cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Buana Informatika
ISSN : 20872534     EISSN : 20897642     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 8, No 4 (2017): Jurnal Buana Informatika Volume 8 Nomor 4 Oktober 2017" : 6 Documents clear
Analisis Kinerja SI/TI Pada PDAM Kota Salatiga Menggunakan Kerangka IT Balanced Scorecard Wiyono, Septi; Tanaamah, Andeka Rocky
Jurnal Buana Informatika Vol 8, No 4 (2017): Jurnal Buana Informatika Volume 8 Nomor 4 Oktober 2017
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/jbi.v8i4.1442

Abstract

Abstract. Customer Service Application has an important role in improving the quality of service in PDAM Salatiga city. Referring to this understanding, the existence of a customer service application in PDAM is considered very essentialtoimprove the employees’ performance in providing a better customer service. This researchtries to see how IS/IT measures can improve the effectiveness of the various perspectives used. As the findings in this research show how customer service applications can provide values for the company and improve the employees’ performance. Customer service applications have an important role in various ways, in this research application performance measured in order to increase employees satisfaction to the company.Keywords: Performance SI/IT, IT Balanced Scorecard, Customer Service Application. Abstrak. Analisis Kinerja SI/TI pada PDAM Kota Salatiga Menggunakan Kerangka IT Balanced Scorecard.Aplikasi Pelayanan Pelanggan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi PDAM Kota Salatiga. Mengacu pada pemahaman tersebut, maka kehadiran aplikasi pelayanan pelanggan di PDAM diposisikan sebagai basis utama dalam meningkatkan kinerja karyawan dalam hal pelayanan pelanggan yang semakin meningkat. Penelitian ini melihat bagaimana mengukur SI/TI yang dapat meningkatkan efektifitas diberbagai perspektif yang digunakan. Adapun temuan-temuan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bagaimana kehadiran aplikasi pelayanan pelanggan dapat memberikan nilai untuk perusahaan dan sarana untuk meningkatkan kinerja karyawan. Aplikasi pelayanan pelanggan memiliki peranan penting dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam perusahaan di berbagai hal, dalam penelitian ini dilakukan pengukuran bagaimana aplikasi dapat meningkatkan kepuasan karyawan terhadap perusahaan.Kata kunci: Kinerja SI/TI, IT Balanced Scorecard, Aplikasi Pelayanan Pelanggan. 
Analisis Strategi Pemasaran Dengan Media Sosial Produk Kuliner Usaha Kecil dan Menengah di Pekanbaru Sukri, Sukri; Arisandi, Diki
Jurnal Buana Informatika Vol 8, No 4 (2017): Jurnal Buana Informatika Volume 8 Nomor 4 Oktober 2017
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/jbi.v8i4.1447

Abstract

Abstract. Pekanbaru is a big city with many culinary businesses. To increase the sales income, enterprises utilize social media as their marketing strategy. This research was about a social media analysis for marketing culinary products in small and medium enterprises by using Structural Equation Modelling. Variables in this research are social media selection, information update, response to buyer, quality and price as variable x to culinary business marketing as variable y. The primary data were collected  from questionnaires filled by culinary entrepreneurs in Pekanbaru. The results show that the RMSEA = 0.08, AGFI = 0.705, CMIN / DF = 1.834, TLI = 0.813 and CFI = 0.843. From the results of these measurements, it can be concluded that there are six components of measurement values that are acceptable, so the final result in this study is all the variables X has a positive influence on the variable Y.Keywords: Social Media, Culinary Product, Small and Medium Businesses, Structural Equation Modelling Abstraks. Analisis Strategi Pemasaran Dengan Media Sosial Produk Kuliner Usaha Kecil dan Menengah di Pekanbaru. Pekanbaru merupakan kota besar yang banyak bisnis kulinernya. Untuk meningkatkan penjualan, pengusaha kuliner memanfaatkan media sosial sebagai strategi pemasarannya. Penelitian ini tentang analisis media sosial untuk pemasaran produk kuliner pada usaha kecil dan menengah dengan menggunakan metode pemodelan persamaan struktural. Variabel yang digunakan adalah pemilihan media sosial, update informasi, respon terhadap pembeli, kualitas dan harga sebagai variabel x terhadap pemasaran bisnis kuliner sebagai variabel y. Pengambilan data dari kuesioner yang diisi oleh pengusaha kuliner di Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai RMSEA=0,08, AGFI=0,705, CMIN / DF=1,834, TLI=0,813 dan CFI=0,843. Dari hasil pengukuran tersebut dapat disimpulkan bahwa ada enam komponen nilai pengukuran dapat dinyatakan dapat diterima, sehingga hasil akhir dalam penelitian ini adalah semua variabel X memiliki pengaruh positif terhadap variabel Y.Kata kunci: Media Sosial, Produk Kuliner, Usaha Kecil dan Menengah, Structural Equation Modelling
Analisis Perubahan Tata Guna Lahan di Kabupaten Bantul Menggunakan Metode Global Moran’s I Rumetna, Matheus Supriyanto; Sediyono, Eko; Hartomo, Kristoko Dwi
Jurnal Buana Informatika Vol 8, No 4 (2017): Jurnal Buana Informatika Volume 8 Nomor 4 Oktober 2017
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/jbi.v8i4.1446

Abstract

Abstract. Bantul Regency is a part of Yogyakarta Special Province Province which experienced land use changes. This research aims to assess the changes of shape and level of land use, to analyze the pattern of land use changes, and to find the appropriateness of RTRW land use in Bantul District in 2011-2015. Analytical methods are employed including Geoprocessing techniques and analysis of patterns of distribution of land use changes with Spatial Autocorrelation (Global Morans I). The results of this study of land use in 2011, there are thirty one classifications, while in 2015 there are thirty four classifications. The pattern of distribution of land use change shows that land use change in 2011-2015 has a Complete Spatial Randomness pattern. Land use suitability with the direction of area function at RTRW is 24030,406 Ha (46,995406%) and incompatibility of 27103,115 Ha or equal to 53,004593% of the total area of Bantul Regency.Keywords: Geographical Information System, Land Use, Geoprocessing, Global Morans I, Bantul Regency. Abstrak. Analisis Perubahan Tata Guna Lahan di Kabupaten Bantul Menggunakan Metode Global Moran’s I. Kabupaten Bantul merupakan bagian dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang mengalami perubahan tata guna lahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perubahan bentuk dan luas penggunaan lahan, menganalisis pola sebaran perubahan tata guna lahan, serta kesesuaian tata guna lahan terhadap RTRW yang terjadi di Kabupaten Bantul pada tahun 2011-2015. Metode analisis yang digunakan antara lain teknik Geoprocessing serta analisis pola sebaran perubahan tata guna lahan dengan Spatial Autocorrelation (Global Moran’s I). Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan tanah pada tahun 2011, terdapat tiga puluh satu klasifikasi, sedangkan pada tahun 2015 terdapat tiga puluh empat klasifikasi. Pola sebaran perubahan tata guna lahan menunjukkan bahwa perubahan tata guna lahan tahun 2011-2015 memiliki pola Complete Spatial Randomness. Kesesuaian tata guna lahan dengan arahan fungsi kawasan pada RTRW adalah seluas 24030,406 Ha atau mencapai 46,995406 % dan ketidaksesuaian seluas 27103,115 Ha atau sebesar 53,004593 % dari total luas wilayah Kabupaten Bantul. Kata Kunci: Sistem Informasi Georafis, tata guna lahan, Geoprocessing, Global Moran’s I, Kabupaten Bantul.
Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen dan Reservasi untuk Rumah Pembinaan Adithama, Stephanie Pamela; Maslim, Martinus; Harjoseputro, Yulius; Suharno, Hisyam Rahmawan
Jurnal Buana Informatika Vol 8, No 4 (2017): Jurnal Buana Informatika Volume 8 Nomor 4 Oktober 2017
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/jbi.v8i4.1445

Abstract

Abstract. Rumah Pembinaan Carolus Borromeus (RPCB) Syantikara is a retreat house that serves the development of lay spirituality, through retreat services for youth and adult groups. The reservation record until now is still done manually, raises problems such as: double booked, rooms and facilities do not fit the initial order, the reservation process took a long time. Management information systems and reservation is built to respond the needs of RPCB Syantikara in providing services and assisting managerial decision making. This system can handle management of reservation data, recording reservations, transactions, and reporting that can be monitored in real time. The results of system testing to the user indicate that all functionality has been running properly. This system can improve RPCB Syantikara performance, streamline the reservation process, reduce transaction processing time, and improve service quality.Keywords: retreat house, reservation, information system, information system management Abstrak. Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen dan Reservasi untuk Rumah Pembinaan. Rumah Pembinaan Carolus Borromeus (RPCB) Syantikara melayani pengembangan spiritualitas awam, melalui pelayanan retret bagi kelompok remaja maupun kelompok dewasa. Pencatatan reservasi hingga kini masih dilakukan secara manual sehingga menimbulkan permasalahan, seperti: double booked, ruangan dan fasilitas tidak sesuai pesanan awal, lamanya waktu untuk memproses reservasi. Sistem informasi manajemen dan reservasi dibangun untuk menanggapi kebutuhan RPCB Syantikara dalam memberikan layanan dan membantu pengambilan keputusan manajerial. Sistem ini dapat menangani proses pengelolaan data-data terkait reservasi, pencatatan reservasi, transaksi, sampai dengan pelaporannya yang dapat dipantau secara real time. Hasil pengujian sistem kepada pengguna menunjukkan bahwa semua fungsionalitas telah berjalan dengan baik. Sistem ini dapat meningkatkan kinerja RPCB Syantikara, mengefisienkan proses reservasi, mengurangi waktu pemrosesan transaksi, dan meningkatkan kualitas pelayanan.Kata Kunci: rumah pembinaan, reservasi, sistem informasi, sistem informasi manajemen
Penerapan Strategi E-business Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif dari Usaha Mikro Kecil Menengah di Indonesia (Studi kasus Trooper Electronic Yogyakarta) Handarkho, Yonathan Dri; Suryanto, Timothy Ryan; Dewi, Findra Kartika Sari; Julianto, Eddy
Jurnal Buana Informatika Vol 8, No 4 (2017): Jurnal Buana Informatika Volume 8 Nomor 4 Oktober 2017
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/jbi.v8i4.1444

Abstract

Abstract. Today, many micro small medium enterprises (MSME) utilize the internet technology to enhance their competitive advantage. One of the popular strategies is the use of e-business to enhance business process performance of the organization. However, to implement e-business strategy, an organization needs to have a model that can help align e-business strategy with organization strategy. That is why in this research, the authors try to apply and implement e-business strategy in MSME Trooper Electronic Yogyakarta by using e-business evaluation model proposed by Raisinghani et al. (2007). In this research, an e-commerce website for Trooper Electronic Yogyakarta will be developed and the use of social media will be maximized.Keyword: e-business, model, e-commerce, social media, MSME Abstrak. Penerapan Strategi E-business Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif dari Usaha Mikro Kecil Menengah di Indonesia (Studi Kasus Trooper Electronic Yogyakarta). Berkembangnya teknologi internet membuat banyak pelaku usaha termasuk UMKM mulai memanfaatkan teknologi tersebut untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya. Strategi pemanfaatan teknologi internet untuk meningkatkan performa proses bisnis dari sebuah unit usaha disebut sebagai E-business. Hanya saja untuk menerapkan strategi e-business tersebut, unit usaha seperti UMKM memerlukan sebuah model atau kerangka kerja yang dapat membantu mereka memastikan bahwa strategi yang mereka terapkan sesuai dengan kondisi dan proses bisnis dari UMKM tersebut. Terkait dengan hal tersebut, pada penelitian ini, penulis mencoba menerapkan dan mengimplementasikan strategi e-busines pada UMKM Trooper Electronic Yogyakarta dengan mengadopsi model strategi e-busines yang diusulkan oleh Raisinghani dkk. (2007). Penerapan strategi e-business pada penelitian ini diwujudkan dalam bentuk pembangunan web e-commerce dan pemanfaatan media sosial untuk mendukung proses bisnis dari UMKM Trooper Electronic Yogyakarta. Kata Kunci: e-business, model, e-commerce, media sosial, UMKM
Pengembangan Metode Ant Colony Optimization Pada Klasifikasi Tanaman Mangga Menggunakan K-Nearest Neighbor Liantoni, Febri; Hermanto, Luky Agus
Jurnal Buana Informatika Vol 8, No 4 (2017): Jurnal Buana Informatika Volume 8 Nomor 4 Oktober 2017
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24002/jbi.v8i4.1443

Abstract

Abstract. Leaf is one important part of a plant normally used to classify the types of plants. The introduction process of mango leaves of mangung and manalagi mango is done based on the leaf edge image detection. In this research the conventional edge detection process was replaced by ant colony optimization method. It is aimed to optimize the result of edge detection of mango leaf midrib and veins image. The application of ant colony optimization method successfully optimizes the result of edge detection of a mango leaf midrib and veins structure. This is demonstrated by the detection of bony edges of the leaf structure which is thicker and more detailed than using a conventional edge detection. Classification testing using k-nearest neighbor method obtained 66.67% accuracy. Keywords: edge detection, ant colony optimization, classification, k-nearest neighbor. Abstrak. Pengembangan Metode Ant Colony Optimization Pada Klasifikasi Tanaman Mangga Menggunakan K-Nearest Neighbor. Daun merupakan salah satu bagian penting dari tanaman yang biasanya digunakan untuk proses klasifikasi jenis tanaman. Proses pengenalan daun mangga gadung dan mangga manalagi dilakukan berdasarkan deteksi tepi citra struktur tulang daun. Pada penelitian ini proses deteksi tepi konvensional digantikan dengan metode ant colony optimization. Hal ini bertujuan untuk optimasi hasil deteksi tepi citra tulang daun mangga. Penerapan metode ant colony optimization berhasil mengoptimalkan hasil deteksi tepi struktur tulang daun mangga. Hal ini ditunjukkan berdasarkan dari hasil deteksi tepi citra struktur tulang daun yang lebih tebal dan lebih detail dibandingkan menggunakan deteksi tepi konvensional. Pengujian klasifikasi dengan metode k-nearest neighbor didapatkan nilai akurasi sebesar 66,67%.Kata Kunci: deteksi tepi, ant colony optimization, klasifiaksi, k-nearest neighbor.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Buana Informatika Volume 10 Nomor 1 April 2019 Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Buana Informatika Volume 9 Nomor 2 Oktober 2018 Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Buana Informatika Volume 9 Nomor 1 April 2018 Vol 8, No 4 (2017): Jurnal Buana Informatika Volume 8 Nomor 4 Oktober 2017 Vol 8, No 3 (2017): Jurnal Buana Informatika Volume 8 Nomor 3 Juli 2017 Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Buana Informatika Volume 8 Nomor 2 April 2017 Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Buana Informatika Volume 8 Nomor 1 Januari 2017 Vol 7, No 4 (2016): Jurnal Buana Informatika Volume 7 Nomor 4 Oktober 2016 Vol 7, No 3 (2016): Jurnal Buana Informatika Volume 7 Nomor 3 Juli 2016 Vol 7, No 2 (2016): Jurnal Buana Informatika Volume 7 Nomor 2 April 2016 Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Buana Informatika Volume 7 Nomor 1 Januari 2016 Vol 6, No 4 (2015): Jurnal Buana Informatika Volume 6 Nomor 4 Oktober 2015 Vol 6, No 3 (2015): Jurnal Buana Informatika Volume 6 Nomor 3 Juli 2015 Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Buana Informatika Volume 6 Nomor 2 April 2015 Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Buana Informatika Volume 6 Nomor 1 Januari 2015 Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Buana Informatika Volume 5 Nomor 1 Januari 2014 Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Buana Informatika Volume 4 Nomor 2 Juli 2013 Vol 4, No 1 (2013): Jurnal Buana Informatika Volume 4 Nomor 1 Januari 2013 Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Buana Informatika Volume 3 Nomor 2 Juli 2012 Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Buana Informatika Volume 3 Nomor 1 Januari 2012 Vol 2, No 2 (2011): Jurnal Buana Informatika Volume 2 Nomor 2 Juli 2011 Vol 2, No 1 (2011): Jurnal Buana Informatika Volume 2 Nomor 1 Januari 2011 Vol 1, No 2 (2010): Jurnal Buana Informatika Volume 1 Nomor 2 Juli 2010 Jurnal Buana Informatika Volume 1 Nomor 1 Januari 2010 More Issue