cover
Filter by Year
CAKRAWALA
ISSN : -     EISSN : -
Jurnal Pendidikan
Articles
129
Articles
Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Bermuatan Kebhinekaan Pancasila untuk Mereduksi Radikalisme Siswa SMP

Mulyati, Sri, Mulyono, Tri, Hartati, Mursyidah Dwi

Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 2 (2018): IN PRESS
Publisher : Research Institution and Community Service of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis puisi yang bermuatan kebhinekaan Pancasila untuk siswa SMP di Kota Tegal. Bahan ajar khusus menulis puisi masih sangat minim ketersediaanya. Materi menulis puisi hanya sebatas garis besar saja. Kurangnya bahan ajar menyebabkan kemampuan siswa dalam menulis puisi menjadi rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dengan lima tahapan, yaitu: (1) survei pendahuluan; (2) pengembangan prototipe bahan ajar menulis puisi bermuatan kebhinekaan Pancasila (3) penilaian prototipe bahan ajar; (4) perbaikan/revisi prototipe bahan ajar; dan (5) Ujicoba efektifitas bahan ajar yang dikembangkan. Analisis kebutuhan menggunakan angket, sementara validasi prototipe bahan ajar menggunakan lembar uji validasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Bahan ajar menulis puisi diintegrasikan dengan muatan nilai kebhinekaan Pancasila sebagai upaya untuk mereduksi paham radikal pada siswa SMP di Kota Tegal. Muatan kebhinekaan Pancasila dalam bahan ajar disematkan dalam pemilihan tema dan contoh puisi-puisi yang dihadirkan. Siswa yang membaca dan menulis puisi yang bermuatan kebhinekaan Pancasila diharapkan memiliki pemahaman tentang nilai luhur Pancasila. Siswa yang memahami nilai luhur Pancasila akan mampu mereduksi paham radikal yang diterimanya baik dari media maupun interaksi di lingkungan Pancasilanya. Kata kunci: bahan ajar, menulis puisi, kebhinekaan Pancasila, radikalisme.

Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Efektivitas Kemampuan Membaca Mahasiswa

Sulistianingsih, Endang

Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 2 (2018): IN PRESS
Publisher : Research Institution and Community Service of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengembangan model pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan efektivitas kemampuan reading mahasiswa, sebab dengan peningkatan kemampuan reading akan membantu keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti perkembangan dunia di bidang ilmu dan teknologi, mengingat sebagian besar karya-karya ilmiah di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dirilis dalam bahasa Inggris. Partisipan dari penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian true experimental design dengan jenis rancangan pre-test post-test one design, dengan tahapan meliputi persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Hasil dari penelitian adalah bahwa model pembelajaran berbasis multimedia efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca (reading comprehension) mahasiswa. 

PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK OUTBOUND UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MAHASISWA

Herdiani, Renie Tri, Mulyani, Mulyani

Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 2 (2018): IN PRESS
Publisher : Research Institution and Community Service of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi antar pribadi akan selalu terjadi tak terkecuali di lingkungan kampus. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model bimbingan kelompok dengan teknik outbound yang efektif untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), desain penelitian one group pretest and posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok teknik outbound untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi mahasiswa yang efektif dikembangkan melalui 10 komponen dan lebih menekankan pada tahap kegiatan melalui the briefing dalam bentuk focus discussion. Kesimpulan bahwa layanan bimbingan kelompok mempunyai peran penting dalam mengembangkan kemampuan komunikasi antar pribadi mahasiswa terutama dengan teknik outbound sehingga perlu dikembangkan lagi dengan ide-ide yang lebih kreatif agar bisa digeneralisasikan. Kata  Kunci: Bimbingan Kelompok Teknik Outboud, Komunikasi Antar Pribadi

Pengaruh Kurikulum, Motivasi Dan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah Terhadap Penyelesaian Tugas Akhir (TA) Mahasiswa Prodi DIII Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama

Kusuma, Adi Candra

Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 2 (2018): IN PRESS
Publisher : Research Institution and Community Service of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tuntutan dalam Tugas Akhir bagi mahasiswa Diploma adalah untuk melaksanakan proses penelitian secara benar sesuai dengan kaidah yang berlaku tanpa ada keharusan menemukan dan mengoreksi teori yang telah adakurang kesiapan mahasiswa menghadapi tugas akhir, 2) rendahnya motivasi mahasiswa untuk menyelesaikan tepat waktu, 3) kurangnya substansi informasi (seminar, workshop) berkaitan dengan hardware bagi mahasiswa yang mengambil tema hardware, 4) sumber referensi belajar mahasiswa hanya terpaku pada dosen, 5) lingkungan mahasiswa yang tidak mendukung untuk menyelesaiakan tugas akhir seperti pengaruh teman, kurang mendapatkan dorongan keluarga, dan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kurikulum, Motivasi Dan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah Terhadap Penyelesaian Tugas Akhir (TA) Mahasiswa Prodi DIII Teknik Komputer. Penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian uji normalitas,  uji korelasi, uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda. Dengan Hasil Penelitian menunjukkan Besar pengaruh hubungan motivasi (X1), Kurikulum prodi (X2), kemampuan Penulisan karya ilmiah (X3) secara bersama-sama terhadap penyelesaian tugas akhir mahasiswa (Y) sebesar 88,5%. Secara Parsial diperoleh besar pengaruh faktor motivasi (X1) sebesar 48,1%, Kurikulum prodi (X2) sebesar 75,7%, dan kemampuan Penulisan karya ilmiah (X3) sebesar 40,9%. Persamaan regresinya .

The Use of Google Drive to Improve Student’s Essay Writing Skill, Faculty of Teacher Training and Education, Pancasakti University of Tegal

Aflahatun, Nur, Prihatin, Yoga

Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 2 (2018): IN PRESS
Publisher : Research Institution and Community Service of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Writing an essay requires skill in word choice and good grammar usage. Language, including that in writing, reflects author’s mindset. Therefore, new innovation is necessary in learning model, one of which is made by applying Google Drive based learning media. This experimental research employs true-experimental design with two-group design type (experimental group and control group) and takes 48 fourth-semester English Education students of the academic year 2017/2018 of the Faculty of Teachers Training and Education, Pancasakti University, Tegal as its samples, divided into 2 (two) groups: experiment group with 24 students and control group with 24 students. The research employs t-test for effectiveness test as its data analysis technique. The research results show that the usage of Google Drive based learning model effectively improves students’ essay writing skill. There is significant difference between both groups, that after treatment, the group of students with Google Drive based learning media have better achievement than students with conventional method. The Google Drive based learning media may be applied to academic writing learning process, particularly essay, however, its practice requires intensive interaction between students and lecturer. It is suggested for similar researches to involve larger number of samples

Expo Kewirausahaan Untuk Membangkitkan Minat Berwirausaha dan Pembentukan Karakter Kemandirian

Nafiati, Dewi Amaliah, Hendaryati, Neni

Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 2 (2018): IN PRESS
Publisher : Research Institution and Community Service of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

membangkitkan minat berwirausaha mahasiswa, 2) expo kewirausahaan dapat membangkitkan pembentukan karakter kemandirian, 3) expo kewirausahaan secara simultan dapat membangkitkan minat berwirausaha dan pembentukan karakter kemandirian.Jenis penelitian ini asosiatif kausal dan dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP, Universitas Pancasakti Tegal. Penelitian ini termasuk penelitian populasi dengan jumlah responden sebanyak 67 mahasiswa yang sudah mengikuti mata kuliah praktik kewirausahaan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas digunakan sebagai uji instrumen. Uji normalitas, uji homogenitas varian dan homogenitas varian menjadi prasyarat kualitas data, sedangkan manova digunakan sebagai uji hipotesisnya.Instrumen valid sebanyak 43 butir dengan reliabilitas masuk dalam kriteria cukup-tinggi.  Hasil uji normalitas menunjukkan hasil bahwa nilai signifikansi variabel XY1 sebesar 0,882 dan nilai signifikansi variabel XY2 sebesar 0,711. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa data residual berdistribusi normal. Hasil uji Levene menunjukkan  bahwa nilai signifikansi minat berwirausaha sebesar 0,576 dan signifikansi karakter kemandirian sebesar 0,457. Nilai keduanya >0,05 maka dapat dikatakan bahwa Y1 dan Y2 memiliki varian yang homogen, sehingga manova bisa dilanjutkan. Dilihat dari signifikansi Box’s M sebesar 0,227. Artinya nilai tersebut tidak signifikan atau > 0,05, sehingga covarian dinyatakan sama dan analisis maova dapat dilanjutkan. Hasil uji manova menyatakan bahwa: 1) expo kewirausahaan dapat membangkitkan minat berwirausaha mahasiswa, 2) expo kewirausahaan dapat membangkitkan karakter kemandirian mahasiswa, 3) minat berwirausaha dan karakter kemandirian mahasiswa dapat dibangkitkan melalui expo kewirausahaan.

Peralihan Fungsi Benteng Pendem Cilacap Dari Masa Ke Masa

Widharta, Adhiningtyas Putu, Wuryani, Emy, Widiarto, Tri

Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 2 (2018): IN PRESS
Publisher : Research Institution and Community Service of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah berdirinya Benteng Pendem dan peralihan fungsinya dari masa berdiri sampai masa sekarang. Rumusan masalah penelitian adalah Bagaimanakah peralihan fungsi di Benteng Pendem Cilacap dari masa ke masa. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dilaksanakan sebuah penelitian dengan menggunakan metode sejarah. Penelitian ini melewati empat (4) buah tahapan, yaitu: heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan penulisan sejarah. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa Benteng Pendem Cilacap pada awalnya didirikan untuk pertahanan militer Pemerintah Hindia Belanda, namun dalam perkembangannya Benteng Pendem Cilacap mengalami beberapa perubahan fungsi seperti: 1) pada masa pendudukan Jepang digunakan sebagai markas pertahanan militer oleh Tentara Jepang, 2) pada masa kemerdekaan Indonesia sebagai tempat berlatih perang dan pendaratan laut oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) Banteng Loreng Kesatuan Jawa Tengah, 3) Saat ini Benteng Pendem Cilacap menjadi salah satu objek wisata pendidikan dan sejarah Indonesia.  Kata Kunci: Benteng Pendem; Cilacap; Fungsi Benteng.

Case Study of Kelurahan Employee Performance in East Tegal District

Nurhayati, Sri Adi, Mumpuni, Sesya Dias

Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 2 (2018): IN PRESS
Publisher : Research Institution and Community Service of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak Procrastination is the behavior of delaying work, which directly affects employee performance. Employee performance is seen from the results of their work in quality and quantity in accordance with the duties and responsibilities given to them. The purpose of this study was to increase community satisfaction with the performance of kelurahan employees in the sub-district of Tegal Timur. The method that will be used in achieving the goal is the mix method. The use of data qualitatively by using case studies, then carried out a quantitative approach that was used as a calculation of the scale of work procrastination and the performance of kelurahan employees in the sub-district of Tegal Timur. Within a period of six months it was expected that there had been a change in the performance of the kelurahan employees in Tegal Timur sub-district through Rational Emotive techniques and Cognitive Behavior, the data obtained could represent the performance conditions of kelurahan employees in Tegal Timur sub-district. The level of community satisfaction with the performance of kelurahan employees in Tegal Timur sub-district increased by 5%.

KEHEMATAN KALIMAT PADA JUDUL ARTIKEL TUGAS MATA KULIAH KAPITA SELEKTA DENGAN MODEL PORTOFOLIO

Khotimah, Khusnul, Anwar, Syamsul

Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 2 (2018): IN PRESS
Publisher : Research Institution and Community Service of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

FRUGALITY OF SENTENCE IN KAPITA SELEKTA TITLE DUTY ARTICLES WITH PORTFOLIO MODEL Abstract             The Kapita Selekta course is a course that is intended for fifth semester students (five). The course is a very complex subject because the content and essence of the course discusses all in Indonesian. The purpose of this study is to describe the pattern of making semi-scientific article titles in the Indonesian language course and to describe the economics of making titles in semi-scientific articles on Kapita Selekta courses in the 5th semester of the Indonesian Education Study Program at the Pancasakti University in Tegal. Based on the analysis carried out there are results that have been presented, namely the element of economics which includes four aspects which can be seen from the percentage that has been calculated. Aspect of misinformation 40%, superordinate hypernim 32%, plural words 24% and repetition of subjects 4%. It is seen that those who occupy the element of non-health in the title of semi-scientific articles in the Indonesian selective course, namely aspects of the use of synonyms, occur because the author wants to emphasize the idea that the titles written or chosen can attract readers, but because synonymy and diction are lacking accordingly it should be avoided, for the good of the reader in understanding the reading title. Keywords: Frugality, Kapita Selekta, Indonesian 

Inference Strategies To Improve Reading Comprehension of Recount Text

Hidayah, Yayah Nur, Fakhruddin, Afief

Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 2 (2018): IN PRESS
Publisher : Research Institution and Community Service of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract This study aimed  to explore inference strategies necessary  read journal  article. Forty four English students  read set of text on  education text  and  answer  comprehension question.  The  two main  objectives  in this study  were to identify inference skills necessary to comprehend a research article in terms of the main ideas, the writing styl e/tone and other text-based elements such as lexical items, syntaxes well as discourse structures and to investigate inference strategies for coping  with text. Twenty  five of these participants also volunteered for an in depth  interview.  The findings  revealed that students  usually relied on their bottom up processing. They skipped difficult parts, especially technical information graphic  illustration. They  sought  help from  friends to enhance  their understanding. Overall,  they were successful at interpreting  the thesis statement, the gist of section,  the meaning  of the tested words and  clause. However,  they were less able to infer the underlying  argument, the tone of article, and the attitudes  of other toward  the research finding