cover
Filter by Year
Berkala Fisika Indonesia
Jurnal BFI (Berkala Fisika Indonesia) merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Prodi Magister Pendidikan Fisika untuk menampung karya penelitian bidang Fisika dan Pendidikan Fisika.
Articles
117
Articles
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMANASAN GLOBAL DENGAN MENGINTEGRASIKAN NILAI KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN

Ulfah, Maria, Fatmala, Rita Iva, Asysyifa, Diena Shulhu, Yulianti, Dwi, Masturi, .

Berkala Fisika Indonesia Vol 9, No 2: July 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.224 KB)

Abstract

Bahan ajar fisika SMA   materi pemanasan global pada u mu mnya hanya berisi ringkasan  materi dan soal-soal. Selain  itu,  pada  beberapa sekolah  pembelajaran  dilakukan  melalu i  presentasi  informasi  yang  diperoleh  siswa. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mendapatkan  bahan  ajar  fisika  SMA  materi  pemanasan global  terintegrasi nilai  konservasi  mengacu  pada  3  dari  7  pilar  Un iversitasNegeri  Semarang  (UNNES)  konservasi,  mengetahui tingkat  kelayakan  bahan  ajar,  dan  mengetahui  perkembangan  karakter  rasa  ingin  tahu  setelah  siswa menggunakan  bahan  ajar.  Metode  penelitian  yang  digunakan  adalah  Research  and  Development.  Prosedur penelitian  memodifikasi tahap 4D  Thiagarajan  menjadi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Bahan ajar yang dikembangkan termasuk  kategori sangat layak digunakan dan dapat mengembangkan karakter  rasa ingin tahu siswa. Kata  kunci: bahan ajar,  pemanasan global, integrasi nilaikonservasi.   

Daftar Isi Volume 10 No. 1 Januari 2018

Indonesia, Berkala Fisika

Berkala Fisika Indonesia Vol 10, No 1: Januari 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.266 KB)

Abstract

-

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK POKOK BAHASAN VEKTOR SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 LUBUKLINGGAU, SUMATERA SELATAN

Arini, Wahyu ( STKIP PGRI Lubuklinggau, Jl. Mayor Toha Kel. Air Kuti Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan ) , Juliadi, Fikri ( STKIP PGRI Lubuklinggau, Jl. Mayor Toha Kel. Air Kuti Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan )

Berkala Fisika Indonesia Vol 10, No 1: Januari 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.139 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran fisika. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMA Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 35 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yaitu dokumentasi berupa hasil jawaban instrumen diagnosis KBK yang bejumlah delapan butir soal, observasi terhadap lembar jawaban siswa, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa terbagi menjadi empat kategori, yaitu kategori tinggi (KBK 3) dengan persentase pencapaian sebesar 74,09%, kategori sedang (KBK 2) dengan persentase pencapaian sebesar 51,14, kategori rendah (KBK 1) dengan persentase pencapaian sebesar 24,43%, dan kategori sangat rendah (KBK 0) dengan persentase pencapaian sebesar 11,67%. Dari hasil penelitian didapatkan juga pencapaian siswa pada setiap indikator KBK. Pencapaian siswa dalam memenuhi indikator interpretasi sebesar 71,19%, analisis sebesar 25,53%, evaluasi sebesar 27,14%, inferensi sebesar 32,86%, eksplikasi sebesar 36,67%, dan regulasi diri sebesar 32,38%. Dengan demikian kemampuan berpikir kritis siswa secara keseluruhan berada pada kategori rendah dengan persentase pencapaian sebesar 35,91%.

PENGEMBANGAN SIMULASI INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI OPEN SOURCE PADA MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK

Yusuf, Irfan ( Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Papua Jalan Gunung Salju Amban, Manokwari, Papua Barat 98314 ) , Widyaningsih, Sri Wahyu ( Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Papua Jalan Gunung Salju Amban, Manokwari, Papua Barat 98314 )

Berkala Fisika Indonesia Vol 10, No 1: Januari 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.58 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan media simulasi interaktif materi fisika menggunakan aplikasi open source untuk meningkatkan aktivitas dan persepsi belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu four-D (4D), yang terdiri atas tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek uji coba yaitu peserta didik kelas XII IPA SMA Tut Wuri Handayani Makassar, Sulawesi Selatan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian media dan materi pembelajaran oleh ahli dan praktisi, lembar observasi aktivitas belajar yang diisi oleh observer selama pembelajaran, dan kuesioner persepsi peserta didik yang diberikan setelah pembelajaran. Teknik analisis deskriptif kuantitatif yang digunakan berupa interpretasi data dari lembar penilaian media, lembar observasi dan kuesioner, sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk menyertai dan melengkapi hasil yang diperoleh. Tingkat reliabilitas instrumen penilaian ahli menggunakan percentage of agreements. Tingkat reliabilitas yang diberikan oleh validator dari setiap aspek adalah di atas 75%, yang berari bahwa hasil reliabel. Validasi ahli media, ahli materi dan praktisi menunjukkan hasil yang baik dari setiap komponen penilaian, dan menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dibuat dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika. Rata-rata aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran berada dalam kategori tim baik, tim hebat dan tim super yang menunjukkan bahwa peserta didik responsif terhadap penjelasan guru, aktif dalam pembelajaran, mengemukakan pendapat, memanfaatkan waktu secara efisien dan membangun ide yang logis serta menarik simpulan dengan akurat. Tingkat persepsi peserta didik adalah 92%, artinya peserta didik sangat setuju terhadap pembelajaran fisika berbasis media open source. Pembelajaran berbasis media open source memberi peluang kepada peserta didik untuk bereksplorasi, sehingga media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi open source  dapat mendukung proses belajar mengajar.

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FISIKA MODERN TENTANG DUALITAS PARTIKEL-GELOMBANG MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK LECTORA INSPIRE UNTUK MAHASISWA S-1 PENDIDIKAN FISIKA

Ermiyati, Lilik ( Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan Kampus III, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Yogyakarta 55164 ) , Oktova, Raden ( Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan Kampus III, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Yogyakarta 55164 )

Berkala Fisika Indonesia Vol 10, No 1: Januari 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.994 KB)

Abstract

Pokok bahasan Dualitas Partikel-Gelombang  dalam mata kuliah Fisika Modern S-1 Pendidikan Fisika bersifat  abstrak, dan mahasiswa memerlukan suatu media interaktif untuk belajar secara mandiri di luar kegiatan tatap muka. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran tentang Dualitas Partikel-Gelombang dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan perangkat lunak Lectora Inspire. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi langkah-langkah: analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Untuk mengetahui kelayakan media dilakukan validasi melalui angket oleh ahli materi, ahli media (TI dan pengguna mahasiswa. Tingkat kelayakan media yang diberikan oleh ahli materi, ahli media dan pengguna berturut-turut adalah sebesar 80,36, 85,42 dan 85,54 %. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.

Cover halaman depan

BFI, Berkala Fisika Indonesia

Berkala Fisika Indonesia Vol 9, No 2: July 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.488 KB)

Abstract

-

PELARASAN WARNA SUARA (HASIL REKONSTRUKSI SUARA) WILAH GENDER BARUNG

Prasetiyo, Agus Eko, Purwanto, Agus, Sumarna, .

Berkala Fisika Indonesia Vol 9, No 2: July 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.35 KB)

Abstract

 Telah  dilakukan  penelitian  untuk  menentukan  rasio  amplitudo  warna  suara  wilah  gender  barung  sehingga diperoleh  kualitas  suara  wilah  gender  barung  yang  paling  baik.  Suara  wilah  gender  barung  direkam  dengan aplikasi Sound Forge  dan dianalisis dengan fasilitas FFT yang ada dalam program tersebut  sehingga diperoleh komponen warna suara penyusun bunyi wilah gender barung (frekuensi fundamental atau  prominent frequency, frekuensi  harmonik,  dan  amplitudo).  Komponen  warna  suara  direkonstruksi  dengan  perangkat  elektronik  dan dilaras  dengan  cara  mengubah-ubah  amplitudo  frekuensinya.  Hasil  penelitian  menunjukkan  pelarasan  warna suara  tidak  dapat  menentukan  rasio  amplitudo  warna  suara  yang  menyatakan  kualitas  suara  yang  paling  baik, tetapi  bisa  menentukan  rasio  amplitudo    maksimal  suara  masih  terdengar  baik.    Tidak  ada  batasan  rasio amplitudo warna suara minimal, tetapi frekuensi-frekuensi harmonik penyusun  suara tidak bisa dihilangkan.  Kata kunci:warna suara, rasio amplitudo, wilah gender barung.  

PEMANFAATAN MS EXCEL 2010 UNTUK PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK INTERAKTIF TENTANG TRANSFORMASI LORENTZ DALAM POKOK BAHASAN TEORI RELATIVITAS KHUSUS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MAHASISWA S-1 PENDIDIKAN FISIKA

Udin, Yana ( SMA Negeri 1 Mawasangka Tengah Jl. Poros Mawasangka-Wamengkoli No. 23, Kel. Lakorua, Mawasangka Tengah Buton Tengah, Sulawesi Tenggara ) , Oktova, Raden ( Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan Kampus III, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Yogyakarta 55164 ) , Sukmawati, Sari Sri ( Program Magister Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan Kampus II, Jl. Pramuka 42 Lt. 3, Yogyakarta 55161 )

Berkala Fisika Indonesia Vol 9, No 2: July 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1477.947 KB)

Abstract

Materi  transformasi    Lorentz  dalam  mata  kuliah  Fisika  Modern  S-1  Pendidikan  Fisika  dianggap  bersifat    abstrak  oleh mahasiswa, oleh karena itu diperlukan media interaktif yang praktis untuk belajar secara mandiri materi yang diberikan dosen dalam tatap muka, terutama untuk berlatih soal. Untuk itu dalam penelitian ini dikembangkan media pembelajaran berupa  buku elektronik  menggunakan  MS Excel  2010 pada subpokok bahasan tersebut. Untuk membuat video animasi digunakan  Adobe  Flash  8.0.  Penelitian  ini  dilakukan  dengan  model  pengembangan  ADDIE,  yang  meliputi  langkah- langkah:  analysis  (analisis),  design  (perancangan),  development  (pengembangan),  implementation  (implementasi),  dan evaluation  (evaluasi).  Untuk  mengetahui  kelayakan  buku  elektronik  dilakukan  validasi  melalui  angket oleh  ahli  media (TI),  ahli  materi,  dan  pengguna  mahasiswa.  Tingkat  kelayakan  buku  elektronik  yang  diberikan  oleh  ahli  media,  ahli materi  dan  pengguna  berturut-turut  adalah  sebesar  89,58%,  79,41%,  dan  84,25%.  Dapat  disimpulkan  bahwa  buku elektronik yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.Kata kunci: buku elektronik, MS Excel 2010, transformasi  Lorentz.

Daftar Isi

Berkala Fisika Indonesia, BFI

Berkala Fisika Indonesia Vol 9, No 1: January 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.794 KB)

Abstract

BERKALA FISIKA INDONESIAJURNAL ILMIAH FISIKA, PEMBELAJARAN DAN APLIKASINYAISSN 2085-0409DAFTAR ISIVOLUME 9 NOMOR 1, EDISI JANUARI 2017DAMPAK PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH KEJURUANDwi Sulisworo, Sri Puji Agustin............................................................................................................................................................1PENGEMBANGAN DAN UJI COBA INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR IPA SMP/MTs KELAS VII PADA MATERI KARAKTERISTIK ZATAnnisa Mahmuda, Ika Kartika, Raden Oktova...........................................................................................................................................................8PENGARUH KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA/FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMADIYAH MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAHMuhammad Minan Chusni............................................................................................................................................................16

DAMPAK PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH KEJURUAN

Sulisworo, Dwi ( Universitas Ahmad Dahlan Kampus III, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Yogyakarta 55164 ) , Agustin, Sri Puji ( Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Gebang Gebang Ilir, Gebang, Cirebon, Jawa Barat )

Berkala Fisika Indonesia Vol 9, No 1: January 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.845 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada dekade terakhir telah turut mempengaruhi praktek pembelajaran di sekolah, termasuk pada mata pelajaran fisika di sekolah menengah kejuruan. Pemanfaatan teknologi ini menjadi peluang bagi guru untuk memperbaiki hasil belajar yang pada level tertentu masih menjadi permasalahan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran secara elektronik atau e-learning terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari motivasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pretest-posttest control group design. Variabel bebas penelitian ini adalah strategi pembelajaran. Variabel terikat yang diukur adalah hasil belajar, dengan variabel motivasi sebagai variabel penjelas atau prediktor. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan e-learning menunjukkan hasil belajar yang lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan tatap muka di kelas. Selain itu, motivasi dapat digunakan sebagai prediktor untuk mengetahui hasil belajar siswa. Kata kunci: e-learning, pendidikan fisika, sekolah kejuruan, hasil belajar, motivasi.