Articles
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMANASAN GLOBAL DENGAN MENGINTEGRASIKAN NILAI KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN
Ulfah, Maria, Fatmala, Rita Iva, Asysyifa, Diena Shulhu, Yulianti, Dwi, Masturi, .
Berkala Fisika Indonesia Vol 9, No 2: July 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (116.224 KB)
Bahan ajar fisika SMA  materi pemanasan global pada u mu mnya hanya berisi ringkasan materi dan soal-soal. Selain itu, pada beberapa sekolah pembelajaran dilakukan melalu i presentasi informasi yang diperoleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bahan ajar fisika SMA materi pemanasan global terintegrasi nilai konservasi mengacu pada 3 dari 7 pilar Un iversitasNegeri Semarang (UNNES) konservasi, mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar, dan mengetahui perkembangan karakter rasa ingin tahu setelah siswa menggunakan bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Prosedur penelitian memodifikasi tahap 4D Thiagarajan menjadi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Bahan ajar yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak digunakan dan dapat mengembangkan karakter rasa ingin tahu siswa. Kata kunci: bahan ajar, pemanasan global, integrasi nilaikonservasi. Â
Daftar Isi Volume 10 No. 1 Januari 2018
Indonesia, Berkala Fisika
Berkala Fisika Indonesia Vol 10, No 1: Januari 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (156.266 KB)
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK POKOK BAHASAN VEKTOR SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 LUBUKLINGGAU, SUMATERA SELATAN
Arini, Wahyu ( STKIP PGRI Lubuklinggau, Jl. Mayor Toha Kel. Air Kuti Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan ) , Juliadi, Fikri ( STKIP PGRI Lubuklinggau, Jl. Mayor Toha Kel. Air Kuti Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan )
Berkala Fisika Indonesia Vol 10, No 1: Januari 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (378.139 KB)
Telah dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran fisika. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMA Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 35 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yaitu dokumentasi berupa hasil jawaban instrumen diagnosis KBK yang bejumlah delapan butir soal, observasi terhadap lembar jawaban siswa, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa terbagi menjadi empat kategori, yaitu kategori tinggi (KBK 3) dengan persentase pencapaian sebesar 74,09%, kategori sedang (KBK 2) dengan persentase pencapaian sebesar 51,14, kategori rendah (KBK 1) dengan persentase pencapaian sebesar 24,43%, dan kategori sangat rendah (KBK 0) dengan persentase pencapaian sebesar 11,67%. Dari hasil penelitian didapatkan juga pencapaian siswa pada setiap indikator KBK. Pencapaian siswa dalam memenuhi indikator interpretasi sebesar 71,19%, analisis sebesar 25,53%, evaluasi sebesar 27,14%, inferensi sebesar 32,86%, eksplikasi sebesar 36,67%, dan regulasi diri sebesar 32,38%. Dengan demikian kemampuan berpikir kritis siswa secara keseluruhan berada pada kategori rendah dengan persentase pencapaian sebesar 35,91%.
PENGEMBANGAN SIMULASI INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI OPEN SOURCE PADA MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK
Yusuf, Irfan ( Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Papua
Jalan Gunung Salju Amban, Manokwari, Papua Barat 98314 ) , Widyaningsih, Sri Wahyu ( Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Papua
Jalan Gunung Salju Amban, Manokwari, Papua Barat 98314 )
Berkala Fisika Indonesia Vol 10, No 1: Januari 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (621.58 KB)
Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan media simulasi interaktif materi fisika menggunakan aplikasi open source untuk meningkatkan aktivitas dan persepsi belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu four-D (4D), yang terdiri atas tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek uji coba yaitu peserta didik kelas XII IPA SMA Tut Wuri Handayani Makassar, Sulawesi Selatan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian media dan materi pembelajaran oleh ahli dan praktisi, lembar observasi aktivitas belajar yang diisi oleh observer selama pembelajaran, dan kuesioner persepsi peserta didik yang diberikan setelah pembelajaran. Teknik analisis deskriptif kuantitatif yang digunakan berupa interpretasi data dari lembar penilaian media, lembar observasi dan kuesioner, sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk menyertai dan melengkapi hasil yang diperoleh. Tingkat reliabilitas instrumen penilaian ahli menggunakan percentage of agreements. Tingkat reliabilitas yang diberikan oleh validator dari setiap aspek adalah di atas 75%, yang berari bahwa hasil reliabel. Validasi ahli media, ahli materi dan praktisi menunjukkan hasil yang baik dari setiap komponen penilaian, dan menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dibuat dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika. Rata-rata aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran berada dalam kategori tim baik, tim hebat dan tim super yang menunjukkan bahwa peserta didik responsif terhadap penjelasan guru, aktif dalam pembelajaran, mengemukakan pendapat, memanfaatkan waktu secara efisien dan membangun ide yang logis serta menarik simpulan dengan akurat. Tingkat persepsi peserta didik adalah 92%, artinya peserta didik sangat setuju terhadap pembelajaran fisika berbasis media open source. Pembelajaran berbasis media open source memberi peluang kepada peserta didik untuk bereksplorasi, sehingga media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi open source dapat mendukung proses belajar mengajar.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FISIKA MODERN TENTANG DUALITAS PARTIKEL-GELOMBANG MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK LECTORA INSPIRE UNTUK MAHASISWA S-1 PENDIDIKAN FISIKA
Ermiyati, Lilik ( Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Ahmad Dahlan
Kampus III, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Yogyakarta 55164 ) , Oktova, Raden ( Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Ahmad Dahlan
Kampus III, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Yogyakarta 55164 )
Berkala Fisika Indonesia Vol 10, No 1: Januari 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (531.994 KB)
Pokok bahasan Dualitas Partikel-Gelombang  dalam mata kuliah Fisika Modern S-1 Pendidikan Fisika bersifat abstrak, dan mahasiswa memerlukan suatu media interaktif untuk belajar secara mandiri di luar kegiatan tatap muka. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran tentang Dualitas Partikel-Gelombang dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan perangkat lunak Lectora Inspire. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi langkah-langkah: analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Untuk mengetahui kelayakan media dilakukan validasi melalui angket oleh ahli materi, ahli media (TI dan pengguna mahasiswa. Tingkat kelayakan media yang diberikan oleh ahli materi, ahli media dan pengguna berturut-turut adalah sebesar 80,36, 85,42 dan 85,54 %. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.
Cover halaman depan
BFI, Berkala Fisika Indonesia
Berkala Fisika Indonesia Vol 9, No 2: July 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (360.488 KB)
PELARASAN WARNA SUARA (HASIL REKONSTRUKSI SUARA) WILAH GENDER BARUNG
Prasetiyo, Agus Eko, Purwanto, Agus, Sumarna, .
Berkala Fisika Indonesia Vol 9, No 2: July 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (478.35 KB)
 Telah dilakukan penelitian untuk menentukan rasio amplitudo warna suara wilah gender barung sehingga diperoleh kualitas suara wilah gender barung yang paling baik. Suara wilah gender barung direkam dengan aplikasi Sound Forge dan dianalisis dengan fasilitas FFT yang ada dalam program tersebut sehingga diperoleh komponen warna suara penyusun bunyi wilah gender barung (frekuensi fundamental atau prominent frequency, frekuensi harmonik, dan amplitudo). Komponen warna suara direkonstruksi dengan perangkat elektronik dan dilaras dengan cara mengubah-ubah amplitudo frekuensinya. Hasil penelitian menunjukkan pelarasan warna suara tidak dapat menentukan rasio amplitudo warna suara yang menyatakan kualitas suara yang paling baik, tetapi bisa menentukan rasio amplitudo  maksimal suara masih terdengar baik.  Tidak ada batasan rasio amplitudo warna suara minimal, tetapi frekuensi-frekuensi harmonik penyusun suara tidak bisa dihilangkan.  Kata kunci:warna suara, rasio amplitudo, wilah gender barung. Â
PEMANFAATAN MS EXCEL 2010 UNTUK PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK INTERAKTIF TENTANG TRANSFORMASI LORENTZ DALAM POKOK BAHASAN TEORI RELATIVITAS KHUSUS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MAHASISWA S-1 PENDIDIKAN FISIKA
Udin, Yana ( SMA Negeri 1 Mawasangka Tengah Jl. Poros Mawasangka-Wamengkoli No. 23, Kel. Lakorua, Mawasangka Tengah Buton Tengah, Sulawesi Tenggara ) , Oktova, Raden ( Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan Kampus III, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Yogyakarta 55164 ) , Sukmawati, Sari Sri ( Program Magister Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan Kampus II, Jl. Pramuka 42 Lt. 3, Yogyakarta 55161 )
Berkala Fisika Indonesia Vol 9, No 2: July 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1477.947 KB)
Materi transformasi   Lorentz dalam mata kuliah Fisika Modern S-1 Pendidikan Fisika dianggap bersifat   abstrak oleh mahasiswa, oleh karena itu diperlukan media interaktif yang praktis untuk belajar secara mandiri materi yang diberikan dosen dalam tatap muka, terutama untuk berlatih soal. Untuk itu dalam penelitian ini dikembangkan media pembelajaran berupa buku elektronik menggunakan MS Excel 2010 pada subpokok bahasan tersebut. Untuk membuat video animasi digunakan Adobe Flash 8.0. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi langkah- langkah: analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Untuk mengetahui kelayakan buku elektronik dilakukan validasi melalui angket oleh ahli media (TI), ahli materi, dan pengguna mahasiswa. Tingkat kelayakan buku elektronik yang diberikan oleh ahli media, ahli materi dan pengguna berturut-turut adalah sebesar 89,58%, 79,41%, dan 84,25%. Dapat disimpulkan bahwa buku elektronik yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.Kata kunci: buku elektronik, MS Excel 2010, transformasi Lorentz.
DAMPAK PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH KEJURUAN
Sulisworo, Dwi ( Universitas Ahmad Dahlan
Kampus III, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Yogyakarta 55164 ) , Agustin, Sri Puji ( Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Gebang
Gebang Ilir, Gebang, Cirebon, Jawa Barat )
Berkala Fisika Indonesia Vol 9, No 1: January 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (276.845 KB)
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada dekade terakhir telah turut mempengaruhi praktek pembelajaran di sekolah, termasuk pada mata pelajaran fisika di sekolah menengah kejuruan. Pemanfaatan teknologi ini menjadi peluang bagi guru untuk memperbaiki hasil belajar yang pada level tertentu masih menjadi permasalahan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran secara elektronik atau e-learning terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari motivasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pretest-posttest control group design. Variabel bebas penelitian ini adalah strategi pembelajaran. Variabel terikat yang diukur adalah hasil belajar, dengan variabel motivasi sebagai variabel penjelas atau prediktor. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan e-learning menunjukkan hasil belajar yang lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan tatap muka di kelas. Selain itu, motivasi dapat digunakan sebagai prediktor untuk mengetahui hasil belajar siswa. Kata kunci: e-learning, pendidikan fisika, sekolah kejuruan, hasil belajar, motivasi.
PENGARUH KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA/FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMADIYAH MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH
Chusni, Muhammad Minan ( Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan A.H. Nasution No. 105, Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614 )
Berkala Fisika Indonesia Vol 9, No 1: January 2017
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (246.065 KB)
Telah dilakukan penelitian korelasional untuk mengetahui pengaruh kemampuan dasar matematika serta kemampuan penalaran terhadap hasil belajar IPA/Fisika. Pengambilan data dilakukan pada bulan September 2010 dengan populasi peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian adalah korelasional dengan instrumen pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dasar matematika dan kemampuan penalaran berpengaruh secara berarti terhadap hasil belajar IPA/Fisika.Kata kunci: kemampuan dasar matematika, penalaran, hasil belajar, IPA/Fisika.