cover
Contact Name
Aswir Premadi
Contact Email
aswir.premadi@itp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
aswir.premadi@itp.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Teknik Elektro
ISSN : 22523472     EISSN : 25988255     DOI : -
Redaksi Jurnal Teknik Elektro Institut Teknologi Padang mengundang para Peneliti, Akademisi, Praktisi dan Profesional untuk menyumbangkan karya tulisnya, di bidang Teknik Elektro, baik berupa hasil penelitian dan kajian pustaka yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media lain.
Arjuna Subject : -
Articles 1 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2014): Volume 3 No 2 Juli 2014" : 1 Documents clear
ANALISIS KESALAHAN MAGNITUDO FRF SITEM SDOF 1 DENGAN METODE SINYAL SWEPT-SINE DALAM SPAN FREKUENSI 0-50 HZ Yanyo, Asmara; Illahi, Reztu
Jurnal Teknik Elektro ITP ISSN 2252-3472 Vol 3, No 2 (2014): Volume 3 No 2 Juli 2014
Publisher : Jurnal Teknik Elektro ITP ISSN 2252-3472

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (45.256 KB)

Abstract

Pada makalah ini telah dilakukan analisis kesalahan magnitudo FRF (Fungsi Respon Frekuensi) sistem satu derajat kebebasan (single degree of freedom atau SDOF) dengan menggunakan metode sinyal swept-sine. Sinyal swept-sine yang digunakan yaitu sinyal linear swept-sine, sinyal S111 swept-sine dan S535 sweptsine. Disini, sistem SDOF divariasikan dalam span frekuensi pengukuran 0-50 Hz dengan rasio redaman 0.5% dan 1 % . Secara simulasi numerik, dilakukan analisis kesalahan fungsi perbesaran dinamik dengan tujuan untuk memprediksi waktu swept minimum (lama stimulus), baik pada metode sinyal linear swept-sine maupun pada metode sinyal S111 swept-sine dan S535 swept-sine, yang dapat menghasilkan magnitudo FRF sistem SDOF yang teliti. Lama stimulus sinyal swept-sine divariasikan dari 1 s hingga 10 s. Dari analisis yang telah dilakukan pada metode sinyal linear swept-sine, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode sinyal ini sering menghasilkan magnitudo FRF yang tidak teliti apabila frekuensi resonansi sistem tidak berada di tengah span frekuensi pengukuran 0-50 Hz, sehingga dengan metode ini perlu dilakukan stimulus dengan waktu yang lama. Jika frekuensi resonansi sistem berada di tengah span frekuensi pengukuran 0-50 Hz, maka dengan metode ini untuk menghasilkan magnitudo FRF yang teliti memerlukan waktu stimulus sekitar 7 s. Sedangkan dengan menggunakan metode sinyal S111 swept-sine maupun S535 swept-sine dapat diperoleh magnitudo FRF yang teliti dengan stimulus yang lebih cepat yaitu sekitar 1 s apabila frekuensi resonansi sistem berada lebih dekat dengan batas akhir dari span frekuensi 0-50 Hz.

Page 1 of 1 | Total Record : 1