berpikir logis siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaraninkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran advanced organizer; (2) rata-ratahasil belajar siswa dengan kecenderungan tingkat kemampuan berpikir logis tinggi lebih tinggidibandingkan dengan kemampuan berpikir logis rendah; dan (3) terdapat interaksi antaraperbedaan pengaruh strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis.Kata Kunci: strategi pembelajaran, kemampuan berpikir logis, hasil belajar biologi

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Burhanuddin, . ( Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed ) , Sitompul, Harun ( Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed )

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 8, No 2 (2015): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

"> Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar IPS siswa yang diajardengan menggunakan strategi pembelajaran TGT lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yangdiajar dengan menggunakan strategi pembelajaran pendekatan struktural, (2) hasil belajar IPSantara siswa dengan karakteristik kemampuan verbal tinggi lebih tinggi daripada hasil belajarsiswa dengan karakteristik kemampuan verbal rendah, dan (3) interaksi antara strategipembelajaran dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar IPS. Teknik analisis adalah Anavadua jalur pada taraf signifikansi  = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitianadalah: (1) rata-rata hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatifTGT lebih tinggi daripada diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif pendekatan strukturaldengan Fhitung = 11,78 > Ftabel = 4,018, (2) rata-rata hasil belajar IPS siswa dengan kemampuanverbal tinggi lebih tinggi daripada kemampuan verbal rendah, dengan Fhitung = 26,82 > Ftabel =4,018, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan verbal terhadaphasil belajar IPS dengan Fhitung = 17,29 > Ftabel = 4,018.Kata Kunci: strategi pembelajaran kooperatif, kemampuan verbal, ilmu pengetahuan sosial

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Hanim, Siti Aisyah ( Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed ) , Anshari, Khairil ( Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed )

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 8, No 2 (2015): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

"> bstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hasil belajar bahasa Indonesia siswa yangdiajarkan dengan strategi pembelajaran Accelerated Learning lebih tinggi dibandingkan strategipembelajaran Ekspositori. Hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang memiliki gaya berpikirsekuensial konkrit lebih tinggi dibandingkan gaya berpikir sekuensial abstrak., interaksi antarastrategi pembelajaran dan gaya berpikir sekuensial terhadap hasil belajar Bahasa Indonesiasiswa. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2,sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi  = 0.05.Hasil penelitian diperoleh: hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajarkankan denganstrategi Pembelajaran Accelerated Learning lebih tinggi dibandingkan Strategi PembelajaranEkspositori, hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkritlebih tinggi dibandingkan gaya berpikir sekuensial abstrak dan terdapat interaksi antara strategipembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. PenggunaanStrategi Pembelajaran Accelerated Learning lebih tepat digunakan untuk siswa yang memilikigaya berpikir sekuensial konkrit dan strategi pembelajaran ekspositori lebih tepat digunakan padasiswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak.Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya berpikir, hasil belajar bahasa indonesia

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

Situmeang, Chistina Yantha Sari ( Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed ) , Panjaitan, Keysar ( Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed )

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 8, No 2 (2015): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan hasil belajar Ekonomi antara siswayang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Genius Learning dan Strategi Ekspositori,mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki Locus of Control Internal dan Locus ofControl Eksternal, interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dan Locus of Control dalammempengaruhi hasil belajar Ekonomi siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasieksperimen dengan disain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakanANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0.05. Syarat ANAVA adalah data berdistribusi normaldengan lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan uji bartlett dan uji fisher.Hasil penelitian diperoleh: hasil belajar ekonomi siswa yang belajarkan dengan menggunakanStrategi Pembelajaran Genius Learning lebih tinggi dibandingkan dengan Strategi Ekspositori, hasilbelajar ekonomi siswa yang memiliki Locus of Control internal lebih tinggi dibandingkan Locus ofControl eksternal dan terdapat interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dengan Locusof Control dalam mempengaruhi hasil belajar ekonomi.Kata Kunci: strategi pembelajaran, locus of control, hasil belajar ekonomi

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Wiyono, Wahyuni Budi ( Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed ) , Situmorang, Julaga ( Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed )

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 8, No 2 (2015): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

; "> Abstrak: Penelitian bertujuan untuk: mengetahui hasil belajar PKn siswa yang diajar denganstrategi pembelajaran generatif dan strategi pembelajaran ekspositori; mengetahui hasil belajarPKn antara siswa dengan kemandirian tinggi dan kemandirian rendah; dan mengetahui interaksiantara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar PKn. Penelitian inidilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ulumul Qur’an Langsa. Sedangkan ujicobainstrumen dilakukan di SMP Negeri 10 Langsa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelasVIII MTs Ulumul Qur’an Langsa adalah 135 orang. Penelitian ini menggunakan metodeeksperimen dengan rancangan quasi eksperimen disain faktorial 2 x 2. Hasil penelitian inimenunjukkan, bahwa: rata-rata hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajarangeneratif lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Dengan demikianstrategi pembelajaran generatif lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran PKn gunameningkatkan hasil belajar PKn siswa tanpa memperhatikan adanya perbedaan kemandirian;rata-rata hasil belajar PKn siswa dengan kemandirian tinggi lebih tinggi dibandingkan dengankemandirian rendah; dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian siswayang memberikan perbedaan pengaruh terhadap hasil belajar PKn.Kata kunci: strategi pembelajaran, kemandirian siswa, pendidikan kewarganegaraan

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA BIOLOGI

Br Sagala, Dewi Aswida ( Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed ) , Saragih, Abdul Hasan ( Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed )

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 8, No 2 (2015): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

"> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar biologi kelompoksiswa yang menggunakan metode pembelajaran peta pikiran dengan narasi (2) perbedaan hasilbelajar biologi siswa yang memiliki kemampuan interpersonal tinggi dengan interpersonalrendah. (3) interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dengan kemampuan komunikasiinterpersonal terhadap hasil belajar. Metode penelitian eksperimental-semu dengan desainfaktorial 2x2. Teknik analisis deskriptif dengan statistik inferensial ANAVA dua jalur tarafsignifikan α= 0,05 dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasilbelajar Biologi kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran peta pikiran lebih tinggidibandingkan dengan kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran narasiFhitung=32,15> Ftabel=4,016. (2) Hasil belajar siswa Biologi kelompok siswa yang memilikikomunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang memilikikomunikasi interpersonal rendah Fhitung=11,67 > Ftabel=4,016, dan (3) Terdapat interaksi antarametode pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar Biologi Fhitung=4,77 >Ftabel=4,02 pada taraf signifikan α= 0,05.Kata Kunci: metode pembelajaran, komunikasi interpersonal, biologi

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN POWER LENGAN TERHADAP HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING

Napitupulu, Risma Horjani Bounty ( Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed ) , Panjaitan, Binsar ( Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed )

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 8, No 2 (2015): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui hasil belajar lempar lembing siswa yangdibelajarkan dengan metode bermain dan metode demonstrasi, mengetahui hasil belajar lemparlembing siswa yang memiliki power lengan kuat dan power lengan lemah, dan mengetahui adanyainteraksi antara metode pembelajaran, power lengan terhadap hasil belajar lempar lembing siswa.Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperimen desainfaktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan tarafsignifikan α = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji scheffe, yang sebelumnya dilakukan ujipersyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan; hasilketerampilan lempar lembing yang dibelajarkan dengan metode bermain lebih tinggi dari padadengan metode demonstrasi dengan Fh 4,01 > Ft 3,98. hasil keterampilan lempar lembing yangmemiliki power lengan kuat lebih tinggi dari pada power lengan lemah Fh 10,86 > Ft 3,98. DanAdanya interaksi antara metode pembelajaran dan power lengan terhadap hasil belajar lemparlembing Fh 5,14 > Ft 3,98.Kata Kunci: metode pembelajaran, power lengan, hasil belajar lempar lembing

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PUBLIC RELATIONS MAHASISWA

Sormin, Ayunda Sabrina ( Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed )

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 8, No 2 (2015): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar public relations mahasiswa yangdiajarkan menggunakan strategi pembelajaran mind mapping lebih tinggi daripada hasil belajarmahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, sertainteraksinya. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Samplingberdasarkan komunikasi interpersonal, sehingga sampel penelitian ini pada kelompokpembelajaran masing-masing terdiri dari 37 untuk eksperimen dan 37 orang untuk kelompokkontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan faktorial 2 x 2.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05dengan Uji F,Uji Barlett pengujian lanjut menggunakan Uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkanhasil belajar public relations mahasiswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaranmind mapping lebih tinggi daripada hasil belajar public relations yang diajar denganmenggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan Fh = 7,38, Ft = 3,98 dengan dk (1,70)didapat Fh (7,38) > Ft (3,98), Hipotesis telah teruji kebenarannya sehingga Ha diterima dan Hoditolak.Kata Kunci : Public Relations, Mind Mapping, Ekspositori.

Page 1 of 3 | Total Record : 24