cover
Contact Name
Aswir Premadi
Contact Email
aswir.premadi@itp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
aswir.premadi@itp.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Teknik Elektro
ISSN : 22523472     EISSN : 25988255     DOI : -
Redaksi Jurnal Teknik Elektro Institut Teknologi Padang mengundang para Peneliti, Akademisi, Praktisi dan Profesional untuk menyumbangkan karya tulisnya, di bidang Teknik Elektro, baik berupa hasil penelitian dan kajian pustaka yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media lain.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Teknik Elektro" : 6 Documents clear
OPERASI EKONOMIS (Economic Dispatch) PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SAMPAH (PLTSa) DAN (PLTG) DALAM MELAYANI BEBAN PUNCAK KELISTRIKAN SUMBAR Monice, Monice; Syafii, Syafii
Jurnal Teknik Elektro - ITP Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : ITP Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.66 KB)

Abstract

Pemanfaatan sumber energi terbarukan dan peralatan konversinya semakin variatif. Sampah kota sebagai sumber masalah kebersihan, dapat ditinjau sebagai sumber energi alternative dengan teknologi yang ramah lingkungan baik proses maupun produknya. Pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) merupakan solusi kebutuhan energi baru terbarukan (EBT) untuk meningkatkan kebutuhan energi serta membantu mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar (energi fosil). Untuk mengurangi biaya bahan bakar maka penjadwalan optimal unit pembangkit thermal pada sistem perlu dilakukan. Permasalahan yang menyangkut penjadwalan terdiri dari Economic Dispatch yaitu pembagian pembebanan pada setiap unit pembangkit sehingga diperoleh kombinasi unit pembangkit yang dapat memenuhi kebutuhan beban dengan biaya yang optimum.Pembagian beban untuk masing-masing unit pembangkit thermal dapat diperoleh dengan menggunakan metode iterasi lamda. Pembagian beban dengan menggunakan iterasi lamda memberikan hasil yang lebih optimal.
PENGUKURAN EFEK TRANSFORMER PADA WAVEGUIDE Markis, Lince
Jurnal Teknik Elektro - ITP Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : ITP Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.412 KB)

Abstract

Makalah ini menyajikan hasil studi pengukuran efek transformer pada waveguide dengan melihat nilai VSWR dan power reflection factor pada berbagai variasi ketinggian dari 3 screw transformer. Transformer ini di pasangkan pada ujung saluran transmisi yang diterminasi beroperasi di frekuensi 9 GH. . Pengukuran dilakukan di laboratorium politeknik negeri padang dengan menggunakan alat ukur penunjang komponen waveguide. Melalui alat ukur ini dihasilkan nilai VSWR dan power reflection factor sehingga didapatkan grafik gelombang berdiri yang dipengaruhi oleh posisi 3 screw dari transformer. Pengukuran dilakukan dengan memberikan variasi ketinggian screw transformer berturut-turut yaitu 0mm, 2mm, 4mm, 6mm, 8mm dan 10mm. Pengukuran pertama dilakukan pada ketinggian screw 0mm diperoleh hasil VSWR sebesar 9,06 dengan power reflection factor 64,19% kemudian 2mm nilai VSWR sebesar 6,18 power reflection factor 52,05 %, 4mm nilai VSWR 1,95 dengan power reflection factor 10,41 %, 6mm nilai VSWR 1,26 dengan power reflection factor 1,30 %, 8mm nilai VSWR 1,15 dengan power reflection factor 0,47 %, 10mm nilai VSWR 1,08 dengan power reflection factor 0,15 %.
PENGEMBANGAN METODE PENGONTROLAN TEMPERATUR ALIRAN UDARA DENGAN MENGGUNAKAN ANALOG VOLTAGE-CONTROLLED PHASE-ANGLE-FIRED POWER INTERFACE Yanto, Asmara; Hadi, Syafrul
Jurnal Teknik Elektro - ITP Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : ITP Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.753 KB)

Abstract

Alat-alat pengontrol temperatur aliran udara pada alat pengering udara buatan untuk proses pengeringan hasil-hasil pertanian, perkebunan, dan perikanan hanya dapar digunakan pada satu saluran udara. Permasalahan ini dapat dipecahkan dengan melakukan suatu inovasi alat pengontrol temperatur aliran udara. Pada makalah ini dikembangkan suatu metode dan membuat sebuah alat pengontrol temperatur aliran udara dengan menggunakan analog voltage-controlled phase-angle-fired power interface method. Disini, pengontrolan temperatur aliran udara dikembangkan untuk mengontrol tiga macam temperatur aliran udara pada sistem saluran udara. Pada setiap saluran udara ditempatkan pemanas dan sensor temperatur. Diharapkan, metode dan produk dari alat pengontrol ini dapat digunakan pada alat pengering buatan untuk proses pengeringan hasil-hasil pertanian, perkebunan, dan perikanan.
PERANCANGAN PENGONTROLAN PEMANAS AIR MENGGUNAKAN PLC SIEMENS S7-1200 DAN SENSOR ARUS ACS712 Effendi, Asnal
Jurnal Teknik Elektro - ITP Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : ITP Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.476 KB)

Abstract

Pengontrolan Suhu Pemanas Air Menggunakan PLC SIEMENS S7-1200 yang bekerja secara otomatis dan proses yang dapat dikendalikan dari jarak jauh. Alat ini mempunyai kemampuan akuisisi data secara baik, seperti melakukan perekaman data dan me-restore database . Adapun secara garis besar kerja alat ini adalah saat pemakai memasukkan nilai suhu yang diinginkan, secara otomatis pemanas akan hidup dan jika suhu telah mencapai nilai yang diinginkan pemanas air akan mati serta pompa air akan bekerja dengan cara mensirkulasikan air dingin. Dengan begitu suhu akan tetap stabil berada pada nilai yang diinginkan. Penggunaan sensor arus ACS712-20A pada rangkaian ini adalah untuk mendeteksi pemakaian arus yang digunakan pada pemanasan air.. Berdasarkan hasil pengukuran terakhir menunjukkan untuk pemanasan air yang dimulai dari suhu 32℃ hingga 70℃ dibutuhkan waktu pemanasan sebanyak 492 detik dengan daya pemanas sebesar 300.40 watt serta pembacaan arus sebesar 1,36 A.
PEMANFAATAN ENERGI SURYA SEBAGAI SUPLAI CADANGAN PADA LABORATORIUM ELEKTRO DASAR DI INSTITUT TEKNOLOGI PADANG Dewi, Arfita Yuana
Jurnal Teknik Elektro - ITP Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : ITP Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.147 KB)

Abstract

Energi surya merupakan energi terbesar di bumi yang dapat dikonversikan menjadi energi listrik. Energi ini dimanfaatkan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan yang sangat diperlukan pada masa sekarang dan mendatang. Sasaran pemanfaatan listrik surya adalah elektrifikasi untuk daerah terpencil sebagai pemerataan hasil pembangunan, pemanfaatan energi lokal sebagai pelaksana kebijaksanaan pemerintah tentang penggunaan energi terutama non BBM, dan sebagai energi alternatif untuk keperluan cadangan energi pada konsumen listrik. Selain itu energi surya dapat juga dimanfaatkan untuk pembangkit listrik sebagai cadangan pada penggunaan laboratorium apabila aliran listrik tidak menyala. Penelitian terlebih dahulu melihat karakterisrtik energi listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Karakteristik ini dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya kondisi cuaca dan lamanya penyinaran pada suatu daerah yang berpengaruh terhadap nilai intensitas cahaya, tegangan (V), arus (I) dan daya yang dapat ditimbulkan. Dari penelitian didapatkan Panel surya yang terpasang dapat menghasilkan daya 431.55 Watt selama 9 jam penyinaran matahari selama satu hari.
PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK MINIHIDRO DI DESA GUGUAK AMPEK KANDANG KECAMATAN 2X11 KAYU TANAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN Erhaneli, Erhaneli; Rutaf, Ferdinal
Jurnal Teknik Elektro - ITP Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : ITP Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.956 KB)

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro adalah proses pengkonversian energi potensial air menjadi energi listrik yang sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, terutama di daerah – daerah yang memiliki aliran air yang cukup besar. Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro ini di mulai dari studi literature yang berhubungan dengan pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Air. Kemudian melakukan survei ke lokasi yaitu di desa Guguak Kandang Ampek, untuk dapat menentukan luas penampang sungai, pengukuran debit air dan pengukuran tinggi jatuh air. Kemudian pengolahan data yang meliputi perhitungan daya, perhitungan untuk menentukan jenis atau spesifikasi peralatan mekanikal, spesifkasi peralatan elektrikal, instalasi sipil dan estimasi biaya yang akan dipakai pada perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro ini. Pada perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro ini menggunakan debit air sebesar 5,67 m3 /s, tinggi jatuh air yang dipakai ialah 65 m, menggunakan jenis turbin Francis dan daya yang dapat dihasilkan sebesar 2.672,37 kVA. Generator yang digunakan adalah generator sinkron 4 kutup, dengan frekuensi 50 Hz. Desain sipilnya menggunakan tipe dam batu bronjong dengan diperkuat beton. Rumah penduduk yang dapat dialiri listrik sebanyak 2.969 unit rumah dengan setiap unit rumah mendapatkan daya listrik sebesar 900 VA. Dan estimasi biaya yang diperlukan untuk pembuatan PLTM ini sebesar Rp. 28.968.908.100.

Page 1 of 1 | Total Record : 6