cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Published by Universitas Surabaya
ISSN : 23038203     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya merupakan kumpulan artikel yang ditulis oleh mahasiswa Universitas Surabaya. ISSN 2302-8203
Arjuna Subject : -
Articles 158 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 1 (2013): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya" : 158 Documents clear
STUDI MENGENAI EFEK DAUN KATUK (Sauropus androgynus (L) Merr.) TERHADAP LIBIDO KELINCI JANTAN(Oryctolagus cuniculus) SEBAGAI AFRODISIAK Harmusyanto, Rhanuga
CALYPTRA Vol 2 No 1 (2013): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian seduhan daun katuk (Sauropus androgynus (L.) Merr.) terhadap peningkatan libido (memiliki efek afrodisiak) terhadap kelinci jantan (Oryctolagus cuniculus). Seduhan daun katuk diberikan secara oral setiap hari selama 14 hari. Dengan parameter uji yang diamati adalah jumlah aktivitas pengenalan (introduction),menunggang (climb), dan kawin (coitus) selama 1 jam. Terdapat 2 kelompok perlakuan yaitu kelompok kontrol diberi Aqua demineralisata (K), kelompok perlakuan atau uji diberikan dosis 5g/kgBB, masing-masing kelompok terdiri dari 5 ekor kelinci. Pengamatan dilakukan setiap hari selama 14 hari dalam kurun waktu 1 jam setelah pemberian daun katuk 5g/kgBB. Hasil penelitian ini diamati dengan mengunakan uji t bebas, untuk mengetahui signifikansi perbedaan efek antar faktor perlakuan dengan membandingkan rata-rata dari distribusi normal. Dari hasil penelitian terdapat perbedaan bermakna antara kelompok uji dan kelompok kontrol, dimana kelinci jantan dengan pengaruh daun katuk memiliki peningkatan libido yang lebih besar dibandingkan dengan aquadem. Dengan demikian menunjukkan bahwa pemberian seduhan daun katuk selama 14 hari dapat meningkatkan libido (memiliki efek afrodisiak) kelinci jantan.
RANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEDIAAN DI CV. MULTI JAYA PALU, SULAWESI TENGAH Chendana, Stefani
CALYPTRA Vol 2 No 1 (2013): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rancangan sistem informasi manajemen sediaan ini bertujuan untuk mendukung keputusan pada proses pembelian dan penjualan agar akurat, tepat waktu, dan relevan bagi CV. Multi Jaya di Palu, Sulawesi Tengah. Pembuatan rancangan tersebut perlu dilakukan, mengingat cara konvensional dalam mengelola usaha pada CV. Multi Jaya saat ini masih dilakukan secara manual sehingga menjadi kurang efektif dan efisien menyangkut proses pembelian serta penjualan produknya. Sistem informasi manajemen diperlukan dalam rangka terciptanya bagian proses usaha. Selain itu, dengan adanya rancangan tersebut diharapkan dapat menghasilkan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan secara tepat agar tercipta proses operasional yang baik bagi CV. Multi Jaya dimasa yang akan datang.m Rancangan ini menggunakan penambahan Electronic Data Processing (EDP) yang meliputi perangkat keras dan perangkat lunak database management system serta prosedur yang harus dilakukan untuk aktivitas yang ada pada proses pembelian dan penjualan agar dapat berjalan baik sesuai dengan yang diharapkan. Dalam rancangan tersebut mengatur proses pembelian dari pemasok mulai data pemasok secara lengkap, produk yang dibeli dari pemasok, serta harga beli produk sedangkan pada proses penjualan terdapat data pembeli baik dari dalam kota maupun luar kota, jumlah produk yang dijual, tanggal produk tersebut dijual serta keseluruhan proses menyangkut sediaan yang masuk dan keluar di CV. Multi Jaya.
APLIKASI INTEGRASI KANSEI ENGINEERING DAN METODE TRIZ PADA LAYANAN VILLA NUNIA, BALI Suseno, Angeline; Hartono, Markus; Surjani, Rosita Meitha
CALYPTRA Vol 2 No 1 (2013): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemenuhan kebutuhan emosional konsumen menjadi semakin penting untuk diperhatikan, terutama pada industri yang sedang berkembang, contohnya industri jasa. Salah satu industri jasa yang semakin berkembang saat ini yaitu industri properti di Bali, seperti hotel, villa, dan resort. Villa Nunia, salah satu villa di kawasan Seminyak, Bali yang cukup baru didirikan, masih terdapat kekurangan yang dikeluhkan para tamunya. Maka diperlukan peningkatan kualitas layanan untuk dapat memuaskan para tamu. Untuk memenuhi kebutuhan emosional, digunakan metode Kansei Engineering, yaitu suatu metode yang dapat menerjemahkan kebutuhan emosional manusia dalam parameter desain yang konkret melalui teknik tertentu (Nagamachi, 2002). Untuk mendapatkan solusi perbaikan yang inovatif, digunakan metode TRIZ, yaitu metode pemecahan masalah dengan cara mengeliminir kontradiksi sehingga mampu menghasilkan solusi yang inovatif (Chai et al., 2005). Dengan pengintegrasian kedua metode ini maka dapat diperoleh solusi ideal yang inovatif serta dapat memenuhi kebutuhan emosional para tamu Villa Nunia. Dari hasil kuisioner, Kansei word yang paling dominan dirasakan para tamu adalah “Senang” dengan mean sebesar 4.45 dan yang paling kurang dirasakan adalah Kansei word “Bersih” dengan mean 3.82. Setelah itu dilakukan pemodelan untuk mengetahui atribut apa saja yang member pengaruh signifikan terhadap Kansei words. Terdapat 6 atribut yang membutuhkan perbaikan dengan menempati posisi kuadran III dan kuadran IV pada analisis kuadran serta berpengaruh pada Kansei words. Keenam atribut ini yang akan dicari solusi perbaikannya dengan metode TRIZ. Dengan mengaplikasikan solusi-solusi TRIZ yang didapatkan, maka kontribusi teoritis yang didapatkan yaitu pihak manajemen villa dapat memenuhi kebutuhan emosional para tamu, sementara kontribusi praktis yang didapatkan adalah pihak manajemen villa dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan pada para tamu, sehingga melalui kontribusi-kontribusi tersebut Villa Nunia dapat memenangkan persaingan antar hotel, villa dan resort di Bali.
ANALISIS PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BERDASAR PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DI PT ENSEVAL PUTERA MEGATRADING, Tbk Agustin, Olivia; Frisko, Dianne
CALYPTRA Vol 2 No 1 (2013): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap badan usaha, dalam menjalankan kegiatan operasionalnya secara tidak langsung pasti membutuhkan masyarakat dan lingkungan disekitarnya. Keberadaan badan usaha dapat memberikan dampak yang positif maupun negatif bagi masyarakat disekitarnya. Para pelaku dunia industri mulai menyadari bahwa dalam menjalankan usahanya, selain bertujuan untuk memperoleh profit tentunya juga harus turut memperhatikan aspek lingkungan dan masyarakat. Oleh karena itu, badan usaha memiliki tanggung jawab kepada stakeholders untuk memberikan nilai tambah dan bentuk kepedulian badan usaha terhadap lingkungan disekitar. Hal ini yang menyebabkan badan usaha perlu melakukan kegiatan yang disebut dengan Corporate Social Responsibility (CSR). Dalam melaksanakan CSR, diperlukan acuan/ prinsip untuk dapat menilai pelaksanaan CSR telah berjalan dengan efektif atau tidak. Salah satunya yaitu Prinsip-prinsip dalam Good Corporate Governance (GCG). Dengan adanya prinsip GCG, diharapkan praktik CSR dapat lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satu badan usaha yang telah menerapkan program CSR, yaitu PT Enseval Putera Megatrading, Tbk. Badan usaha dagang ini merupakan distributor dari produk-produk kesehatan dan obat-obatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi terkait dengan kendala-kendala yang dihadapi oleh badan usaha dalam menerapkan program CSR. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat membantu pihak manajemen dalam mengembangkan program CSR di masa yang akan datang sehingga sesuai dengan prinsip GCG dan kebutuhan para stakeholders.
NOTARIS SEBAGAI SAKSI DALAM PENYIDIKAN OTENTISITAS AKTA Febiana, Lidya
CALYPTRA Vol 2 No 1 (2013): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Notaris sebagai saksi dalam penyidikan otentisitas akta. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang kedudukan hukum dan perlindungan hukum Notaris sebagai saksi dalam penyidikan otentisitas akta sesuai dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia yang berlaku. Notaris sebagai saksi memiliki kewajiban untuk memberikan keterangan saksi sebagai alat bukti dalam penyidikan otentisitas akta. Kedudukan hukum Notaris sebagai saksi dalam penyidikan otentisitas akta, apaikah Notaris yang terikat dengan kewajiban sumpah rahasia jabatan Notaris untuk menjaga kerahasiaan segala keterangan isi akta yang diperoleh untuk pembuatan akta, dan memiliki kewajiban ingkar Notaris untuk menolak memberi segala keterangan yang diperoleh dalam pelaksanaan tugas jabatan Notaris, dapat mernbuka rahasia jabatannya dalam memberikan keterangan isi akta yang diperlukan sebagai alat bukti dalam penyidikan otentisitas akta, ataukah tidak; serta apakah Notaris sebagai saksi dalam penyidikan otentisitas akta tetap dapat menjalankan tugas dan jabatannya sebagai Notaris dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap alat bukti akta otentik, ataukah tidak. Perlindungan hukum Notaris sebagai saksi dalam penyidikan otentisitas akta, apakah Notaris yang membuka rahasia jabatannya dalam memberikan keterangan isi akta yang diperlukan dalam penyidikan otentisitas akta, tetap dikenakan sanksi karena membuka rahasia jabatan Notaris berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia yang berlaku, ataukah tidak.
OPINI APOTEKER DAN PASIEN TERHADAP PERAN APOTEKER DALAM PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KOTA MERAUKE Thoe, Deasy Abraham
CALYPTRA Vol 2 No 1 (2013): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran dan tanggung jawab apoteker terus berkembang dari tahun ke tahun, dari pengelolaan obat sebagai komoditi (drug oriented) menjadi pelayanan yang komprehensif yang berorientasi kepada pasien (patient oriented). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana opini apoteker dan pasien dalam peran dan tanggung jawab tenaga kesehatan, dalam hal pelayanan yang telah dilakukan oleh apoteker di apotek, dan opini pasien mengenai ketrampilan apoteker dalam memberikan pelayanan kefarmasian. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dengan responden apoteker dan pasien di apotek kota Merauke. Terdapat 142 responden yang terdiri dari 14 apoteker dan 128 pasien yang bersedia ikut serta dalam penelitian. Dari penelitian ini diperoleh hasil yaitu : 1) apoteker beropini bahwa pelayanan terkait obat merupakan peran dan tanggung jawab apoteker tetapi pasien cenderung menempatkan dokter dan apoteker, 2) apoteker merasa sudah melayani tetapi pasien belum merasakan, 3) pasien menilai apoteker trampil, tetapi masih kurang yakin dalam hal mengingatkan adanya pemeriksaan laboratorium.
PERANCANGAN METODE POKA-YOKE PADA PROSES LAYANAN TOKO SEJAHTERA KENDARI Hartanto, Coryna
CALYPTRA Vol 2 No 1 (2013): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode poka-yoke. Toko Sejahtera merupakan objek dari penelitian ini. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan pada proses layanan internal toko Sejahtera yang kemudian dianalisa dan dicari kemungkinan kegagalan (failure) yang terjadi atau yang sudah terjadi. Setelah ditemukan kegagalan (failure) maka mulai dicari alternatif-alternatif pemecahan untuk mencegah kesalahan yang akan terjadi dan aktivitas atau tindakan pada kesalahan yang telah terjadi dengan menggunakan metode poka-yoke. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses layanan internal di toko Sejahtera yang terlihat begitu mudah dan tidak rumit, tetap saja bukanlah suatu proses yang terjadi tanpa kesalahan. Masih terdapat berbagai masalah yang terjadi dan mungkin terjadi. Dengan semua masalah yang terjadi memberikan dampak yang kurang baik pada kinerja layanan toko Sejahtera dalam memberikan layanan yang terbaik untuk konsumennya menjadi tidak tercapai. Masih banyak hal yang harus diperbaiki oleh toko Sejahtera untuk meningkatkan kualitas layanan yang ada. Kesalahan yang terjadi dapat ditangani dengan warning yaitu mendesain lembar peringatan dalam ketepatan menghitung uang, selanjutnya dapat ditangani dengan control yang dapat dilakukan dengan menyusun prosedur bagi para karyawan agar dapat mencegah terjadinya kesalahan.
PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN SESUAI DASAR JOB ANALYSIS DENGAN METODE PERSONAL BALANCED SCORECARD DI UD. ALINCO, SURABAYA Junaidi, Thomas; Meitha, Rosita; Secrapramana, Verina
CALYPTRA Vol 2 No 1 (2013): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Selama ini UD. Alinco yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang bahan bangunan peralatan pengolahan air belum pernah melakukan pengukuran kinerja terhadap karyawannya. Dari segi non manusia, perusahaan tidak mengalami masalah yang cukup berarti. Namun, perusahaan merasa bahwa karyawan selalu mengeluh ketika bekerja, seperti menggerutu ketika bekerja. Oleh karena itu perusahaan perlu suatu alat yang dapat mengetahui motivasi bekerja dari karyawan serta menganalisi perbedaaan cara pandang, yakni dari segi perusahaan dan segi karyawan. Personal Balanced Scorecard yang digunakan dalam pengukuran memiliki empat perspektif pengukuran, yaitu: internal, eksternal, pengetahuan dan pembelajaran, dan keuangan. Perspektif internal meliputi kesehatan fisik dan mental dari seorang karyawan; bagaimana karyawan merasa nyaman di tempat kerja. Perspektif eksternal meliputi hubungan dengan anak-anak, rekan kerja, atasan, teman. Perspektif pengetahuan dan pembelajaran meliputi ketrampilan dan kemampuan belajar dari seorang karyawan. Perspektif keuangan meliputi stabilitas ekonomi karyawan. Dari setiap perspektif yang ada, karyawan menyusun faktor penentu keberhasilan sesuai dengan visi dan misi pribadi masing-masing. Faktor penentu keberhasilan menjelaskan hal apa yang menjadi batas seorang karyawan berhasil atau tidaknya dalam perspektif tersebut. Kemudian ukuran kinerja pribadi disusun untuk tiap perspektif. Ukuran kinerja pribadi (KPI) ini penting untuk pengukuran performansi. Manajer memiliki nilai performansi rata-rata 100%, sedangkan karyawan memiliki nilai performansi rata-rata 90%. Beberapa karyawan memiliki nilai performansi yang berbeda karena tidak memasukkan KPI yang berkaitan dengan pekerjaan pada tabel PBSC mereka.
PERANAN ANALISIS BIAYA KUALITAS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK PADA PT “X” DI SURABAYA Anggriani, Listianty; Goestaman, Imanuel
CALYPTRA Vol 2 No 1 (2013): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini berbagai industri bisnis mengalami persaingan yang ketat, salah satunya industri kayu. Hal ini ditunjukan melalui munculnya industri-industri sejenis yang memiliki keunggulan-keunggulan seperti penawaran harga yang murah, lokasi strategis dan relasi hingga ke mancanegara. Berdasarkan hal tersebut maka PT “X” dituntut untuk memiliki suatu keunggulan yang mampu bersaing dengan para competitor dan tetap exist yakni dengan menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Oleh karena itu PT “X” harus dapat mengatur dan memonitor setiap aktivitas yang berhubungan dengan peningkatan standar kualitas yang ingin dicapai. Dalam hal ini bertujuan untuk menghasilkan produk sesuai keinginan konsumen dan memberikan pelayanan yang baik. Namun hingga saat ini PT “X” belum memiliki laporan biaya kualitas. Hal ini disebabkan karena keterbatasannya kemampuan dan pengetahuan beberapa tim manajemen yang bekerja pada PT “X”. Sehubungan dengan hal tersebut maka PT “X” memerlukan adanya suatu laporan biaya kualitas sebagai alat bantu untuk mengontrol dan mengatur hal-hal yang terkait dengan aktivitas pengelolaan kualitas. Pada akhirnya laporan ini dapat menjadi suatu bahan pertimbangan bagi pihak manajemen PT “X” dalam pengambilan keputusan terkait upaya pengelolaan kualitas yang baik.
RANCANGAN SISTEM MANAJEMEN SEDIAAN RESTORAN TOP TEN GROUP SURABAYA Yosia, Edo
CALYPTRA Vol 2 No 1 (2013): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rancangan sistem informasi manajemen sediaan ini bertujuan untuk mendukung keputusan pada proses pembelian dan  transfer bahan baku agar akurat, tepat waktu, dan relevan bagi Pergudangan Restoran Top Ten Group. Pembuatan rancangan tersebut perlu dilakukan, mengingat cara konvensional dalam mengelola pergudangan pada Restoran Top Ten Group saat ini masih dilakukan secara manual sehingga menjadi kurang efektif dan efisien menyangkut proses pembelian serta transfer bahan baku. Sistem informasi manajemen diperlukan dalam rangka terciptanya bagian proses usaha, selain itu, dengan ada rancangan tersebut diharapkan dapat menghasilkan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan secara tepat agar tercipta proses operasional yang baik bagi pergudangan Restoran Top Ten Group di masa yang akan datang.Rancangan ini menggunakan penambahan Electronic Data Processing (EDP) yang meliputi perangkat keras dan lunak database management system, agar dapat berjalan baik sesuai dengan yang diharapkan.

Page 1 of 16 | Total Record : 158