cover
Contact Name
Aswir Premadi
Contact Email
aswir.premadi@itp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
aswir.premadi@itp.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Teknik Elektro
ISSN : 22523472     EISSN : 25988255     DOI : -
Redaksi Jurnal Teknik Elektro Institut Teknologi Padang mengundang para Peneliti, Akademisi, Praktisi dan Profesional untuk menyumbangkan karya tulisnya, di bidang Teknik Elektro, baik berupa hasil penelitian dan kajian pustaka yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media lain.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Teknik Elektro" : 6 Documents clear
STUDI ANALISA KESTABILAN TEGANGAN SISTEM 150 kV BERDASARKAN PERUBAHAN TEGANGAN (APLIKASI PT. PLN BATAM) Putra, Andi M. Nur; Dewi, Arfita Yuana
Jurnal Teknik Elektro - ITP Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : ITP Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.602 KB)

Abstract

Kota Batam merupakan kota industri, dimana terdapat banyak industri-industri baik industri kecil (home industri) maupun industri besar. Banyaknya industri ini otomatis membuat pasokan daya yang dibutuhkanpun semakin besar. Jatuh tegangan merupakan merupakan salah satu bentuk dari ketidakstabilan sistem dalam melakukan penyaluran energi listrik ke konsumen. Jatuhnya tegangan ini bisa disebabkan oleh terjadinya perubahan beban aktif maupun reaktif secara tiba-tiba, pasokan daya yang tidak memadai maupun gangguan yang terjadi pada sistem itu sendiri seperti misalnya lepasnya salah satu saluran transmisi atau pembangkit. Demi mendapatkan kinerja sistem yang baik dengan tegangan sistem yang selalu stabil berdasarkan SPLN No. 1:1995 Pasal 4 tentang ketentuan variasi tegangan pelayanan dimana drop tegangan yang diijinkan hanya sebesar -10% s/d +5% dan SPLN 12/1978 tentang karakteristik jaringan listrik yang handal pada poin 2 adalah mempunyai kualitas daya yang baik, meliputi kapasitas daya yang memadai, tegangan yang selalu konstan dan frekuensi yang selalu konstan. Maka dengan melakukan pensimulasian kondisi sistem dengan menggunakan EDSA Technical 2005 (metode iterasi newthon rhapson) berdasarkan data beban puncak pada tanggal 1 maret 2012 jam 14.00 dimana beban puncaknya adalah sebesar 238 MW, dapat dilihat dari hasil analisa kurva P-V dan Q-V bahwa kondisi sistem PT. PLN Batam masih dalam kondisi handal dimana pada saat penambahan beban sebesar 25% dari beban puncak penurunan tegangan yang terjadi hanya sebesar 1,87%.
PENGARUH PENGGUNAAN KAPASITOR PERBAIKAN FAKTOR DAYA TERHADAP ARUS START MOTOR INDUKSI 3-FASA Anthony, Zuriman
Jurnal Teknik Elektro - ITP Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : ITP Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (740.712 KB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa pengaruh kapasitor perbaikan faktor daya yang dipasang paralel dengan motor induksi 3-fasa terhadap arus start motor. Penelitian ini dilakukan di Labor Teknik Elektro Institut Teknologi Padang dengan objek pernelitian adalah motor induksi 3-fasa, 1500 W, 380 V/Y, 4 kutup, 50 Hz, 1400 rpm dan 3,6 A. Untuk memudahkan analisa, motor juga dianalisa dengan menggunakan parameter motor dengan bantuan program Matlab. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh arus start motor sebesar 22,68 A dengan watu (t) 0,032 detik, yang hanya berbeda 0,89% dari hasil perhitungan dengan program Matlab, sehingga keakuratan hasil perhitungan dapat diterima untuk menganalisa motor. Dari hasil penelitian ini ternyata memperlihatkan bahwa kapasitor yang digunakan dapat memperbesar arus start motor. Semakin besar nilai kapasitansi kapasitor yang digunakan, maka semakin besar pula arus start motor. Arus start ini ternyata merupakan gejala arus transien motor saat start yang sangat dipengaruhi oleh parameter motor (L dan R) dan waktu respon (t) kecepatan rotor. Besarnya arus start maksimum pada motor sangat ditentukan oleh tahanan dalam (R1 dan R2 ’) motor.
PENGARUH PERUBAHAN TEGANGAN SUMBER TERHADAP KARAKTERISTIK FAKATOR DAYA PADA LAMPU HEMAT ENERGI Bachtiar, Antonov; Natalinus, Natalinus
Jurnal Teknik Elektro - ITP Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : ITP Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.489 KB)

Abstract

Penelitian dengan perubahan tegangan sumber terhadap karakteristik factor daya pada lampu hemat energy apabila diberi tegangan sumber pada tegangan normal 220v diturunkan tegangan tiap satu jam sampai ke tegangan 150v, lalu dinaikan ketegangan 240v, setelah satu jam kemudian diturunkan lagi ketegangan normal 220v. Setiap penurunan tegangan terjadi kenaikan Faktor daya sebesar 50-63% dan bila tegangannya mencapai 240v maka factor dayanya malahan turun sebesar 40-52%. Faktor daya pada saat tegangan 220v awal, dengan tegangan 220v akhir dengan daya name plate 5 watt didapat hasil merk lampu Philips Faktor Dayanya turun 57% jadi 54%, Visalux turun 47% jadi 46%, Visicom naik 51-54%, Panasonic naik 49-54%, Energi turun 48% jadi 44%, Shinyoku naik 40-45%, Hannochs naik 38-42%. Daya name plate 8 watt merk Visalux Faktor Dayanya naik 52-56%, Philips turun 52% jadi 51%, Panasonic naik 50-51%, Visicom naik 50-53%, Energi turun 48% jadi 47%, Hannochs naik 48-53%, Shinyoku turun 45% jadi 44%. Daya name plate 14 watt merk Panasonic Faktor Dayanya naik 53-55%, Philips naik 51-53%, Visalux turun 51% jadi 50%, Visicom naik 48-49%, Energi naik 46-47%, Hannochs naik 45-46%, Shinyoku turun 44% jadi 42%.
ANALISA PENGARUH PERUBAHAN BEBAN TERHADAP KARAKTERISTIK GENERTOR SINKRON Bandri, Sepannur
Jurnal Teknik Elektro - ITP Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : ITP Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.94 KB)

Abstract

Generator adalah salah satu jenis mesin listrik yang digunakan sebagai alat pembangkit energi listrik dengan cara menkonversikan energi mekanik menjadi energi listrik. Pada generator, energi mekanik didapat dari penggerak mula yang bisa berupa mesin diesel, turbin, baling-baling dan lain-lain. Pada pembangkit-pembangkit besar, salah satu alat konversi yang sering digunakan yaitu generator sinkron 3 phase. Generator sinkron yang ditinjau adalah generator sinkron 37 MVA, 10.5 kV, hubungan Y pada PLTG Pauh Limo. Pengoperasian generator dituntut suatu kestabilan agar kinerja generator menjadi optimal. Kestabilan generator dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu beban, arus eksitasi, faktor daya, jumlah putaran generator, dan lain sebagainya. Perubahan besar tegangan terminal akibat dihubungkan ke beban akan menyebabkan ketidakstabilan generator. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan melihat kinerja generator sinkron tiga fasa terhadap perubahan beban daya aktif. Dari hasil analisa diperoleh bahwa semakin bertambahnya beban maka GGL induksi juga akan naik dan arus medan juga naik dimana GGL induksi yang di dapat pada saat beban puncak dari factor daya lagging adalah 6397.211 V dan arus medan 304.629 A, GGL induksi pada factor daya leading adalah 6043.474 V dan arus medan 287.784 A.
APLIKASI ILMU STATISTIK UNTUK RENCANA UMUM KETENAGALISTRIKAN DAERAH DI PROVINSI RIAU TAHUN 2010 – 2019 Yandri, Valdi Rizki; warman, Desmi
Jurnal Teknik Elektro - ITP Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : ITP Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5102.614 KB)

Abstract

Permintaan listrik Provinsi Riau saat ini dipasok oleh sistem interkoneksi Sumatera dan sistem terisolasi. Pada Agustus 2010, beban puncak sistem interkoneksi dalam sistem sub Riau adalah 339,6 MW, sementara pasokan daya listrik di Riau hanya 179,1 MW. Beban puncak sistem terisolasi bisa 66,573 MW tetapi pasokan daya listrik terisolasi hanya 73,044 MW. Riau membutuhkan pasokan daya listrik dari Sumatera Barat sub sistem dan sub sistem Sumatera Utara. Pasokan minimum tenaga listrik membuat minimum rasio elektrifikasi, berdasarkan PLN Corp data, rasio elektrifikasi Provinsi Riau adalah 45,26%. Di sisi lain, Energi dan Pertambangan Departemen Riau mengatakan bahwa rasio elektrifikasi adalah 47,19% jika nilai ini didasarkan pada semua pelanggan, bukan hanya PLN Corp pelanggan tetapi juga non PLN rasio Corp. Jika didasarkan pada pelanggan PLN Corp, rasio elektrifikasi hanya 38.41%. Rasio ini lebih kecil dari rasio elektrifikasi nasional, yaitu 60%. Kondisi masa depan, listrik di Riau bisa lebih buruk daripada sekarang karena peningkatan pembangunan daerah yang membutuhkan lebih banyak energi listrik. Untuk mengatasi pasokan minimum tenaga listrik,beberapa tindakan harus dilakukan oleh Pemerintah Daerah Riau dan PLN Corp Salah satu tindakan adalah membuat Perencanaan Umum Listrik yang dapat membuat perkiraan kebutuhan listrik untuk masa depan,
Monitoring Motor Induksi Tiga Fasa Menggunakan Software Labview berbasis Webserver Zaini, Zaini; Rusdi, Eko
Jurnal Teknik Elektro - ITP Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Teknik Elektro
Publisher : ITP Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.922 KB)

Abstract

Kesulitan teknisi/enginer dalam memantau kinerja motor induksi pada suatu pabrik merupakan hal utama yang terjadi pada saat ini, sebab kondisi pabrik yang besar dengan lokasi motor-motor berjauhan. Monitoring motor induksi menggunakan software LabView berbasis webserver adalah salah satu solusi yang dapat memudahkan pemantauan motor induksi 3 fasa. Dengan konfigurasi modem ADSL, webserver dari LabView dan Wampserver dapat dikenal oleh jaringan luar(internet), sehingga motor induksi dapat diakses jarak jauh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat delay yang besar pada website panel LabView yaitu 56.7 milidetik.

Page 1 of 1 | Total Record : 6