Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP)
ISSN : -     EISSN : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Teknologi Pendidikan" : 10 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Masdalifah, Nur

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengetahui; (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar, (2) pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar dan (3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar Matematika. Penelitian kuasi eksperimen, dengan total populasi berjumlah 120 siswa. Sampel 60 siswa. Hasil menunjukkan bahwa; (1) siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray, memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan kooperatif Number Head Together; (2) Siswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan kecerdasan interpersonal rendah; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar Matematika. Uji lanjutan Schefee diperoleh bahwa siswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi jika diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray memperoleh hasil belajar Matematika yang lebih tinggi dibandingkan menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Head Together. Siswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal rendah memperoleh hasil belajar Matematika yang lebih tinggi jika diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Head Together dibandingkan kooperatif Two Stay Two Stray. Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif, kecerdasan interpersonal, matematika Abstract: The objective of the research is to know; (1) the influence of cooperative learning model on learning outcomes, (2) the influence of interpersonal intelligence on learning outcomes and (3) to know the interaction between cooperative learning model and interpersonal intelligence on mathematics learning outcomes. Quasi experimental research, with a total population of 120 students. Sample 60 students. The results show that; (1) students who were taught using Two Stay Two Stray cooperative learning model, obtained higher learning outcomes than the cooperative Number Head Together; (2) Students with high levels of interpersonal intelligence gain higher learning outcomes than low interpersonal intelligence; (3) There is an interaction between cooperative learning model and interpersonal intelligence on mathematics learning outcomes. Schefee advanced test found that students who have high levels of interpersonal intelligence when taught using cooperative learning model Two Stay Two Stray obtained higher learning outcomes than using cooperative learning model Head Head Together. Students who have a low level of interpersonal intelligence acquire higher mathematics learning outcomes if taught using cooperative learning model Number Head Together than Two Stay Two Stray cooperative. Keywords: cooperative learning model, interpersonal intelligence, mathematics

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB

Feriana, Rina

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar bahasa Arab siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran komunikatif lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran struktural, (2) untuk mengetahui hasil belajar bahasa Arab siswa yang komunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi daripada siswa yang komunikasi interpersonal rendah, (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dengan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa Arab. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dan Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Temuaan penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar bahasa Arab siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran komunikatif lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran struktural, (2) hasil belajar bahasa Arab siswa komunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi dari hasil belajar siswa komunikasi interpersonal rendah, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa Arab. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan adanya interaksi antara strategi pembelajaran dengan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa Arab, untuk itu disarankan agar guru dapat menggunakan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan ciri siswa termasuk komunikasi interpersonal sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: strategi komunikatif, komunikasi interpersonal, hasil belajar, bahasa arab. Abstract: This research was aimed to find out: (1) the achievement in Arab langunge with communicative strategy is higher than structural instructional strategy (2) the achievement of Arab langunge high interpersonal communication students ’is higher than students’ with low interpersonal communication, (3) interaction between instructional strategy and interpersonal communication on the students’ achievement in Arab language. The research method used quasi-experiment. Technique of analyzing data used ANOVA of two ways. The finding of the research showed that: (1) the students’ achievement in Arab languange that taught by communicative  strategy is higher than the students’ achievement  that taught by structural strategy, (2) the students’ achievement in Arab language  students’ with high Interpersonal communication  is higher than  students’ with low interpersonal communication, (3) be found interaction between instructional strategy and the Interpersonal communiaction on the students’ achievement in Arab language. Summary this research found interaction between instructional strategy and the interpersonal communication on the students’ achievement in Arab language, for teacher must taugh instructional strategy find with students’ charecteristic imploying the interpersonal communication for students’ achievement. Keywords: communicative strategy, interpersonal communication, learning outcomes, Arab language

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS

Yusuf, Syahran

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir verbal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi pembelajaran Kontekstual dan strategi pembelajaran ekspositori, sedangkan kemampuan berpikir verbal yang dimaksud adalah kemampuan berpikir verbal tinggi dan kemampuan berpikir verbal rendah. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur, yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett dan Uji Fisher. Penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) siswa yang memiliki kemampuan berpikir verbal tinggi memperoleh hasil belajar Bahasa Inggris yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir verbal rendah; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir verbal dalam mempengaruhi hasil belajar Bahasa Inggris siswa. Kata Kunci: strategi pembelajaran konstekstual dan ekspositori, kemampuan berpikir verbal, hasil belajar, bahasa inggris. Abstract: These study were aimed to find out the effect of using learning strategy and verbalism thinking achievement toward the result of learning English language. The learning strategy used were contextual and expository learning strategy, while verbalism thinking achievement meant here were high verbalism thinking achievement  and low verbalism thinking achievement. The hypothesis were tested by using two-ways Anova, while normality test using Liliefors test and homogeneity test variants using Bartlett and Fisher test. The hypothesis test result showed that: (1) the students’ achievement on learning English language taught by contextual learning strategy is higher than the one with expository learning strategy; (2) the students having high verbalism thinking achievement is higher than the one having low verbalism thinking achievement; (3) there is an interaction between contextual learning strategy and verbalism thinking achievement in effecting the students’ learning English language result. Keywords: contextual and expository learning strategy, verbalism thinking achievement, result of learning, english lenguage

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Sinaga, Ranto

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir dan siswa yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran Inquiri, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan minat belajar rendah (3) interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan minat belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan disain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi = 0.05. Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang belajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Inquiri, (2) hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang memiliki minat belajarl tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dengan minat belajar dalam mempengaruhi hasil belajar bahasa Indonesia. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru bahasa Indonesia yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran harus diperhatikan karakteristik siswa khususnya minat belajar. Kata Kunci: strategi pembelajaran, minat belajar, hasil belajar, bahasa indonesia. Abstract: The study were aimed at finding out: 1) the difference of results in learning Indonesian between the students taught by using Learning Upgrade Strategy Thinking (SPPKB) and Inquiry strategy, 2) the difference of the student’s study result who have high interest in learning and those who have interest in learning low, and 3) interaction between the application of learning strategy and interest in learning in affecting the result of learning Indonesian. The research method used quasi experiment with factorial design 2x2. The data analysis technique was analysis of variance (ANOVA) two way at significant = 0.05. Research findings of showed that: (1) the students results in Indonesian that by using Learning Upgrade Strategy Thinking (SPPKB) higher with that of the students taught by using Inquiri strategy, (2) the students result in Indonesian learning of the students who have high interest in learning is higher compared with that those who have low interest in learning, and (3) be found interaction between learning strategy with interst in learning the students result of Indonesian. The implications of this study are specifically addressed to the Indonesian language teachers in the application of learning strategies must be considered the characteristics of students, especially learning interests. Keywords: learning strategies, interest in learning, learning outcomes, Indonesian language

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA MTs ULUMUL QUR’AN LANGSA PROPINSI ACEH

Wiyono, Wahyu Budi

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran generatif dan hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar PKn antara siswa dengan kemandirian tinggi dan hasil belajar PKn siswa dengan kemandirian rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar PKn. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperimen disain faktorial 2 x 2. Melalui disain ini akan dibandingkan pengaruh strategi pembelajaran generatif dan ekspositori terhadap hasil belajar PKn ditinjau dari karakteristik kemandirian siswa. Strategi pembelajaran generatif dan ekspositori diperlakukan kepada kelompok eksperimen siswa dengan kemandirian yang berbeda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran generatif lebih tinggi, (2) hasil belajar PKn siswa dengan kemandirian tinggi lebih tinggi dibandingkan siswa dengan kemandirian rendah, (3) hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran generatif dan kemandirian tinggi lebih tinggi, (4) hasil belajar PKn siswa dengan yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori dengan kemandirian tinggi lebih tinggi, (5) hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran generatif dan kemandirian tinggi lebih tinggi, dan (6) hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran generatif dan kemandirian rendah lebih rendah. Kata Kunci: strategi pembelajaran generatif dan ekspositori, kemandirian, hasil belajar, PKn Abstract: The purpose of this research is to know: (1) learning outcomes of Civics students are taught with generative learning strategies and learning outcomes of Civics students taught by expository learning strategies, (2) learning outcomes of Civics between students with high independence and student learning outcomes with low self-reliance, and (3) the interaction between learning strategies and independence of Civics learning outcomes. This research uses experimental method with quasi design of 2 x 2 factorial design. Through this design will be compared the influence of generative and expository learning strategy toward the result of Civic learning in terms of the characteristics of student independence. Generative and expository learning strategies are treated to student experiment groups with different independence. The research findings show that: (1) the students learning outcomes are taught by the higher generative learning strategy, (2) the students Pkn learning outcomes of PKn with higher independence than the students with low self-reliance, (3) the students Pkn learning outcomes taught by the strategy generative learning and higher autonomy are higher, (4) student learning outcomes of PKn with those taught with expository learning strategies with higher autonomy, (5) student learning outcomes Pkn of students who are taught with generative learning strategies and higher autonomy, and (6) ) students PKn learning outcomes are taught with generative learning strategies and lower self-reliance Keywords: generative learning strategies and expository, independence, learning outcomes, PKn

DAFTAR ISI JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN

., Admin

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

.

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA JERMAN

., Juwita .

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan membaca bahasa Jerman siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kelompok lenih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembejaran individual, (2) kemampuan membaca bahasa Jerman siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca bahasa Jerman. Populasi penelitian ini adalah 160 siswa dari 4 kelas X SMA N 17 Medan dan berdasarkan teknik cluster random sampling 80 siswa terpilih sebagai sampel. Instrumen penelitian untuk kemampuan membaca adalah 40 butir soal pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban dan untuk motivasi belajar digunakan angket motivasi belajar. Desain penelitian adalah faktorial 2x2 dan teknik analisis data adalah Analisis Varians (ANAVA) dua jalur pada taraf signifikansi a = 0.05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kolaboratif lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Fisika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran individu, (2) kemampuan membaca siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan membaca siswa dengan motivasi belajar rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi kemampuan membaca. Kata Kunci: strategi pembelajaran, motivasi belajar, kemampuan membaca, bahasa jerman. Abstract: The objectives of research were to discover: (1) the students reading ability were taught in German language with group instructional strategy and individual instructional strategy, (2) the students reading ability who have high motivation learning than that having low motivationlearning, and (3) whether there was an interaction between learning strategy and motivation learning on students reading ability. The population of the study was 160 students from three classes Grade X State 17th Senior High School Medan and based on cluster random sampling technique 80 students were chosen as the sample. The research instrument used to test the reading ability in German language was a 40 items multiple choice with five options and a test of motivation learning used questioner motivation learning. The design of the research was 2x2 factorial while and the technique of data analysis was a two-way Analysis of Variance (ANOVA) at the level of significance a = 0.05. The results of data analisysis showed that: (1) the students reading ability were taught in German language with group instructional strategy and individual instructional, (2) the students reading ability who have high motivation learning than that having low motivation learning, and (3) there was an interaction between learning strategy and motivation in affecting students reading ability in german language Keywords: learning strategy, learning motivation, reading ability, german language.

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI

Lumbantobing, Roida

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

dibelajarkan dengan menggunakan strategi pmbelajaran kooperatif tipe STAD dan Ekspositori; (2) hasil belajar Sosiologi antara siswa dengan tingkat komunikasi interpersonal tinggi dan rendah; (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar Sosiologi. Metode penelitian yang digunakan adalah  eksperimen quasi dengan desain faktorial 2 x 2.  Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif sedangkan dalam menyajikan data dan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Sosiologi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari pada hasil belajar Sosiologi siswa yang dibeajarkan dengan strategi pembelajaran  Ekspositori; (2) hasil belajar  Sosiologi siswa yang memiliki  komunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar Sosiologi siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan komunikasi interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata Kunci: strategi pembelajaran, komunikasi interpersonal, sosiologi Abstract: This study aims to find out: (1) learning outcomes of students sociology learned by using STAD type cooperative learning strategy and Expository; (2) Sociology learning outcomes between students with high and low interpersonal communication level; (3) the interaction between instructional strategy and interpersonal communication to Sociology learning outcomes. The research method used is quasi experiment with 2 x 2 factorial design. Statistical test used is descriptive statistic while in presenting data and inferential statistic by using two-way ANOVA with significant level α = 0,05 followed by scheffe test. Previously tested the analysis in the form of normality test and homogeneity test. The result of the research showed: (1) the learning result of Sociology of students who were taught by STAD type cooperative learning strategy was higher than the students Sociology learning result which was studied with Expositorys learning strategy; (2) Sociology learning result of students who have high interpersonal communication is higher than student learning result of Sociology having low interpersonal communication; (3) there is interaction between learning strategy with interpersonal communication in influencing student learning outcomes. Keywords: learning strategy, interpersonal communication, sociology

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK

Tambunan, Novidawaty

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar Menggambar teknik 1 antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Mind Map dan strategi pembelajaran ekspositori, (2) Perbedaan hasil belajar Menggambar teknik 1 antara siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan kinestetik, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Menggambar teknik 1. Metode penelitian yang menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar Menggambar teknik 1 siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Mind Map, lebih tinggi dari pada strategi pembelajaran ekspositori; (2) hasil belajar Menggambar teknik 1 siswa yang memiliki gaya belajar Kinestetik lebih tinggi daripada gaya belajar Visual; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Menggambar teknik 1. Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya belajar, menggambar teknik Abstract: This study aims to determine: (1) Differences in learning outcomes Drawing techniques 1 between students taught with Mind Map learning strategies and expository learning strategies, (2) Differences in learning outcomes Drawing techniques 1 between students who have visual learning styles with kinestetik, (3) interaction between learning strategy and learning style to learning result Drawing technique 1. Method research using quasi experimental method with 2 x factorial research designs 2. Data analysis technique using two-way ANOVA at significance level α = 0,05. The results showed that: (1) learning result Drawing technique 1 students taught by Mind Map learning strategy, higher than expository learning strategy; (2) learning outcomes Drawing techniques 1 students who have a higher learning style Kinesthetic than Visual learning style; (3) there is an interaction between learning strategies and learning styles on learning outcomes Drawing technique 1. Keywords: learning strategy, learning style, drawing technique

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN JAHIT DAN SULAM

Susilawaty, Sri

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : hasil belajar Keterampilan jahit dan sulam yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan  strategi pembelajaran ekspositori; hasil belajar Keterampilan jahit dan sulam siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan dari siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah; mengetahui interaksi penggunaan strategi pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif dalam mempengaruhi hasil belajar Keterampilan jahit dan sulam. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling terdiri dari kelas ekperimerimen yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan strategi pembelajaran ekspositori. Hasil pengujian menunjukan :  hasil belajar Keterampilan siswa yang di ajar dengan strategi pembelajaran jigsaw lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan strategi ekspositori; hasil belajar Keterampilan siswa dengan Kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih tinggi dari pada siswa dengan Kemampuan berpikir kreatif rendah; dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar Keterampilan jahit dan sulam. Kata Kunci: strategi pembelajaran, kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar, keterampilan jahit dan sulam Abstract: This research aimed to determine: the results of learning sewing and embroidery skills are taught using cooperative learning strategies jigsaw than students taught using expository teaching strategy, the results of learning sewing and embroidery skills of students who have a high ability to think creatively than students who have the ability to think creatively low,  the interaction use learning strategies with creative thinking ability in influencing the outcomes of learning sewing and embroidery skills. Method is a mettod of quasi-experimental studi with a sampel of 2-class research ttah determined clucter random sampling exsperiment consists of classes taught cooperative learning strategies jigsaw and expository teaching strategy. The results showed: learning skills in teaching students with learning strategies jigsaw higher than students taught by expository strategy; Skills learning outcomes of students with high creative thinking ability is higher than the students with low ability to think creatively; and (3) there is interaction between Intructional strategy and creative thinking skills to the outcomes of learning sewing and embroidery skills. Keywords: intructional strategy, creative thinking skills, outcomes of learning, sewing and embroidery skills

Page 1 of 1 | Total Record : 10