cover
Filter by Year
CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Published by Universitas Surabaya
CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya merupakan kumpulan artikel yang ditulis oleh mahasiswa Universitas Surabaya. ISSN 2302-8203
Articles
1991
Articles
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PUBLIK INDUSTRI SUB SEKTOR SEMEN DI PT. BEI

Prakosa, Septyo Dwi

CALYPTRA Vol 7 No 1 (2018): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.264 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: a) Untuk menganalisis common sizedan rasio keuangan dalam menilai kinerja keuangan laporan keuangan perusahaan public industri sub sektor semen di PT.BEI periode 2012-2015. b) Untuk menganalisis perbandingan kinerja keuangan diantara masing-masing perusahaan public industri sub sektor semen di PT.BEI dengan menggunakan analisis laporan keuangan. Analisis yang dipakai adalah analisis common size, analisis rasio keuangan dan analisis komparatif. Hasil analisis common size ditemukan bahwa selama periode tahun 2012-2015 rata-rata perusahaan memiliki nilai komposisi asset lancer lebih besar dari dalam menilai kinerja keuangan nilai asset tetap, artinya perusahaan lebih memilih untuk memiliki dana cash jika dibandingkan dengan investasi dalam bentuk bangunan gedung, tanah atau peralatan. Dari komposisi pasiva rata-rata perusahaan memilik inilai komposisi ekuitas terbesar yang nilainya lebih dari dari 50% total pasiva, artinya sumber pendanaan perusahaan sebagian besaradalah berasal dari modal kerja yang diperolehdari investor.Dari nilai Laporan Rugi Laba rata-rata perusahaan memiliki komposisi beban pokok penjualan yang tinggi, hal ini menyebabkan penurunan laba kotor usaha. Jika dilihat dari hasil perhitungan rasio keuangan dalam menilai kinerja keuangan periode tahun 2012-2015, maka hasil nilai rasio aktivitas rata-rata perusahaan memiliki nilai perputaran persediaan dan perputaran piutang yang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan efektif dalam menggunakan manajemen persediaan dan manajemen piutang. Berdasarkan analisis komparatif perbandingan kinerja keuangan masing-masing perusahaan public industri sub sektor semen di PT.BEI diperoleh hasil bahwa hampir seluruh perusahaan memiliki kinerja yang baik karena memiliki nilai rasio keuangan lebih dari 100%. Urutan pertama kinerja baika dalah PT.Semen Batu Raja, Tbk kedua adalah PT.Indocement Tunggal Perkasa, Tbk, PT.Semen Indonesia menduduki urutan ke tiga perusahaan berkinerja baik dan keempat adalah PT.Holcim Indonesia, Tbk sedangkan PT.Wijaya Karya beton memiliki kinerja baik akan tetapi periode go public yang masih 2 tahun tidak bisa di masukkan dalam menilai kinerja keuangan kategori penelitian 4 tahun periode.

PELAPORAN KEUANGAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEADILAN SOSIAL DI INDONESIA DARI PERSPEKTIF TEOLOGI PEMBEBASAN

Tanujaya, Evi Rusdiana

CALYPTRA Vol 7 No 1 (2018): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.991 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkritisi hubungan pelaporan keuangan terhadap keadilan sosial di Indonesia melalui perspektif teologi pembebasan. Keadilan sosial membantu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Pelaporan keuangan menyajikan informasi yang berguna untuk dapat mengambil keputusan dan mencapai tujuan. Teologi pembebasan merupakan teori yang membantu untuk membebaskan masyarakat miskin dan tertindas yang dapat diaplikasikan pada penyusunan pelaporan keuangan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ada pengaruh antara pelaporan keuangan dan keadilan sosial di Indonesia. Dengan dilandasi teologi pembebasan, maka pelaporan keuangan dapat menyajikan pelaporan yang wajar. Akuntabilitas juga sangat mutlak bagi profesi akuntan guna menyusun pelaporan keuangan yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Metode yang digunakan adalah metode explanatory dengan bentuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan analisis dokumen. Berdasarkan hasil penelitian, penyusunan pelaporan keuangan di Indonesia masih belum baik dan menimbulkan ketidakadilan bagi masyarakat.

PENERAPAN FILOSOFI ZHUGE LIANG DALAM PERSONNEL DAN CULTURAL CONTROL UNTUK MENGATASI MOTIVATIONAL PROBLEM KARYAWAN PADA PT.HJT DI SAMARINDA

Lestari, Hanna Hosanna, Pontjoharyo, Wiyono

CALYPTRA Vol 7 No 1 (2018): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.331 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan applied research yang bertujuan untuk memeberikan rekomendasi penerapan filosofi Zhuge Liang pada personnel dan cultural control pada PT HJT di Samarinda untuk mengatasi motivational problem pada karyawan PT HJT ini karena memotivasi karyawan yang kurang dalam mencapai visi dan misi dari PT HJT. Oleh karena itu dibutuhkan sistem pengendalian yang tepat agar tujuan badan usaha dapat terlaksana dengan baik. Maka dari itu hal ini harus diimbangi dengan filosofi kepemimpinan yang tepat, karena filosofi kepemimpinan yang tepat akan mempengaruhi kekuatan budaya organisasi. Budaya organisasi yang kuat akan menghasilkan sistem pengendalian informal yang efektif. Sistem pengendalian yang efektif akan mengatasi control problem. Filosofi kepemimpinan Zhuge Liang relatif paling ideal untuk diterapkan pada pemimpin saat ini. Hal ini dikarenakan ajaran dari Zhuge Liang mempunyai ciri khas seorang penasehat yang bijaksana dan tidak hanya berlaku bagi pemimpin saja namun setiap manusia dapat menerapkannya. Berdasarkan kondisi tersebut peneliti mencoba membahas penerapan filosofi Zhuge Liang dalam personnel dan cultural control untuk meningkatkan motivational problem yang terjadi pada PT HJT dan dapat membantu PT HJT dalam mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misinya.

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PESERTA CGPI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2008-2013

Harsalim, Jessica Patricia

CALYPTRA Vol 6 No 2 (2017): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.826 KB)

Abstract

Good Corporate Governance (GCG) dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Perusahaan yang dikelola dengan baik akan menumbuhkan keyakinan investor dalam memperoleh kepercayaan dari pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance (GCG) terhadap kinerja keuangan pada peserta CGPI yang terdaftar di BEI periode 2008-2013. Peneliti menggunakan metode analisis regresi linier berganda untuk melihat pengaruh Good Corporate Governance (GCG) terhadap kinerja keuangan (ROA, ROE, dan Tobin’s Q). Hasil penelitian ini yaitu tidak adanya hubungan positif antara Good Corporate Governance (GCG) dengan kinerja keuangan yang diukur dengan kinerja operasional yang diproksikan dalam ROA, dan ROE, dan kinerja pasar yang diproksikan dengan Tobin’s Q.

HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA

Hutomo, Lysandra

CALYPTRA Vol 7 No 1 (2018): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya korelasi antara penyesuaian akademik dengan prestasi belajar pada mahasiswa tahun pertama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah 295 subjek dari mahasiswa angkatan 2015 dan 2016. Penelitian ini menggunakan kuesioner Student Adaptation and Perception Survey (SAPS) dengan uji korelasi product moment dari Pearson. Ada korelasi antara penyesuaian akademik dan prestasi belajar IPS (Indeks Prestasi Semester) pada angkatan 2015 dengan p=.017 (<0.05) dan r=.163 (<0.3), dan prestasi belajar nilai kuis dengan p=.038 (<0.05) dan r=.233 (<0.3) pada angkatan 2016. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penyesuaian akademik dengan prestasi belajar pada mahasiswa tahun pertama. Peneliti turut melakukan wawancara pada kedua angkatan. Mahasiswa angkatan 2015 mengakui bahwa telah mampu melakukan penyesuaian akademik guna mendapatkan prestasi belajar yang tinggi. Mahasiswa angkatan 2016 mengakui bahwa belum mampu melakukan penyesuaian akademik dan berpengaruh terhadap prestasi belajarnya.

HUBUNGAN ANTARA CITRA DIRI DAN KONFORMITAS DENGAN LOYALITAS MEREK PADA BRAND PRESTIGE FASHION

Anggraini, Mitha Ayu Dita

CALYPTRA Vol 7 No 1 (2018): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, Konsumen terkadang memasukkan kualitas yang dimiliki seorang manusia kedalam sebuah merek dan kemudian membangun hubungan dengan cara yang sama ketika mereka berhubungan dengan sesama manusia. Citra diri seseorang mewakili totalitas pikiran dan perasaan orang tersebut dengan menampilkan diri mereka sebagai atau melalui obyek yang dikonsumsinya (Mowen(1987)) merek dapat membantu memperkuat identitas seseorang. Oleh karena itu, konsumen menggunakan merek sebagai instrument untuk mencerminkan citra pribadi mereka dan tujuan individu. Ketika konsumen memilih produk berdasarkan kepribadian merek yang dimiliki, maka dapat tercipta loyalitas atau kestiaan dari konsumen tersebut (brand loyalty). Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran secara detail apakah ada hubungan antara citra diri dan Konformitas dengan Loyalitas Merek Pada Brand Prestige Fashion. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah pengguna fashion branded di salah satu kampus X di Surabaya dengan total sebanyak 102 subjek. Penelitian ini akan menggunakan teknik non-random sampling dengan jenis purposive sampling. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: 1) Ada Hubungan yang positive antara loyalitas merek dengan citra diri pada brand prestige fashion. 2) Tidak ada hubungan yang positif antara loyalitas merek dengan konformitas pada brand prestige fashion. 3) Tidak ada hubungan yang positif antara citra diri dan konformitas dengan loyalitas merek pada brand prestige fashion. 4) Faktor - faktor lain yang dapat mempengaruhi loyalitas merek pada brand prestige fashion pada penelitian ini adalah kesenangan konsumen terhadap merek dan kualitas produk yang dimiliki oleh brand prestige fashion.

PENGARUH KARAKTERISTIK BADAN USAHA DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP PERFORMA PERUSAHAAN DI SEKTOR AGRICULTURE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK ASEAN PERIODE 2011-2015

Adisurya, Danny, Murhadi, Werner Ria, Herlambang, Arif

CALYPTRA Vol 7 No 1 (2018): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.142 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable size, growth, risk, dan tangibility sebagai variable independen terhadap struktur modal perusahaan sebagai variable dependen, dan juga pengaruh variable karakteristik perusahaan dan struktur modal (size, long-term debt, age, liquidity, advertising) terhadap performa perusahaan (ROA) pada sektor agriculture yang terdaftar diBursa Efek ASEAN periode 2011-2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan linier dengan model analisis two-stage least square dalam bentuk data panel untuk keseluruhan data observasi yangdigunakan. Jumlah observasi pada penelitian ini sebanyak 275 yang terdiri dari 55 perusahaan (24 perusahaan negara Malaysia, 16 perusahaan negara Indonesia, 8 perusahaan negara Vietnam, 7 perusahaan negara Thailand) selama periode 2011- 2015. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pada model pertama, size berpengaruh tidak signifikan terhadap long-term debt. Growth, risk dan tangibility berpengaruh positif signifikan terhadap long-term-debt. Pada model kedua, variable long-term debt, size, dan liquidity berpengaruh tidak signifikan terhadap ROA. Sedangkan age dan advertising berpengaruh positif signifikan terhadap ROA.

GAYA KEPEMIMPINAN PELATIH DALAM PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM KLUB BINTANG TIMUR SURABAYA

Rosadi, Dio

CALYPTRA Vol 7 No 1 (2018): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.034 KB)

Abstract

Dunia olahraga telah berkembang pesat pada era globalisasi ini. Hal tersebut ditunjukan pada jumlah acara televisi yang banyak menayangkan acara pertandingan olahraga dan banyak dibukanya sarana-sarana yang menyediakan tempat oalahraga. Cabang olahraga yang paling popular di Indonesia adalah Sepak bola, futsal, basket, bulutangkis dan volli. Klub-klub olahraga sendiri merupakan kunci utama yang dapat mengembangkan cabang olahraga di Indonesia, dengan adanya manajemen yang baik maka tiap cabang di Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk endeskripsikan bagaimana gaya kepemimpinan dalam penerapan sistem pengendaliamanajemen pada suatu klub di Surabaya penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan merupakan applied research, dimana akan memberikan solusi mengenai penerapan sistem pengendalian manajemen yang tepat sehingga dapat membantu klub futsal ini dalam pencapaian target pada tiap musim kompetisi. Strategi untuk pencapaian target dalam klub ini adalah dengan menerapkan sistem pengendalian manajemen yang baik terkait pengendalian hasil, pengendalian proses dan pengendalian budaya.

HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA DENGAN ORGANISASI CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN HOTEL X SURABAYA

Triantina, Lia Pristiwanika

CALYPTRA Vol 7 No 1 (2018): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Organisasi mengharapkan perilaku dari karyawan yang semaksimal mungkin agar dapat mencapai tujuan organisasi secara efektif. Dalam hal ini tidak hanya perilaku in-role atau bekerja sesuai dengan standar job description, namun juga berperilaku extra-role yang artinya memberikan kinerja yang lebih pada organisasi dari yang diharapkan, yang disebut sebagai Organizational Citizenship Behavior (OCB). Perilaku OCB dapat terjadi karena adanya karakteristik individual, diantaranya adalah faktor motivasi kerja dan kepuasan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan hubungan antara motivasi kerja dan kepuasan kerja pada karyawan Hotel X Surabaya. Desain penelitian ini ialah kuantitatif korelasional. Sampel penelitian sebanyak 35 responden dengan menggunakan sample size dan teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dan Product Moment Pearson. Hasil penelitiannya ialah secara parsial antara motivasi kerja terhadap organizational citizenship behavior dengan nilai p=(0.000)<0.05 dengan nilai R=(0.830). Selanjutnya antara kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior juga terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan nilai p=(0.000) < 0.05 dengan nilai R=(0.622). Kemudian terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior dengan nilai p=(0.000)<0.05 dengan nilai R=(0.850). Sumbangan efektif dari motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior sebesar 72%.

COMMUNITY IDENTIFICATION DAN COMPANY IDENTIFICATION DALAM MEMBANGUN LOYALITAS PADA KOMUNITAS SEPEDA MOTOR SPORT KAWASAKI DI SURABAYA

Andrianto, Nico

CALYPTRA Vol 7 No 1 (2018): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Publisher : Perpustakaan Universitas Surabaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.95 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh peran Community Identification dan Company Identification dalam membangun loyalitas terhadap Kawasaki. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan responden yang menggunakan Kawasaki dan tergabung dalam komunitas Kawasaki. Responden dalam penelitian ini berjumlah 350 orang. Penelitian ini menggunakan model SEM (Structural Equation Modeling) melalui software AMOS 22 untuk pengujian measurement dan structural. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa Company identification dan CommunityIdentification memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap attitudinal loyalty.