cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Published by Universitas Surabaya
ISSN : 23038203     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya merupakan kumpulan artikel yang ditulis oleh mahasiswa Universitas Surabaya. ISSN 2302-8203
Arjuna Subject : -
Articles 45 Documents
Search results for , issue " Vol 1 No 1 (2012): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya" : 45 Documents clear
PENGARUH PREDIKSI KEBANGKRUTAN, UKURAN BADAN USAHA, DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP PEMBERIAN OPINI TENTANG GOING CONCERN Gunawan, Go Sulainy; Pudjolaksono, Eko
CALYPTRA Vol 1 No 1 (2012): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam beberapa kasus telah membuktikan bahwa masalah going concern suatu badan usaha merupakan informasi yang penting untuk diberitahukan pada pihak luar karena dapat mempengaruhi pengambilan keputusan ekonomi. Tujuan dari artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari prediksi kebangkrutan, ukuran badan usaha, dan reputasi auditor dalam pemberian opini tentang going concern pada badan usaha sektor property, real estate, dan building di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2011. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prediksi kebangkrutan dengan menggunakan proksi model prediksi kebangkrutan The Altman Models dan Revised Altman Model berpengaruh terhadap pemberian opini tentang going concern sedangkan ukuran badan usaha dengan proksi logaritma penjualan dan reputasi auditor dengan proksi skala KAP tidak berpengaruh terhadap pemberian opini tentang going concern. Hasil penelitian ini menyediakan informasi yang berguna untuk investor, kreditor, dan perkembangan teori.
HUBUNGAN HARGA DIRI DAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA WANITA LAJANG DITINJAU DARI BIDANG PEKERJAAN Susanti, Susanti
CALYPTRA Vol 1 No 1 (2012): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bagi wanita yang menunda atau bahkan tidak menikah psychological well-being yang dimiliki dapat menjadi kurang optimal, karena pernikahan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi psychological well-being. Pernikahan juga dianggap memiliki hubungan yang erat dengan harga diri, karena pernikahan menjadi salah satu sumber dukungan sosial. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara harga diri dan psychological well-being pada wanita lajang yang bekerja khususnya pada bidang akademik dan non-akademik. Subjek dalam penelitian ini adalah wanita lajang yang bekerja di bidang akademik dan non-akademik dengan rentang usia 35 hingga 50 tahun. Sampel penelitian ini berjumlah 60 subjek, yang terdiri atas 30 wanita yang bekerja di bidang akademik dan 30 non-akademik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang kemudian diuji analisis korelasi parsial dengan mengendalikan bidang pekerjaan. Berdasarkan hasil pengujian, diketahui terdapat hubungan positif antara harga diri dan psychological well-being dengan mengendalikan bidang pekerjaan (r 0.799, p 0.000). Hal ini berarti semakin tinggi harga diri maka semakin tinggi pula psychological well-being, dan sebaliknya.
HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN KONSUMEN DENGAN WORD OF MOUTH COMMUNICATION PADA MAHASISWA PENGGUNA BLACKBERRY DI UNIVERSITAS SURABAYA Pranastiti, Paula Dinar Widya
CALYPTRA Vol 1 No 1 (2012): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

BlackBerry merupakan salah satu jenis smartphone yang sedang digandrungi masyarakat di Indonesia. Walaupun pemasaran BlackBerry tidak melalui media konvensional seperti media iklan maupun cetak, namun pengguna BlackBerry di Indonesia mencapai 300- 400 ribu pelanggan dan diproyeksi akan menjadi yang terbanyak di seluruh dunia dalam waktu dekat. Ketertarikan pada BlackBerry juga terjadi pada mahasiswa di Universitas Surabaya. Survey awal menyebutkan bahwa para mahasiswa tersebut mendapatkan informasi melalui word of mouth (WOM). Word of mouth communication (WOM) sendiri merupakan sebuah proses pengaruh perseorangan dimana terjadi komunikasi dari dalam antara pemberi dan penerima pesan yang dapat merubah perilaku dan sikap dari sang penerima. Dalam penelitian ini, WOM akan dilihat korelasinya dengan kualitas produk dan kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif uji korelasional yang melibatkan 200 mahasiswa Universitas Surabaya yang berusia 19-22 tahun dan menggunakan produk BlackBerry. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik incidental sampling dan data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan uji korelasi non-parametrik kendall’s spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas produk dan kepuasan konsumen dengan word of mouth communication. Adapun aspek yang mendominasi dari kualitas produk ialah style (desain/penampilan) dan features (fitur), sedangkan aspek yang mendominasi dari kepuasan konsumen ialah confirmations to spesifications, yang berbicara mengenai sejauh mana kinerja melebihi atau kurang dari ekspektasi dan harapan konsumen.
PENGINTEGRASIAN KANSEI ENGINEERING DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DI MALL CIPUTRA WORLD SURABAYA Ongkowijoyo, Grandy; Hartono, Markus; Surjani, Rosita Meitha
CALYPTRA Vol 1 No 1 (2012): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini dengan semakin berkembangnya pembangunan mall membuat banyak mall bersaing dalam memberikan pelayanan dan menyediakan fasilitas bagi para pengunjungnya. Tren abad ke-21 adalah hedonisme, kesenangan dan individualitas dimana tren ini mencoba mengambil alih aspek fungsi dari produk maupun jasa tersebut bukan merupakan hal pokok yang dicari konsumen. Konsumen mencari suatu produk atau jasa yang menawarkan nilai lebih dari fungsi tersebut. Suatu metode Kansei Engineering (KE) melihat sisi fisiologis dan emosional dari customer ketika melihat suatu objek. KE ini memiliki kemampuan yang kuat untuk menghadapi tren tersebut dan untuk mengakomodasi kebutuhan emosi pelanggan dan menerjemahkan kebutuhan emosional pelanggan ke dalam parameter desain melalui rekayasa. Selain KE, Customer Relationship Management (CRM) juga ditujukan untuk memahami kebutuhan pelanggan sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dalam jangka panjang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi emosi konsumen saat datang dan mengunjungi mall tersebut, kondisi desain dan fasilitas layanan yang diberikan sekarang, dan mendapatkan suatu guideline yang dapat digunakan untuk membantu penyedia layanan mall dalam mendukung perbaikan secara terus menerus dalam CRM yang mereka terapkan. Untuk mendapatkan tujuan tersebut, langkah awal yang dilakukan adalah melakukan wawancara kepada para pengunjung yang pernah mengunjungi Ciputra World (CW). Setelah itu, data hasil wawancara akan digunakan dan dikembangkan untuk dibuat kuisioner. Dari hasil kuisioner didapatkan profil responden, penilaian tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan dari tiap atribut layanan (Service Quality) serta perasaan responden yang diwakilkan dalam Kansei Words. Setelah itu dilakukan analisis kuadran dari data atribut Service Quality yang sudah memiliki nilai tingkat kepentingan dan kepuasan untuk mengetahui atribut mana yang perlu diperbaiki. Data atribut ini selanjutnya juga diuji dengan uji regresi linier berganda untuk melihat hubungan yang signifikan antara atribut layanan dengan Kansei Words. Selain itu dilakukan juga uji regresi linier logistik kepada variabel loyalitas pelanggan yang terbagi dalam 4 bagian yaitu hardcore, softcore, shifting dan switcher beserta tingkat hubungannya dengan pelanggan untuk mengetahui pengaruhnya apakah signifikan dengan Kansei Words responden. Dari hasil uji linier berganda, didapatkan hanya lima belas (15) dari dua puluh tiga (23) atribut layanan yang berpengaruh terhadap Kansei Words responden. Selain itu, ke-lima belas (15) Kansei Words setelah diuji dengan loyalitas pelanggan dan tingkat hubungannya dengan pelanggan hanya terdapat lima Kansei Words yang signifikan. Kansei Words tersebut adalah “elegan” (p-value 0.037), “percaya” (p-value 0.034), “keren” (p-value 0.039), “luas” (p-value 0.037) dan “ingin tahu” (p-value 0.000). Prioritas perbaikan dilakukan dengan melihat gap yang paling negatif dan memiliki hubungan dengan Kansei Words dengan jumlah yang banyak. Jika jumlah Kansei Words sama, maka dilihat nilai gap yang paling negatif untuk lebih diutamakan perbaikannya. Perbaikan ini dilakukan pada atribut “Pelayanan yang diberikan tanpa membedakan status ”( gap -0.85), “Kecermatan karyawan mall seperti tukang parkir, cleaning service dan satpam dalam melayani pengunjung”( gap-0.63), “Kepekaan karyawan terhadap kebutuhan pengunjung”( gap-0.58), “Kenyamanan tempat parkir dan petunjuk parkir yang jelas”( gap -0.92), “Ketersediaan jenis makanan dan minuman yang ada di area foodcourt”( gap-0.75), “Event-event yang diadakan disana menarik ”( gap -0.32) dan “Penampilan karyawan rapi dan menarik”( gap -0.42). Beberapa perbaikan yang dapat dilakukan adalah penanaman suatu kata dalam pikiran bahwa “Pembeli atau Pengunjung adalah Raja” dapat diberikan agar pengunjung dapat dilayani dengan baik dan merasa nyaman berbelanja di CW, mempercepat pembangunan lahan parkir yang baru dan memperhatikan segala hal dalam pembangunan ini sehingga tidak membahayakan pengunjung dan kendaraannya, memberikan petunjuk anak panah yang jelas arah menuju pintu masuk mall di area parkiran serta menyediakan stan-stan dan toko yang diinginkan oleh pengunjung.
DESAIN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT BERBASIS ISO 31000 BAGI DUTA MINIMARKET DI SITUBONDO Sutanto, Stephanie
CALYPTRA Vol 1 No 1 (2012): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dan desain manajemen risiko berbasis ISO 31000 yang mengacu pada risiko suatu Badan Usaha. Proses Manajemen risiko diperlukan untuk mengurangi dampak dari adanya risiko yang ditimbulkan dari kegiatan operasional dan memberikan evaluasi serta perlakuan yang tepat bagi semua risikonya. Jenis penelitian ini adalah Applied research karena penelitian ini dilakukan untuk melakukan pendesainan sistem manajemen risiko berbasis ISO 31000 bagi suatu badan usaha. Obyek penelitian adalah Duta Minimarket yang berlokasi di Situbondo, Jawa Timur. Badan Usaha tersebut memiliki kegiatan operasional seperti proses penjualan, proses penyimpanan, dan proses pembelian. Hasil dari adanya penelitian tersebut adalah masih terdapat risiko yang berlevel high sebanyak 5 macam, 5 macam risiko dengan level medium, serta 4 macam risiko dengan level low. Dari ketiga macam level risiko tersebut, telah dilakukan adanya suatu perlakuan risiko oleh Duta Minimarket dimana secara umum Duta Minimarket melakukan perlakuan risikonya dengan mitigasi risiko (pengurangan risiko). Perlakuan risiko dan tindakan pengendalian risiko yang telah dilakukan oleh Duta Minimarket sebagian besar masih kurang efektif sehingga penulis melakukan analisis dan desain ERM berbasis ISO 31000 untuk memberikan informasi yang berkualitas bagi badan usaha mengenai tindakan pengendalian yang efektif, serta perlakuan yang tepat bagi risiko – risiko yang dihadapinya.
ELEKTROUBAYASOT – SIMULATOR ROBOT SOCCER MENGGUNAKAN WEBOST Sudrajat, Haryadi Poedji
CALYPTRA Vol 1 No 1 (2012): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Simulator robot soccer ini dibuat untuk digunakan pada ajang pelatihan pemrograman Elektro UBAYA. Pada ajang pelatihan sebelumnya menggunakan simulator Simurosot dan masalah yang muncul adalah masih diperlukan program tambahan berupa notepad serta masih menggunakan simulator buatan mahasiswa universitas lain. Pada simulator Simurosot, simulasi dijalankan dengan tampilan 3 dimensi. Simulator ElektroUbayaSot dibuat menggunakan program Webots, sehingga simulasi yang ditampilkan dapat berbentuk 3 dimensi dan dapat dijalankan layaknya pertandingan sesungguhnya. Hasil yang didapat dari pengujian simulator ElektroUbayaSot adalah 4 fitur simulator ElektroUbayaSot lebih unggul dibanding fitur simulator Simurosot, waktu pertandingan simulator ElektroUbayaSot memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dibanding waktu pertandingan pada simulator Simurosot dengan nilai akurasi 96.667% per 30 detik. Selain itu didapatkan bahwa tutorial yang disertakan telah lengkap dan jelas. Program supervisor mengawasi batas gol dengan sangat akurat pada koordinat 0.001 dan 1.299
HUBUNGAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DENGAN PEMILIHAN AUDITOR PADA BADAN USAHA SEKTOR KEUANGAN YANG GO PUBLIC DI BEI PERIODE 2008-2010 Markali, Obe Efrem; Rudiawarni, Felizia Arni
CALYPTRA Vol 1 No 1 (2012): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan mekanisme internal corporate governance terhadap pemilihan auditor eksternal pada perusahaan sektor keuangan. Mekanisme internal corporate governance diproksikan dengan persentase pemegang saham terbesar, jumlah dewan komisaris dan proporsi dewan komisaris independen. Penelitian ini hanya menerima hipotesis mengenai jumlah dewan komisaris, sedangkan dua hipotesis alternatif yang lain ditolak. Persentase pemegang saham terbesar ternyata berhubungan positif terhadap pemilihan auditor eksternal berkualitas tinggi pada badan usaha sektor keuangan.. Sedangkan proporsi komisaris independen berhubungan negatif tetapi tidak signifikan terhadap pemilihan auditor berkualitas tinggi pada badan usaha sektor keuangan. Kesimpulannya adalah jika mekanisme internal corporate governance perusahaan baik maka akan menyebabkan kecenderungan bagi perusahaan untuk memilih auditor berkualitas tinggi. Pengetahuan ini diharapkan dapat dijadikan salah satu pertimbangan investor, pemegang saham dan kreditur. Investor, pemegang saham dan kreditur dapat mempertimbangkan faktor mekanisme internal corporate governance yang diterapkan perusahaan sektor keuangan karena terkait dengan keputusan pemilihan auditor perusahaan tersebut. Tentunya investor, pemegang saham dan kreditur akan memilih berinvestasi pada perusahaan yang memiliki good corporate governance serta perusahaan yang kredibilitas laporan keuangannya terjamin.
PENGARUH DIMENSI SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION SERTA PENGARUH CUSTOMER SATISFACTION DAN TRUST TERHADAP CUSTOMER LOYALTY BCA DI SURABAYA Sulayman, Margaretha Maria; Ernawati, Endang; Indarini, Indarini
CALYPTRA Vol 1 No 1 (2012): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi service quality, yang terdiri dari reliability, responsiveness, empathy, assurance, dan tangibles terhadap customer satisfaction BCA di Surabaya, menganalisis pengaruh customer satisfaction terhadap customer loyalty BCA di Surabaya, serta menganalisis pengaruh trust terhadap customer loyalty BCA di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode path analysis, yang diolah dengan software LISREL v. 8.70. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 150 orang yang diambil dari sejumlah nasabah BCA yang ada di Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dan jenisnya adalah convenience sampling. Skala pengukuran menggunakan skala perbedaan semantik dengan skor 1 s.d 7. Dalam penelitian ini juga dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas alat ukur, selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik, dan uji overall model fit serta structural model fit. Hasil dari penelitian ini, yaitu: (1) Tidak ada perbedaan antara model yang dikembangkan dengan data penelitian, karena memiliki nilai probabilitas χ² 0,146 > 0,05, bahkan tingkat kesesuaiannya relatif tinggi, yaitu mencapai 98,40% (GFI). (2) Berdasarkan model struktural pertama dapat dibuktikan bahwa dimensi service quality, yang terdiri dari reliability, responsiveness, empathy, assurance, dan tangibles mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap customer satisfaction. Kemampuan menjelaskan lima dimensi service quality tersebut secara simultan terhadap customer satisfaction relatif besar, yaitu mencapai 91,60%. (3) Berdasarkan model struktural kedua dapat dibuktikan bahwa customer satisfaction dan trust mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap cutomer loyalty. Kemampuan menjelaskan customer satisfaction dan trust secara simultan terhadap customer loyalty juga relatif besar, yaitu mencapai 76,50%.
PROKRASTINASI DAN KECEMASAN PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS SURABAYA Sutjipto, Rhendy Christian
CALYPTRA Vol 1 No 1 (2012): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prokrastinasi menurut Steel (2007) adalah suatu tindakan dengan sukarela melakukan penundaan terhadap suatu kegiatan meskipun penundaan tersebut akan berakibat buruk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara prokrastinasi dan kecemasan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif Psikologi Ubaya angkatan 2008-2011. Jumlah subjek adalah 385 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan membagikan angket. Untuk angket prokrastinasi digunakan Irrational Procrastination Scale (IPS) dan untuk angket kecemasan menggunakan State-Trait Anxiety Inventory (STAI). Peneliti juga menggunakan Temporal motivation Test (TMt) untuk menjelaskan terjadinya hubungan antara prokrastinasi dan kecemasan. Data ini dianalisis dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows. Teknik korelasi menggunakan nonparametrik Spearman karena sebaran data yang tidak normal. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang sangat signifikan antara prokrastinasi dan kecemasan (r = 0,311; p = 0,000). Prokrastinasi juga memiliki korelasi positif terhadap aspek dari kecemasan yaitu aspek State (0,275) dan Trait (0,339). Hasil uji korelasi dengan TMt menunjukkan adanya korelasi yang sangat signifikan antara prokrastinasi dan aspek value (0,520) dan impulsiveness (0,541).
KOMPETENSI LULUSAN SARJANA STRATA 1 (S1) PSIKOLOGI DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI “X” Agustin, Vony
CALYPTRA Vol 1 No 1 (2012): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lulusan sarjana adalah calon pekerja yang nantinya akan memasuki dunia kerja. Begitu pula dengan lulusan sarjana Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Lulusan sarjana pastinya memiliki kompetensi tertentu untuk mendukung keberlangsungannya dalam dunia kerja. Kompetensi ini terdiri dari hard skills yang biasa disebut sebagai keterampilan teknis dan pengetahuan akademis, dan soft skills yang biasa disebut sebagai keterampilan non-teknis atau keterampilan interpersonal dan intrapersonal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan penilaian mahasiswa terhadap kemampuan hard skills maupun soft skills yang dimilikinya dan memaparkan kesenjangan (gap) antara kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa dengan penilaian tingkat kepentingan kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh lulusan sarjana psikologi oleh perusahaan atau tempat kerja, serta melihat kompetensi soft skills terpenting di antara dua puluh tiga soft skills yang telah dirumuskan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI). Penelitian ini dilakukan di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya dengan sampel penelitian sebanyak 37 mahasiswa yang terdiri dari angkatan 2006-2008. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian kompetensi akan pribadi dan situasi. Data dianalisis dengan analisis gap (selisih antara persepsi akan pribadi dan persepsia akan situasi), uji beda paired sample test (t-test), dan uji korelasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada kesenjangan (gap) antara penilaian mahasiswa akan kemampuan yang dimiliki dengan penilaian tingkat kepentingan kompetensi yang diharapkan dimiliki lulusan sarjana Psikologi oleh perusahaan atau tempat kerja. Kesenjangan rata-rata Kesenjangan yang tampak pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa masih perlu dibekali dengan kompetensi hard skills dan soft skills yang relevan dengan kompetensi lulusan sarjana strata 1 (S1) Psikologi yang memakai rumusan kompetensi menurut HIMPSI dan DIKTI. Saran yang paling utama ditujukan bagi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, yaitu diminta melakukan evaluasi pembelajaran dan kegiatan non-akademik serta merancang kurikulum yang berbasis kompetensi.