cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
BAHAS
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 686 Documents
ANALISIS SASTRA LISAN (UMPASA) DALAM TRADISI MANGALAHAT HORBO BATAK TOBA Samosir, Queen Keren Happuck; Yani, Dewi; Gayatri, Fitri; Hasanah, Mutiara; Sitinjak, Tria Marthalena
BAHAS Vol 28, No 2 (2017): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (33.318 KB) | DOI: 10.24114/bhs.v28i2.10285

Abstract

Mangalahat Horbo adalah tradisi tua milik suku Batak Toba yang merupakan perayaan kurban kerbau kepada Mula Jadi Na Bolon (pencipta segala sesuatu). Urgensi penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai atau makna yang terkandung dalam ragam sastra lisan (umpasa) upacara Mangalahat Horbo Batak Toba. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif-deskriptif. Pendekatan kualitatif yang dilakukan yaitu dengan teknik dokumentasi (analisis teks sastra lisan Mangalahat Horbo terhadap video upacara tersebut), wawancara langsung dan observasi. Sastra lisan dalam bentuk umpasa pada upacara tradisi ini memiliki makna yang sarat akan nilai-nilai bagi kehidupan, antara lain bernilai religi, budaya dan sosial. Kata Kunci: Mangalahat Horbo, Tradisi 
MEMAKNAI GAMBAR SKETSA TEHNIK ENGRAVING IPE MA’AKRUF DITINJAU DARI ASPEK IKONOGRAFI Azmi, Azmi
BAHAS Vol 27, No 3 (2016): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sketsa adalah hasil goresan pena atau lainnya seperti tinta, kertas dan cat air serta cat minyak,  pada umumnya merupakan hasil rancangan awal. Sketsa adalah hasil ungkapan rasa sang seniman untuk merekam jejak dari pada objek seperti manusia, fauna, flora dan lingkungan termasuk semua makhluk di muka bumi ini. Namun seni sketsa ini terungkap makna lain terutama masalah teknik ungkapan dan juga memakai media tanpa batas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses teknik penciptaan dan makna yang terkandung di balik gambar sketsa karya Ipe Ma’akruf. Dengan upaya mengkaji lewat pendekatan ikonografi ini akan bisa dijadikan referensi tentang keberadaan seni sketsa yang selalu dipinggirkan di lingkup seni rupa. Penelaahan yang dijadikan rujukan adalah teori Erwin Panofsky yaitu: pendekatan ikonografi dan ikonologi dalam trilogi proses analisis. Proses awal secara elemen visual gambar sketsa (preiconographycal). Sedang proses identifikasi makna sekunder yaitu menelaah kaitan tema, konsep dan teknik ungkapan sketsa (iconography). Selanjutnya untuk menafsirkan interpretasi terhadap elemen figural dari objek verbal dari karya sketsa berbagai teknik yang diciptakan Ipe Ma’akruf (iconologhy). Alpha Kata Kunci: sketsa, teknik engraving, makna, ikonografi
ANALISIS MULTIMODAL IKLAN “INDOMIE” Suprakisno, Suprakisno
BAHAS Vol 26, No 1 (2015): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini membahas tentang analisis multimodal iklan Indomie. Iklan baik iklan media cetak maupun iklan media elektronik merupakan salah satu teks yang memiliki kekompleksitasan makna. Kekompleksitasan makna itu terjadi karena untuk menyampaikan pesan di dalam iklan tidak saja digunakan unsur bahasa melainkan juga unsur bahasa nonverbal dan sarana visual lainnya. Oleh karenanya, untuk memahami kekompleksitasan makna perlu dilakukan analisis multimodal dalam iklan tersebut. Analisis multimodal yang dibahas dalam tulisan ini menggunakan teori linguistik sistemik fungsional (LSF). Model analisis multimodal dikembangkan dari perpaduan teori multimodal (Anstey & Bull, 2010), dan analisis multimodal oleh Kress dan Van Leeuwen (1996-2006).  Dari analisis iklan Indomie diperoleh hasi bahwa iklan Indomie memiliki sistem semiotik multimodal yang meliputi unsur linguistik, visual, audio, gestural, dan spastial. Kata kunci: analisis, multimodal, dan iklan
PENERAPAN TEKNIK TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA SEMESTER V TAHUN 2016 PRODI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Hutagalung, Surya Masniari
BAHAS Vol 27, No 2 (2016): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis mahasiswa  setelah menggunakan teknik tutor sebaya. Penelitian ini  terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan observasi dan refleksi.  Setiap siklus terdiri dari lima pertemuan dengan durasi waktu masing-masing pertemuan  100 menit. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah berupa data hasil tes, hasil respon dan hasil observasi selama pembelajaran dengan menggunakan tutor sebaya. Instrumen pengukuran hasil  tes menggunakan kriteria penilaian GER untuk B1, sedangkan untuk mengetahui respon mahasiswa digunakan angket, sedangkan observasi menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa hanya sembilan mahasiswa (30%) yang kompeten pada tes awal, 21 (70%) tidak kompeten. Berdasarkan hasil tes awal dibentuk kelompok tutor sebaya. Setelah lima kali pertemuan diadakan tes sebagai akhir pertemuan ziklus pertama. Hasilnya 19 mahasiswa (63,3%) yang kompeten, termasuk tutor dan 11 (36,6%) lagi belum kompeten. Berdasarkan hasil ziklus pertama dibentuk kelompok tutor sebaya yang baru,  dengan menyebarkan tutor pertama dengan mahasiswa yang kompeten berdasar hasil tes ziklus pertama. Hasil tes pada siklus kedua menunjukkan 27 (90%) mahasiswa kompeten sedangkan tiga (10%) tidak kompeten. Berdasarkan hasil pada kedua siklus dapat disimpulkan bahwa teknik tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa semester lima tahun 2016 Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Medan.   Kata Kunci: Teknik Tutor Sebaya, Kemampuan Menulis, Penelitian Tindakan Kelas
ANALISIS SEMIOTIK IKLAN KECANTIKAN PADA MAJALAH FEMME ACTUELLE FRISKA, JUNITA
BAHAS Vol 27, No 4 (2016): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan linguistik yang terdapat pada iklan kecantikan. Sumber data penelitian ini adalah iklan-iklan kecantikan pada majalah Femme Actuelle edisi 1544, 1548 dan 1549 dari bulan April hingga bulan Juni 2014 dengan menggunakan teori semiotik dari Barthes. Dalam menganalisis data penelitian ini, terlebih dahulu penulis mencari dan memilih iklan-iklan yang akan dianalisis secara purposive. Kemudian, penulis menganalisis unsur-unsur utama sebuah iklan untuk mempermudah menerjemahkan pesan iklan tersebut. Setelah itu, penulis menganalisis dan menerjemahkan setiap kalimat di dalam iklan melalui pesan linguistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur utama yang digunakan adalah gambar, logo, slogan, merek, dan teks. Dan pesan linguistik berisikan nama-nama produk, bahan-bahan pembuatan produk, cara pemakaian, dan keuntungan memakai produk tersebut. Sedangkan isi pesan iklan kecantikan memperlihatkan efek baik mengunakan produk-produk kecantikan ini dan para wanita menjadi lebih cantik dan lebih percaya diri dalam melakukan aktifitas sepanjang hari. Kata Kunci : Semiotik, Pesan linguistik, Unsur-unsur utama iklan.
ANALISIS WACANA TULIS CERITA PENDEK “DI DUSUN LEMBAH KRAKATAU” KARYA ST. FATIMAH Hutagalung, Trisnawati
BAHAS Vol 26, No 1 (2015): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian  untuk mendeskripsikan makna  dari segi bahasa, unsur intrinsik dan situasi sosial budaya cerpen di dusun Lembah Krakatau karya St. Fatimah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah cerpen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan pendekatan mikrostruktural, makrostruktural dan praktik wacana. Teknik pengumpulan data melalui tiga tahap yaitu penyediaan data, tahap klasifikasi data, dan tahap analisis data. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: Dari kajian gramatikal ini  menunjukkan bahwa cerpen ini banyak menggunakan persona tunggal dan persona ketiga serta  elipsis. Analisis leksikal juga dapat dilihat adanya refetisi dan konjungsi. Sedangkan melalui pendekatan praktik wacana terdapat tema, penokohan, alur, latar, sudut pandang dan gaya bahsa pengarang. Analisis konteks situasi tergambar kehidupan tokoh utama memiliki  kepercayaan yang kuat tergambar melalui analisis sosial budaya.   Kata Kunci: wacana tulis, cerita pendek
KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DALAM RUMAH TANGGA Dalimunthe, Syairal Fahmy
BAHAS Vol 26, No 4 (2015): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komunikasi antar pribadi sebenarnya merupakan satu proses sosial dimana orang saling mempengaruhi. Komunikasi antar pribadi merupakan pengiriman pesan-pesan dari seorang dan diterima oleh orang yang lain atau sekelompok orang dengan efek dan umpan balik yang langsung. Suatu komunikasi antar pribadi mengandung ciri-ciri keterbukaan atau openess, empati, dukungan atau supportiveness, rasa positip atau positiveness dan kesamaan atau equality. Komunikasi antar pribadi sangatlah diperlukan untuk menjalin keharmonisan di dalam suatu kehidupan berumah tangga yang tidak jarang ditandai oleh adanya konflik. Komunikasi mengacu pada tindakan oleh satu orang atau lebih yang mengirim dan menerima pesan yang terdistorsi oleh gangguan, terjadi dalam suatu konteks tertentu dan ada kesempatan untuk melakukan umpan balik. Komunikasi dikatakan efektif bila pesan seperti yang dimaksudkan oleh pengirim berkaitan erat dengan pesan yang ditangkap dan diterima oleh penerima. Efektivitas komunikasi erat hubungannya dengan tujuannya.   Kata Kunci : Komunikasi Antarpribadi, Rumah Tangga, Efektivitas Komunikasi.
LEADING TO LANGUAGE AND GENDER STUDY: WHY AND WHAT IS IT ALL ABOUT? Saragih, Willem
BAHAS Vol 26, No 4 (2015): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Language inquisitiveness seems to be unstoppable till today. Investigation into aspects keeps going around across time and space. In further development of language research after age-based language use studies, currently  language enthusiasts’, especially sociolinguists, are  eager to find out  language use according to gender such as how language is used by male and female. Whether or not men’s language  and women’s language show broad differences in the way they do and say things has become another interesting thing to look into. More specifically,  such research is aimed at finding whether there are certain features of female and male language expressions which show distinct characteristics due to the two kinds of gender. However, information about the framework as the basis for finding the language features of both genders is still inadequate to many.  This paper will present information which is obtained from a number of sources to help language gender researchers carry out research on that current issue. Some pieces of information related to language gender discussion which covered are 1. A Brief Account of the Women’s Liberation Movement and Its influence on Language and Gender study. 2 Language Use Equality . How Men and Women Use Language. What aspects of language use can be elaborated between Women and Men? Hopefully, these points will be of some help to anyone of us who is interested in the area of language study in the attempt to disclose distinctive features of language used by female and male.   Key words: Language use, Language gender, distinctive features of language
PLANNING FOR READING: ACTIVITIES FOR BEFORE, DURING AND AFTER READING Hasibuan, Juli Rachmadani
BAHAS Vol 26, No 1 (2015): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Reading is an interactive process that goes on between the reader and the text, resulting in comprehension. The text presents letters, words, sentences, and paragraphs that encode meaning. The reader uses knowledge, skills, and strategies to determine what that meaning is. Good readers tend to use a range of strategies while reading such as making predictions before reading, making connections to personal experiences and knowledge, and engaging in self-monitoring (on-going checks of text comprehension). Teachers can model, teach, and promote the use of these and other effective comprehension strategies to help their students become even more proficient readers. The need for students to be actively is engaged in the reading process. Teachers can explain key strategies and model the types of actions students can take before, during, and after reading. Keywords: Reading, activities before, during and after reading
UTILISATION DES IMAGES EN CHAÎNE POUR AMÉLIORER LA COMPÉTENCE DES ÉTUDIANTS D’ÉCRIRE UN TEXTE NARRATIF GUNAWAN, GUNAWAN; MARICE, MARICE
BAHAS Vol 27, No 4 (2016): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cette recherche a pour but de savoir si le média des images en chaîne pourrait améliorer la compétence des étudiants d’écrire un texte narratif. On sait qu’écrire est l’une des quatre compétences de langues. Selon l’observation chez des étudiants de la section française de l’Unimed, l’activité d’écrire en français pour la plupart des étudiants est très difficile à faire à cause du système de langue de français étant différent avec celui de l’indonésien. La méthode utilisée est la méthode expérimente quasi. La source de données de ce mémoire est les étudiants du quatrième semestre apprenant le cours de Production écrite 4. L’auteur analyse le résultat des étudiants d’écrire un texte narratif avant d’utiliser le média des images en chaîne et après l’avoir utilisé dans la classe de production écrite. Pour analyser la compétence d’écrire des étudiants dans cette recherche, premièrement l’auteur définit la compétence des étudiants du quatrième semestre d’écrire un texte narratif sans utiliser le média des images en chaîne. Ensuite, l’auteur a donné des images en chaîne dont le sujet est des vacances pour savoir la compétence des étudiants d’écrire un texte narratif.Le résultat de cette recherche montre que l’utilisation du media des images en chaîne a aidé les étudiants à bien écrire un texte narratif où le résultat d’écrire des étudiants de C devient B. À partir de l’utilisation des images en chaîne, on peut savoir que l’utilisation de ce media est très efficace pour améliorer la compétence des étudiants d’écrire un texte narratif.   Les mots clès :  images en chaîne, écrire un texte narratif, technique expérimente quasi

Page 1 of 69 | Total Record : 686