cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Published by Universitas Surabaya
ISSN : 23038203     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya merupakan kumpulan artikel yang ditulis oleh mahasiswa Universitas Surabaya. ISSN 2302-8203
Arjuna Subject : -
Articles 111 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 2 (2014): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya" : 111 Documents clear
STRATEGI PENINGKATAN REMMITANCE MALALUI PENGIRIMAN TENAGA KERJA INDONESIA KE LUAR NEGERI ASAL PROVINSI JAWA TIMUR, TAHUN 2008-2013 Yuniar, Adhania Hexxa
CALYPTRA Vol 3 No 2 (2014): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.581 KB)

Abstract

This research investigates the the strategy of increasing remmitance through Indonesian labor originated from province of East Java. The research was conducted using the SWOT analysis under four steps, namely assessing the strength, weakness, opportunities and threat. The method of this research is a qualitative approach the key strategy for increating remmitance descriptive.   The main result of this research indicates that is to expand employment opportunities, improve quality, and enhance productivity of labors origined from East Java. 
ANALISIS PERBEDAAN PROGRAM DAN PELAPORAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA BUMN DAN BUMS: STUDI CONTENT ANALYSIS PERUSAHAAN SEMEN DI INDONESIA Tyas, Puteri Kusumaning
CALYPTRA Vol 3 No 2 (2014): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.773 KB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen perusahaan terhadap pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dengan melibatkan karyawan dan masyarakat maupun pemangku kepentingan lainnya untuk meningkatkan bisnis dan pembangunan yang baik. Akhir-akhir ini, semakin banyak perusahaan yang telah menerapkan program CSR dan melaporkan CSR. Dengan struktur kepemilikan perusahaan yang berbeda-beda akan mempengaruhi desain program dan pelaporan yang digunakan. Penelitian ini bertujuan mengetahui lebih dalam program, pelaporan CSR pada perusahaan semen BUMN dan BUMS di Indonesia. Penelitian dilakukan pada empat perusahaan semen di Indonesia dengan struktur kepemilikan yang berbeda. Temuan dari peneliti ini terdapat pada perbedaan program maupun standar dalam pelaporan masing-masing perusahaan. Perusahaan semen swasta menggunakan standar internasional, sedangkan perusahaan semen milik pemerintah tidak semuanya menggunakan standar internasional. Program pada masing-masing perusahaan memiliki fokus yang sama yaitu ekonomi, sosial, lingkungan namun dalam penerapan memiliki karakteristik yang berbeda-beda masing-masing perusahaan. 
AKUNTABILITAS PADA GEREJA X DI SURABAYA Santoso, Rudi; Sugiarti, Yenny
CALYPTRA Vol 3 No 2 (2014): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.224 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori akuntabilitas pada Gereja Protestan di Surabaya. Organisasi gereja merupakan salah satu bentuk organisasi nirlaba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pengambilan data menggunakan teknik interview, observasi dan analisis dokumen. Penelitian ini menggunakan gereja x di Surabaya dengan melakukan interview kepada gembala sidang, ketua komisi, pendeta dan jemaat di gereja x, observasi saat kebaktian dan melakukan analisis dokumen berupa buku-buku, jurnal dan warta jemaat gereja x. Penelitian ini melihat bagaimana bentuk pertanggungjawaban secara vertical dan horizontal antara para pengurus kepada gembala sidang dan kepada jemaat dan Tuhan Yesus. Pengimpelemntasian visi dan misi yang dimiliki gereja dengan menerapkan integirtas pada masing-masing individu. Temuan penelitian ini menunjukan gereja x telah menerapkan perspektif akuntabilitas yang meliputi akuntabilitas administrative, akuntabilitas legal, akuntabilitas politik, akuntabilitas professional, akuntabilitas moral yang dibandingkan  akuntabilitas dalam Alkitab akan tetapi gereja x ini tidak mempunyai rencana strategis dikarenakan gereja x ini hanya berpusat pada kinerja tahunan dan bulanan dalam pencapaian visi dan misi yang dimiliki gereja x.
PEMANFAATAN BOLA PING-PONG BEKAS MENJADI HOME DÉCOR YANG BERNILAI ESTETIS Halim, Gabriela Delavin
CALYPTRA Vol 3 No 2 (2014): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1113.095 KB)

Abstract

Sampah merupakan masalah serius yang tidak pernah disadari dalam kehidupan sehari-hari, terlebih pembuangan sampah plastik. Plastik merupakan materi yang sulit terurai dalam waktu singkat. Dibutuhkan waktu berpuluh-puluh tahun agar material plastic dapat terurai. Salah satu benda yang terbuat dari plastik adalah bola ping-pong. Tanpa kita sadari, kita menimbun sampah plastik dengan membuang bola ping-pong tanpa dimanfaatkan. Dengan dilakukannya eksperimen, observasi lapangan, interview serta penelitian secara kuantitatif, yakni kuesioner responden didapatkan bahwa bola ping-pong yang sudah tidak terpakai, dapat dijadikan produk home décor. Produk home décor tersebut terdiri dari pigura foto, cermin dinding, jam dinding, tempat tisu dan lampu hias. Produk ini menggunakan konsep fascinating homey ping pong ball home décor, dimana produk ini diharapkan dapat memberikan kesan nyaman dalam suatu ruangan sehingga pengguna lebih betah untuk tinggal dirumah dan membantu mengurangi stres. Garbage is a serious problem that is never realized in daily life, especially plastic waste. Plastic is a material that difficult to decompose in a short time. It took decades in order to decompose. There’s a product that made of plastic is ping-pong ball. We don’t realized, we store up plastic waste without trying to recycle it. By doing experiments, observations, interviews and quantitative research , such the questionnaire from respondents, we know that waste ping- pong can be used as home décor products . Home décor products consist of picture frames, mirrors, wall clocks, place paper towels and decorative lighting. These products use a concept fascinating homey ping-pong ball home décor, which these products are expected to having a good performance for a room, so that the user is more comfortable to stay at home and help reduce stress.
EVALUASI PENERAPAN ACTION CONTROL DAN RESULT CONTROL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN CV “X” CABANG SEMARANG Soendoro, Cyinthia Dewi
CALYPTRA Vol 3 No 2 (2014): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.565 KB)

Abstract

Tujuan penulisan skripsi ini termasuk explanatory research  karena fokus dari penulisan ini mengevaluasi penerapan action control dan result control dalam upaya meningkatkan kualitas layanan CV “X” cabang Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV ”X” telah menerapkan action control dan result control yang bertujuan memberikan suatu layanan yang baik sehingga pelanggan memiliki penilaian positif. Namun, masih terdapat beberapa kelemahan dalam dimensi kualitas layanan yang ditimbulkan dari service quality gap yang terjadi sehingga membuat layanan menjadi kurang optimal. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem pengendalian manajemen yang lebih baik untuk mengatasi masalah-masalah terkait kualitas layanan. Dalam penerapannya, action control dan result control akan saling melengkapi kebutuhan badan usaha dalam meningkatkan kualitas layanan yang diberikan. Dengan adanya peningkatan kualitas layanan, diharapkan perusahaan dapat memenuhi harapan konsumen sehingga menciptakan kepuasan dan loyalitas yang tinggi dan tujuan perusahaan pun dapat tercapai.
EVALUASI ACTION CONTROL DAN RESULT CONTROL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN FORWADING DI PT. BJS SURABAYA Lado, Merlinda Ratu
CALYPTRA Vol 3 No 2 (2014): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.043 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan pada perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman dan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Peningkatan kualitas layanan dalam badan usaha, untuk mencapai keuntungan jangka panjang bagi badan usaha yaitu loyalitas pelanggan,  salah satu faktor keberhasilan untuk menciptakan suatu layanan yang berkualitas pada bisnis forwading harus didukung dengan sistem pengendalian manajemen yang lebih baik. Action control dan result control merupakan pengendalian formal yang bertujuan untuk memberi manfaat bagi perusahaan dalam mengontrol tingkah laku karyawan sehingga tujuan dari perusahaan itu sendiri dapat tercapai. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada suatu perusahaan, dampak penurunan kinerja para karyawan berpengaruh. Tingkat perbaikan suatu system pengendalian di perusahaan sangatlah penting. Metode yang digunakan adalah metode explanatory dengan bentuk penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di sebuah perusahaan bisnis forwarding. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Berdasarkan hasil penelitian terhadap perusahaan, sistem pengendalian formal yang ada di perusahaan belum dapat berjalan dengan baik, perlu adanya perbaikan ulang lagi untuk meningkatkan kulaitas layanan yang ada di perusahaan.  This study aims to determine the quality of service in a company engaged in the service delivery and influence customer satisfaction. Improved quality of service in a business entity, to achieve long-term benefits for the enterprise customer loyalty, one of the success factors for creating a quality service on forwarding business must be supported by the system better management control. Action control and control is a result of formal control that aims to benefit the company in controlling the behavior of the employees so that the objectives of the company itself can be achieved.  Based on the results of research conducted in a company, the impact of a decrease in the performance of the employees affected. An improved level control system in the company is very important. The method used is to form an explanatory method of qualitative research. The study was conducted in a business enterprise forwarding. Data collection techniques are observation, interviews, and document analysis. Based on the results of research on the company, the formal control system in the company has not been able to run well, there needs to be improvement over again to improve existing services kualitas in the company.  Key word: Management Control Systems, Control Action, Result Control, and Quality of Service.
EVALUASI MANAGEMENT CONTROL SYSTEM DALAM MENINGKATKAN CONTROL PADA AKTIVITAS OPERASIONALPADA CV “X” DI SURABAYA Ariyanto, Teguh
CALYPTRA Vol 3 No 2 (2014): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.39 KB)

Abstract

Bisnis Keluarga merupakan badan usaha yang sering kali dijumpai dibanyak negara. Bisnis keluarga sendiri merupakan sumber penciptaan kekayaan pribadi dan juga merupakan perekonomian regional khususnya wilayah asia. Bisnis keluarga sendiri tidak terlepas dari suatu masalah. Adapun masalah yang dihadapi antara bisnis keluarga antara satu dan yang lain berbeda-beda. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem pengendalian manajemen untuk mengatasi suatu masalah tersebut.Pada penelitian ini obyek yang digunakan adalah CV “X” yang dimana juga merupakan bisnis keluarga yang bergerak pada bidang jasa yang khususnya jasa perbaikan kapal serta kontraktor. Penelitian juga merupakan applied research yang bertujuan untuk memberikan rekomendasi pada CV “X” Surabaya mengenai sistem pengendalian manajemen dalam upaya untuk meningkatkan kontrol pada aktivitas operasionalnya. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan secara kualitatif.Temuan yang didapatkan selama observasi atau masa penelitian adalah masih lemahnya kontrol pada aktivitas operasional pada CV “X” yang dimana berdampak pada penyelesaian pekerjaan serta kualitas hasil yang tidak sesuai dengan harapan dari seorang pemilik. Dalam hal ini CV “X” perlu memperbaiki sistem pengendalian manajemen agar control yang ada dalam CV “X” meningkat dan pekerjaan dapat terselesaikan sesuai tepat pada waktunya dan kualitas hasil pekerjaan sesuai dengan apa yang diharapkan. The family business is a business entity that is often found in many countries. Family business itself is a source of personal wealth creation and also the regional economy, especially the Asian region. The family business is inseparable from the problem. The problems facing the family business between one and the other is different. Therefore we need a management control system to overcome the problem.In this study, the object used is the CV "X" which is also a family business which engaged the services of a particular field of ship repair services as well as contractors. Research is also an applied research that aims to provide recommendations on the CV "X" Surabaya on management control systems in an effort to improve control on operational activities. The approach in this study is a qualitative approach.The findings obtained during the observation or study period is still lack of control on the operational activity in CV "X" that is where the impact on the completion of the work and the quality of the results that are inconsistent with the expectations of the owner. In this case the CV "X" needs to improve management control system so that the control is in the CV "X" increases and the work can be completed on time and the corresponding quality of the work in accordance with what is expected.
HUBUNGAN TRANSAKSI PIHAK BERELASI TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI SELAIN SEKTOR KEUANGAN PERIODE 2010-2012 Wijaya, Cindy
CALYPTRA Vol 3 No 2 (2014): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.944 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan hubungan antara transaksi pihak berelasi dan manajemen laba. Penelitian ini mengambil sampel 50 badan usaha manufaktur dan 50 badan usaha non manufaktur selain sektor keuangan di Indonesia yang terdaftar di BEI periode 2010 - 2012 dimana pemilihan sampel dilakukan secara stratified random sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Manajemen Laba, variabel independen adalah Transaksi Pihak Berelasi, dan variabel control meliputi Cash Flow Operation (CFO), Leverage, Return on Assets (ROA), Firm Size, dan Big-4 Audit Firms. Hasil utama penelitian ini membuktikan bahwa transaksi pihak berelasi tidak berhubungan signifikan dengan manajemen laba. Tidak adanya hubungan signifikan antara transaksi pihak berelasi dengan manajemen laba karena adanya peraturan dimana pihak berelasi dan transaksi pihak berelasi wajib diungkapkan secara menyeluruh.
ANALISIS PERILAKU UD. HARAPAN JAYA DAN PEMASOKNYA DALAM KOOPERASI MENCAPAI KINERJA SISTEM PEMBELIAN JUST IN TIME (JIT) Hartono, Silvia Yoenita
CALYPTRA Vol 3 No 2 (2014): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.571 KB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis tentang perilaku yang terjadi antara UKM dan pemasoknya dalam hubungan kooperasi untuk mencapai kinerja pembelian yang Just In Time (JIT). UKM yang menjadi obyek penelitian ini khusus pada jenis usaha dagang. UKM perlu membina hubungan yang kooperatif dengan pemasok untuk menyediakan bahan baku secara kontinyu, tepat, dan cepat. Dalam hubungan kooperasi terdapat peran perilaku yang menentukan kualitas hubungan tersebut. Perilaku tersebut meliputi saling ketergantungan, kepercayaan dan keselarasan tujuan.  Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara obyek studi secara langsung di lapangan (data primer). Penelitian dilakukan pada setting aktivitas kerja sehari-hari secara alami, dengan tidak mengubah desain dan lingkungan asal dengan intervensi minim. Untuk pemahaman mendalam dan aktual, data dibatasi hanya berfokus pada satu periode waktu saja yaitu tahun 2013.  Untuk mendapatkan laba yang besar, UKM perlu meminimalisir biaya yang tidak perlu dalam kegiatan operasinya. Meminimalisir biaya yang seharusnya tidak dikeluarkan dalam ilmu ekonomi ekonomi dikenal dengan konsep “Just In Time” (JIT). Penulis memilih UD. HARAPAN JAYA sebagai obyek penelitian. Sistem JIT akan tercapai apabila ada hubungan baik antara UKM dengan pemasok seperti halnya UD. HARAPAN JAYA dengan pemasoknya.  Hubungan baik ini tercermin dari perilaku saling ketergantungan, kepercayaan dan keselarasan tujuan.
PERAN LINGKUNGAN BUDAYA TIONGHOA TERHADAP MANAJEMEN KINERJA Rungkat, Ruth
CALYPTRA Vol 3 No 2 (2014): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.564 KB)

Abstract

Suku bangsa/etnis Tionghoa merupakan etnis yang tergolong minoritas di Indonesia. Walaupun secara kuantitas tergolong minoritas, tetapi secara kualitas tergolong mayoritas. Hal ini dilihat dengan berkembangnya bisnis yang dijalankan pengusaha keturunan Tionghoa sejak jaman Order Baru dan meraih sukses sampai saat ini. Kesuksesan suatu badan usaha,tentunya merupakan hasil kerja keras dari sumber daya manusia yang bekerja di dalamnya. Agar hasil kerja keras dari sumber daya manusia yang bekerja mencapai tujuan badan usaha, dibutuhkanlah manajemen kinerja. Penggunaan manajemen kinerja dalam badan usaha, tentunya harus mempertimbangkan norma-norma budaya yang ada dikarenakan latar belakang lingkungan budaya pada masing-masing badan usaha akan berbeda 1 dengan yang lainnya. Dengan mempertimbangkan norma-norma budaya yang ada di dalam badan usaha, membuat manajemen kinerja menjadi efektif. Studi ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengaruh lingkungan budaya Tionghoa terhadap peranan manajemen kinerja dengan menggunakan pendekatan interpretive. Penelitian menggunakan objek perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut di Surabaya. Penelitian ini menemukan bahwa lingkungan budaya Tionghoa yang dimiliki pemimpin perusahaan mempengaruhi peranan manajemen kinerja yang diterapkan secara tidak langsung. Tribes / ethnic Chinese were classified as ethnic minorities in Indonesia. Although the quantity belonging to a minority, but the majority of classified quality. This is seen with the development of business entrepreneurs who run Chinese descent since the New Order era and success to date. The success of an enterprise, of course, is the hard work of the human resources working in them. In order for the hard work of the human resources working towards the goal of business entities, need performance management. The use of performance management in the enterprises, of course, have to consider the cultural norms that exist due to the background of the cultural environment on each will be different from one business entity to another. Taking into account the cultural norms that exist in the enterprise, making performance management to be effective. This study aims to gain a deeper understanding of the influence of Chinese culture on the role of environmental management performance by using the interpretive approach. The research uses an object company Sea Cargo in Surabaya. This study found that the Chinese cultural environment owned corporate leaders influence the performance management role applied indirectly.

Page 1 of 12 | Total Record : 111