Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP)
ISSN : -     EISSN : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol 6, No 2 (2013): Jurnal Teknologi Pendidikan" : 11 Documents clear
IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING-LEARNING MELALUI RISET MINI DALAM PERKULIAHAN PENELITIAN PENGAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO MEMBANGUN PROPOSAL PENELITIAN

Tambunan, Hamonangan

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 6, No 2 (2013): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan melalui penelitian tindakan kelas dengan melibatkan subjek sebanyak 39 orang mahasiswa jurusan Pendidikan Tenik Elektro Fakultas Teknik Unimed, menyangkut permasalahahan implementasi contextual teaching-learning melalui riset mini dalam perkuliahan metode penelitian pengajaran. Masalahnya adalah apakah implementasi kontekstual teaching learning melalui riset mini dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam membangun proposal penelitian?. Penelitian dilakukan dalam 5 siklus dengan target capaian yaitu 85% mahasiswa mencapai skor ≥ 80. Hasil yang diperoleh yaitu ada peningkatan dari siklus ke siklus berikutnya, yaitu pada siklus I ada 12 orang mahasiswa (30,76%) mencapai target; pada siklus II ada 19 orang   mahasiswa (48,71%) mencapai target; Pada siklus III ada 24 orang mahasiswa (61,53%) mencapai target; Pada siklus IV terdapat sejumlah 28 orang mahasiswa (71,79%) yang mencapai target; dan pada siklus V terdapat 34 orang mahasiswa (87,17%) sudah mencapai target. Berdasarkan temuan penelitian disimpulkan bahwa implementasi contextual teaching learning melalui riset mini dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam membangun proposal penelitian.   Kata Kunci: Implementasi kontekstual teaching learning   Abstract: The research was conducted through action research involving subjects as many as 39 students of electrical education department of  technical faculty Unimed, concerning the problems of contextual teaching learning implementation through mini rsearch in education research method course. The formulation of this researh problem is “whether the implementation of contextual teaching learning through mini research can improve students competencies in building research proposal?. The study was conducted in 5 cycles with a target achievement of 85% of students achieving a score of ≥ 80. The results are an increase of the cycle to the next cycle, the first cycle, there were 12 students (30.76%) targets; in the second cycle there are 19 students (48.71%) targets; In the third cycle there were 24 students (61.53%) targets; in the fourth cycle there are a number of 28 students (71.79%) to reach the target, and the cycle of V contained 34 students (87.17%) has reached the target. Based on the findings of the study concluded that the implementation of contextual teaching learning through mini research can improve the competence of students in developing research proposals.   Keywords: Contextual teaching learning implementation

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

., Rohani, Sitompul, Harun

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 6, No 2 (2013): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar PPKnsiswa yang diberi model pembelajaran portofolio dengan kelompok siswa yang diberi model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah, dan (3) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal dalam mempengaruhi hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi a = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model Pembelajaran berbasis portofolio memberikan hasil belajar PPKn siswa lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional; (2) Kelompok siswa yang kemampuan awalnya tinggi memperoleh skor hasil belajar PKn yang lebih tinggi di banding dengan kelompok siswa yang kemampuan awalnya rendah; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal dalam mempengaruhi hasil belajar PKn siswa.   Kata Kunci: pembelajran berbasis potofolio, kemampuan awal, PKn.   Abstract: This research was aimed to: (1) The difference of student’s civil achievement between a group of student who were given portfolio base learning models and conventional models. (2) The difference of civic learning achievement between a student who has a high beginning ability and a student who student who has a low beginning ability, (3) The interaction between instuctional models and beginning ability to influence the civic learning achievement. The research method used quasi experiment with factorial design 2x2. The data analysis technique was analysis of variance (ANOVA) two way at significant a = 0.05. The result of the research are: (1) Portfolio base instuctional models created a better students civic achievement,if we,compared it with the conventional instuction models; (2) A group of student who had high beginning ability got better civic learning achievement score than they who had low beginning ability; (3) There was interaction between learning models and beginning ability to influence civic achievement. Keywords: learning-based portfolios, initial ability, PKn

Redaksi Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 6 No. 2

., Author

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 6, No 2 (2013): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

.

STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Sembiring, Rosali Br, ., Mukhtar

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 6, No 2 (2013): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran diskoveri dengan bimbingan dan siswa yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran langsung; (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan minat belajar rendah; dan (3) interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan minat belajar dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi a = 0.05. Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar matematika siswa yang belajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran diskoveri dengan bimbingan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran langsung, (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dengan minat belajar dalam mempengaruhi hasil belajar matematika.   Kata Kunci: strategi pembelajaran diskoveri dengan bimbingan dan pembelajaran langsung, minat belajar, hasil belajar matematika   Abstract: This research was aimed to: (1) the difference of results in learning mathematics between the students taught by using guided discovery and direct instructional strategy; (2) the difference of the student’s study result who have high interest in learning and those who have interest in learning low; and (3) interaction between the application of learning strategy and interest in learning in affecting the result of learning mathematics. The research method used quasi experiment with factorial design 2x2. The data analysis technique was analysis of variance (ANOVA) two way at significant a = 0.05. research findings of showed that: (1) the students results in mathematics that by using guided discovery higher with direct instructional strategy, (2) the students result in mathematics learning of the students who have high interest in learning is higher compared with that those who have low  interest in learning, and (3) be found interaction between learning strategy with interest in learning the students result of mathematics.   Keywords: guided discovery and direct instructional strategy, interest in learning, the result of learning mathematics

STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BERWIRAUSAHA TERHADAP HASIL BELAJAR KELISTRIKAN OTOMOTIF

Rinayanti, Ketrin, Situmorang, Julaga

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 6, No 2 (2013): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) Perbedaan hasil belajar mata diklat DKK Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL dengan Cooperative Learning Tipe Jigsaw; (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki minat kejuruan Teknik Bangunan yang tinggi dengan rendah; (3) Interaksi antara model pembelajaran dan minat kejuruan Teknik Bangunan dalam mempengaruhi hasil belajar mata diklat DKK Ilmu Statika dan Tegangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Menguji hipotesis penelitian adalah teknik analisis varian (ANAVA) dua jalur dengan desain faktorial 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar DKK Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran  PBL lebih tinggi dibandingkan dengan Cooperative Learning Tipe Jigsaw; (2) Hasil belajar DKK Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan Siswa yang Memiliki Minat Kejuruan Tinggi Lebih Tinggi dibandingkan dengan Minat Kejuruan Rendah; (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat kejuruan dalam mempengaruhi hasil belajar DKK Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan siswa.   Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dan Cooperative Learning Tipe Jigsaw, minat kejuruan, hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan   Abstract: This research was aimed to: (1) the differences of Basic Vocational Competency (BVC) Applying Statics and Voltage Science learning outcomes of students who are taught by the PBL Model and Cooperative Learning Model Jigsaw type, (2) the differences of the student’s BVC Applying Statics and Voltage Science learning outcomes  who have  high vocational interest and low vocational interest, and (3) the interaction between instructional model and vocational interest in influencing the learning outcomes BVC Applying Statics and Voltage Science students. This research method used was quasi experiment with 2 x 2 factorial design. The analysis technique used is the analysis of variance Two Way ANOVA 2x2. The findings of the research indicate: (1) BVC Applying Statics and Voltage Science learning outcomes of students who are taught by the PBL Model was higher as compared to the students who are taught by the Cooperative Learning Model Jigsaw type; (2) BVC Applying Statics and Voltage Science learning outcomes of students who have high vocational interest is higher than students who have low vocational interest; (3) there is no interaction between instructional model with vocational interest in influencing learning outcomes of BVC Applying Statics and Voltage Science at significance level. Keywords: Strategy Learning Problem Based Learning and Cooperative Learning Jigsaw type, vocational interests, learning outcomes Statics Science and Voltage

STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN

Daswisaptri, Tuty, Sibuea, Abdul Muin

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 6, No 2 (2013): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah hasil belajar kewirausahaan siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran modul lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori; (2) mengetahui apakah hasil belajar kewirausahaan siswa yang memiliki kemandirian  tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki kemandirian rendah; (3) mengetahui apakah strategi pembelajaran dan kemandirian dalam mempengaruhi hasil belajar kewirausahaan. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi a = 0.05. Hasil penelitian diperoleh: (1) rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran modul  lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa dengan kemandirian tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran modul  maupun strategi pembelajaran ekspositori lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa dengan kemandirian rendah; dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian siswa yang memberikan perbedaan pengaruh terhadap hasil belajar kewirausahaan.   Kata Kunci: Strategi Pembelajaran diskoveri dengan bimbingan dan Strategi Pembelajaran langsung, minat belajar, matematika   Abstract: This research was aimed to: (1) determine whether the learning outcomes of students who are taught using entrepreneurial learning strategy module higher than students taught using expository instructional strategies, (2) determine whether the learning outcomes of students who have the entrepreneurial independence of the higher high students who have low self-reliance, (3) determine whether the learning strategy and independence in learning affect entrepreneurial outcomes. Method using a quasi-experimental study with a 2x2 factorial design study , while data analysis techniques using ANOVA two lanes at a significance level of a = 0.05 level . Results were obtained: (1) an average of entrepreneurial learning outcomes of students who are taught by learning strategy module is higher than the average of entrepreneurial learning outcomes of students who are taught by expository instructional strategies, (2) the average entrepreneurial learning outcomes of students with independence taught high module with learning strategy and learning strategy expository higher than the average of entrepreneurial learning outcomes of students with low self-reliance, and (3) there is interaction between students learning strategies and independence which give different effect on learning outcomes of entrepreneurship .   Keywords : Learning Strategies diskoveri with direct guidance and Learning Strategy , interest in learning, mathematics

OPTIMALISASI PEMAHAMAN KONSEP DAN APLIKASI GAMBAR PROYEKSI MELALUI STRATEGI DIRECT INSTRUCTIONAL

Mursid, R

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 6, No 2 (2013): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan hasil belajar menggambar teknik mahasiswa melalui pemahaman kosep gambar proyeksi, (2) meningkatkan hasil belajar menggambar teknik mahasiswa melalui aplikasi gambar proyeksi, (3) menerapkan strategi direct instructional . Strategi pembelajaran yang digunakan dalam penelitian action research. Hasil penelitian diperoleh: (1) pemahaman dan konsep dalam gambar teknik mahasiswa adalah cukup kompeten dan bila diaplikasikan dalam bentuk gambar teknik masih cukup kompeten; (2) aktivitas mahasiswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan strategi direct instructional  menunjukkan bahwa secara keseluruhan adalah sangat baik; (3) aktivitas dosen dalam kegiatan belajar mengajar selama menggunakan strategi direct instructional  cukup aprisiatif dan interaktif terhadap proses pembelajaran; (4) aktivitasnya selama proses pembelajaran berlangsung diberikan dalam bentuk penilaian keaktifan dosen.   Kata Kunci: gambar proyeksi, strategi direct instructional     Abstract: This research was aimed to: (1) improve learning outcomes of students drawing techniques through an understanding of the concept of projection images, (2) improving student learning outcomes through the application of engineering drawing projection image, (3) implement learning strategies directly. The method used in the action research study. Results were obtained: (1) understanding the engineering drawings and concepts students are competent enough and when applied in the form of technical drawing is still quite competent, (2) student activity during the learning process by using a learning strategy implies that overall is very good; (3) activities of faculty in teaching and learning activities to use learning strategies for direct and interactive aprisiatif enough to the learning process, (4) activity during the learning process takes place is given in the form of activity assessment lecturers.     Keywords:, drawing of projectio, direct learning strategies

STRATEGI PEMBELAJARAN DAN SIKAP MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

., Zahara, k, Abdul Hamid

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 6, No 2 (2013): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan  strategi pembelajaran matematika realistik lebih tinggi dari strategi pembelajaran langsung; (2) mengetahui  apakah hasil belajar matematika siswa yang mempunyai sikap matematika tinggi lebih tinggi dari sikap matematika rendah; dan (3) mengetahui  apakah terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi a = 0.05. Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran matematika realistik lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung, (2) hasil   belajar  matematika  siswa yang memiliki sikap matematika tinggi  lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang memiliki sikap matematika rendah; dan (3) terdapat  interaksi  antara  strategi  pembelajaran dan sikap  matematika  siswa  terhadap hasil belajar matematika.   Kata Kunci: Strategi Pembelajaran matematika realistik dan Strategi Pembelajaran langsung, sikap matematika, matematika   Abstract: This research was aimed to:  (1) determine whether the outcomes of learning mathematics students who learned with realistic mathematics learning strategies is higher than direct instructional strategies, (2) determine whether the results of students mathematics learning attitudes that have high math higher than attitude lower mathematics, and (3) determine whether there is an interaction between learning strategies and student attitudes toward mathematics student math learning outcomes . Method using a quasi-experimental study with a 2x2 factorial design study , while data analysis techniques using ANOVA two lanes at a significance level of a = 0.05 level . Results were obtained: (1) mathematics learning outcomes of students who learned with the learning strategies of realistic mathematics higher mathematics learning outcomes of students who learned with direct instructional strategies, (2) mathematics learning outcomes of students who have high math attitude is higher than the results of learning mathematics students who have low math attitude, and (3) there is an interaction between learning strategies and student attitudes toward mathematics math learning outcomes . Keywords : Learning Strategies and Learning Strategies realistic mathematics directly, mathematics attitude,, mathematics

STUDI KARAKTERISTIK SISWA SLTA DI KOTA MEDAN

Sitanggang, Nathanael, Saragih, Abdul Hasan

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 6, No 2 (2013): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mentetahui karakteristik SMA dan SMK di Medan. Karakteristik yang diteliti adalah: neuroticism, extraversion, keterbukaan, keramahan, dan hati nurani. Dengan penelitian ini kita mendapatkan data perbedaan karakter di SMA dan SMK siswa. Mendapatkan perbedaan karakter antara pria dan wanita dalam setiap kelompok sekolah. Penelitian ini di SMA dan SMK di Medan, 2008. Sampel penelitian 600 siswa. Metode Penelitian kuantitatif. Data diperoleh melalui kuesioner. Kuesioner dicoba dengan nilai koefisien reliabilitas (r=0,875). Hasil penelitian adalah: (1) Karakteristik siswa SMA (Neuroticsm, extraversion, keterbukaan, keramahan, dan hati nurani) sudah cukup dan kategori tinggi, (2) Karakteristik siswa SMK (Neuroticsm, extraversion, keterbukaan, keramahan, dan hati nurani) cukup tinggi dan kategori; (3) Para siswa perempuan SMA lebih tinggi hati nurani daripada siswa laki-laki; (4) Neuroticsm, extraversion, keterbukaan, dan keramahan antara siswa laki-laki secara signifikan tidak berbeda dengan siswa perempuan di SMA; (5) Neuroticsm, extraversion, keterbukaan, keramahan, dan conscientiousness antara mahasiswa laki-laki secara signifikan tidak berbeda dengan siswa perempuan di SMK.   Kata kunci : karakteristik siswa, SMA, SMK.   Abstract: This research was aimed to: investigate the Senior High School Studen’t Characteristic in Medan. The characteristic which investigated are: neuroticism, extraversion, openness, agreeableness, and conscientiousness. By this research we can get the accurate data that describe the differences of characters in SMA and SMK students. And then we can get the differences of characters among the male and female in each group of school. This research was taking place in SMA and SMK in Medan, 2008. The sample of this research is 600 pupils. The research was taken in the quantitative method. The data that we have got from the questioner. Questioner has been tried with the value of reliability coefficient (r=0,875). The results of the research are: (1) The SMA Studen’t Characteristic in Medan (Neuroticsm, extraversion, openness, agreeableness, and conscientiousness) is enough and high categories; (2) The SMK Student Characteristic in Medan (Neuroticsm, extraversion, openness, agreeableness, and conscientiousness) is enough and high categories; (3) The female SMA students are more conscientiousness than male students; (4) Neuroticsm, extraversion, openness, and agreeableness between male students significantly is not different with female students in SMA; (5) Neuroticsm, extraversion, openness, agreeableness, and conscientiousness between male students significantly is not different with female students in SMK. Keywords: characteristics of students, SMA, SMK

Daftar Isi Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 6 No. 1

., Author

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 6, No 2 (2013): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

.

Page 1 of 2 | Total Record : 11