cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
CERMIN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 99 Documents
PEMBINAAN PROFESIONAL GURU DALAM KONTEKS MANAJEMEN PENDIDIKAN Kartana, M.Si., Prof. Dr. Tri Jaka
CERMIN No 047 (2010): September
Publisher : CERMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.205 KB)

Abstract

PEMBINAAN PROFESIONAL GURU DALAM KONTEKSMANAJEMEN PENDIDIKANOleh: Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si.ABSTRAKManajemen pendidikan, khususnya fungsi perencanaan guru memegang peran sangat strategis. Guru sebagai salah satu komponen penting, dominan, dan harus ada dalam proses pendidikan, dan sekaligus sebagai ujung tingkat keberhasilan siswanya ada pada posisi strategis. Profesionalismen guru harus terus dibangun melalui kebijakan yang cerdas oleh Kepala Sekolahnya. Dalam era otonomi daerah yang berimplikasi kepada pelaksanaan otonomi sekolah sangat dimungkinkan adanya upaya perencanaan, perbaikan, pengendalian, dan pengembangan kualitas guru menuju guru profesional.Kata kunci: Profesional, guru, Manajemen Pendidikan
PENGARUH PERSEPSI NILAI, PERSEPSI KUALITAS DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN ”INDONESIA” DI KOTA TEGAL Herwinarni, Yuniarti; Gunistiyo, M.Si., Drs.
CERMIN No 045 (2009): Oktober
Publisher : CERMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.567 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisispengaruh citra perusahaan, persepsi nilai, dan persepsi kualitas terhadap kepuasankonsumen dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi nilai, persepsikualitas, citra perusahaan dan kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitaskonsumen.Hasil perhitungan yang dilakukan diketahui bahwa secara parsial variabelcitra perusahaan, persepsi nilai, dan persepsi kualitas mempunyai pengaruh yangpositif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dan terhadap loyalitas konsumen.Diketahui pula bahwa secara bersama-sama variabel citra perusahaan, persepsi nilai,dan persepsi kualitas mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadapkepuasan dan loyalitas konsumen.Kata Kunci: Persepsi Nilai, Persepsi Kualitas, Citra Perusahaan, KepuasanKonsumen, Loyalitas Konsumen
PENGARUH PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUM PEGADAIAN DI KABUPATEN TEGAL (KASUS PERUM PEGADAIAN CABANG SLAWI, BANJARAN DAN TALANG KABUPATEN TEGAL) Jalil, Mahben; Gunistiyo, M.Si., Drs.
CERMIN No 045 (2009): Oktober
Publisher : CERMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.352 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan danfasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Perum Pegadaian di Kabupaten Tegal danuntuk mengetahui variabel yang memberikan pengaruh lebih besar diantarapelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Perum Pegadaian diKabupaten Tegal.Berdasarkan pengujian dengan Chi square (2), diperoleh bahwa terdapathubungan yang signfikan antara pelayanan dan kepuasan konsumen, atau semakin baikpelayanan yang diberikan, semakin baik pula kepuasan konsumennya. Untuk analisishubungan antara Fasilitas dan kepuasan konsumen,diperoleh bahwa terdapathubungan yang signfiikan antara fasilitas dan kepuasan konsumen, atau semakin baikfasilitas yang diberikan, semakin baik pula kepuasan konsumennya. Dari hasilperhitungan diketahui pula bahwa pelayanan memberikan pengaruh lebih besarterhadap kepuasan konsumen dibandingkan dengan fasilitas, sehingga hipotesis keduadapat diterima.
KAJIAN KEBIJAKAN BIDANG PENINGKATAN FISKAL KOTA TEGAL Waskita, Jaka; Gunistiyo, M.Si., Drs.; Faqihudin, M.; Abdurachman, Hamidah; Cahyaningrum, Indras
CERMIN No 042 (2008): Oktober
Publisher : CERMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.426 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji efisiensi dan efektifitas implementasi KebijakanFiskal Kota Tegal dan mengetahui langkah-langkah yang diperlukan dalam mengintensifkanpenerimaan PAD Kota Tegal. Dengan menggunakan bantuan SWOT Analysis diperolehhasil bahwa implementasi kebijakan fiskal Kota Tegal belum berjalan efisien dan efektif.Langkah-langkah yang diperlukan dalam mengintensifkan penerimaan PAD Kota Tegaladalah dengan menggali potensi pajak dan retribusi baru selain yang ditetapkan dalamundang-undang. Dalam meningkatkan penerimaan PAD Kota Tegal perlu peninjauan Perdayang telah berusia lebih dari 5 tahun khususnya berkaitan dengan kriteria yang menjadidasar pengenaan tarif dan besaran tarif dan kebijakan peningkatan fiskal di Kota Tegalharus dilakukan secara komprehensif dengan melakukan pengkajian tentang penggaliansumber potensi keuangan secara lebih optimal melalui intensifikasi maupun ekstensifikasi.
KAJIAN PENYESUAIAN TARIF RETRIBUSI BIDANG PERHUBUNGAN DI KABUPATEN BREBES Waskito, Jaka; Gunistiyo, M.Si., Drs.; Faqihudin, M.; ., Siswanto
CERMIN No 043 (2009): Januari
Publisher : CERMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.024 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji tarif retribusi bidang perhubungan diKabupaten Brebes untuk diadakan penyesuaian, mengajukan cara alternatif penentuanpenyesuaian tarif retribusi bidang perhubungan berdasarkan pendekatan yang sejalandengan prinsip-prinsip ekonomi terutama pentarifan jasa publik guna menggapai segenapaspek: (i) kecukupan penerimaan; (ii) aspek keadilan; (iii) efisiensi ekonomi; (iv) aspekadininistrasi dan politik; dan (v) kecocokan sebagai sumber penerimaan daerah.Cara yang ditempuh untuk menentukan besarnya satuan tarif kepada setiap pemakaijasa sesuai dengan kriteria tersebut di atas, didasarkan atas pertimbangan: (i) perkiraankemampuan ekonomi masyarakat; (ii) tarif retribusi daerah lain yang ada disekitarnya; (iii)untuk perubahan tarif didasarkan atas inflasi yang terjadi di daerah Kabupaten Brebes.Analis penyesuaian tarif retribusi dilakukan berdasarkan asumsi menggunakan tingkatinflasi rata-rata dari tahun 2003 sampai dengan tahun 2008 (5 tahun) adalah 8,94% pertahun.
EFEKTIVITAS PEMBERLAKUAN HELM SNI TERHADAP TINGKAT KETAATAN MASYARAKAT DALAM HUBUNGANNYA DENGAN FUNGSI HUKUM SEBAGAI ALAT PENGENDALI SOSIAL Praptono, SH.MH, Eddhie
CERMIN No 047 (2010): September
Publisher : CERMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.672 KB)

Abstract

Salah satu perubahan ketentuan yang mendasar dalam Undang-Undang No. 22Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas adalah diwajibkannya setiap pengendarasepeda motor untuk mengenakan helm berstandar nasional Indonesia (SNI)karena sebelumnya kebijakan penggunaan helm untuk pengendara sepedamotor memang masih sangat beragam di setiap kota di Indonesia. Namundemikian terkait dengan ketentuan penggunaan helm berstandar nasionalIndonesia sesuai dengan rumusan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 TentangLalu Lintas Jalan Raya cukup memberi angin segar pada perubahan perilakupengendara khususnya sepeda motor untuk memenuhi aturan tersebut. Hal inimemberi bukti bahwa fungsi hukum sebagai “Social Control” telah terlihat dalampenerapan ketentuan penggunaan helm berstandar melalui Undang-Undang No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Jalan Raya.
PENGAMBIL KEPUTUSAN YANG RASIONIL MERUPAKAN TOLOK UKUR EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN Suyono, M.Si., Drs. Djoko
CERMIN No 047 (2010): September
Publisher : CERMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.584 KB)

Abstract

PENGAMBIL KEPUTUSAN YANG RASIONIL MERUPAKAN TOLOK UKUR EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN
ARTI PENTING FOLKLORE DAN TRADITIONAL KNOWLEDGE BAGI INDONESIA SEBAGAI “THE COUNTRY OF ORIGIN” Rahayu,SH.MH., Kanti
CERMIN No 047 (2010): September
Publisher : CERMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.928 KB)

Abstract

Indonesia disebut sebagai “The Countri of Origin” karena merupakannegara asal yang memiliki folklore dan pengetahuan tradisional.Berdasarkan ketentuan Article 8 j mengenai Traditional Knowledge,Innovations and Practices Introduction, hak atas folklore dan pengetahuantradisional dilindungi sebagai bagian dari kekayaan intelektual. Sehinggajika ada pihak-pihak asing yang hendak mengaktualisasikannya secarakomersial maka harus mendapat ijin resmi dari Negara. Namun sayangnyabanyak pihak tidak memahami mengenai urgensi perlindungan terhadapfolklore dan pengetahuan tradisional sehingga diperlukan perhatian yangserius agar kekayaan hayati kita tidak terekploitasi oleh pihak asing tanpakompensasi apapun.
Mewaspadai Kejahatan Money Laundering SH.MH., Sanusi,
CERMIN No 047 (2010): September
Publisher : CERMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.466 KB)

Abstract

Mewaspadai Kejahatan Money Laundering
REFORMASI BIROKRASI DI ERA OTONOMI DAERAH SUTJIATMI, SRI
CERMIN No 047 (2010): September
Publisher : CERMIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (106.438 KB)

Abstract

Otonomi Daerah yang dijalankan pemerintah, mau tidak mau membawakonsekuensi perlunya pembaharuan dalam memberikan pelayanan public dalamwujud reformasi birokrasi. Reformasi kultur dan struktur dalam tubuh birokrasimerupakan strategi mendasar untuk memberikan keyakinan dan kepercayaanpublic terhadap kredibilitas pemerintah. Reformasi birokrasi mencakup aktivitasperubahan nilai dengan pendekatan yang komprehensif , yakni : Retrospeksi,Reorientasi, Reposisi dan Reorganisasi. Untuk menjalankan reformasi birokrasitersebut, factor penentu keberhasilannya adalah adanya komitmen bersama,kesepahaman, kemauan diri sendiri dan konsistensi.

Page 1 of 10 | Total Record : 99