cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Buana Informatika
ISSN : 20872534     EISSN : 20897642     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Buana Informatika Volume 3 Nomor 2 Juli 2012" : 6 Documents clear
Developing a Prototype of Mobile Dental Information System in Indonesia Santoso, Leo Willyanto; Setiawan, Alexander; Gunawan, Samuel
Jurnal Buana Informatika Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Buana Informatika Volume 3 Nomor 2 Juli 2012
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstact. With the rapid development of wireless technology, mobile devices applications and services have become more convenient. One area that can be supported by this technology is the field of health, particularly in the dental information system. Processing the patient data is one of the many factors that have an important role in hospital industry. The manual processing of patient data in dental clinic X Yogyakarta, Indonesia is inefficient and ineffective. It cant guarantee the accuracy of the calculation, recapitulations, and reporting system. The rapid development of information technology makes it possible to develop a dental information system, which gives accurate reports on the status of the patients in real time for the purpose of improving patient’s safety and quality of services. In this research, the application is developed with Java programming language and mySQL database. The testing results of the application have shown that the program can be operated easily, has a clear work flow, supports various facilities that help users, and is able to become valuable inputs for dental clinic management in the decision making process. Based on the questionnaire results, 80% respondents reported that the program met the requirements and was easy to use.Keywords: mobile technology, dental information system, registration, report Abstrak.Perkembangan teknologi nirkabel yang sangat pesat telah memicu aplikasi dan layanan seluler menjadi lebih nyaman. Salah satu bidang yang dapat didukung oleh teknologi ini adalah bidang kesehatan, terutama dalam sistem informasi klinik gigi. Pengolahan data pasien merupakan salah satu faktor yang memiliki peran penting dalam pengelolaan industri kesehatan. Saat ini, proses manual pengolahan data pasien di klinik gigi x Yogyakarta tidak efisien dan tidak efektif. Hal ini tidak dapat menjamin keakuratan perhitungan, rekapitulasi, dan sistem pelaporan. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memungkinkan untuk mengembangkan sistem informasi gigi, yang memberikan laporan yang akurat tentang status pasien secara real time untuk tujuan meningkatkan keselamatan pasien dan mutu layanan. Dalam penelitian ini, aplikasi dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java dan database mySQL. Hasil pengujian aplikasi telah menunjukkan bahwa program ini dapat dioperasikan dengan mudah, memiliki alur kerja yang jelas, mendukung berbagai fasilitas yang membantu pengguna, dan mampu menjadi masukan yang berharga untuk manajemen klinik gigi untuk membuat keputusan. Berdasarkan hasil survey, 80% responden berkata bahwa program sudah memenuhi kebutuhan dan mudah untuk digunakan.Kata kunci: teknologi bergerak, sistem informasi dokter gigi, registrasi, laporan
Aplikasi Penjualan dan SMS Gateway untuk Penagihan Hutang (Studi Kasus PT. DEWATA Yogyakarta) Sukamto, Brigitta Stellani
Jurnal Buana Informatika Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Buana Informatika Volume 3 Nomor 2 Juli 2012
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract. Sales and receivables is the income of the company. But the complexity of the data make these vital parts are often overlooked. The presence of technology may be able to be solution. SalWay is a software, designed and built to handle everything related to the sale and the debt owed by customers in PT. DEWATA Yogyakarta which has 3 (three) mills which are have different raw materials and products. The software is also capable of providing reminders via SMS Gateway for alerts to customers who have not paid off their debts but are close to (one day before the due date) or exceed the maturity date. With the SMS, the company can alert customers without typing a lots of numbers on mobile phones.Keywords: sales, SMS, alerts, reminders, SMS  Gateway Abstrak. Penjualan dan piutang merupakan sumber hidup perusahaan. Namun kompleksnya data membuat bagian vital tersebut sering kali terabaikan. Hadirnya teknologi mampu untuk menjadi salah satu solusi. SalWay adalah sistem informasi yang dirancang dan dibuat untuk membantu menangani segala sesuatu terkait penjualan dan hutang yang belum dibayarkan oleh pelanggan kepada PT. DEWATA yang memiliki 3 (tiga) pabrik dengan bahan baku dan hasil produksi yang berbeda. Sistem ini juga mampu memberikan SMS reminder via SMS Gateway untuk alert kepada pelanggan-pelanggan yang belum melunasi hutangnya namun sudah mendekati (satu hari sebelum tanggal jatuh tempo) ataupun melebihi tanggal jatuh tempo. Dengan adanya SMS ini, perusahaan dapat mengingatkan pelanggan tanpa harus mengetikkan banyak nomor dan SMS di handphone.Kata kunci: penjualan, SMS, alert, reminder, SMS Gateway
Pengembangan Single-Account Untuk Berbagai Aplikasi Berbasis Web dan Desktop Memanfaatkan Account Windows Live Anindito, Kusworo
Jurnal Buana Informatika Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Buana Informatika Volume 3 Nomor 2 Juli 2012
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract. Along with the increasing number of applications provided for students, a student needs to have different accounts to access each application. The accounts are used to access each specific application from campus or applications provided by another partner, such as Microsoft Live @ edu. As a result, these students have many accounts to access email, courses site, the study plan, resulst of study, etc. This situation often makes students forget their usernames or passwords to access the existing system applications. As a result, the administrator or operator often gets requests to reset passwords from students. This research is conducted in the effort to minimize the number of students who cannot access the information system because they cannot login. A student  only needs to remember one account,  i.e. his/her account of windows live, to be able to access various applications of information system, both on desktop and via web, provided by the campus.Keywords: single-account, desktop, web, live@edu, windows live Abstrak. Seiring dengan bertambahnya aplikasi layanan teknologi informasi yang disediakan bagi mahasiswa, maka seorang mahasiswa harus mengingat berbagai account yang dimiliki untuk mengakses berbagai aplikasi tersebut. Account-account tersebut digunakan untuk mengakses ke masing-masing aplikasi khusus dari perguruan tinggi tersebut ataupun account untuk mengakses aplikasi yang disediakan pihak lain yang menawarkan kerjasama, misalnya Microsoft live@edu. Akibatnya, mahasiswa tersebut memiliki account untuk mengakses email, situs kuliah, pengisian rencana studi, dan sebagainya. Hal ini sering membuat mahasiswa tersebut lupa username atau password salah satu aplikasi yang ada, sehingga tidak bisa mengakses sistem. Akibatnya, administrator/operator mendapatkan permohonan untuk mereset password para mahasiswa yang lupa tersebut. Penelitian ini dilakukan sebagai usaha untuk meminimalkan kemungkinan mahasiswa tidak bisa mengakses sistem informasi karena tidak bisa melakukan login. Mahasiswa cukup mengingat sebuah account, yaitu account windows live, untuk bisa mengakses berbagai layanan sistem informasi, baik desktop maupun web, yang disediakan kampus.Kata Kunci: single-account, desktop, web, live@edu, windows live
Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Pemberian Beasiswa di STMIK Atma Luhur Magdalena, Hilyah
Jurnal Buana Informatika Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Buana Informatika Volume 3 Nomor 2 Juli 2012
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract. Top of FormEconomic conditions is one obstacle in implementing education especially higher education. This limitation can be overcome by granting scholarships. With the scholarship students who have excellent academic ability can continue their education. In STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, scholarships are offered not only to students who have excellent academic achievements but also for those with special abilities in other fields, such as for outstanding athletes. The number of classifications gives top management a hard time to decide who will receive the scholarship. The difficulty lies on the lack of clear criteria in awarding the scholarships either from campus or from the government based on both academic and non academic achievements. This study presents several criteria that can be used to determine which students deserve to receive which scholarship. This study uses the Analytical Hierarchy Process (AHP) as a model of decision making in determining scholarship recipients. The results of data processing tools with AHP and Expert Choice 2000 indicate that the scholarship (Improved Academic Achievement or PPA) is the most popular fellowship that reaches 23.3%, followed by student’s achievements by 22.3%,. The third is a scholarship Student aid Study (BBM) that reaches 21.5%. While the most important criteria according to the expert respondents is on academic achievement that reaches 50.3%.Keywords: scholarship, academic and non academic achievement, Analytical Hierarchy Proces. Abtrak. Di STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, beasiswa tidak hanya untuk mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik sangat baik, namun juga untuk mahasiswa yang mempunyai kemampuan istimewa lainnya seperti atlet berprestasi. Banyaknya klasifikasi beasiswa membuat manajemen puncak sebagai penentu akhir kepada siapa beasiswa akan diberikan cukup kesulitan. Penelitian ini menyajikan beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk menentukan mahasiswa dengan kategori seperti apa yang paling pantas menerima beasiswa – beasiswa tersebut. Penelitian ini menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai model pengambilan keputusan dalam menemtukan mahasiswa penerima beasiswa. Hasil pengolahan data dengan AHP dan tools Expert Choice 2000 menunjukkan bahwa beasiswa (Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) adalah beasiswa yang paling diminati dengan bobot mencapai 23,3%, selanjutnya adalah beasiswa mahasiswa berprestasi dengan bobot 22,3%, dan peringkat ketiga adalah beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) dengan bobot mencapai 21,5%. Sedangkan kriteria paling penting menurut para responden ahli adalah prestasi akademik dengan bobot mencapai 50,3%.   Kata Kunci: beasiswa, beasiswa berbasis akademik, beasiswa non akademik, Analytical Hierarchy Process.
Pemodelan Lingkungan Virtual untuk Interaksi Avatar Berbasis Context Pada Proyek Digital Life at Campus (DiL@C) Sajati, Haruno; Nugroho, Lukito Edi; Ferdiana, Ridi
Jurnal Buana Informatika Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Buana Informatika Volume 3 Nomor 2 Juli 2012
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract. Campus activities that use information technology increasing rapidly, these activities e.g. studying activity, access to information and so on. The increased activities forces instance has an "assistants" who can help the real user to complete their works and responsibilities. Virtual world allows the user to be in a different context so that it can follow a different activity at one time. Avatar requires a virtual Environment for the activity. This research build a model in virtual world (VES) that would bring together between avatars, virtual objects and context to work in a scenario in Digital Life at Campus (Dil@C). Design written in this paper to formulate a model of Context based communication, system architecture and implementation that can be applied in the virtual world.Keywords: DiL@C, avatar, context, Virtual Environment System (VES). Abstrak. Aktifitas kampus yang memanfaatkan teknologi informasi semakin banyak, Aktifitas ini contohnya perkuliahan, akses informasi dan lain-lain. Peningkatan aktifitas ini memaksa instance di dalam kampus memiliki ”asisten” yang dapat membantu real user untuk menyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawabnya. Dunia virtual memungkinkan user dapat berada pada konteks yang berbeda sehingga dapat mengikuti aktifitas yang berbeda pada satu waktu. Pengembangan model avatar yang merepresentasikan user dalam dunia maya membutuhkan lingkungan virtual untuk beraktifitas. Penelitian ini memodelkan sebuah dunia virtual (VES) yang dapat mempertemukan antara avatar, obyek-obyek virtual dan konteks untuk bekerja dalam sebuah skenario dalam Digital Life at Campus (DiL@C). Perancangan yang ditulis dalam paper ini merumuskan model komunikasi berbasis konteks, arsitektur sistem dan implementasi yang bisa diterapkan dalam dunia virtual.Kata Kunci: DiL@C, avatar, konteks, Virtual Environment System (VES).
Rancangan Model Manajemen Pengetahuan Untuk Perencanaan Pola Tanam Efektif Tanaman Pangan Berbasis Spatial Mining Sediyono, Eko; Hartomo, Kristoko Dwi; Yulianto, Sri
Jurnal Buana Informatika Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Buana Informatika Volume 3 Nomor 2 Juli 2012
Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract. This paper discusses the knowledge management modeling for planning the effective planting pattern based on spatial mining.  The knowledge management is developed as a portal from traditional pranata mangsa (season reading) knowledge which is well known among Javanese and Balinese people and is plotted to the digital map. The content of the system is also combined with the recent research results about pranata mangsa, and planting patterns of the crops in many places in Java and Bali.    The application is experimented in Boyolali District. This system gives practical knowledge to farmers, in addition to developing a knowledge sharing culture among farmers and agricultural service officers in many places by using Web.Keywords: Knowledge Management, Knowledge sharing, pranata mangsa, Effective planting pattern. Abstrak. Paper ini membahas tentang rancangan model manajemen pengetahuan (knowledge management) untuk perencanaan pola tanam efektif tanaman pangan berbasis pencarian data spasial (spatial mining). Aplikasi manajemen pengetahuan yang dibangun akan menjadi portal bagi pengetahuan-pengetahuan mengenai pranata mangsa tradisional yang diketahui oleh masyarakat diberbagai daerah di Jawa dan Bali, dilengkapi dengan lokasi masing-masing pengetahun yang dipetakan dalam peta digital. Selain itu sistem yang dibangun juga menggabungkan data hasil penelitian terbaru mengenai pranata mangsa terbarukan dan data pola tanam tanaman pangan di berbagai daerah di Jawa dan Bali. Rancangan model diuji coba di daerah Kabupaten Boyolali. Selain memberikan pengetahuan yang bermanfaat secara praktis bagi petani, sistem ini dapat menumbuhkan budaya penyebaran pengetahuan (Knowledge Sharing) diantara para petani dan petugas dinas pertanian di berbagai daerah melalui Web.Kata kunci: manajemen pengetahuan, knowledge sharing, pranata mangsa,  pola tanam efektif.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Buana Informatika Volume 10 Nomor 1 April 2019 Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Buana Informatika Volume 9 Nomor 2 Oktober 2018 Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Buana Informatika Volume 9 Nomor 1 April 2018 Vol 8, No 4 (2017): Jurnal Buana Informatika Volume 8 Nomor 4 Oktober 2017 Vol 8, No 3 (2017): Jurnal Buana Informatika Volume 8 Nomor 3 Juli 2017 Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Buana Informatika Volume 8 Nomor 2 April 2017 Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Buana Informatika Volume 8 Nomor 1 Januari 2017 Vol 7, No 4 (2016): Jurnal Buana Informatika Volume 7 Nomor 4 Oktober 2016 Vol 7, No 3 (2016): Jurnal Buana Informatika Volume 7 Nomor 3 Juli 2016 Vol 7, No 2 (2016): Jurnal Buana Informatika Volume 7 Nomor 2 April 2016 Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Buana Informatika Volume 7 Nomor 1 Januari 2016 Vol 6, No 4 (2015): Jurnal Buana Informatika Volume 6 Nomor 4 Oktober 2015 Vol 6, No 3 (2015): Jurnal Buana Informatika Volume 6 Nomor 3 Juli 2015 Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Buana Informatika Volume 6 Nomor 2 April 2015 Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Buana Informatika Volume 6 Nomor 1 Januari 2015 Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Buana Informatika Volume 5 Nomor 1 Januari 2014 Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Buana Informatika Volume 4 Nomor 2 Juli 2013 Vol 4, No 1 (2013): Jurnal Buana Informatika Volume 4 Nomor 1 Januari 2013 Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Buana Informatika Volume 3 Nomor 2 Juli 2012 Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Buana Informatika Volume 3 Nomor 1 Januari 2012 Vol 2, No 2 (2011): Jurnal Buana Informatika Volume 2 Nomor 2 Juli 2011 Vol 2, No 1 (2011): Jurnal Buana Informatika Volume 2 Nomor 1 Januari 2011 Vol 1, No 2 (2010): Jurnal Buana Informatika Volume 1 Nomor 2 Juli 2010 Jurnal Buana Informatika Volume 1 Nomor 1 Januari 2010 More Issue