cover
Filter by Year
JURNAL HANDAYANI
Articles
607
Articles
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI PERMAINAN MONOPOLI PECAHAN

Mailani, Elvi

JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa pada materi pecahan siswa kelas IV SDS Inti Nusantara kota Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek pada penelitian ini berjumlah 32 siswa. Analisis data pada penelitian ini dikumpulkan melalui kegiatan unjuk kerja, lembar observasi, dan tes. Pada kegiatan pra Siklus rata rata kemampuan siswa sebesar 44,7%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan menjadi 72,8%. Pada siklus II, rata-rata kemampuan siswa meningkat lagi mencapai 91,6%. Terjadi peningkatan 46,9 % dari pra siklus sampai dengan siklus II terhadap kemampuan matematika pada materi pecahan siswa kelas IV SDS Inti Nusantara  kota tebing Tinggi dan dengan demikian maka penelitian ini dikatakan berhasil.   Kata Kunci : hasil belajar , monopoli pecahan, matematika

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI PERMAINAN MONOPOLI PECAHAN

Mailani, Elvi

JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa pada materi pecahan siswa kelas IV SDS Inti Nusantara kota Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek pada penelitian ini berjumlah 32 siswa. Analisis data pada penelitian ini dikumpulkan melalui kegiatan unjuk kerja, lembar observasi, dan tes. Pada kegiatan pra Siklus rata rata kemampuan siswa sebesar 44,7%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan menjadi 72,8%. Pada siklus II, rata-rata kemampuan siswa meningkat lagi mencapai 91,6%. Terjadi peningkatan 46,9 % dari pra siklus sampai dengan siklus II terhadap kemampuan matematika pada materi pecahan siswa kelas IV SDS Inti Nusantara  kota tebing Tinggi dan dengan demikian maka penelitian ini dikatakan berhasil.   Kata Kunci : hasil belajar , monopoli pecahan, matematika

APPLICATION OF TUTOR METHODS IN THE FULLEST TESTING OF TEACHER PERFORMANCE MEASUREMENT

Halimatussakdiah, Halimatussakdiah

JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 1 (2017): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: Implementation of Peer Tutor Method In Fulfilling Performance Assessment of Teacher. Initial analysis in 2017 to 36 teachers at SDN Kecamatan Deli Tua found the problem that teachers have not fulfill the teacher performance requirement as required by MENPAN and RB No.16 Year 2009 which are: pedagogic competence, personality competence, social competence, and competence professional. Fulfillment of PKG by applying peer tutor method strategy that can improve teacher competence (pedagogik, personality, social and professional). This research method is descriptive qualitative. Locations in SDN. 101801 and SDN 108075 Deli Tua District Deli Serdang District. The study was conducted from June to November 2017 at SDN. 101801 and SDN. 108075 Deli Tua Sub-district Deli Serdang Regency. Based on the results of research, found that of 36 teachers there are 7 people (19.44%) in good category, 12 people (33.33%) in enough category, 9 people (25%) on medium category, 8 people (22,22%) in less category. Furthermore, the average teacher competence of 65.23 is in the enough category, thus the application of peer tutor method can improve the Performance Assessment of Elementary Teacher Performance. Keywords: Method, Peer Tutor, Fulfillment, PKG, SD Abstrak: Penerapan Metode Tutor Sebaya Dalam Pemenuhan Penilaian Kinerja Guru SD. Analisis awal pada 2017 terhadap 36 orang guru di SDN Kecamatan Deli Tua  ditemukan permasalahan bahwa guru belum memenuhi butir-butir kinerja guru yang disyaratkan sesuai dengan Peraturan MENPAN dan RB No.16 Tahun 2009.  yaitu: Kompetensi pedagogik, Kompetensi kepribadian, Kompetensi sosial, dan Kompetensi professional. Pemenuhan PKG dengan menerapkan metode tutor sebayamerupakan strategi yang dapat meningkatkan kompetensi guru (pedagogik, kepribadian, sosial dan professional). Metode penelitian ini deskriptif kualitatif. Lokasi di SDN. 101801  dan SDN 108075 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilaksanakan dari Juni s.d November 2017 di SDN. 101801 dan SDN. 108075 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa dari 36 orang guru terdapat 7 orang (19,44%) pada kategori baik,  12 orang (33,33%) cukup, 9 orang (25%) sedang, 8 orang (22,22%) pada kurang. Selanjutnya rata-rata kompetensi guru yaitu 65,23 yaitu kategori Cukup, dengan demikian Penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan Pemenuhan Penilaian Kinerja Guru SD.  Kata Kunci: Metode, Tutor Sebaya, Pemenuhan, PKG, SD

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN IPA SD KELAS TINGGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RETENSI MAHASISWA PGSD

Simanihuruk, Lidia, Rozi, Fahrur, Nurhairani, Nurhairani, Tarigan, Daitin, Sitanggang, Andri

JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 1 (2017): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: Implementation of Scientific Learning Approach In High School IPA Elementary Education Course To Improve Student Learning Outcomes And Student PGSD Retention. The Subject were PGSD Unimed student of F1 Regular Class 2016 as many as 27 student. The result of study increased from the first test to the first cycle of 1 person and 15 people (55,55%) from cycle I to cycle II at the value of 80-90. An increase of 4 people from the first test to cycle I and 20 people (74,08%) from cycle I to cycle II to the value 0-69. An increase in student retention of 15 people whose retention is in range of 80-89, there are 5 people whose retention is in the range 70-79, and as many as 20 people whose retention is in the range 0-69. Keywords : Approach of Scientific Learning, Learning Outcomes, Retention Abstrak : Penerapan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Pada Mata Kuliah Pendidikan Ipa SD Kelas Tinggi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Retensi Mahasiswa PGSD. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD Unimed kelas F1 Reguler 2016 sebanyak 27 orang yang terdiri dari 3 orang mahasiswa dan 24 orang mahasiswa. Hasil penelitian terjadi peningkatan dari tes awal ke siklus I terjadi peningkatan sebanyak 1 orang dan terjadi peningkatan sebanyak 15 orang (55.55%) dari siklus I ke siklus II pada nilai 80-89. Terjadi peningkatan 4 orang dari tes awal ke siklus I dan terjadi peningkatan 2 orang (7.41%) dari siklus I ke siklus II untuk nilai 70-79. Terjadi peningkatan sebanyak 5 orang (18.52%) dari tes awal ke siklus I dan terjadi peningkatan sebanyak 20 orang (74.08%) dari siklus I ke siklus II untuk nilai 0-69. adanya peningkatan retensi mahasiswa sebanyak 15 orang atau 55,5% yang retensinya berada pada rentang 80-89, ada sebanyak 5 orang atau 18.51% yang retensinya berada pada rentang 70-79, dan  sebanyak 20 orang atau 74.08% yang retensinya berada pada rentang 0-69.                                                                                                                          Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Hasil Belajar, Retensi

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II SD

Simanihuruk, Akden, Dewi, Sartika

JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 1 (2017): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: Efforts To Improve Learning Motivation By Using Picture And Image Models In Mathematics Lessons In Class II Elementary School. The aim of the study is to improve student learning speed in the lesson. Mapping material with Picture and Picture models in class II. This type of research is Class Design (CAR) which is done using 2 cycles. Data information techniques are dani questionnaires. Merging data, in Cycle I, the first meeting resulted in individuals of 3 students (10%), 9 students (30%), and 18 (60%) in Cycle I II meeting as many as 8 students (27%), 10 students (33% ), and 12 students (40%). In Cycle II, there were 6 students (20%), 17 students (57%), 6 students (20%), and 1 student (3%). In Cycle II, there were 18 students (60%), 11 students (37%), and 1 student (3%). Keywords: Learning Motivation, Picture And Picture, Mathematics Abstrak: Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Menggunakan Model Picture And Picture Pada Pelajaran Matematika Di Kelas II SD. Tujuan penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika materi pengelompokkan bangun datar dengan model Picture and Picture di kelas II. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Berdasarkan analisis data, Pada Siklus I pertemuan I diperoleh hasil observasi Individu 3 siswa (10%), 9 siswa (30%), dan 18 (60%) Pada Siklus I pertemuan II sebanyak 8 siswa (27%), 10 siswa (33%), dan 12 siswa (40%). Pada Siklus II pertemuan I, sebanyak 6 siswa (20%), sebanyak 17 siswa (57%), 6 siswa (20%), dan 1 siswa (3%). Pada Siklus II pertemuan II terdapat 18 siswa (60%), sebanyak 11 siswa (37%), dan 1 siswa (3%). Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Picture And Picture, Matematika

ANALISIS TERJEMAHAN PETUNJUK PEMAKAIAN PRODUK-PRODUK HERBALIFE NUTRITION

Adelina, Nur Fadhilah

JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 1 (2017): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: Translation Analysis Instructions for Use of Herbalife Nutrition Products. This study aims to find the dominant translation techniques in translating the instructions for the use of Herbalife Nutrition products and also to find the cause of the dominant translation technique in translating the Herbalife Nutrition product instructions using the translation techniques of Molina and Albir. The type of research used in this study is content analysis. Data collection techniques that is by reviewing documents and archives (content analysis). The results of the study it is known that the technique literally ranks first (16), followed by the usual equivalence technique (5) and transposition (5) other than appearing only one in each other technique. Of the nine translation techniques are known  2  translation are literal technique and uquivalence commonly oriented to source language, while 7 other techniques oriented to the target language.Keywords: Quality Translation, Translation Technique, Herbalife NutritionTop of Form Abstrak: Analisis Terjemahan Petunjuk Pemakaian Produk-Produk Herbalife Nutrition. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan teknik penerjemahan yang dominan dalam menerjemahkan petunjuk pemakaian produk – produk Herbalife Nutrition dan juga untuk menemukan sebab pemakaian teknik penerjemahan yang dominan dalam menerjemahkan petunjuk pemakaian produk-produk Herbalife Nutrition dengan menggunakan teknik penerjemahan Molina dan Albir. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah content analysis. Teknik pengumpulan data yaitu dengan mengkaji dokumen dan arsip (content analysis). Hasil penelitian ini yaitu diketahui bahwa teknik harfiah menempati urutan pertama  (16), diikuti teknik kesepadanan lazim (5) dan transposisi (5) selainnya hanya muncul satu dalam setiap teknik lainnya. Dari ke sembilan teknik penerjemahan di atas, diketahui 2 teknik penerjemahan yaitu teknik harfiah dan kesepadanan lazim berorientasi pada bahasa sumber, sedangkan 7 teknik lainnya berorientasi pada bahasa sasaran.Kata Kunci : Kualitas Terjemahan, Teknik Terjemahan,  Herbalife Nutrition

PENGARUH PERILAKU ASERTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA SISWA KELAS III, IV DAN V SD

Siringoringo, Elfrida

JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 1 (2017): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: The Influence of Assertive Behavior on The Learning Achievement of Christian Religion On Grade III, IV, and V Elementary Students. This study aims to determine the extent to which Influence Assertive Students Class III, IV and V SD No.060931. The sample in the study was randomly assigned to 87 people. Data collection tool used is a questionnaire of 25 items to know the assertive behavior of the Christian Religious education lesson and documentation study from DKN (List of Value Values) is the odd semester value of the Year of Study 2016/2017 to find out the student learning outcomes. From the analysis results obtained, Average, and standard deviation (S) of the assertive behavior of students on the Christian Religious education lessons of 6.80 and 0.758, respectively, while the highest and lowest values for student assertive behavior of 8.5 and 5.6 . Keywords: Assertive Behavior, Learning Achievement Abstrak : Pengaruh Perilaku Asertif Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Pada Siswa Kelas III, IV Dan V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Asertif Siswa Kelas III, IV dan V SD No.060931. Sampel dalam penelitian  adalah secara acak yang berjumlah orang 87 orang. Alat Pengumpul data yang digunakan adalah angket sebanyak 25 item untuk mengetahui perilaku asertif terhadap pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan studi dokumentasi dari DKN (Daftar Kumpulan Nilai) yaitu nilai semester ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dari hasil analisis diperoleh, Rata-rata , dan simpangan baku (S) dari perilaku asertif siswa terhadap pelajaran Pendidikan Agama Kristen masing-masing sebesar 6.80 dan 0.758 sedangkan nilai tertinggi dan nilai terendah untuk perilaku  asertif siswa masing sebesar  8,5 dan 5,6. Kata Kunci : Perilaku Asertif, Prestasi Belajar

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DI KELAS IV SD NEGERI 020620 BINJAI SELATAN

Anwar, Khairul

JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 1 (2017): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: Improving Student Learning Outcomes Through Learning Model Inside Outside Circle In Grade IV SD Negeri 020620 South Binjai. The purpose of research to improve student learning outcomes on the subjects of natural science. The subjects of this study were students of class IV of 20 students consisting of 10 men and 10 women. The result of the research on cycle I of classical completeness level is that there are 4 students (20%), and 16 students (80%) with an average grade of 54.75. Observation data of teacher teaching activity in cycle I meeting I (50,00) and meeting II (71,87). Student learning activity in cycle I meeting I (40,62) and meeting II (62,50). Cycle II there are 17 students (85%), and 3 students (15%) with an average score of 84.75. Observation data of teacher teaching activity in cycle II of meeting I (84,37) and meeting II (93,75). Student learning activity in cycle II of meeting I (71,87) and meeting II (90,62) Keywords:  IOC Model, Science Learning Outcomes. Abstrak: Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Model Pembelajaran Inside Outside Circle Di Kelas IV SD Negeri 020620 Binjai Selatan. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 20 orang siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Hasil penelitian pada siklus I tingkat ketuntasan klasikal yaitu terdapat 4 orang siswa (20%), dan 16 orang siswa (80%) dengan nilai rata-rata 54,75. Data observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I pertemuan I (50,00) dan pertemuan II (71,87). Aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan I (40,62) dan pertemuan II (62,50). Siklus II terdapat 17 orang siswa (85%), dan 3 orang siswa (15%) dengan nilai rata rata 84,75. Data observasi aktivitas mengajar guru pada siklus II pertemuan I (84,37) dan pertemuan II (93,75). Aktivitas belajar siswa pada siklus II pertemuan I (71,87) dan pertemuan II (90,62)  Kata Kunci: Model IOC, Hasil Belajar IPA 

REALISASI PROFESIONALISME GURU PAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DIDIK USIA 4-6 TAHUN 2017

Togatorop, Kavolder

JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 1 (2017): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak : Permasalahan dalam penelitian ini adalah pentingnya mengetahui realisasi guru PAK dalam pembentukan karakter anak usia 4-6 tahun. Guru merupakan panutan bagi murid di dalam kelas, guru harus tampil profesional dalam setiap menyampaikan materi pembelajaran terhadap anak didiknya, kemampuan guru dalam menyampaikan materi merupakan tingkat profesionalisme akan menjadi efektif.. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realisasi profesionalisme guru PAK dalam pembentukan karakter anak didik usia 4-6 tahun, Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek PTK ini adalah anak usia 4-6 tahun kelas B Ekstensi yang berjumlah 42 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Berdasarkan hasil temuan dan data penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa realisasi frofesionalisme guru PAK  (85,71%) dan pembentukan karakter anak (97,61%). Kata Kunci: Realisasi, Profesionalisme Guru PAK Abstract: The problem in this research is the importance of knowing the realization of PAK teachers in the character formation of children aged 4-6 years. Teachers are role models for students in the classroom, teachers must appear professional in every delivery of learning materials to students, the ability of teachers in conveying the material is the level of professionalism will be effective .. The purpose of this study is to know the realization of professionalism of PAK teachers in the formation of child characters educated ages 4-6 years, Learning Year 2013/2014. This type of research is a classroom action research (PTK). The subject of this TOD is a child aged 4-6 years class B Extension which amounted to 42 people. Technique of collecting data is done by observation. Based on the findings and research data, it can be concluded that the realization of PAK teachers profession (85.71%) and character formation of children (97.61%). Keywords: Realization, Professionalism of PAK Teachers

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS III

Simanjuntak, Eva Betty

JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 1 (2017): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: Application of Learning Model Picture and Picture To Improve Reading Skills Student Understanding In English Subject In Class III. The Purpose of this research is to know the improvement of reading comprehension skills of student on English subject with picture ang picture in class III SD Negeri 101772 Tanjung Selamat Model. The type of research is Classroom Action Research (PTK) which consists of two cycles. Subject in the study of student class III-B which amounted to 25 students consisting of 11 male student and 14 female students. Technique of data collection is done by giving test and observation. The results of the first cycle of the test before the average learning value of students 53.62 and in the final test of student learning completeness reached 71.12, while the eng of cycle II reaches the learning mastery level with an average value of 80.72. Keywords: Model Picture and Picture, Reading skills, English Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas III. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris dengan model Picture And Picture di kelas III SD Negeri 101772 Tanjung Selamat. Jenis  penelitian yang adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian siswa/i kelas III-b yang berjumlah 25 orang siswa yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan observasi. Hasil penelitian siklus 1 tes awal sebelum pembelajaran rata-rata nilai siswa 53,62 dan pada tes akhir ketuntasan belajar siswa mencapai 71,12, sedangkan hasil akhir siklus II yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 80,72. Kata Kunci: Model Pembelajaran Picture And Picture, Keterampilan Membaca, Bahasa Inggris